Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan

Banyak cara dilakukan untuk mewujudkannya, salah satunya dengan olahraga. Ayun simpai ke samping depan dan belakang, diikuti gerakan melangkahkan kaki depan secara bergantian. Kemudian simpai diputar dan simpai memutar badan di dalam suatu putaran penuh di sebelah kanan. Pusatkan badan di dalam arah putaran. Lakukanlah berulang-ulang.b. Gerakan. 1) Hitungan 1 - 2: Putar kedua tangan satu setengah lingkaran ke samping kiri (hitungan 2: kedua tangan berada di samping kiri). 2) Hitungan 3 - 4: Sambil melangkahkan kaki kanan ke samping kiri melalui di depan kaki kiri, bersamaan dengan badan berputar kedua tangan dari samping kiri diayun ke atas ke samping kiri, terus ke samping kanan melalui bawah di depan badan (hitungan 4Berdiri tegak, kedua kaki rapat, dan kedua lengan ke samping badan. Hitungan 1-2 = Kaki kiri melangkah ke depan dua langkah. Hitungan 3-4 = Ayun kedua tangan ke samping kanan 2× hitungan. Hitungan 5-6 = Kaki kanan mundur dua langkah. Hitungan 7-8 = Ayun kedua tangan ke samping kiri 2× hitungan. Lakukan bergantian 2×8 hitungan.Mendengar aba-aba dari guru, lompat-lompatlah di tempat, sampai 3 hitungan. Pada hitungan ke-4 putarkanlah badan ke arah kiri 90 derajat! Lakukan kembali lompat-lompat sebanyak 3 (tiga) kali, lalu hitungan ke-4 kembali putar badan ke arah kiri 90 derajat. 83. Lakukanlah sampai kembali pada sikap semula.Macam Macam Gerakan Memutar Simpai Dalam Senam Irama Lengkap - Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak.Salah satu alat yang digunakan untuk mendukung gerakan senam irama ialah simpai. Simpai adalah salah satu alat senam irama yang memiliki warna cerah dan mempunyai bentuk lingkaran.

PJOK Kelas 9. Bab 11. Aktivitas Senam Ritmik

4. Gerakan ayunan dua lengan memutar ke kiri dan ke kanan Cara melakukannya: a. Sikap permulaan tegak, anjur kaki kiri, kedua lengan ke samping kanan. b. Hitungan 1 dan 2: putar kedua lengan di depan badan, diikuti kaki melangkah 2 langkah ke samping kiri. c. Pada hitungan 2 : kedua lengan di samping kiri, d.Dengan semakin dekatnya Penilaian tengah semester (PTS) yang akan sebentar lagi dilaksanakan tentunya Bapak/Ibu Guru sedang memerlukan Soal-soal PTS untuk dijadikan bahan ujian pada anak didiknya, terutama pada saat akan menyusun dan membuat soal tes ujian Penilaian Tengah Semester untuk Kelas 3 semester Genap, Soal PTS/UTS untuk Kelas 3 Semester 2 beserta kunci jawabannya akan admin bagikanAyunkan simpai ke bawah depan badan sebelah kiri dengan tangan kanan menghadap ke depan. Tangkap simpai dengan tangan kiri dan pindahkan berat badan ke sebelah kiri. Lentingkan badan dan ayunkan simpai ke atas kepala sebelah kirimu. Setelah itu, badanmu akan kembali ke posisi semula. Gerakan mengayun ini juga ada yang diarahkan ke belakang loh.Luruskan kedua tangan di samping badan dan pandangan ke arah depan. Hitungan 1 : Langkahkan kaki kiri ke arah serong kiri dengan jinjit bertumpu pada ujung telapak kaki. Bersamaan dengan itu, rentangkan kedua tangan lurus ke samping badan. Hitungan 2 : Langkahkan kaki kanan merapat di kaki kiri.

