Deskripsi Reog Ponorogo

Zidni Ilma Alal Falah (201712010) Pengertian ReogReog ponorogo adalah salah satu bagian dari kesenian rakyat yang terdapat di Provinsi Jawa Timur bagian Barat yaitu Kota Ponorogo. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok Warok dan Gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat pertunjukan Reog. Reog merupakan suatu kebudayaan daerah di Indonesia yang masih kental dengan hal-hal yang berhubunganReog Ponorogo adalah salah satu kesenian tradisional yang sangat terkenal di Jawa timur, khususnya daerah Ponorogo sebagai kota asalnya. Kesenian Reog Ponorogo selalu menampilakan berbagai tokoh seperti warok, barongan, ganongan dan lain - lain. Dalam setiap pertunjukannya, Reog Ponorogo ini selalu menyuguhkan pertunjukan yang menarik dan atraktif.Deskripsi hem reog ponorogo bordir bujang ganong. hem reog ponorogo bordir Bahan kain nagata, bordir komputer, jahitan rapi nyaman dipakai Tersedia uk.S,M,L,XL,XXL S = LD 104, PB 68 M = LD 108, PB 70Kabupaten Ponorogo sebagai sebuah kota yang di kenal dengan asal Atraksi Reog Ponorogo memiliki beragam objek dan daya tarik wisata. Tentu saja sebagai atraksi utamanya adalah Reog itu sendiri. Namun sebagai kota asal Seni Budaya Reog, ternyata tidak setiap hari kita bisa menjumpai pagelaran seni tradisional ini.Jual topeng reyog reog ponorogo dengan harga Rp80.000 dari toko online santisanti, Kab. Jombang. Cari produk Lainnya lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia.

Reog Ponorogo Kesenian Tradisional dari Ponorogo, Jawa

Reog Pasar Gunung diartikan bahwsanya sanggar ini mempunyai kekuatan dan keberanian dalam melestarikan dan memperkenalkan tradisi reog walaupun kesenian Reog ini berada di luar daerah aslinya Ponorogo, bentuk visual yang menjadikan visi dan misi serta jati diri sanggar tergambar dalam sebuah logo.Tarian sejenis Reog Ponorogo yang di pentaskan di Malaysia dinamakan Tari Barongan tetapi memiliki unsur Islam. Tarian ini juga menggunakan topeng Dadak Merak, deskripsi dan foto tarian ini juga ditampilkan dalam situs web resmi Kementerian, Kebudayaan, Kesenian dan warisan Malaysia.Alun alun Ponorogo ini bentuknya persegi dengan lapangan ditangahnya. Di setiap ujung nya terdapat patung singa yang melambangkan kekhas-an kota Ponorogo, Reog. Kota Ponorogo juga dikenal sebagai kota Reog. Reog adalah sebuah seni budaya khas Ponorogo berupa tarian. Tarian ini sangat berbeda dengan kebanyakan tari yang ada di daerah lain.Tari Reog Ponorogo - Indonesia memiliki beragam tarian tradisional yang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Timur, yaitu Reog Ponorogo. Tari Reog adalah salah satu tarian yang paling terkenal di Indonesia dan berasal dari kota Ponorogo.

Reog Ponorogo Kesenian Tradisional dari Ponorogo, Jawa

Jual hem reog ponorogo bordir bujang ganong - Kab

Deskripsi: Pengertian dan Sejarah Tari Reog, daerah asal, pemain dan properti tariannya. Sebagai warga negara Indonesia, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tari Reog, bukan? Tarian tradisional yang berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur ini merupakan tarian yang berhubungan erat dengan hal-hal mistis.Pementasan reog ponorogo merupakan rangkaian dari acara Grebeg Suro atau juga dalam rangka ulang tahun kota Ponorogo. Dalam rangka menyambut tahun baru islam atau yang sering dikenal dengan sebutan tanggal satu Suro, pemerintah kabupaten Ponorogo mengadakan event budaya terbesar di Ponorogo yaitu Grebeg Suro.Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kentalTari Reog Ponorogo Tarian Daerah Jawa Timur. Kesenian Reog merupakan salah satu kesenian yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut dan Ponorogo. Ponorogo disebut sebagai kota asal kesenian reog yang sebenarnya karena pada gerbang kota Ponorogo dihiasi dengan dua sosok bagian dari kesenian ini. Dua sosok tersebut adalah Warok dan Gemblak.Tari reog berasal dari dan propertinya. Tarian REOG Ponorogo yang biasa disebut tarian ini juga memakai topeng yang berasal dari Ponorogo. Tarian ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu sebagai tari ritual yang sakral dan biasanya dipentaskan pada upacara kematian kesembuhan dan lain sebagainya.

