Gunung Tertinggi Di Benua Asia

Gunung Damavand adalah puncak ke-12 yang paling menonjol di dunia, dan tertinggi kedua di Asia, setelah Gunung Everest. Gunung ini memiliki arti simbolis yang penting, terutama sebagai simbol perlawanan rakyat Iran terhadap imperialisme asing, kediktatoran, dan despotisme, dan gunung ini banyak dikutip dalam mitologi dan literatur Persia masa lalu.Bentang Alam Benua Asia-Gunung Everest (8.856 m) di Cina dan Nepal tertinggi di dunia. Pegunungan Himalaya (Cina, India, Nepal, dan Bhutan) Gurun Gobi (cina) Iklim Benua Asia. Iklim sangat panas dan sangat dingin terdapat di wilayah Arktik. Iklim hujan deras karena ada pengaruh angin muson.Benua Asia merupakan rumah bagi gunung-gunung tertinggi di dunia. Terdapat sekitar 14 gunung tertinggi di dunia, dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter di atas laut. Gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest, dengan ketinggian 8.848 meter di atas laut, yang lokasinya berada di perbatasan Nepal dan Tibet.Salah satu pegunungan yang terkenal di Benua Asia adalah Pegunungan Himalaya. Gunung yang terletak di antara India dan Tibet. Himalaya dikenal sebagai pegunungan tertinggi yang ada di Asia dan juga dunia. Tingginya mencapai 8.484 meter. Tinggi sekali, bukan? Baca Juga: Susu Kemasan Harus Dikocok Sebelum Diminum, Kenapa Begitu, ya?Jakarta - Sebagai gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest pasti menjadi gunung impian bagi banyak pendaki. Puncak tertinggi di dunia pertama kali dicapai oleh Edmund Hillary

PPSX BENUA ASIA - Google Sites

Selain itu, wilayah Indonesia yang berada di jalur pertemuan dua lempeng benua membuatnya banyak memiliki banyak gunung berapi. Dua lempeng tersebut yaitu Lempeng Benua Asia di bagian barat, dan Lempeng Benua Australia di bagian timur. Yang terjadi pada Indonesia, dua lempeng tersebut saling bertumbukan dan menciptakan proses tektonik.B. Keadaan Geografis Kawasan-Kawasan Benua 1. Benua Asia a. Perbatasan dan Keadaan Alam di Benua Asia Sedangkan Benua Asia adalah benua terbesar di dunia, benua ini memiliki luas wilayah hampir sepertiga luas daratan di permukaan bumi, yaitu kurang lebih 44.000.000 km/segi.Ketinggian gunung ini diperkirakan akan terus bertambah sesuai dengan pergerakan lempeng tektonik di kawasan gunung tersebut. Gunung kedua di Benua Asia yang juga termasuk gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Chogori atau K2 yang terletak di Pakistan dan Cina. Gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih 8.611 meter.Gunung tertinggi lainnya di benua Eropa setelah Weisshorn ialah Lyskamm dimana tingginya mencapai 4.527 meter di atas permukaan laut atau setara dengan 14.852 kaki. Gunung ini terletak di perbatasan antara Switzerland dan Italia.

PPSX BENUA ASIA - Google Sites

9 Fakta Menarik Benua Asia, Benua Terbesar dan Terkaya di

Dari daftar 10 Gunung Tertinggi di Dunia ini, 9 diantaranya berada di Pengunungan Himalaya yang mencakup wilayah Tiongkok, India, Nepal, Bhutan dan Pakistan.Semua Gunung-gunung tersebut berada di Benua Asia. Berikut ini daftar 10 Gunung tertinggi di Dunia beserta ketinggian, lokasi dan Pendaki pertama yang berhasil mencapai titik puncak Gunung10 Puncak Gunung Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara. 10. Kamboja (Gunung Phnom Aural) = 1813 MDPL. Gunung Phnom Aural adalah puncak tertinggi di Kamboja. Gunung ini terletak di dalam distrik Aoral, Provinsi Kampong Speu dengan ketinggian 1813 meter terletak bagian timur Pegunungan Cardamom dengan taman nasional Phnom Aural Wildlife SanctuaryGunung tertinggi di benua eropa adalah. Daftar gunung di dunia adalah (sesuai ketinggian): Gunung-gunung paling tinggi (di ketujuh benua) di dunia: Gunung Everest (8.850 m) Aconcagua (6.959 m) (Amerika Selatan) Italia - Swiss gunung tertinggi kedua di Eropa (4634 m) Gunung Elbrus, Kaukasus (5642 m).Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) denganSalah satu pegunungan yang terkenal di Benua Asia adalah Pegunungan Himalaya. Gunung yang terletak di antara India dan Tibet. Himalaya dikenal sebagai pegunungan tertinggi yang ada di Asia dan juga dunia. Tingginya mencapai 8.484 meter. Tinggi sekali, bukan?Benua Asia ternyata mempunyai 14 gunung tertinggi di seluruh dunia. Ketinggian pada gunung tersebut mencapai lebih dari 8.000 meter di atas laut. Gunung tersebut berada di kisaran Karakoram dengan jumlah 4, sementara 10 gunung terletak di daerah Himalaya. Itulah beberapa fakta menarik dari benua Asia yang harus Anda tahu.(ANG)