PJOK Kelas 9. Bab 11. Aktivitas Senam Ritmik

Gerakan Senam Irama - Pengertian, Unsur, Aliran, Manfaat

4. Gerakan ayunan dua lengan memutar ke kiri dan ke kanan Cara melakukannya: Sikap permulaan tegak, majukan kaki kiri, kedua lengan ke samping kanan. Hitungan 1 dan 2: putar kedua lengan di depan badan, diikuti kaki melangkah 2 langkah ke samping kiri. Pada hitungan 2 : kedua lengan di samping kiri, Hitungan 3 dan 4 : Putar kembali ke arahVariasi dari gerak ayunan lengan memutar ke samping di depan badan dipraktekkan dengan cara. answer choices . menekuk lutut . mengayun lengan ke depan Pengambilan nafas pada renang gaya dada dilakukan pada saat. answer choices simpai. tali. palang sejajar. hola-hup. Tags: Question 40 . SURVEY . 30 seconds .Senam ritmik menggunakan simpai. Gerakan mengayun bisa dilakukan dengan lengan lurus dan gerakan diawali dari bahu. Kalau simpai diayunkan ke bidang frontal silang di depan badan. Akan lebih baik kalau memakai pegangan yang menghadap ke belakang. Gerakan mengayun simpai ini bisa memakai satu tangan atau dua tangan.Agar tidak terjadi cedera, latihan senam dilakukan di atas. 4. Hitungan 3 tarik kaki kiri dan dekatkan dengan kaki kanan adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan.... 5. Hitungan 2 simpai dipindahkan ke samping kanan, silangkan kaki kanan di depan kaki kiri adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan.... C. Uji Afektif 1.Putaran badan disertai liukan Cara melakukannya : 1) Sikap mula, sama seperti pada sikap mula ayunan tangan di atas (latihan a) atau (latihan b) 2) Gerakannya a) Hitungan 1, ayun kedua tangan kearah kanan bersamaan kaki kanan step ke kanan (sikap badan lihat latihan 3) b) Hitungan ke 2, ayun kembali kedua tangan kearah kiri diikuti kaki kiri

Baground Hijau Daun Kelebihan Air Raksa Sebagai Pengisi Termometer Amalan Nabi Yusuf Bakmi Bintang Gading Alam Sutera Kisah Nabi Nuh Lengkap Baju Sasirangan Status Sahabat Lucu Saya Terima Nikahnya Dan Kawinnya The Meg Sub Indo Flora Fauna Dan Alam Benda Dracula Untold Sub Indo

Gemar Berolahraga 3 Kelas 3 Eko Harsono Muh Marlin 2010

(1)

Harga Eceran Tertinggi ( HET ) *Rp9.175,00 ISBN 978-979-095-005-4 (no. jilid lengkap) ISBN 978-979-095-045-0 (jil. 3h)

(2)untuk Kelas III SD dan MI

3

(3)

Hak Cipta buku ini pada Kementerian Pendidikan Nasional. Dilindungi Undang-undang.

Gemar Berolahraga 3 untuk Kelas III SD dan MI Penulis

Eko Harsono Muh Marlin

Ukuran Buku

17,6 x 25 cm

372.8

EKO EKO Harsono

g Gemar Berolahraga/Eko Harsono, Muh Marlin.—Jakarta: Pusat

Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. viii, 134 hlm.: ilus.; 25 cm

Bibliografi: hlm. 127 Indeks

untuk kelas III SD dan MI

ISBN 978-979-095-005-4 (no. jilid lengkap) ISBN 978-979-095-045-0 (jil. 3h)

1. Olahraga - Aspek Kesehatan - Studi dan Pengajaran (Pendidikan Dasar) I. Judul II. Muh Marlin

Hak Cipta buku ini dialihkan kepada Kementerian Pendidikan Nasional dari penerbit PERCADA

Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan

Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010

(4)ata Sambutan K

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen Pendidikan Nasional, pada tahun 2009, telah membeli hak cipta buku teks pelajaran ini dari penulis/ penerbit untuk disebarluaskan kepada masyarakat melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional.

Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 49 Tahun 2009 tanggal 12 Agustus 2009.

Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis/penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak cipta karyanya kepada Kementerian Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh para siswa dan guru di seluruh Indonesia.

Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya ini, dapat diunduh (download), digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat. Namun, untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Diharapkan buku teks pelajaran ini akan lebih mudah diakses oleh siswa dan guru di seluruh Indonesia maupun sekolah Indonesia yang berada di luar negeri sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.

Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kepada para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.