Larutan Yang Bersifat Asam Cek Resi Indah Logistik D Heaven Spa Terapis Sumber Sirah Gondanglegi Kelainan Otot Yang Disebabkan Adanya Infeksi Bakteri Clostridium Tetani Ikan Baronang Bakar Lari Jarak Dekat Menggunakan Start Goosebumps Sub Indo Avast Service High Disk Usage Border Portal Binus Struktur Dan Kaidah Cerpen

Contoh Soal, Kunci Jawaban, dan Pembahasan Pilihan Ganda Teks Deskripsi Part 2

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Semoga soal-soal yang admin bagikan kali ini dapat bermanfaat buat peserta didik secara khusus yang sedang mencari referensi tentang soal-soal terbaru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selamat belajar semoga sukses.

1. Gua peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintah setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut. 

Tanggapan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....

A. Pengelola gua peninggalan Jepang harus memperingatkan pengunjung agar membawa kantong plastik.

B. Pemerintah sebaiknya membuat pintu masuk baru ke gua peninggalan Jepang.

C. Pengelola sebaiknya menyiangi rumput dan ilalang di depan pintu masuk gua.

D. Pemerintah sebaiknya peduli terhadap objek bersejarah, seperti gua peninggalan Jepang tersebut.

Jawaban: (D)

Tanggapan tepat harus sesuai dengan isi bacaan yang dibahas. Bacaan tersebut membahas gua peninggalan Jepang yang tidak terawat. Tanggapan sesuai dengan isi bacaan terdapat pada pilihan jawaban D. Pernyantaan pada pilihan jawaban A, B, dan C tidak sesuai dengan isi bacaan.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3.

Reog merupakan kesenian berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Oleh karena itu, kesenian tersebut dikenal dengan nama Reog Ponorogo. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan unsur-unsur mistik dan ilmu kebatinan.

 www.ilmubindo.com

Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu. Ki Ageng Kutu adalah seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi. Bhre Kertabhumi adalah Raja Majapahit terakhir yang berkuasa pada abad ke-15. Ki Ageng Kutu tidak suka karena melihat Bhre Kertabhumi mendapat pengaruh kuat permaisurinyayang berasal dari Cina. Selain itu, Ki Ageng Kutu marah kepada rajanya yang korup. Ia mengetahui bahwa kekuasaan Kerajaan Majapahit akan berakhir. Kemudian, Ki Ageng Kutu meninggalkan sang raja dan mendirikan perguruan seni bela diri, ilmu kekebalan diri, dan ilmu kesempurnaan. Ia berharap para pemuda ini akan kembali. Ia sadar bahwa pasukannya terlalu kecil untuk melawan pasukan kerajaan. Oleh karena itu, pesan politis Ki Ageng Kutu disampaikan melalui pertunjukkan seni Reog, yang merupakan "sindiran" kepada raja Bhre Kertabhumi. Pertunjukkan Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu membangun perlawanan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog.

2. Penyataan yang mengandung unsur deskripsi umum adalah ....

A. Reog merupakan kesenian budaya berasal dari Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, kesenian tersebut dikenal dengan nama Reog Ponorogo.

B. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu.

C. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak. Kedua tokoh ini sangat dikenal di Kota Ponorogo. Ponorogo merupakan kota asal seni Reog yang menampilkan tokoh warok dan gemblak tersebut.

D. Pesan politis Ki Ageng Kutu disampaikan melalui pertunjukkan seni Reog, yang merupakan "sindiran" kepada Raja Bhre Kertabhumi. Pertunjukkan Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu membangun perlawan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog.

Jawaban: (A)

Pernyataan yang mengandung unsur deskripsi umum terdapat pada pilihan jawaban A. Unsur deskripsi umum berarti unsur berisi definisi. Pilihan jawaban A menyatakan definisi kesenian Reog Ponorogo. Pilihan jawaban B, C, dan D tidak tepat karena merupakan unsur deskripsi bagian.

3. Teks deskripsi tersebut dapat diringkas menjadi ....A. Reog merupakan kesenian budaya berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Ponorogo merupakan kota asal seni Reog tersebut. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak.B. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu. Ki Ageng Kutu. Ki Ageng Kutu seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi.C. Reog merupakan kesenian budaya berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reok dan warok yang berkembang di masyarakat. Namun, salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita pemberontakan Ki Ageng Kutu.D. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan unsur-unsur mistik dan ilmu kebatinan. Ada lima versi cerita mengenai asal-usul Reog dan warok yang berkembang di masyarakat. Jawaban: (C)Ringkasan teks deskripsi tentang kesenian Reog Ponorogo terdapat pada pilihan jawaban C. Paragraf ringkasan tersebut berisi rangkaian ide pokok setiap paragraf dalam teks. Pilihan jawaban A, B, dan D belum mewakili ide pokok setiap paragraf dalam teks.

