Cara Pembuatan Batik

Cara membuat batik cap. Perbedaan cara membatik cap dan cara membuat batik tulis terletak pada cara membuat motif. Batik cap tidak membutuhkan proses menggambar motif karena cara membatiknya adalah menggunakan semacam stempel besar berukuran standar 20x20 cm yang sudah diberi motif. Stempel besar ini dikenal dengan nama canting cap.Don't forget to like, comment and subscribe.---Ngerti Batik belajar membatik mulai dari alat dan bahan sampai cara dan prosesnya. Kegiatan membatik ini dilak...Cara Praktis Membuat Batik Tulis Bahan-bahan: - Kain mori, bisa juga kain yang terbuat dari sutra atau katun - Canting (alat pembentuk motif batik) - Gawangan (tempat untuk mamaparkan kain batik nantinya) - Lilin (malam) yang dicairkan secukupnya saja - Panci dan kompor kecil ( berguna untuk memanaskan) - Larutan pewarna sesuai dengan selera masing-masing.…Langkah Pembuatan Batik Tulis Beserta Gambarnya - Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi indormasi mengenai " cara dan langkah pembuatan batik tulis ". Sebelum memulai proses pembuatan batik tulis maka terlebih dahulu yang perlu kita siapkan adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk proses pembuatan batik tulis.Cara Membuat Batik (Teori dan Praktik) 20-10-2020 Dipidiff Setelah menyimak situasi perbatikan Indonesia dan dunia saat ini, lalu membaca-baca sejarah, makna, dan motif batik Indonesia, tentu saya jadi ingin tau lebih dalam tentang teknik membatik.

Proses dan Cara Membuat Batik Tutorial - #NgertiBatik

Membatik cap merupakan pekerjaan membuat batik dengan cara mencapkan lilin malam yang telah dipanaskan ke atas permukaan kain. Teknik batik cap ini memungkinkan proses pembuatan motif batik pada selembar kain mori menjadi relatif cepat dan tidak memerlukan waktu lama. Batik cap terkadang dapat diselesaikan dalam waktu satu hari. Simak cara pembuatannya yuk...Teknik Membuat Batik - Pada 2 Oktober 2009, Batik Indonesia mendapatkan pengakuan sebagai "Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi" (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.Tak hanya karena keberadaannya yang sangat erat dengan adat budaya di Nusantara, khususnya di Jawa, pengakuan dunia terhadap kesenian Indonesia ini juga dikarenakanCara dan Teknik Membuat Batik Jumputan. Untuk membuat batik jumputan, maka kita perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan. Bahan yang Mesti Disiapkan untuk Membuat Batik Jumputan. 1. Kain berbahan katun, mori prima, primisima blaco, atau sejenisnya yang berserat bagus. 2.Batik printing atau batik sablon adalah jenis batik baru yang mana cara pembuatannya melalui proses sablon manual atau printing mesin pabrik. Seperti namnaya, teknik pembuatan batik ini sama sperti pembuatan spanduk hanya saja bedanya adalah pada bahan warna yang digunakan.

Proses dan Cara Membuat Batik Tutorial - #NgertiBatik

Cara Pembuatan - Batik

Cara membuat batik cap. Proses pembuatan batik cap tidak serumit dan sepanjang tahap pembuatan kain batik tulis. Kain batik cap dibuat dengan menggunakan stempel besar berukuran standar 20×20 cm yang sudah bermotif, dikenal juga dengan istilah canting cap. Berikut beberapa tahap dalam membuat kain batik cap:Mbathik merupakan tahap berikutnya, dengan cara menorehkan malam batik ke kain mori, dimulai dari nglowong (menggambar garis-garis di luar pola) dan isen-isen (mengisi pola dengan berbagai macam bentuk). Di dalam proses isen-isen terdapat istilah nyecek, yaitu membuat isian dalam pola yang sudah dibuat dengan cara memberi titik-titik (nitik).Proses Pembuatan Batik Tulis. Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan selesai disiapkan sekarang anda bisa mulai membuat batik tulisnya dengan mengikuti proses pembuatan batik tulis sebagai berikut. 1. Menyiapkan Kain Mori. Tahap paling awal yang harus anda lakukan untuk membuat batik tulis yaitu mempersiapkan kain mori.Menyiapkan Alat dan Bahan. Cara membuat batik tulis yang pertama diawali dengan persiapan. Anda harus menyiapkan hal yang paling pertama dan yang paling utama dalam proses pembuatan kain batik adalah menyiapkan alat dan bahan untuk membatik yaitu kain mori atau kain jenis lain sebagai media untuk melukis batik.Cara Membuat Batik Dengan Teknik Canting Tulis. Teknik canting tulis adalah teknik membatik dengan menggunakan alat yang disebut canting (Jawa). Canting terbuat dari tembaga ringan dan berbentuk seperti teko kecil dengan corong di ujungnya. Berikut ini adalah cara membuat batik dengan teknik canting tulis antara lain: 1. Membuat Sketsa/Design