Jakarta, April 2010

(5)ata Pengantar K

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas

rahmat-Nya kami dapat menerbitkan buku Gemar Berolahraga untuk SD

dan MI. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kritik dan masukan yang membangun terhadap materi dan penyajian buku ini. Buku ini disusun sesuai standar isi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat bagi rekan guru dan siswa. Dasar penyusunan buku ini adalah Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Sebagai salah satu alat dalam kegiatan belajar-mengajar, buku ini kami buat sederhana, baik dari segi materi, bahasa, dan penyajiannya. Buku ini diharapkan membantu siswa dalam proses pembelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan.

Kami menyadari pada buku ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan masukan dari pembaca demi penyempurnaan buku ini pada cetakan berikutnya. Penulis berusaha agar penyusunan buku ini tidak bersifat lokal, tetapi dapat digunakan di seluruh Tanah Air. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca dan pemerhati buku ini demi perbaikan pada cetakan selanjutnya.Akhirnya, semoga buku ini bisa turut andil dalam mencerdaskan generasi muda bangsa.

Sukoharjo, Februari 2009

(6)endahuluan P

Pokok-pokok materi dalam buku ini telah disusun sesuai dengan kurilukum standar Isi 2006 sehingga sangat cocok digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Buku ini memakai pendekatan berolahraga itu menyenangkan, menyehatkan, dan mencerahkan sehingga pola pengajarannya diarahkan untuk membimbing siswa dalam melakukan aktivitas jasmani di sekolah. Selain itu, siswa diajarkan pula bagaimana mempraktikkan kebiasaan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Materi pelajaran disajikan secara singkat dan jelas serta dilengkapi ilustrasi dan gambar yang menarik. Pada akhir tiap bab disajikan evaluasi unutk mengukur kemampuan siswa.

Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar meliputi aktivitas permainan dan olahraga, kebugaran jasmani, aktivitas senam ketangkasan, aktivitas senam ritmik, aktivitas di air, dan kesehatan. Pada buku ini komponen untuk membantun pembelajaran siswa, antara lain sebagai berikut.

1. Rekor Olahraga dan Tips Olahraga berisi informasi pengayaan bagi

siswa.

2. Ayo Kamu Bisa berisi motivasi bagi siswa untuk berprestasi positif

dan berprestasi.

3. Uji Ilmu berisi evaluasi untuk menguji pemahaman materi siswa.

4. Evaluasi berisi soal-soal kognitif, afektif, dan psikomotorik.

5. Refleksi berisi umpan balik setelah siswa melakukan pembelajaran.

(7)Kombinasi Gerak Dasar

A. Kombinasi Pola Gerak Jalan dan Lari ... 0 3

B. Kombinasi Gerak Mengayun, Membungkuk,

dan Menekuk ... 0 7

C. Gerak Dasar Melempar, Menangkap,

dan Menendang ... 0 9

Latihan Peningkatan Kebugaran Jasmani

A. Latihan Peningkatan Kekuatan Otot-Otot

Bahu dan Dada ... 1 5

B. Latihan Peningkatan Daya Tahan ... 1 8

Senam Lantai dan Senam Ketangkasan Dasar

A. Keseimbangan dalam Senam Lantai Dasar ... 2 5

B. Senam Ketangkasan Dasar ... 2 8

Senam Irama

A. Senam Simpai Perseorangan ... 3 5

B. Memperbaiki Kesalahan Gerak Senam

(8)Kebiasaan Hidup Sehat

A. Menjaga Kebersihan Pakaian ... 45

B. Mengenal Kebutuhan Tidur dan Istirahat ... 47

Gerak Dasar dalam Permainan Sederhana A. Gerak Dasar Jalan, Lari, dan Lompat ... 55

B. Gerak Memutar, Menekuk, Mengayun , dan Meliuk ... 60

C. Gerak Dasar Memvoli, Memantulkan, Menendang, dan Mengontrol Bola ... 61

Latihan Dasar Kebugaran Jasmani A. Latihan Peningkatan Kelentukan dan Kelenturan ... 71

B. Latihan Peningkatan Koordinasi Gerak ... 74

Senam Ketangkasan A. Bentuk-Bentuk Senam Dasar ... 81

B. Senam Ketangkasan Tanpa Alat ... 83

C. Senam Ketangkasan dengan Alat ... 85

Senam Irama

D. Gerakan Mengambil Napas ... 103

(9)Aktivitas Jasmani di Lingkungan Sekitar Sekolah

A. Kegiatan Mencari Jejak di Lingkungan

Sekolah ... 109

B. Tempat Aman untuk Bermain ... 112

C. Menjaga Keselamatan Diri dan Orang Lain ... 113

Budaya Hidup Sehat A. Bahaya Penyakit Diare, Demam Berdarah dan Influenza ... 119

