Contoh Pokok Pokok Laporan

Harga pokok penjualan dapat dihitung dengan rumus berikut. HPP = BTSJ - PAK. HPP = Harga pokok penjualan. BTSJ = Barang tersedia siap jual. PAK = Persediaan akhir. Sehingga harga pokok penjualan HPP dapat dihitung seperti berikut. HPP = 142,2 - 35. HPP = 107, 2 juta rupiah. Jadi Harga pokok penjualan HPP adalah 107,2 juta rupiahLaporan Harga Pokok Penjualan. Di bawah ini ada dua contoh kasus membuat laporan harga pokok penjualan. Contoh Kasus 1. PT Dua Indonesia memiliki persediaan awal barang sebesar Rp. 40.000.000,-. Di tahun 2020, PT Dua Indonesia membeli persediaan barang senilai Rp. 80.000.000,- dengan biaya angkutnya sebesar Rp. 1.500.000,-.berikut contoh dari laporan laba rugi, harga poko produksi perusahaan maufaktur dan jasa. Laporan Laba Rugi: Perusahaan Manufaktur. Laporan laba rugi berdasarkan klasifikasi fungsional pada perusahaan. Pemasukan yang dihitung menurut klasifikasi Fungsional yang disebut sebagai penghitungan biaya absorpsi (full costing) karena semua biaya manufaktur dibebankan pada produk.Harga pokok produksiPosted in Bahasa Indonesia, Umum Tagged bagian bagian teks paragraf ke alasan, contoh berita acara hasil diskusi, contoh diskusi kelompok tentang pendidikan, contoh kesimpulan hasil presentasi, contoh laporan buku fiksi dan non fiksi, contoh laporan hasil briefing, contoh laporan hasil diskusi pdf, contoh laporan hasil diskusi tentang banjir, contoh laporan kritis diskusi, contoh latar belakang laporan presentasi, diskusi buku, hasil diskusi tentang kenakalan remaja, laporan hasil diskusiDari laporan di atas maka jelas terlihat bahwa harga pokok penjualan (HPP) PT Taruna Arka per tanggal 31 Desember 2018 adalah adalah sebesar Rp83.200.000. Inventaris yang dijual muncul di laporan laba rugi di dalam HPP.

Cara Mudah Membuat Laporan Harga Pokok Penjualan

VI. PENUTUP Demikian Laporan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Kecamatan Batangan dibuat untuk menjadikan periksa dan mohon petunjuk lebih lanjut, guna kesempurnaan laporan yang akan datang. Batangan, Desember 2017 KetuaSebagai contoh, perusahaan Abu-Abu mengeluarkan Rp. 10.000.000 per bulan untuk membayar 10 orang buruh di pabrik mereka. Uang sebesar Rp. 10 juta inilah yang nantinya ikut mempengaruhi harga pokok produksi. 3. Biaya Overhead Pabrik. Elemen harga pokok produksi yang terakhir adalah biaya overhead pabrik.Metode harga pokok pesanan contoh soal ppt download metoda harga pokok pesanan. Contoh soal akuntansi perusahaan jasa beserta jawaban pdf. Biaya overhead pabrik dibebankan kepada produk atas dasar jam kerja langsung. Dengan demikian harga pokok per unitnya tidak rp1000000 melainkan rp1200000 dengan rincian sbb.Contoh Soal Laporan Harga Pokok Produksi Metode Rata Rata Kumpulan Contoh Laporan