Yang Berhak Memilih Presiden Dan Wakil Presiden Jika Keduanya Berhenti Secara Bersamaan Cara Flash Sony C1905 Cara Mengeluarkan Jarong Kalimaya Susu Cara Mengobati Orang Kesurupan Cara Mengganti Background Pas Foto Di Photoshop Cara Mengganti Nomor Hp Di Yahoo Yang Hilang Cara Memperbesar Memori Internal Android Tanpa Partisi Cara Merubah File Jpg Ke Pdf Di Android Cara Bermain Bulu Tangkis Yang Benar Jelaskan Cara Memegang Raket Model Kapak Cara Pecah Warna Raster Di Photoshop

Batik Jumputan

Batik motif jumputan atau juga dikenal dengan sebutan baik kain ikat celup merupakan salah satu hasil kerajinan tangan yang dikerjakan dengan melalui berbagai proses.

Mulai dari teknik ikat menggunakan karet gelang hingga ke tahap pencelupan dalam zat pewarna.

Berbeda dari jenis batik pada umumnya yang menggunakan malam atau bahan alami dari alam serta peralatan seperti canting, motif jumputan mengandalkan metode ikat pada kain dengan memanfaatkan benda-benda sekitar (kelereng, koin, dan lain-lain) atau dikerut menggunakan tali rafia.

Tak berbeda jauh dengan teknik tulis dengan canting dan malam, ikatan tali pada batik jumputan berfungsi untuk untuk mencegah cairan warna merembes masuk ke dalam bagian kain yang memang dibiarkan tidak terkena warna.

Menurut beberapa literatur sejarah, metode celup ikat pada Batik Jumputan berasal dari Tiongkok dan meluas hingga daratan india serta berbagai wilayah di Indonesia.

Teknik ini pun akhirnya diadopsi oleh beberapa wilayah di tanah air seperti Solo, Yogyakarta, Sumatera (terutama Kota Palembang), Bali, Kalimantan Selatan, dan diperkirakan masih terus berkembang.

Daftar Isi

Cara dan Teknik Membuat Batik Jumputan

Untuk membuat batik jumputan, maka kita perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan.

Bahan yang Mesti Disiapkan untuk Membuat Batik Jumputan

1. Kain berbahan katun, mori prima, primisima blaco, atau sejenisnya yang berserat bagus.

2. Pewarna kimia (warna boleh sesuai selera merk) dan tentu saja penguatnya yang masih dalam satu kemasan.

3. 2 (dua) liter air per kemasan pewarna, karena satu jenis warna membutuhkan dua liter air.

4. 2 (dua) sendok makan garam (boleh garam meja atau garam dapur biasa)

5. Air cuka secukupnya (bukan cuka apel ya)

Peralatan yang Diperlukan untuk Membuat Batik Jumputan

1. Tali karet gelang (kamu bisa membelinya eceran atau satu plastik)

2. Kompor untuk mendidihkan

3. Kelereng, batu (carilah batu yang tidak mudah rapuh), dan uang receh atau koin.

4. Sendok atau gayung kayu sebagai pengaduk

5. Wadah seperti panci atau dandang

6. Ember plastik yang berukuran sedang

Cara atau Tutorial Membuat Batik Jumputan

1. Pastikan terlebih dahulu kalau kain yang bakal digunakan untuk bikin batik benar-benar dalam keadaan bersih serta tidak ada noda maupun bercak.

sumber foto: Bukalapak

2. Perlahan tetapi pasti, bikinlah bentuk motif dengan cara meletakkan batu, koin, dan butiran kelereng pada sebidang kain tersebut lalu ikat menggunakan karet gelang secara ketat & kuat.

sumber foto: mayputri.blogspot.uny.ac.id

Jadi tekniknya hampir mirip saat kita membuat penangkal hujan.