B. Mengenal Cara Menggunakan Peturasan ... 123

Daftar Pustaka ... 127 Glosarium ... 129 Indeks ... 130 Lampiran ... 131 11 (10)

Atletik merupakan dasar semua gerakan olahraga. Atletik adalah cabang olahraga yang memerlukan kekuatan, kecepatan dan kelincahan. Dalam melakukan gerakan tersebut perlu latihan yang teratur. Gerak dasar atletik, antara lain jalan dan lari.

Banyak juara dunia atletik yang menerapkan latihan yang teratur bisa berprestasi. Kalian pun bisa seperti mereka apabila giat berlatih.

1. Siswa mampu mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana. 2. Siswa mampu mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk, dan menekuk dalam permainan sederhana.

Tujuan Pembelajaran :

1 11 11 Bab (11)Peta Konsep Kata Kunci

Kombinasi gerak dasar

Gerak jalan Gerak lari Gerak mengayun Gerak membungkuk Gerak menekuk Gerak melempar Gerak menangkap Gerak menendang

Gerak dasar melempar, menangkap, dan

menendang Pola gerak jalan

dan lari

Gerak mengayun, membungkuk, dan

(12)A. Kombinasi Pola Gerak Jalan dan Lari

Atletik merupakan dasar semua gerakan olahraga. Atletik adalah cabang olahraga yang memerlukan kekuatan, kecepatan dan kelincahan. Dalam melakukan gerakan tersebut perlu latihan yang teratur. Gerak dasar atletik, antara lain jalan dan lari. Gerak tersebut termasuk gerak lokomotor. Gerak dasar lokomotor adalah gerak berpindah tempat. Gerak berpindah tempat ini dapat dilakukan secara kombinasi dalam bentuk permainan.

1. Gerak Jalan

Jalan adalah gerakan maju atau mundur kaki. Gerak dasar jalan sering kita lakukan. Misalnya, saat berjalan ke sekolah. Gerakan jalan bisa dilaksanakan dalam berbagai latihan.

a. Jalan Ke Depan

Berjalanlah ke depan. Berjalan dengan tangan diayun ke depan dan ke belakang. Berjalan dengan mantap. Pandangan ke depan, kepala tegak. Lakukan berjalan lurus ke depan.

b. Jalan ke Belakang

Berjalanlah ke belakang. Langkahkan kaki ke belakang. Langkahkan kaki dengan mantap. Jagalah keseimbangan badan. Jaga langkah kaki agar jangan jatuh.

Gambar 1.1 Jalan ke depan

(13)

c. Jalan ke Samping Kiri dan Kanan

Berjalanlah ke samping kiri 3 meter. Berjalanlah ke samping kanan 3 meter. Pandangan ke depan. Hati-hati saat berjalan. Jangan bertabrakan dengan temanmu.

d. Berjalan Langkah Pendek dan Panjang Bolak-Balik

Berjalanlah dengan langkah pendek. Aturlah kecepatan jalanmu. Sesuaikan ayunan tangan dengan langkah kaki. Jangan berjalan terlalu cepat. Pandangan lurus ke depan. Berbaliklah ke belakang. Berjalan langkah panjang dengan mantap. Langkahkan kaki selebar-lebarnya.

2. Gerak Dasar Lari

Lari adalah gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi.Gerak dasar lari sering kita lakukan. Misalnya, saat bermain kejar-kejaran. Gerakan lari bisa dilaksanakan dalam berbagai latihan.

a. Lari Ke Depan

Sikap awal badan berdiri tegak. Apabila ada aba-aba ya!, lakukan lari ke depan. Kedua tangan diayun secara bergantian. Berlarilah secepat-cepatnya. Pandangan ke depan. Berlarilah sejauh 10 meter.

Gambar 1.3 Jalan ke samping kiri dan kanan

(14)

b. Lari ke Belakang

Sikap awal badan berdiri tegak. Apabila ada aba-aba ya! lakukan lari ke belakang. Ayun tangan bergantian di samping badan. Berhati-hatilah saat melangkah. Sesuaikan gerakan kaki dan tangan. Berlarilah ke belakang sejauh 5 meter.

c. Lari ke Samping Kiri dan Kanan

Sikap awal badan berdiri tegak. Apabila ada aba-aba satu!, berlarilah ke samping kanan. Aturlah langkah kaki agar tidak jatuh. Jangan berlari dengan tergesa-gesa. Apabila ada aba-aba dua!, berlarilah ke samping kanan.