Cara Mudah Membuat Laporan Harga Pokok Penjualan

Contoh Laporan Laba Rugi, Harga Pokok Produksi Perusahaan

Untuk menghitung harga pokok penjualan, anda dapat menggunakan rumus di bawah ini: COGS = Persediaan awal barang jadi + Harga pokok produksi - Persediaan akhir barang jadi Dari rumus di atas, anda dapat lihat, harga pokok produksi adalah komponen dalam perhitungan COGS. Perusahaan kemudian menampilkan COGS dalam laporan laba rugi.contoh laporan 10 program pokok pkk Kumpulan Contoh Jurnal contoh jurnal umum contoh jurnal pendidikan contoh jurnal penelitian contoh jurnal umum contoh jurnal bahasa indonesia contoh jurnal bahasa inggris contoh jurnal ekonomi contoh jurnal keperawatan contoh jurnal ilmiah contoh …PENGHITUNGAN HARGA POKOK PENJUALAN & PEMBUATAN LAPORAN LABA/RUGI (METODE PERIODIK) Di samping laba bersih, perusahaan dagang membutuhkan informasi khusus tentang laba/rugi dari transaksi barang dagangan. Bab ini membahas penghitungan HPP, laba/margin bruto, dan pembuatan laporanInilah pembahasan selengkapnya mengenai contoh soal metode harga pokok proses lanjutan. Admin blog Contoh Soal Terbaru 24 January 2022 juga mengumpulkan gambar-gambar lainnya terkait contoh soal metode harga pokok proses lanjutan dibawah ini.Harga pokok produksi persediaan barang awal - persediaan barang akhir. contoh soal menghitung harga pokok produksi. sekarang, kita akan mulai untuk menghitung harga pokok produksi dengan contoh kasus. karena biasanya contoh kasus bisa membuat kita lebih paham terhadap suatu materi. contohnya sebagai berikut. pt. Contoh soal akuntansi biaya metode harga pokok proses 2 departemen dapat menggunakan metode fifo atau mpkp dan metode average. laporan harga pokok proses produksi harus dibuat pada

Contoh Brosur Catering Contoh Cue Card Contoh Undangan Syukuran Umroh Contoh Kerja Sama Di Sekolah Contoh Drama Pendek Beserta Unsur Unsurnya Contoh Surat Permohonan Resmi Contoh Kalimat Simple Future Tense Contoh Pidato Tentang Disiplin Contoh Lensa Cekung Contoh Gambar Kolase Hewan Contoh Kerajinan Non Benda

Pengertian Harga Pokok Penjualan, Rumus dan Contoh Menghitungnya

Pengertian harga pokok penjualan adalah seluruh biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk siap jual, baik berupa barang ataupun jasa. Ini terdiri dari biaya secara langsung dan biaya tidak langsung. Harga pokok penjualan bukanlah harga jual sebuah produk, karena masing-masing memiliki pengertian berbeda.

Dalam bahasa Inggris, harga pokok penjualan dikenal dengan istilah COGS (cost of good sold). Perhitungan HPP (harga pokok penjualan) meliputi biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan baku dan biaya overhead.

Perusahaan manufaktur, perusahaan dagang dan perusahaan jasa memiliki rumus yang berbeda dalam menghitung harga pokok produksi. Ini merupakan dasar dalam proses menentukan harga jual yang efektif, supaya perusahaan bisa mendapat keuntungan secara maksimal.

Selain membahas pengertian harga pokok penjualan, dibawah ini Anda juga bisa menyimak contoh laporan, rumus menghitung, komponen, serta cara menentukan harga jual. Daripada semakin penasaran, mari langsung disimak berikut ini.

Manfaat Harga Pokok Penjualan

Dari pengertian harga pokok penjualan diatas bisa segera diketahui, setidaknya ada dua manfaat yang bisa Anda peroleh yaitu:

Menjadi patokan dalam menentukan harga jual sebuah produk Mengetahui seberapa besar keuntungan yang ingin dicapai oleh perusahaan

Jika membahas keuntungan perusahaan, maka ini tentu saja menyingung tentang harga jual dan harga pokok penjualan. Keuntungan hanya bisa didapat ketika harga jual lebih tinggi dibandingkan harga pokok penjualan.

Sementara itu, ketika harga jual lebih rendah dibandingkan harga pokok penjualan, maka perusahaan mengalami kerugian. Sebuah konsep sederhana yang seringkali jarang dipahami oleh banyak orang.

Komponen yang Mempengaruhi Harga Pokok Penjualan

Setidaknya ada 6 unsur yang bisa mempengaruhi besarnya nilai harga pokok penjualan. Komponen ini berlaku secara umum, yaitu untuk perusahaan dagang, manufaktur dan perusahaan jasa. Berikut adalah rinciannya.

Unsur Kelebihan:

1. Persediaan Awal Barang

Pertama, harga pokok penjualan dipengaruhi oleh persediaan barang selama awal periode baru. Untuk melihat berapa jumlah persediaan awal barang bisa mengecek pada neraca saldo awal perusahaan, bisa juga dengan memeriksa neraca tahun sebelumnya.