4. Paragraf yang mengandung unsur deskripsi umum adalah ....A. Rumah makan Nyamleng terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Malang. Rumah makan ini terkenal dengan masakan tradisionalnya. Nama rumah makan ini berasal dari bahasa Jawa yang berarti enak sekali. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menyediakan masakan Jawa dengan cita rasa tinggi. Bangunan rumah makan ini berarsitektur Jawa.B. Ketika memasuki rumah makan Nyamleng, kita disambut gapura bernuansa Jawa yang berdiri kukuh di pintu masuk. Di bagian depan rumah ini terpasang gapura indah bertuliskan huruf Jawa dengan warna alami. Begitu memasuki pintu utama kita akan disambut ruangan sejuk berestetika tinggi. Lantai rumah makan ini terbuat dari kayu berwarna cokelat tua. Dinding rumah makan berwarna putih bersih.C. Di bagian tengah rumah makan Nyamleng diletakkan gamelan Jawa yang tertata rapi lengkap dengan niyaganya. Warna keemasan gamelan dengan kayu warna cokelat gelap sangat indah dipandang. Di samping gamelan terdapat meja kursi antik dengan warna legam. Di pojok ruangan diletakkan lampu hias dengan ornamen kuning keemasan.D. Di bagian belakang rumah makan Nyamleng terdapat kolam ikan nila. Warna merah yang mendominasi kolam tampak seperti kain indah yang sedang dimainkan seorang penari. Kolam itu tidak terlalu luas, tetapi asri. Di pinggir kolam dihiasi beragam bunga. Bunga beraneka warna dipinggir kolam menambah keasrian rumah makan  ini.

Jawaban: (A)Paragraf yang mengandung unsur deskripsi umum terdapat pada pilihan jawaban A. Paragraf tersebut menjelaskan rumah makan Nyamleng secara umum. Pilihan jawaban B, C, dan D merupakan unsur deskripsi bagian.

5. Pemerintah kabupaten Probolinggo menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus memberikan jamina bahwa gunung setinggi 2.329 m dari permukaan laut tersebut aman dikunjungi meskipun berstatus siaga. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari jauh. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit.

Teks tersebut membahas tentang ....A. keindahan Gunung BromoB. penawaran paket wisata erupsi Gunung BromoC. peningkatan kunjungan wisatawanD. pemandangan eksotis Gunung Bromo. Jawaban: (B)Masalah yang dibahas dalam teks tersebut adalah penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran tersebut dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Penawaran paket wisata ini termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keindahan matahari terbit.

Reog (Ponorogo) - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, (Ponorogo), Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

Tari Reog Ponorogo

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, Ponorogo

Reog - Wikipedia

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, Wikipedia

Artikel Reog Ponorogo

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, Artikel, Ponorogo

Reog (Ponorogo) - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, (Ponorogo), Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

Pernyataan Yang Mengandung Unsur Deskripsi Umum Adalah...a. Reog Merupakan Kesenian Budaya Berasal - Brainly.co.id

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, Pernyataan, Mengandung, Unsur, Deskripsi, Adalah...a., Merupakan, Kesenian, Budaya, Berasal, Brainly.co.id

Sewa Reog Ponorogo Pak Renggo | Jakarta Pusat | Jualo

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, Ponorogo, Renggo, Jakarta, Pusat, Jualo

Gara-Gara Rebutan Reog, Indonesia-Malaysia Pun Gegeran - Nusa Daily

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, Gara-Gara, Rebutan, Reog,, Indonesia-Malaysia, Gegeran, Daily

Sewa Reog Ponorogo Hadi Sugito | Jakarta Barat | Jualo

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, Ponorogo, Sugito, Jakarta, Barat, Jualo

Lengkap] Tari Reog Ponorogo: Sejarah, Tokoh, Gerakan + Video

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, Lengkap], Ponorogo:, Sejarah,, Tokoh,, Gerakan, Video

Lengkap] Tari Reog Ponorogo: Sejarah, Tokoh, Gerakan + Video

Deskripsi Reog Ponorogo : deskripsi, ponorogo, Lengkap], Ponorogo:, Sejarah,, Tokoh,, Gerakan, Video