Cara Menggunakan Rumus Hlookup

Penggunaan fungsi HLOOKUP beda sheet tulisan ini, merupakan kelanjutan dari cara menggunakan rumus fungsi VLOOKUP beda sheet. Dimana VLOOKUP digunakan untuk mengisi data berdasarkan tabel bantu/referensi dalam bentuk vertikal, sedangkan HLOOKUP data-datanya berbentuk horizontal. Pada contoh soal VLOOKUP sebelumnya, anda telah mengisikan jawaban untuk Tabel Bagian Operator yang berada padaCara menggunakan vlookup dan hlookup. Setelah mengetahui rumus vlookup dan hookup sekarang kita masuk ke pembahasan bagaimana cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup tersebut. Disini saya akan memberikan contoh sederhananya saja, kalian bisa lihat pada gambar dibawah iniVideo ini mengajarkan Cara Menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup di Excel. Rumus Excel VLOOKUP dan HLOOKUP ini merupakan rumus yang paling banyak digunakan untuk membuat lookup function, dimana fungsnya untuk melihat data secara vertikal dan horizontal.Pada postingan kali ini, saya membahas tentang penggunaan fungsi IF dan VLOOKUP, dimana metode yang digunakan adalah dengan cara menggabungkan dua fungsi yang terdapat pada EXCEL yaitu IF dan HLOOKUP Secara umum syntax atau struktur penulisan dari fungsi IF adalah : =IF (logical_test; value_if_true; value_if_false) dengan: a. Logical_test bisa berupa sebuah nilai atau ekspresi yang…Rumus Hlookup Excel - Jika sebelumnya kita menggunakan VLOOKUP untuk mencari data pada tabel berbentuk Vertikal, sekarang kita akan belajar cara menggunakan Fungsi atau Rumus HLOOKUP Excel untuk mencari data pada tabel berbentuk Horisontal.

Belajar Excel: rumus vlookup dan hlookup beserta contohnya

Oleh karena itu, ada baiknya kamu memahami cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP excel. Pengetahuanmu mengenai cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP akan membuat proses pencarian data di excel jadi jauh lebih mudah dilakukan. Hal itu menjadi sangat penting jika kamu sering menggunakan file spreadsheet dalam keseharian pekerjaanmu.Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP 30 Juli 2020 13 Agustus 2020 editor Cara membuat , microsoft excel , rumus hlookup , rumus vlookup , vlookup file beda Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dalam Microsoft Excel berguna untuk membaca suatu tabel, lalu mengambil nilai yang diinginkan pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu.Cara Menggunakan Vlookup dan Hlookup. Jika Anda sudah memahami rumus Vlookup dan Hlookup, selanjutnya kami akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan kedua rumus tersebut. Kali ini kami akan memberikan contoh yang paling sederhana untuk memudahkan Anda. Lebih jelasnya Anda bisa lihat pada gambar berikut ini:Cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup - Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value,tabel_array,col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format

Belajar Excel: rumus vlookup dan hlookup beserta contohnya

Cara Menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup di Microsoft

Cara menggunakan Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP MS Excel untuk Pemula Contoh kasus misal kita ingin menghitung gaji karyawan menggunakan microsoft excel gaji karyawan baik gaji pokok tunjangan maupun potongan atau pajak besar kecilnya dipengaruhi oleh golongan karyawan.Cara Menggunakan Fungsi HLOOKUP Excel Berikut dibawah ini, cara buat menggunakan fungsi HLOOKUP pada rumus Excel, yaitu: HLOOKUP(NilaiYangDicari; TabelReferensi; NomorBaris; [RangeLookup])Cara menggunakan rumus excel HLOOKUP, pengertian apa itu HLOOKUP, contoh soal penggunaan HLOOKUP dan apa bedanya dengan rumus excel VLOOKUPCara Menggunakan Rumus Vlookup Supaya jadi lebih jelas lagi mengenai cara memakai rumus excel vlookup ini coba perhaeikan contoh rumus vlookup di bawah ini : Pada contoh pertama yang berwarna kuning rumus vlookup mencari nilai dari cel C9 di kolom nomor, angka 3 ditemukan di baris ke 4 dari tabel data A2 : E7.Cara Menggunakan Rumus HLookup. August 11, 2018 August 13, 2018 MasterExceLiD 2 Comments on Cara Menggunakan Rumus HLookup. VIDEO EXPLANATION. Data Pada Video Bisa Di Download DISINI. Subscribe YouTube Channel HERE. Baca Juga: Cara Menggunakan VLOOKUP . ARTICLE EXPLANATION . Hello guys!

Rumus Excel Mencari Data Yang Sama Rumus Terbilang Excel 2010 Rumus Taraf Intensitas Bunyi Rumus Memanggil Data Di Excel Rumus Celsius Ke Kelvin Rumus Excel Menghitung Persentase Kenaikan Rumus Titrasi Asam Basa Penggabungan Rumus If Dan Vlookup Rumus Segitiga Sebangun Rumus Distribusi Normal Rumus Tinggi Prisma

Cara Menggunakan Rumus HLOOKUP dan VLOOKUP Pada MS EXCEL

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value,tabel_array,col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya=HLOOKUP(lookup_value,tabel_array,row_index_num) atau bisa juga dibaca =HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris).

