Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz

Jawab : Ada 3 faktor yang mempengaruhi besar GGL induksi yaitu a. kecepatan gerakan magnet Semakin cepat gerakan magnet keluar masuk kumparan maka nilai GGL induksinya akan semakin besar dan semakin lambat gerakan magnet keluar masuk kumparan maka nilai GGL induksinya akan semakin kecil juga b. jumlah lilitan, Jika jumlah lilitan diperbanyak maka nilai GGL Induksi akan semakin besar dan sebaliknya.c. medan magnet Medan Magnet diperbesar makan nilai GGL Induksi semakin besar juga dan sebaliknya.Namun terlepas dari itu semua bahwa didalam Pengertian Gaya Lorentz Menurut Wikipedia Indonesia sendiri ialah sebuah Gaya didalam Bidang Fisika yang ditimbulkan oleh suatu Muatan Listrik yang bergerak maupun yang ditimbulkan oleh suatu Arus Listrik yang berada didalam sebuah Medan Magnet. Oleh karena itu jika terdapat sebuah penghantar yang dialiri oleh suatu Arus Listrik dan PenghantarA. gaya Lorentz dihasilkan oleh penghantar berarus listrik. B. gaya Lorentz dihasilkan oleh kawat yang terletak dalam medan magnet. C. penghantar berarus listrik dalam medan magnet akan menghasilkan gaya Lorentz. D. medan magnet batang dapat menghasilkan gaya Lorentz. 2. Faktor-faktor berikut ini yang tidak mempengaruhi besar gaya Lorentz yang dialami oleh suatu penghantar adalah…. A. hambatan jenis penghantarGaya Lorentz adalah gaya yang dialami sebuah penghantar yang dialiri arus listrik dalam suatu medan magnetik yang...Dari percobaan gaya lorentz diatas, kita dapat mengamati bahwa arah gaya Lorentz (F) selalu tegak lurus terhadap kuat arus (I) dan medan magnetik (B). Untuk memudahkan mengingat arah gaya lorentz yang dialami penghantar ketika dialiri arus listrik dalam medan magnet digunakanlah kaidah tangan kanan.

3 Rumus Gaya Lorentz dan Contoh Soalnya Paling Lengkap

2 Mengidentifikasi faktor faktor yang mempengaruhi besar gaya dan arah gaya. 2 mengidentifikasi faktor faktor yang mempengaruhi. School Open University Malaysia; Course Title ART MISC; Uploaded By dairyplasma. Pages 160 This preview shows page 37 - 41 out of 160 pages.Berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi besar gaya Lorentz, kecuali …. answer choices . kuat arus listrik. kuat medan magnet. panjang kawat. massa jenis kawat. Tags: Question 21 . SURVEY . 180 seconds . Report an issue . Q.Hubungan besaran-besaran itu ditemukan oleh fisikawan Belanda, Hendrik Anton Lorentz (1853-1928). Dalam penyelidikannya Lorentz menyimpulkan bahwa besar gaya yang ditimbulkan berbanding lurus dengan kuat arus, kuat medan magnet, panjang kawat dan sudut yang dibentuk arah arus listrik dengan arah medan magnet.Sedangkan faktor yang mempengaruhi gaya lorentz yang ditimbulkan oleh muatan yang bergerak dalam medan magnet yaitu: - kuat medan magnet/ kuat induksi magnet. - besar muatan listrik. - kecepatan gerak muatan. - sudut antara arah kecepatan muatan dan kuat medan magnet.

3 Rumus Gaya Lorentz dan Contoh Soalnya Paling Lengkap

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS IPA SMP Kelas 9

Faktor yang MempengaruhiGaya Lorentz. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi gaya elektrik, diantaranya: Besar arus listrik (I) Kuat medan magnet (B) Panjang penghantar (I) Manfaat Penerapan Gaya Lorentz. Informasi yang tidak kalah penting adalah kira-kira apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan dari penerapan gaya Lorentz?Faktor-Faktor Yang Menimbulkan Gaya Lorentz Jika sebuah penghantar yang dialiri arus listrik berada dalam daerah medan magnetik, penghantar itu akan mengalami gaya magnetik. Untuk mengamati gaya magnetik tersebut, perhatikan rangkaian skema alat gaya magnetik: Skema rangkaian gaya magnetik0 Response to "Faktor yang Mempengaruhi Kekuatan Elektromagnet" Posting Komentar Terima kasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar dengan sopan dan tidak mengandung unsur SARA atau pornografi serta tidak ada link aktif.Apa yang dimaksud dengan Gaya Lorentz ? yakni merupakan sebuah hasil penggabungan antara 2 gaya yakni: gaya elektrik dan gaya magnetik yang terjadi dalam suatu medan elektromagnetik. Kemudian Gaya Lorentz juga merupakan salah satu gaya yang dihasilkan dari oleh suatu muatan listrik yang dihantarkan oleh sebuah arus listrik yang terdapat di dalam suatu medan magnet B.Gaya Lorentz merupakan sebuah gabungan di antara dua gaya yaitu: gaya elektrik dengan gaya magnetik pada sebuah medan elektromagnetik. Gaya Lorentz ini dihasilkan oleh suatu muatan listrik yang dapat bergerak jika sebuah arus listrik berada didalam medan magnet B.