Gambar 1.5 Lari ke depan

Gambar 1.6 Lari ke belakang

(15)

d. Lari Mengelilingi Lingkaran

Buatlah garis lingkaran di lapangan. Lakukan lari mengelilingi lingkaran. Aturlah langkah kakimu. Tetaplah berlari di atas garis. Selain berlari, kalian belajar bentuk bangun.

e. Lari Berkelompok

Lakukan lari bersama 3 temanmu. Berlarilah dengan kecepatan yang sama. Lari berkelompok melatih kerja sama. Sesuaikan langkah kaki masing-masing. Usahakan tiba di finis bersama-sama.

3. Kombinasi Jalan dan Lari

Gerakan ini dapat dilakukan secara beregu. Caranya adalah lakukan secara berkelompok. Bersiaplah dengan posisi berdiri. Berjalanlah 10 meter ke depan. Apabila terdengar aba-aba satu, berlarilah 10 meter ke depan.Apabila terdengar aba-aba dua berjalanlah 10 meter ke belakang. Apabila terdengar aba-aba tiga berjalanlah 10 meter kembali ke awal.Gerakan ini dapat divariasikan dengan melompati balok.

Perkembangan IPTEK Penjasorkes

Gerakan jalan adalah dengan gerakan melangkah kaki secara bergantian dengan salah satu kaki selalu menyentuh tanah. Lari adalah gerakan melangkah kaki dengan cepat. Saat berlari ada saat kedua kaki tidak menyentuh tanah.

Sumber: Kemampuan Gerak Dasar

(16)B. Kombinasi Gerak Mengayun, Membungkuk, dan Menekuk

Dalam beberapa olahraga sering dilakukan gerakan mengayun, membungkuk dan menekuk. Misalnya, tenis meja, senam, bulutangkis, kasti, rounders, dan tenis. Gerak mengayun, membungkuk dan menekuk disebut gerak lokomotor. Gerak nonlokomotor adalah gerak di tempat. Gerakan ini dapat dilakukan dalam latihan sebagai berikut.

1. Gerak Mengayun

Gerakan dilakukan dengan mengayun sendi lengan. Caranya siswa berdiri tegak. Lengan lurus ke samping. Ayun lengan ke depan dan ke belakang. Lakukan dengan arah yang berlawanan.

2. Gerak Membungkuk

Gerakan membungkuk melatih otot pinggang. Posisi awal berdiri. Kedua tangan direntangkan ke atas. Badan ditekuk hingga kedua tangan menyentuh tanah. Berdiri kedua tangan direntangkan ke atas. Badan dicondongkan ke kanan dan kiri. Lakukan berulang-ulang.

Kreativitas

Lakukan permainan tebak-tebakan untuk membedakan gerakan lokomotor dan nonlokomotor bersama teman sebangkumu. Mintalah temanmu melakukan suatu gerakan dan tebaklah gerakan tersebut berdasarkan jenisnya. Lakukan bergantian. Teman yang paling banyak menebak secara betul menang.

(17)3. Gerak Menekuk

Gerakan ini dilakukan dengan menekuk sendi tangan. Caranya kedua tangan disatukan dan ditekuk di depan badan. Lakukan hingga otot pundak tertarik. Tekuk tangan kiri di belakang kepala ke atas dan ke bawah. Ulangi gerakan dengan tangan kanan.

Rasa Ingin Tahu

Apa sajakah olahraga yang mempraktikkan gerakan nonlokomotor. Apakah contoh gerakannya? Diskusikan bersama teman sebangkumu. Hasilnya tuliskan pada tabel berikut ini.

No. Jenis Gerakan Cabang Olahraga Gambar 1.11 Gerak membungkuk

(18)C. Gerak Dasar Melempar, Menangkap, dan Menendang

Gerak dasar melempar, menangkap, dan menendang dilakukan dengan memakai bola. Gerak tersebut termasuk gerak maniputif. Gerak manipulatif adalah kegiatan memainkan suatu benda dengan atau tanpa alat tertentu.Misalnya, bola yang dipukul dengan kayu pemukul, atau bola yang dimainkan dengan tangan, kaki, kepala, dada, dan paha. Berikut adalah contoh gerakan manipulatif menggunakan bola.