Contoh Soal VLOOKUP dan HLOOKUPBukalah ms. office excel anda lalu ketikkan soal di bawah ini :

Melihat contoh soal di atas, yang harus anda isikan adalah menghitung gaji pokok, tunjangan, transportasi, total gaji, pajak, gaji bersih dan total.

1. Menghitung Gaji pokokUntuk menghitung gaji pokok gunakan fungsi vlookup di sel D5. Setelah mengisi formula disel D5, copy formula atau drag hingga sel D9. Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num).

Yang perlu anda ketahui lookup_value, diisi dengan nilai sebagai dasar (nilai kunci) pembacaan tabel data. Table_array merupakan range data yang disusun tegak atau vertikal yang berfungsi sebagai tabel yang pembantu yang akan dibaca.Col_index_num, nomor urut kolom untuk pembacaan tabel yang dimulai dari kolom paling kiri.

Catatan: karena posisi “tabel gaji” yang akan dibaca diposisinya tetap, untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag tambahkan $, untuk mengabsolutkan sel/range. Proses pengerjaannya bisa anda lihat seperti gambar di bawah ini :

2. Menghitung TunjanganUntuk menghitung tunjangan gunakan fungsi VLOOKUP di sel E5. Setelah mengisi formula di sel E5, copy formula atau drag hingga sel E9. Seperti gambar di bawah ini:

3. Menghitung transportasiGunakan fungsi VLOOKUP di sel F5. Setelah mengisi formula di sel F5, copy formula atau drag hingga sel F9. Lihat gambar di bawah ini, untuk hasilnya:

4. Menghitung total gajiUntuk menghitung total gaji gunakan fungsi SUM. Setelah mengisi formula di sel G5, copy formula atau drag hingga sel F9. Atau bisa juga dengan langsung menjumlahkannya di sel G5 menjadi seperti ini: =D5+E5+F5, kemudian copy ke bawah.

5. Menghitung PajakUntuk menghitung pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel H5, copy formula atau drag hingga sel H9. Seperti gambar di bawah ini.

6. Menghitung Gaji BersihGunakan fungi SUM di sel i5 seperti ini =sum(G5-H5), copy formula atau drag hingga sel I9. Atau anda juga bisa gunakan perintah =G5-H5, kemudian copy atau drag ke bawah sampai sel I9.

Perintah terakhir adalah menghitung “total” masing-masing bagian yang telah Anda kerjakan sebelumnya, dengan menggunakan fungsi SUM di sel D10, copy formula atau drag ke samping kanan sampai ke I10. Hasil akhir semua pengerjaan di atas, bisa di lihat seperti gambar di bawah ini:

Setelah proses langkah yang ke 6, selesai sudah pengerjaan anda menggunakanrumus VLOOKUP dan HLOOKUP.

Bagikan ini:Menyukai ini:Suka Memuat...

Cara Menggunakan VLOOKUP Dan HLOOKUP Di Microsoft Excel - Blog Mas Guruh - Caraguruh.com Sharing Knowledge

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Menggunakan, VLOOKUP, HLOOKUP, Microsoft, Excel, Guruh, Caraguruh.com, Sharing, Knowledge

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Menggunakan, Rumus, Vlookup, Hlookup, Excel

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Menggunakan, Rumus, Vlookup, Hlookup, Excel

Cara Menggunakxan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Menggunakxan, Rumus, Vlookup, Hlookup, Excel

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Menggunakan, Rumus, Vlookup, Hlookup, Excel

Cara Menggunakan Rumus Hlookup – Cute766

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Menggunakan, Rumus, Hlookup, Cute766

Vlookup Dan Hlookup

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Vlookup, Hlookup

Contoh Penggunaan Rumus HLOOKUP Dan VLOOKUP Di Ms. Exceltu .berjudul Penjelasan Rumus VLOOKUP Dan - [PDF Document]

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Contoh, Penggunaan, Rumus, HLOOKUP, VLOOKUP, Exceltu, .berjudul, Penjelasan, Document]

Cara Menggunakan Rumus Vlookup Dan Hlookup - [DOCX Document]

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Menggunakan, Rumus, Vlookup, Hlookup, [DOCX, Document]

Contoh Soal Vlookup Hlookup Dan If | Ilmu Pengetahuan 7

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Contoh, Vlookup, Hlookup, Pengetahuan

Cara Menggunakxan Rumus Vlookup Dan Hlookup Pada Ms Excel [x4e6rw7km8n3]

Cara Menggunakan Rumus Hlookup : menggunakan, rumus, hlookup, Menggunakxan, Rumus, Vlookup, Hlookup, Excel, [x4e6rw7km8n3]