Berikut Faktor Faktor Terjadinya Hubungan Internasional Kecuali Faktor Pendorong Perdagangan Antar Pulau Faktor Pendorong Perdagangan Antar Daerah Faktor Kemunduran Kerajaan Mataram Kuno Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Antar Daerah Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem Faktorisasi Prima Dari 135 Adalah Faktor Keberhasilan Negosiasi Faktor Yang Mendorong Perkembangan Kerajaan Sriwijaya Berikut Ini Merupakan Faktor-faktor Eksternal Pendorong Timbulnya Hubungan Internasional Kecuali 5 Faktor Pembentukan Tanah

Gaya Lorentz - Pengertian, Kaidah Tangan Kanan, Rumus, Contoh Soal

Hendrik Antoon Lorentz (1853-1928) merupakan ilmuwan Belanda yang memiliki kontribusi besar pada bidang fisika dan fisika kuantum. Berdasarkan hasil kerja ilmuwan-ilmuwan sebelumnya, Lorentz mengoreksi dan merampungkan hukum gaya elektromagnetik yang sekarang menyandang namanya.

Gaya lorentz merupakan gabungan antara gaya elektrik dan gaya magnetik pada suatu medan elektromagnetik. Gaya Lorentz ditimbulkan karena adanya muatan listrik yang bergerak atau karena adanya arus listrik dalam suatu medan magnet. Arah dari gaya Lorentz selalu tegak lurus dengan arah kuat arus listrik (I) dan induksi magnetik yang ada (B).

Gaya Lorentz pada Kawat Berarus Listrik

Ketika sebuah kawat dengan panjang  dialiri arus listrik sebesar l dan diletakkan pada suatu medan magnetik sebesar I, maka akan timbul gaya Lorentz pada kawat tersebut. Dengan mengombinasikan gaya Lorentz dan definisi arus listrik, maka dapat dihitung besarnya gaya Lorentz pada kawat yang lurus dan stasioner yaitu:

di mana:

l merupakan panjang kawat (m)I merupakan kuat arus yang mengalir pada kawat (Ampere)B merupakan kuat medan magnet (Tesla)α merupakan sudut yang dibentuk oleh B dan I

Jika arah arus listrik tegak lurus dengan arah medan magnet, maka gaya Lorentz yang terjadi akan maksimal (

). Inilah keadaan yang biasanya selalu dikondisikan secara nyata yakni agar gaya Lorentz yang didapat selalu maksimal, medan magnet dikondisikan selalu tegak lurus dengan arus listrik yang mengalir.

Arah gaya Lorentz dapat ditentukan dengan menggunakan kaidah tangan kanan pada gambar dibawah ini:

Kaidah tangan kanan pertama menggunakan tiga jari tangan kanan dimana:

Ibu jari = arah arus listrik (I)Jari telunjuk = arah medan magnet (B)Jari tengah = arah gaya Lorentz (F)

Kaidah tangan kanan kedua menggunakan telapak tangan kanan yang terbuka dan lebih mudah gunakan terlebih lagi jika sudut

dimana:

Ibu jari = arah arus listrik (I)Keempat jari lain = arah medan magnet (B)Telapak tangan = arah gaya Lorentz (F)

Besarnya sudut α tidak mempengaruhi arah gaya Lorentz karena arah gaya Lorentz selalu tegak lurus dengan arah arus listrik dan medan magnetik.

Gaya Lorentz pada Kawat Sejajar yang Berarus Listrik

Ketika terdapat dua buah kawat dengan panjang l dialiri arus listrik sebesar I yang tiap kawat diletakkan pada suatu medan magnetik sebesar B, maka akan timbul gaya Lorentz berupa gaya tarik menarik ataupun tolak menolak tergantung dari arah arus listrik pada tiap kawat. Jika kedua kawat memiliki arah arus yang searah, maka akan mengalami gaya tarik menarik; apabila arah arus pada kedua kawat saling bertolak belakang/berlawanan, maka akan mengalami gaya tolak-menolak.

