Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama

Strategi Rasulullah Membangun Ekonomi Madinah. Sebagai pemimpin, Rasulullah telah mengantongi langkah-langkah perencanaan untuk memulai intensifikasi pembangunan masyakarakat. Maka dibangunlah sebuah masjid sebagai lokomotif pembangunan.4. Mengakui dan mentaati kesatuan pimpinan untuk kota Madinah yang disetujui dan dipegang oleh Nabi Muhammad SAW. E. Meletakan Dasar-Dasar Politik, Ekonomi, dan Sosial untuk Masyarakat Baru. Ketika masyarakat Islam terbentuk maka diperlukan dasar-dasar yang kuat bagi masyarakat yang baru terbentuk tersebut.Cara Nabi melakukan pembinaan dan pengajaran pendidikan agama Islam di Madinah adalah dengan membentuk dan membina masyarakat baru menuju satu kesatuan sosial dan politik. Nabi Muhammad SAW mulai meletakan dasar-dasar terbentuknya masyarakat yang bersatu padu secara intern (ke dalam), dan ke luar diakui dan disegani oleh masyarakat lainnyaSetelah menerima wahyu , baginda beruasa ha membina masyarakat Islam di Mekah melalui aktiviti dakwah, tetapi mendapat tentangan daripada kaum Quraish. Penentangan ini telah membawa kepada penghijrahan Nabi Muhammad s.a.w dan para sahabat baginda ke Madinah. Baginda meneruskan usaha dakwahnya di Madinah dan dipilih sebagai pemimpin di Negara Kota tersebut. Latar belakang masyarakat Mekah dan Madinah : Nama asal Makkah ialah Makoraba.Beliau juga seorang pemimpin negara. Sebagai pemimpin negara Nabi Muhammad Saw. telah melakukan pembinaan di berbagai bidang. Upaya yang dilakukan Rasulullah Saw. dalam membina masyarakat Madinah antara lain sebagai berikut: Bismillahirrahmanirrahim Ayo, simak dan nyanyikan bersama-sama lagu berikut Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum 2013 9 A. Pembinaan Bidang Agama

Pembentukan Masyarakat Madinah - Qureta

Kaum Ansar mempunyai segala kemudahan dan kekayaan kerana Madinah itu merupakan tanah air mereka. Manakala Yahudi ialah terdiri daripada golongan Yahudi Bani Qainuqa, Bani Nadhir, Bani Quraizah dan masyarakat Arab yang memeluk agama Yahudi. Jumlah mereka secara keseluruhannya dianggarkan seramai 4,400 orang.Bagaimana upaya Rasulallah dalam membina masyarakat Madinah, tentunya ada pada materi berikut ini. Upaya Nabi Muhammad SAW membina masyarakat Madinah 1. Bidang Sosial Upaya Rasulallah untuk melalukan pembinaan masyarakat madinah dalam bidang sosial kemasyarakatan adalah: a. Menciptakan kerukunan antar Suku di Madinahditerjemahkan sebagai agama, berkaitan dengan makna al-tamaddun, atau peradaban. 5 Yang keduanya menyatu ke dalam pengertian madinah (mufrad), atau al-mada'in (jamak ),artinya kota yang terkandung pengertian perubahan dan kebudayaan. Realitas dakwah yang dikembangkan Rasulullah Saw. di MadinahKemudian, tidak beberapa lama orang-orang Madinah non Muslim berbondong-bondong masuk agama Islam. Untuk memperkokoh masyarakat baru tersebut mulailah Nabi meletakkan dasar-dasar untuk suatu masyarakat yang besar, mengingat penduduk yang tinggal di Madinah bukan hanya kaum muslimin, tapi juga golongan masyarakat Yahudi dan orang Arab yang masih menganut agama nenek moyang, maka agar stabilitas masyarakat dapat terwujudkan Nabi mengadakan perjanjian dengan mereka, yaitu suatu piagam yang