Larutan Yang Bersifat Asam Cek Resi Indah Logistik D Heaven Spa Terapis Sumber Sirah Gondanglegi Kelainan Otot Yang Disebabkan Adanya Infeksi Bakteri Clostridium Tetani Ikan Baronang Bakar Lari Jarak Dekat Menggunakan Start Goosebumps Sub Indo Avast Service High Disk Usage Border Portal Binus Struktur Dan Kaidah Cerpen

9 Fakta Menarik Tentang Benua Asia yang Harus Kamu Ketahui

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Benua yang memiliki luas sekitar 44.579.000 kilometer persegi atau sekitar 30 persen dari luas permukaan bumi ini, juga merupakan benua yang terpadat di dunia.

Diperkirakan sekitar 4,46 milyar orang atau lebih dari 60 persen populasi bumi berada di Benua Asia. Selain itu, 3 dari 4 negara terpadat di dunia berada di Asia yaitu Cina, India, dan Indonesia. 

Benua Asia berada di sebelah timur Terusan Suez dan Pegunungan Ural, serta berada di sebelah selatan Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia dan Laut Hitam. Benua yang mengakui lebih dari 2300 bahasa ini, terbagi menjadi 48 negara lho, tiga di antaranya yaitu Rusia, Kazakhstan, dan Turki  memiliki bagian tanah di Benua Eropa.

Selain fakta-fakta di atas, Benua Asia masih memiliki banyak fakta menarik lainnya yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Peradaban tertua di dunia, yaitu Mesopotamia berada di benua Asia

sporcle.com

Peradaban tertua di dunia yaitu Mesopotamia berada di benua Asia.  Merosopotamia merupakan peradaban tertua di dunia yang terletak diantara sungai Tigris dan Efrat, dan berada di antara Asia Kecil dan Teluk Persia.

Peradaban Mesopotamia dimulai sejak 3100 SM hingga kejatuhan Babel pada 539 SM, dimana bangsa Sumeria, Babilonia, dan Asyur memerankan peran penting dalam perkembangan peradaban tertua di dunia tersebut.

Peradaban yang berada di wilayah Asia barat daya ini, melahirkan beberapa perkembangan paling penting dalam sejarah kehidupan manusia lho.

Yakni meliputi literatur tertulis, penemuan roda, matematika, astronomi, pertanian, perdagangan, budaya dan juga seni. Kini, Mesopotamia menjadi tiga daerah, yaitu Suria timur, Turki tenggara, dan sebagian besar Irak.

2. Konsumen beras terbesar di dunia

pinoyabrod.net

Benua Asia merupakan Konsumen beras terbesar di dunia. Sekitar 90 persen dari total produksi beras di dunia dikonsumsi oleh orang Asia. Di beberapa negara di Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Cina, India, dan beberapa negara di Asia Tenggara mengonsumsi beras sebagai makanan pokoknya.

Baca Juga: 5 Fakta Danau Kivu di Afrika yang Tenang tapi Mematikan!

3. Pertumbuhan ekonomi di benua Asia merupakan yang tercepat di dunia

sguru.org

Dibandingkan dengan negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat, pertumbuhan perekonomian di benua Asia jauh lebih cepat lho guys. Bahkan kini jumlah milyader di Cina melampaui jumlah milyader di Amerika Serikat lho. Berdasarkan data yang didapat di tahun 2018 lalu, tercatat sekitar 234 lebih milyader di Cina daripada di Amerika Serikat (AS).

Selain Cina, 3 negara lainnya di Asia juga menguasai perekonomian dunia, yaitu Jepang, Korea Selatan dan Singapura. Hal tersebut didukung dengan sebuah fakta bahwa 3 negara tersebut, merupakan negara dengan IQ rata-rata tertinggi di dunia.  

Selain itu, benua Asia juga merupakan benua yang kaya akan sumber daya alam seperti minyak bumi, tembaga, air, beras, perak dan hutan.

4. Jepang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia

jpninfo.com

Nah, ini dia salah satu fakta yang paling menarik dari benua Asia, yaitu Jepang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Menurut data dari WHO, Jepang berada di urutan pertama sebagai negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia, dengan rentang harapan hidup pada wanita yaitu hingga 87,3 tahun dan para pria yaitu 85 tahun.