2. Persediaan Akhir Barang

Persediaan barang yang tersisa di akhir periode juga bisa mempengaruhi HPP sebuah produk. Jumlah saldo ini bisa diketahui dengan melihat data penyesuaian perusahaan selama akhir periode.

3. Pembelian Bersih

Pembelian bersih adalah jumlah barang dagang secara keseluruhan yang dibeli perusahaan. Baik pembelian secara kredit ataupun secara tunai. Perhitungan ini masih ditambah biaya angkut pembelian, kemudian dikurangi biaya retur pembelian dan potongan pembelian.

4. Unsur Kekurangan: Potongan pembelian barang Pengurangan harga barang dan Retur pembelian barang Persediaan barang akhir

Baca Juga:

Cara Menghitung HPP Perusahaan Dagang

Setelah cukup paham dengan pengertian harga pokok penjualan dan beberapa komponen yang mempengaruihinya, mari kita lanjutkan pembahasan ini dengan mencari tahu rumus HPP pada perusahaan dagang.

Berikut adalah langkah demi langkahnya:

1. Mencari Tahu Penjualan Bersih

Pertama-tama Anda harus mencari tahu terlebih dahulu berapa jumlah penjualan bersih. Rumus menghitungnya cukup sederhana, yaitu:

Biaya pengiriman penjualan tidak termasuk ke dalam hitungan HPP, melainkan menjadi biaya umum.

2. Mencari Total Pembelian Bersih

Setelah penjualan bersih diketahui, sekarang tugas Anda mencari pembelian bersih secara keseluruhan. Adapun untuk rumusnya sebagai berikut:

Penting diketahui, ada beberapa unsur yang menjadi bagian pembelian bersih. Diantaranya:

Pembelian kotor

Biaya angkut pembelian

Potongan pembelian

Pengurangan harga dan retur sebuah pembelian

3. Mengetahui Persediaan Barang

Bagi perusahaan yang ingin menentukan berapa harga penjualan produk mereka, maka penting mengetahui jumlah persediaan barang. Rumusnya adalah:

4. Menentukan Harga Pokok Penjualan

Langkah terakhir untuk menghitung berapa idealnya harga pokok penjualan adalah menggunakan rumus berikut ini:

Bagaimana, cukup mudah bukan pemahaman tentang pengertian harga pokok penjualan dan rumus menghitungnya? Setelah membahas perusahaan dagang, mari lanjutkan dengan mencari tahu rumus HPP pada perusahaan manufaktur.

Rumus Harga Pokok Penjualan Perusahaan Manufaktur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perusahaan jasa, manufaktur dan perdagangan memiliki rumus masing-masing. Jika dibandingkan dengan perusahaan perdagangan, cara menghitung harga pokok penjualan perusahaan manufaktur lebih kompleks, yaitu:

1. Menghitung Jumlah Biaya Bahan Baku yang Dibutuhkan

Langkah ini diperlukan karena perusahaan manufaktur tidak membeli bahan mentah, melainkan memproduksi sendiri. Karena bahan baku menjadi modal utama agar bisa menghitung harga pokok penjualan, maka dari itu jumlah bahan baku yang dibutuhkan harus diketahui.

Rumus menghitung bahan baku adalah:

2. Menjumlahkan Biaya Produksi Lainnya

Selama proses produksi dari bahan mentang menjadi barang siap jual, ada biaya lain yang dikeluarkan perusahaan, selain bahan baku. Biaya itu terdiri dari:

Biaya overhead (biaya bahan baku yang sifatnya tidak pokok). Seperti biaya reparasi, biaya pemeliharaan, biaya listrik dan lain sebagainya Biaya tenaga kerja langsung

 

3. Menghitung Total Biaya Produksi

Ini adalah sebagian biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan ketika barang sudah memasuki proses produksi, sekaligus biaya untuk menjalankan proses produksi tersebut. Total Biaya Produksi juga biasa disebut harga pokok produksi.

Rumus mencari tahu Total Biaya Produksi sebagai berikut:

4. Menentukan Harga Pokok Produksi

Setelah bahan baku, biaya produksi dan total biaya produksi sudah diketahui, sekarang saatnya untuk menentukan harga pokok produksi.