Setelah diikat dengan kuat dan kencang, pastinya ketiga benda tersebut akan membentuk pola/motif yang berbeda-beda.

3. Sementara itu, masukkan air ke dalam panci lalu didihkan.

sumber foto: shopee

Apabila sudah mendidih, barulah kita tambahkan zat pewarnanya, diikuti oleh bahan lain seperti garam dan cuka.

Jika sudah dimasukkan semua, kemudian kita aduk pelan-pelan sampai seluruh bahannya tercampur merata, larut, dan warna air mulai terlihat berubah.

4. Nah, kalau sudah, langkah berikutnya adalah membasahi kain yang berisi batu, koin, dan kelereng tadi menggunakan air bersih guna membuat motif.

5. Setelah agak basah, kemudian kita celupkan kain tersebut ke dalam cairan pewarna.

sumber foto: sanggarmodel.blogspot.com

Ingat ya, kalau kita hanya menginginkan motif sewarna maka bisa mencelupkannya ke dalam satu cairan pewarna yang telah mendidih.

Opsi lain yakni jika kamu menginginkan ada beberapa warna pada kain batiknya, maka celupkanlah sebagian belahan kain ke dalam cairan warna pertama, lalu bagian kain yang masih bersih bisa dicelupkan ke dalam cairan pewarna kedua atau lainnya.

6. Jika sudah tercelup, kita kembali aduk cairan dalam wadah tersebut lalu biarkan selama 20 hingga 30 menit supaya pewarnaannya merata ke seluruh permukaan kain.

7. Setelah tiga puluh menit proses pencelupan kain, angkatlah kain dari wadah lalu bilas sampai bersih menggunakan air yang bening (air kran atau air yang sudah disiapkan)

sumber foto: infobaru.id

8. Terakhir, lepaslah seuruh ikatan benda yang ada pada kain tadi, barulah kita peras kain sampai kesat dan jemur di gantungan pakaian atau pagar hingga kering.

sumber foto: rinso.com

9. Nah kalau sudah kering, baru deh kita setrika agar kain tidak kusut dan rapi.

Daftar Motif Batik Jumputan yang Paling Populer 

1. Batik Jumputan Solosumber foto: Blanja.comsumber foto: BLANJA.comsumber foto: Bukalapaksumber foto: blanja.comsumber foto: BLANJA.comsumber foto: Bukalapaksumber foto: Bukalapak

Jika kamu bertanya, berasal dari mana Batik Jumputan khas Solo? Maka kami punya jawabannya.

Corak jumputan khas dengan teknik ikat dan lukisnya yang beraturan dan renggang.

Biasanya, material yang digunakan oleh produsen batik di Solo mengguanakan kain berbahan Samforiz dan Santung.

Kedanya dikenal cukup terjangkau dan bisa dibeli dengan harga di bawah Rp100.000,00.

2. Batik Motif Jumputan Jogjasumber foto: infobatik.idsumber foto: metroworld.idsumber foto: grahaabtik.comsumber foto: grahabatik.com

Nah, kalau motif jumputan khas Jogja menggabungkan dua jenis batik yakni tulis dan jumputan agar menjadi ciri khas yang lain daripada lainnya.

Selain itu, coraknya kadang masih ditambah dengan teknik lukis pada bagian bidang/benang yang tidak terpapar warna.

Motifnya membentuk bunga, ikat, dan lain-lain.

Beberapa wilayah yang beroperasi dan membuat batik ini adalah Desa Tahunan Umbulharjo, Bantul, Kota Gede dan lainnya.

3. Batik Shiborisumber foto: Bukalapaksumber foto: Bukalapaksumber foto: Tokopediasumber foto: brainly.co.idsumber foto: Bukalapak

Apa itu batik Shibori? Yakni kesenian yang berasal dari Jepang, yang mana dalam proses pembatikannya melalui serangkaian proses pencelupan pada cairan pewarna.

Singkatnya, ada beberapa bagian kain yang sengaja dilindungi supaya tidak terkena cairan pewarna sehingga hasil terbentuklah pola seperti pada gambar di atas.