1. Gerakan Melempar dan Menangkap Bola

Latihan ini dapat dilakukan dengan tangan kanan memegang bola dengan berpasangan. Caranya lemparkan bola kepada temanmu. Mintalah temanmu bersiap menangkap lemparan bolamu. Lakukan berulang-ulang dengan menambah variasi arah dan kecepatan bola.

2. Gerakan Menangkap dan Menendang Bola

Latihan ini dapat dilakukan dengan cara menangkap dan menendang bola secara bergantian. Caranya tendanglah bola ke arah temanmu. Usahakan bola melaju mendatar agar mudah ditangkap temanmu. Lakukan berulang-ulang dengan menambah variasi arah dan kecepatan bola. Misalnya, menendang dan menangkap bola mendatar, melambung, dan menyusur tanah.

Aspek Keselamatan

Latihan gerakan nonlokomotor dapat dilakukan dalam permainan yang menyenangkan. Selain menyehatkan, permainan ini berguna untuk menumbuhkan rasa sportivitas yang tinggi. Lakukan berhati-hati agar tidak cedera.

Sumber : 90 Permainan Anak

(19)

Keterampilan Proses

Lakukan perlombaan gerakan melempar, menangkap, dan menendang bersama temanmu! Catat hasil terbaik! Hasilnya kumpulkan pada guru!

Nilai-Nilai Penjasorkes

Cara melakukan gerakan menangkap bola, sikap kedua tangan agak terbuka di muka dada. Salah satu kaki di depan dengan sikap setengah jongkok, badan agak condong ke depan.

Sumber: 90 Permainan Anak

Antara jalan dan lari mempunyai perbedaan. Pada saat lari, ada saat kedua kaki tidak menapak tanah. Pada gerakan jalan salah satu kaki masih menapak tanah.

1. Atletik merupakan dasar semua gerakan olahraga.

2. Atletik adalah cabang olahraga yang memerlukan kekuatan, kecepatan dan kelincahan.

3. Gerak dasar atletik jalan dan lari termasuk gerak lokomotor.

4. Latihan lari ke segala arah di lapangan melatih kecepatan dan koordinasi gerak.

5. Berlari mengangkat lutut diawali bergerak perlahan ke depan sejauh 5 meter.

(20)

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

1. Nomor yang merupakan dasar semua gerakan olahraga adalah....

a. lempar lembing b. atletik

c. lari d. lompat

2. Cabang olahraga yang memerlukan kekuatan, kecepatan dan kelincahan adalah....

a. atletik b. renang c. sepak bola d. basket

3. Dalam melakukan gerakan olahraga perlu latihan yang....

a. teratur b. sering c. berkala

d. apabila sempat

4. Jalan dan lari merupakan gerak dasar olahraga...

a. lempar lembing b. atletik

c. lari cepat d. lompat jauh

5. Gerak berpindah tempat disebut gerak ....

a. lokomotor b. nonlokomotor

c. manipulatif d. lokomotif

6. Gerak di tempat disebut gerak .... a. lokomotor

b. nonlokomotor c. manipulatif d. lokomotif

7. Gerak memainkan benda disebut gerak ....

a. lokomotor b. nonlokomotor c. manipulatif d. lokomotif

8. Latihan otot perut dilakukan dengan gerakan lari cepat 15 meter yang diawali dengan tidur....

a. telentang b. telungkup c. miring d. ayam

(21)

10. Berikut adalah arah datang bola,

kecuali....

a. mendatar b. melambung c. menyusur tanah d. meloncat

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Menangkap bola yang melambung di atas kepala sebaiknya dilakukan dengan menggunakan kedua ....

2. Sikap awal gerakan zig zag mengikuti aba-aba adalah....

3. Gerakan berlari ke depan dengan mengangkat lutut dilakukan dengan berbaris.... 4. Gerakan tidur telungkup dan berlari mengikuti aba-aba dilakukan sejauh .... 5. Gerakan menangkap, melempar, dan menendang suatu benda disebut pola gerak...

C.. Uji Afektif

1. Bagaimanakah sikap kalian apabila melihat teman kalian terjatuh saat berlatih lari? 2. Bagaimanakah sikap kalian apabila ada teman kalian yang menganggu temannya saat

bermain lempar tangkap bola?