5. Terdapat 14 gunung tertinggi di dunia

lonelyplanet.com

Benua Asia merupakan rumah bagi gunung-gunung tertinggi di dunia. Terdapat sekitar 14 gunung tertinggi di dunia, dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter di atas laut.

Gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest, dengan ketinggian 8.848 meter di atas laut, yang lokasinya berada di perbatasan Nepal dan Tibet. Dari 14 gunung tersebut, 10 di antaranya berada di Himalaya, dan 4 sisanya berada di kisaran Karakoram.

6. Rumah bagi bangunan-bangunan tertinggi di dunia

newscollection.net

Benua Asia gak hanya rumah bagi gunung-gunung tertinggi di dunia, namun juga rumah bagi bangunan-bangunan tertinggi di dunia. Dari data  yang didapat oleh Dewan Organisasi nirbala tentang Bangunan Tinggi dan Habitat Perkotaan (CTBUH), terdapat sekitar 12 bangunan tertinggi di dunia, yang sebelas diantaranya berasal dari Asia.

Sebelas bangunan tertinggi di dunia yang lokasinya berada di benua Asia yaitu meliputi Burj Khalifa (Dubai), Pusat Greenland Wuhan (Cina), Menara Shanghai (Cina), Menara Jam Abraj Al-Bait (Mekah), Ping An Finance Center (Cina), Lotte World Tower (Korea Selatan), Pusat Keuangan CTF Guangzhou (Cina), Pusat Keuangan Tianjin (Cina), China Zun (Cina), Taipei 101 (Taiwan), dan Pusat Keuangan Dunia Shanghai (Cina).

7. Rumah bagi fauna-fauna langka di dunia

wiken.grid.id

Benua Asia merupakan rumah bagi fauna-fauna langka di dunia. Fauna-fauna langka tersebut yaitu meliputi komodo, bekantan, saola, yak, babirusa, takin, anoa, orangutan, dan siamang.

8. Bunga terbesar di dunia, yaitu Rafflesia Arnoldii berada di Indonesia

egrafis.com

Benua Asia gak hanya terkenal sebagai rumah fauna langka di dunia, namun juga merupakan rumah bagi bunga terbesar di dunia, yaitu Rafflesia Arnoldi.

Bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan di hutan hujan di Indonesia. Bunga yang memiliki tinggi sekitar 3 kaki dengan berat mencapai 15 pound ini, juga memiliki sebutan sebagai bunga bangkai karena memiliki bau yang sangat busuk.

9. Tempat kelahiran agama-agama besar di dunia

psmag.com

Dengan banyaknya keanekaragaman ras, suku, dan budaya, gak heran jika benua Asia merupakan tempat kelahiran dari agama-agama besar di dunia. Agama terbesar di benua Asia adalah agama Islam, yang kemudian diikuti dengan agama Hindu, di urutan ke-2.

Selain itu, juga terdapat agama-agama lainnya di benua Asia seperti Buddhisme, Kristen, Jainisme, Taoisme, dan agama lainnya. 

Nah, itulah ulasan 9 fakta menarik dari benua Asia, benua terbesar dan terkaya di dunia. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 9 Tempat Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Asia Menurut Survei

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

10 Gunung Tertinggi Di Asia Tenggara

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, Gunung, Tertinggi, Tenggara

KENAMPAKAN ALAM DI BENUA ASIA

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, KENAMPAKAN, BENUA

Hiking Malaysia πŸ‡²πŸ‡Ύ On Twitter: "Indonesia Terletak Di Benua Asia, Walaupun Papua Di Bawah Pemerintahan Indonesia, Papua Terletak Di Benua Australia.… "

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, Hiking, Malaysia, πŸ‡²πŸ‡Ύ, Twitter:,

10 Gunung Tertinggi Di Asia Tenggara

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, Gunung, Tertinggi, Tenggara

DOC) BENTANG ALAM BENUA ASIA | Koko Andrianto - Academia.edu

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, BENTANG, BENUA, Andrianto, Academia.edu

Kelas 6 - Ilmu Pengetahuan Sosial - Arif By Yeti Herawati - Issuu

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, Kelas, Pengetahuan, Sosial, Herawati, Issuu

Benua Asia: Keadaan Alam, Penduduk, & Daftar Negara

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, Benua, Asia:, Keadaan, Alam,, Penduduk,, Daftar, Negara

Benua

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, Benua

Kelas 6 - Ilmu Pengetahuan Sosial - Sutoyo By Yeti Herawati - Issuu

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, Kelas, Pengetahuan, Sosial, Sutoyo, Herawati, Issuu

Benua Asia

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, Benua

Pegunungan Tertinggi Di Benua Asia – Kami

Gunung Tertinggi Di Benua Asia : gunung, tertinggi, benua, Pegunungan, Tertinggi, Benua