4. Batik Dian Sastrosumber foto: Bukalapak

Dinamakan batik motif Jumputan Dian Sastro karena jenis kain ini menjadi ngetren setelah dipakai oleh aktris kenamaan Indonesia tersebut dalam berbagai acara termasuk fashion.

Sebenarnya, motifnya termasuk khas Shibori Solo, tetapi karena nama Dian begitu melekat di hati publik maka batik ini diberi nama ‘Jumputan Dian Sastro’.

Khas dengan warna merahnya.

5. Motif Jumputan Pelangisumber foto: pondokibu.com

Berasal dari daerah mana motif Jumputan Pelangi? Yups, Palembang.

Dinamakan pelangi karena tata warnya sangat cerah, komplit, dan berpola indah layaknya pelangi.

Orang Palembang sendiri menyebutnya ‘cinde’ yang artinya ‘pelangi’.

Dibuat dengan teknik cara jelujur ikat (tie dye) atau kalau bahasa Banjarmasinnya adalah sasirangan.

Sebab itulah, corak pelangi juga menjadi pembeda antara jenis maupun motif jumputan lainnya di Indonesia.

Biasanya para pengrajin mengerjakan batik ini di sebuah area lorong kecil, tepatnya pinggiran Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Mereka memulainya dengan metode lukis (menggambar pada bidang kain), menjahit motif jumputannya, lalu mencelupnya pada cairan pewarna, sampai melapisinya dengan zat tertentu.

Dari sekian banyaknya batik motif Jumputan Palembang, beberapa motif yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah bunga tanjung, bunga mawar isi lima, segi empat sumping, bintang berkandang, pucuk rebung, jengger ayam jago, kalajengking, dan masih banyak lagi.

6. Motif Jumputan Lainnyasumber foto: infibatik.idsumber foto: sehelaibatik.comsumber foto: Bukalapaksumber foto: Bukalapak

Nah, bagaimana ulasan singkat dari kami? Tentu mudah dimengerti dan makin menambah kecintaanmu pada batik, bukan?

Related post:

Lulusan dari sekolah mode di bilangan Jakarta. Sedang berproses agar bisa jadi desainer. Senang berbagi lewat blog pribadi. Cuma punya 1 facebook yaitu Farah Nisa.

10 Cara Membuat Batik Tulis, Mudah Dipraktikkan Untuk Pemula - Hot Liputan6.com

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, Membuat, Batik, Tulis,, Mudah, Dipraktikkan, Untuk, Pemula, Liputan6.com

12 Langkah Cara Membuat Batik Tulis - Cara Membuat Lengkap

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, Langkah, Membuat, Batik, Tulis, Lengkap

Proses Pembuatan Batik | .:BATIK:.

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, Proses, Pembuatan, Batik, .:BATIK:.

CARA PEMBUATAN - Warisan Batik

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, PEMBUATAN, Warisan, Batik

Cara-Cara Pembuatan Batik Cap - Batik Nulaba

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, Cara-Cara, Pembuatan, Batik, Nulaba

Cara Pembuatan Batik Warna

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, Pembuatan, Batik, Warna

Cara Membuat Batik Tulis - WEWO

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, Membuat, Batik, Tulis

150 ᗷᗩTIK Ideas | Batik, Wax Resist, Indonesian Batik

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, ᗷᗩTIK, Ideas, Batik,, Resist,, Indonesian, Batik

Proses Pembuatan Batik | .:BATIK:.

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, Proses, Pembuatan, Batik, .:BATIK:.

Pembuatan Batik Tulis

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, Pembuatan, Batik, Tulis

Batik Palembang - Begini Cara Kami Membuat Batik Asli Cap Handmade Yang Dibuat Selama Berminggu-minggu Menggunakan Lilin Panas. . Proses Pembuatan Batik Cap Tidak Seperti Proses Pembuatan Batik Tulis Dalam Proses Pembuatannnya

Cara Pembuatan Batik : pembuatan, batik, Batik, Palembang, Begini, Membuat, Handmade, Dibuat, Selama, Berminggu-minggu, Menggunakan, Lilin, Panas., Proses, Pembuatan, Tidak, Seperti, Tulis, Dalam, Pembuatannnya