Pembentukan Masyarakat Madinah - Qureta

Pendidikan Islam di Makkah dan Madinah Zaman Rasululloh

Ketiga, membangun persaudaraan dengan umat agama lain (ukhuwan insaniyah). Rasulullah sadar betul bahwa Madinah memiliki masyarakat yang majemuk. Ada umat Islam, ada umat Nasrani, ada umat Yahudi, dan yang lainnya. Untuk membangun sebuah kota yang kuat dan damai, tidak ada jalan bagi Rasulullah kecuali 'mempersatukan' masyarakat yang berbeda itu.Ada upaya Rasulullah dalam upaya membangun masyarakat Madinah, yaitu dengan meletakkan Piagam Madinah sebagai piagam perdamaian. Akhirnya kita melihat bahwa piagam Madinah ini menjadi strategis dalam membangun sebuah bangsa yang kokoh. Piagam Madinah ini memberikan landasan persyaratan minimal adanya suatu negara dan memberikan kedudukan.Nabi Muhammad Saw. bukan hanya seorang rasul yang mengajarkan agama Allah. Swt. Beliau juga seorang pemimpin negara. Sebagai pemimpin negara Nabi Muhammad. Saw. telah melakukan pembinaan di berbagai bidang. Upaya yang dilakukan Rasulullah. Saw. dalam membina masyarakat Madinah antara lain sebagai berikut:Hari dimana Rasulullah tiba di Madinah dalam rangka hijrah, setelah menempuh perjalanan berpuluh hari dari Makkah. Bak kedatangan 'sang juru selamat', Masyarakat Madinah menyambut Rasulullah dengan penuh suka cita. Maklum, Madinah dihuni masyarakat yang beragam. Mulai dari beda suku, etnis, hingga agama. Sehingga mereka kerap kali berperang.2. Meletakkan dasar-dasar Politik dan Tatanan Sosial Masyarakat. Nabi juga mempersatukan antara golongan Yahudi dari Bani Qoinuqo, Bani Nadhir dan Bani Quraidah. Terhadap golongan Yahudi, Nabi membentuk suatu perjanjian yang melindungi hak-hak azasi manusia, yang dikenal dengan piagam Madinah. Adapun di antara inti perjanjian Madinah adalah sbb

Bagaimana Menumbuhkan Rasa Cinta Pada Ideologi Pancasila Bagaimanakah Perkembangan Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia Pada Masa Hindu Budha Dan Islam Bagaimana Gerakan Tungkai Pada Saat Renang Gaya Punggung Bagaimana Kehidupan Keluarga Dalam Kedua Teks Alkitab Tersebut Bagaimana Prinsip Kerja Termometer Zat Cair Termometer Bimetal Dan Termometer Kristal Cair Bagaimana Proses Petualangan Anika Dan Teman Temannya Bagaimana Watak Tokoh Bagaimana Peran Anda Dalam Memajukan Iptek Di Indonesia Bagaimana Sistem Pemerintahan Menurut Uud 1945 Hasil Sidang Ppki Tanggal 18 Agustus 1945 Bagaimana Sikapmu Jika Ada Penjual Makanan Haram Di Lingkungan Rumahmu Bagaimana Awal Mula Lahirnya Sistem Ekonomi Syariah Di Indonesia Bagaimana Pendaratan Dalam Melakukan Melompat Tanpa Awalan

Pendidikan Islam di Makkah dan Madinah Zaman Rasululloh

SUAKAONLINE.COM, Infografis- Pendidikan Islam pada masa Rasulullah, menurut kotanya, dibedakan menjadi dua, yaitu pendidikan Islam di Kota Makkah dan Madinah.

Pokok pembinaan pendidikan Islam di Kota Makkah adalah pendidikan tauhid, titik beratnya adalah menanamkan nilai-nilai tauhid ke dalam jiwa setiap individu muslim, agar jiwa mereka terpancar sinar tauhid dan tercermin dalam perbuatan dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam masa pembinaan pendidikan agama Islam di Makkah Nabi Muhammad juga mengajarkan Alquran karena Alquran merupakan intisari dan sumber pokok ajaran Islam. Disamping itu Nabi Muhamad SAW juga mengajarkan tauhid kepada umatnya.

Intinya, pendidikan dan pengajaran yang diberikan Nabi selama di Makkah ialah pendidikan keagamaan dan akhlak serta menganjurkan kepada manusia supaya mempergunakan akal pikirannya dalam memperhatikan kejadian manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan alam semesta sebagai anjuran pendidikan ‘akliyah dan ilmiyah.

Mahmud Yunus dalam bukunya yang berjudul Sejarah Pendidikan Islam, menyatakan bahwa pembinaan pendidikan Islam di Makkah meliputi:

Pendidikan keagamaan, yaitu hendaklah membaca dengan nama Allah semata jangan dipersekutukan dengan nama berhala. Pendidikan akliyah dan ilmiah, yaitu mempelajari kejadian manusiadari segumpal darah dan kejadian alam semesta. Pendidikan akhlak dan budi pekerti, yaitu Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada sahabatnya agar berakhlak baik sesuai dengan ajaran tauhid. Pendidikan jasmani atau kesehatan, yaitu mementingkan kebersihan pakaian, badan dan tempat kediaman.

Sedangkan pokok pembinaan pendidikan Islam di kota Madinah dapat dikatakan sebagai pendidikan sosial dan politik. Yang merupakan kelanjutan dari pendidikan tauhid di Makkah, yaitu pembinaan di bidang pendidikan sosial dan politik agar dijiwai oleh ajaran Islam, dan merupakan cerminan dari sinar tauhid tersebut.