D. Uji Psikomotorik

1. Coba praktikkan gerakan menendang bola dengan benar! 2. Coba kalian praktikkan sikap badan saat berlari ke segala arah!

Evaluasi Diri

(22)

Latihan kekuatan merupakan latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot badan. Peningkatan kemampuan otot bahu dan dada dapat dilakukan latihan tertentu.

Latihan Peningkatan Kebugaran Jasmani

1. Siswa mampu melakukan latihan kekuatan otot bahu dan dada.

2. Siswa mampu melakukan latihan untuk peningkatan daya tahan.

Tujuan Pembelajaran :

2 22 22 (23)Peta Konsep Kata Kunci

Latihan kekuatan otot bahu dan dada

Latihan Peningkatan Kebugaran Jasmani

Latihan peningkatan daya tahan

Latihan kekuatan otot bahu Latihan kekuatan otot dada

Push up

Pull up

Back lift

(24)A. Latihan Peningkatan Kekuatan Otot-Otot Bahu dan Dada

Latihan kekuatan bertujuan meningkatkan kekuatan otot-otot badan. Peningkatan kemampuan otot bahu, dan otot dada dilakukan dalam latihan berikut.

1. Berjalan dengan Tangan di Meja

Caranya letakkan dua buah meja berdampingan.Berdiri di tengah dua meja. Kedua tangan berada di ujung meja. Angkat badan dan berjalan dengan kedua tangan. Angkat badan hingga kaki terangkat.

2. Berjalan dengan Tangan di Tanah

Latihan ini merupakan variasi berjalan di meja. Caranya badan tiarap. Kedua tangan bertumpu di lantai. Angkat badan ke atas. Cobalah berjalan dengan tangan ke depan. Lakukan berulang-ulang.

Gambar 2.1 Berjalan dengan dua tangan di meja

(25)

Gambar 2.5 Mendorong tongkat berpasangan

3. Mengangkat dan Menurunkan Badan (Push Up)

Latihan push up berguna untuk melatih otot lengan, bahu, dan dada. Caranya badan tiarap. Kedua tangan bertumpu di lantai. Angkat badan ke atas. Turunkan badan kembali. Lakukan berulang-ulang.

4. Bergantung pada Palang (Pull Up)

Latihan ini menggunakanpalang tunggal. Palang yang digunakan haruslah lebih tinggi dari tubuh. Gerakan ini disesuaikan dengan kondisi fisik siswa.Caranya meloncatlah meraih palang. Perlahan-lahan angkat tubuh dengan tangan. Merambatlah pada palang. Turunkan tubuh kembali.

5. Gerakan Mendorong Tongkat Berpasangan

Latihan ini dilakukan berpasangan. Caranyasetiap anak memegang tongkat. Tangan kiri di depan, tangan kanan di belakang. Salah satu kaki sebagai tumpuan. Apabila ada aba-aba, doronglah temanmu sekuat-kuatnya. Berhati-hatilah agar tidak jatuh.

Gambar 2.4 Latihan pull up

(26)6. Permainan Babi Bulan

Latihan kekuatan bahu dan dada bisa dilakukan dalam bentuk permainan. Misalnya, permainan babi bulan. Latihan ini menyenangkan dan dapat melatih kerja sama. Caranya satu orang melakukan berjalan dengan tangan. Temannya membantu mengangkat kedua kaki temannya. Latihan ini dilakukan secara bergantian.

Gambar 2.6 Permainan babi bulan

Aspek Keselamatan

Latihan otot bahu dan otot dada dapat dilakukan dalam permainan push up bola lewat. Caranya tiga orang melakukan push up dan dua orang menggelindingkan bola lewat bawah badan saat teman tersebut push up. Kelompok yang berhasil paling banyak menyeberangkan bola dinyatakan menang.

Sumber: Melatih Daya Kreatif Anak

Keterampilan Proses

Apa kesulitanmu melakukan latihan kekuatan otot bahu dan dada? Bagaimana sikap dan tindakan untuk mengatasinya. Tanyakan kepada guru pengampu cara mengatasinya. Hasilnya tuliskan pada tabel berikut ini.