5. Menghitung Harga Pokok Penjualan

Ini dia langkah terakhir yang sudah Anda tunggu-tunggu. Rumusnya cukup mengikuti formula:

Menghitung Harga Pokok Penjualan Perusahaan Jasa

Pada dasarnya, hanya sebagian perusahaan jasa yang membutuhkan HPP. Sebab, kebanyakan perusahan dari sektor bisnis jasa tidak mempunyai persediaan barang di gudang mereka. Kendati demikian, tetap ada sejumlah bisnis jasa yang menyimpan barang persediaan.

Sebagai contoh, bisnis reparasi alat elektronik. Selain menawarkan jasa service peralatan elektronik, mereka juga mempunyai suku cadang.

Sebenarnya cara menghitung HPP perusahaan jasa mirip dengan bisnis dagang. Hanya saja data tentang HPP tidak dimasukkan ke dalam laporan laba rugi. Sedangkan pada laporan laba rugi perusahaan dagang sudah pasti dicantumkan HPP.

Contoh Laporan Harga Pokok Penjualan Perusahaan Jasa:

Contoh Soal Menghitung Harga Pokok Produksi

Pada tanggal 25 April 2018, PT Sukses Sejahtera memiliki laporan:

Persediaan barang awal Rp. 12 juta

Pembelian senilai Rp. 4 juta

Beban angkutan pembelian Rp. 1.5 juta

Retur pembelian sebesar Rp. 3.5 juta

Potongan pembelian Rp. 2.5 juta

Persediaan barang dagangan akhir Rp. 7.5 juta

Pertanyaannya, berapakah Harga Pokok Penjualan PT Sukses Sejahtera?

Menghitung Harga Jual

Setelah harga pokok penjualan diketahui, tahap terakhir yang akan dilakukan oleh manajemen perusahaan adalah menentukan harga jual. Harga jual merupakan banyaknya biaya yang dibebankan kepada calon konsumen.

Berikut adalah rumus menghitung harga jual:

Pada umumnya, ada dua metode yang digunakan untuk menentukan harga jual sebuah produk. Yakni:

Metode penetapan harga plus

Adalah metode yang menjumlahkan target margin dan semua biaya untuk menghitung harga jual.

Metode penetapan harga mark up

Metode menentukan harga jual dengan menjumlahkan harga beli dan target keuntungan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian harga pokok penjualan pada perusahaan dagang, manufaktur dan jasa. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat untuk Anda semua.

Menyampaikan Pokok-Pokok Laporan Perjalanan - Kosongin

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Menyampaikan, Pokok-Pokok, Laporan, Perjalanan, Kosongin

Venansia Lita: Laporan Harga Pokok Produksi

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Venansia, Lita:, Laporan, Harga, Pokok, Produksi

Tentukan Pokok Pokok Isi Laporan Hasil Pengamatan Tersebut! - Brainly.co.id

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Tentukan, Pokok, Laporan, Hasil, Pengamatan, Tersebut!, Brainly.co.id

Contoh Laporan Pelaksanaan Dan Pokok Pokok Hasil Audit Intern - Kumpulan Contoh Laporan

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Contoh, Laporan, Pelaksanaan, Pokok, Hasil, Audit, Intern, Kumpulan

Contoh Laporan Pelaksanaan Kegiatan 10 Program Pokok Pkk

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Contoh, Laporan, Pelaksanaan, Kegiatan, Program, Pokok

Contoh Laporan Pelaksanaan Kegiatan 10 Program Pokok Pkk

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Contoh, Laporan, Pelaksanaan, Kegiatan, Program, Pokok

Contoh Laporan Pelaksanaan Kegiatan 10 Program Pokok Pkk – Cute766

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Contoh, Laporan, Pelaksanaan, Kegiatan, Program, Pokok, Cute766

Soal Harga Pokok Produksi Dan Laporan Laba/Rugi

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Harga, Pokok, Produksi, Laporan, Laba/Rugi

Laporan Harga Pokok Produksi Bahan Baku, Awal Rp. 25.000 Pembelian Bahan - Brainly.co.id

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Laporan, Harga, Pokok, Produksi, Bahan, Baku,, 25.000, Pembelian, Brainly.co.id

Contoh Laporan Pelaksanaan Dan Pokok Pokok Hasil Audit Intern - Temukan Contoh

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Contoh, Laporan, Pelaksanaan, Pokok, Hasil, Audit, Intern, Temukan

Materi Laporan Perjalanan.docx

Contoh Pokok Pokok Laporan : contoh, pokok, laporan, Materi, Laporan, Perjalanan.docx