Baca juga:  Labolatorium Fakultas Ushuluddin Gelar Webinar Bahas Regulasi Jurnal

Cara Nabi melakukan pembinaan dan pengajaran pendidikan agama Islam di Madinah adalah dengan membentuk dan membina masyarakat baru menuju satu kesatuan sosial dan politik. Nabi Muhammad SAW mulai meletakan dasar-dasar terbentuknya masyarakat yang bersatu padu secara intern (ke dalam), dan ke luar diakui dan disegani oleh masyarakat lainnya (sebagai satu kesatuan politik). Dasar-dasar tersebut adalah:

Nabi Muhammad saw mengikis habis sisa-sisa permusuhan dan pertentangan antar suku dengan jalan mengikat tali persaudaraan diantara mereka. Nabi mempersaudarakan orang-orang dari berbagai kaum, mula-mula diantara sesama kaum Muhajirin, kemudian diantara Muhajirin dan Anshar. Dengan lahirnya persaudaraan itu bertambah kokohlah persatuan kaum muslimin. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Nabi Muhammad menganjurkan kepada kaum Muhajirin untuk berusaha dan bekerja sesuai dengan kemampuan dan pekerjaan masing-masing seperti waktu di Makkah. Untuk menjalin kerjasama dan saling menolong dalam rangka membentuk tata kehidupan masyarakat yang adil dan makmur, turunlah syari’at zakat dan puasa, yang merupakan pendidikan bagi warga masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial, baik secara materil maupun moral. Suatu kebijaksanaan yang sangat efektif dalam pembinaan dan pengembangan masyarakat baru di Madinah, adalah disyari’atkannya media komunikasi berdasarkan wahyu, yaitu shalat juma’t yang dilaksanakan secara berjama’ah dan adzan. Dengan sholat jum’at tersebut hampir seluruh warga masyarakat berkumpul untuk secara langsung mendengar khutbah dari Nabi Muhammad SAW dan shalat jum’at berjamaah.

Kesimpulanya, sejarah pendidikan Islam di masa Rasul sangat menekankan pada pemahaman dan penghafalan Alquran. Pada masa ini, keilmuan yang berkembang belum terlalu meluas seperti pada masa setelahnya. Adapun cara pengajarannya sangat sederhana yaitu dengan bertatapan langsung antara pendidik dan peserta didiknya, sehingga pelajaran lebih cepat dipahami.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Masjid Kampus II UIN Bandung Berbagi Sembako

Sumber: Litbang Suaka; Hafiddin, Hamim, 2015, “Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah” dalam Jurnal Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Volume 1 Nomor 1 2015 (17-30)

Peneliti : Muhammad Machally

Direkomendasikan

Jelaskan Upaya Yg Dilakukan Nabi Muhammad Saw Dalam Membina Masyarakat Madinah Di Bidang - Brainly.co.id

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, Jelaskan, Upaya, Dilakukan, Muhammad, Dalam, Membina, Masyarakat, Madinah, Bidang, Brainly.co.id

Pelajaran 2 SKI Kelas 5

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, Pelajaran, Kelas

PELAJARAN 2

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, PELAJARAN

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Ekonomi – Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, Bagaimana, Upaya, Rasulullah, Untuk, Membina, Masyarakat, Madinah, Bidang, Ekonomi, Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Ekonomi – Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, Bagaimana, Upaya, Rasulullah, Untuk, Membina, Masyarakat, Madinah, Bidang, Ekonomi, Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Ekonomi – Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, Bagaimana, Upaya, Rasulullah, Untuk, Membina, Masyarakat, Madinah, Bidang, Ekonomi, Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Ekonomi – Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, Bagaimana, Upaya, Rasulullah, Untuk, Membina, Masyarakat, Madinah, Bidang, Ekonomi, Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Ekonomi – Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, Bagaimana, Upaya, Rasulullah, Untuk, Membina, Masyarakat, Madinah, Bidang, Ekonomi, Dengan

PELAJARAN 2

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, PELAJARAN

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Ekonomi – Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, Bagaimana, Upaya, Rasulullah, Untuk, Membina, Masyarakat, Madinah, Bidang, Ekonomi, Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Ekonomi – Dengan

Bagaimana Upaya Rasulullah Untuk Membina Masyarakat Madinah Di Bidang Agama : bagaimana, upaya, rasulullah, untuk, membina, masyarakat, madinah, bidang, agama, Bagaimana, Upaya, Rasulullah, Untuk, Membina, Masyarakat, Madinah, Bidang, Ekonomi, Dengan