Besarnya gaya tarik-menarik ataupun tolak-menolak pada kawat sejajar berarus listrik dapat dicari dengan menggunakan rumus:

di mana:

F1 merupakan gaya tarik-menarik atau tolak-menolak pada kawat 1 (Newton)F2 merupakan gaya tarik-menarik atau tolak-menolak pada kawat 2 (Newton)I1 merupakan kuat arus yang mengalir pada kawat 1 (Ampere)I2 merupakan kuat arus yang mengalir pada kawat 2 (Ampere)µ0 merupakan permeabilitas vakum (

)l merupakan panjang kawat (m)α merupakan jarak antar kedua kawat (m)

Gaya Lorentz pada Muatan Bergerak dalam Medan Magnet

Ketika terdapat muatan listrik q yang bergerak dengan kecepatan v pada suatu medan magnetik sebesar B, maka muatan listrik tersebut akan mengalami gaya Lorentz yang besarnya dapat dihitung dengan rumus:

di mana:

q merupakan muatan listrik (Coloumb)v merupakan kecepatan gerak muatan listrik (m/s)B merupakan kuat medan magnet (Tesla)α merupakan sudut yang dibentuk oleh B dan v

Arah gaya Lorentz pada kasus ini adalah tegak lurus dengan arah kuat medan magnet dan arah kecepatan benda. Arah gaya Lorentz akan berbeda tergantung muatan partikelnya. Perhatikan gambar dibawah, sesuai dengan kaidah tangan kanan, bila muatan q positif maka arah v searah dengan I; bila muatan q negatif maka arah v berlawanan dengan arah I.

Jika arah medan magnet tegak lurus dengan arah kecepatan partikel bermuatan listrik, maka lintasannya akan berbentuk lingkaran sehingga partikel akan mengalami gaya sentripetal yang besarnya sama dengan gaya Lorentz.

Sehingga, besarnya jari-jari lintasan melingkar partikel tersebut dapat dicari dengan:

Manfaat dan Aplikasi Gaya Lorentz

Manfaat dan aplikasi terbesar dari penerapan gaya Lorentz adalah motor listrik. Dengan mengalirkan arus listrik pada kumparan di dalam medan magnet, dapat dihasilkan gaya Lorentz berupa rotasi pada motor listrik untuk menggerakkan batang shaft yang kemudian dapat dipakai untuk segala kebutuhan.

Selain motor listrik, aplikasi gaya Lorentz diterapkan pada railguns, linear motor, loud speaker, generator listrik, linear alternator, dan lain sebagainya.

Contoh Soal Gaya Lorentz dan Pembahasan

Sebuah proton bergerak searah sumbu X positif (ke kanan) dengan kecepatan 3 m/s melewati medan magnet sebesar

dengan arah masuk ke layar. Berapa besar gaya yang dialami partikel tersebut? ().

a)

Newton dengan arah sumbu Y positif (ke atas)b) Newton dengan arah melingkar ke atasc) Newton dengan arah melingkar ke bawahd) Newton dengan arah melingkar ke bawah

Pembahasan:

Dengan menggunakan rumus gaya Lorentz didapat:

Newton

Sesuai dengan kaidah tangan kanan, partikel bermuatan positif maka arah kecepatannya sama dengan arah ibu jari, arah medan magnet merupakan arah keempat jari, maka telapak tangan menghadap ke atas. Oleh karena arah kecepatan partikel tegak lurus dengan arah medan magnet, maka lintasannya berbentuk melingkar.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Kontributor: Ibadurrahman, S.T.Mahasiswa S2 Teknik Mesin FT UI

Materi StudioBelajar.com lainnya:

Elektroskop Mikrometer Sekrup Elastisitas Fisika

Sebutkan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Gaya Listrik - Sebutkan Itu

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Sebutkan, Faktor, Mempengaruhi, Besarnya, Listrik

Sebutkan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Gaya Listrik - Sebutkan Itu

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Sebutkan, Faktor, Mempengaruhi, Besarnya, Listrik

Sebutkan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Gaya Listrik - Sebutkan Itu

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Sebutkan, Faktor, Mempengaruhi, Besarnya, Listrik

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Coulomb – Hal

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Faktor, Mempengaruhi, Coulomb

Soal Induksi Magnetik

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Induksi, Magnetik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Sekolah : SMP N 98

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Rencana, Pelaksanaan, Pembelajaran, Sekolah

Gaya Lorentz

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Lorentz

Pernyataan Berikut Yang 1... | Lihat Cara Penyelesaian Di QANDA

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Pernyataan, Berikut, Lihat, Penyelesaian, QANDA

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Coulomb – Hal

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Faktor, Mempengaruhi, Coulomb

SOAL-SOAL : KEMAGNETAN A. Pilihan Ganda

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, SOAL-SOAL, KEMAGNETAN, Pilihan, Ganda

Gaya Lorentz Worksheet

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Lorentz : faktor, mempengaruhi, lorentz, Lorentz, Worksheet