(27)B. Latihan Peningkatan Daya Tahan

Daya tahan tubuh sangat diperlukan dalam semua cabang olahraga. Atlet yang memiliki daya tahan akan mampu berprestasi secara maksimal. Latihan tersebut dapat dilakukan dalam suatu permainan. Berikut adalah beberapa jenis latihan daya tahan.

1. Latihan I

Latihan I dilakukan dengan mendorong benda tidak bergerak. Misalnya tembok, lemari besi, dan mobil. Caranya berdiri di depan tembok. Satu kaki menahan badan. Kedua tangan memegang tembok. Doronglah tembok dengan kuat secara bertahap. Beristirahat setelah melakukan gerakan.

2. Latihan II

Latihan II dilakukan dengan naik turun bangku. Caranya sediakan bangku kecil. Naiklah ke atas bangku. Turun ke lantai dan naik lagi. Lakukan gerakan berulang-ulang sesuai kemampuanmu.

3. Latihan III

Latihan III dilakukan dengan menahan telapak tangan sekuat tenaga di depan dada. Caranya berdiri tegak. Tautkan kedua tangan di depan badan. Regangkan kedua tangan sekuatnya hingga otot lengan tertarik. Lakukan berulang-ulang.

Gambar 2.7 Latihan I

(28)4. Latihan IV

Latihan IV dilakukan dengan mengaitkan jari-jari kedua tangan dan menarik sekuat-kuatnya. Caranya berdiri tegak kedua tangan dijulurkan ke atas. Kaitkan kedua jari tangan. Tarik tangan ke atas hingga otot lengan tertarik. Lakukan berulang-ulang.

5. Latihan V

Latihan V adalah lompat tali beregu. Caranya dua anak memutar tali ke arah depan. Satu anak melompati tali yang diputar.Giliran memutar tali bisa dilakukan bergantian. Lakukan latihan berulang-ulang.

Gambar 2.9 Latihan III

Gambar 2.10 Latihan IV

(29)

Keterampilan Proses

Apa perbedaan gerakan latihan I-V latihan daya tahan? Apabila kalian sudah mempraktikkannya, kalian bisa menuliskan perbedaannya pada tabel berikut.

No. Jenis Latihan Perbedaan Posisi Tubuh Alat yang

Digunakan

1. Tarik-menarik dengan teman dapat melatih kekuatan otot tangan dan otot bahu. 2. Latihan mendorong benda bergerak bertujuan melatih kekuatan otot lengan,

dada, bahu, dan kaki.

3. Daya tahan tubuh sangat diperlukan dalam semua cabang olahraga. 4. Atlet yang memiliki daya tahan akan mampu berprestasi secara maksimal. 5. Latihan tersebut dapat dilakukan dalam suatu permainan.

6. Kekuatan otot sangat penting bagi seorang atlet.

7. Kekuatan otot bisa ditingkatkan melalui latihan kekuatan daya tahan otot. 8. Kekuatan otot adalah kemampuan otot untuk membangkitkan tegangan terhadap

suatu tahanan.

Perkembangan IPTEK Penjasorkes

Daya tahan tubuh sangat diperlukan dalam semua cabang olahraga. Atlet yang memiliki daya tahan akan mampu berprestasi secara maksimal. Latihan tersebut dapat dilakukan dalam suatu permainan. Latihan dalam bentuk permainan akan lebih menarik minat anak.

(30)

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

1. Di bawah ini contoh latihan kekuatan,

kecuali ....

a. memutar punggung ke samping b. gerakan push up

c. mendorong dinding

d. tarik-menarik dengan teman

2. Latihan daya tahan sangat berkaitan erat dengan unsur ....

a. kelenturan b. daya tahan c. keterampilan d. kekuatan otot

3. Gerakan back lift dilakukan secara …. a. sendiri

b. berpasangan c. berkelompok d. beregu

4. Selain melatih daya tahan gerakan back lift juga melatih kekuatan otot …. a. paha dan betis

b. punggung dan perut c. betis dan lengan d. kaki

5. Berikut ini adalah bentuk-bentuk latihan otot bahu dan dada, kecuali .... a. back lift

b. pull up

c. skeeping

d. push up

6. Gerakan push up dalam senam pembentukan melatih otot berikut,

kecuali ....

a. lengan b. tangan c. bahu d. dada

7. Kekuatan otot bahu dan dada dapat dilakukan dalam permainan …. a. babi bulan

b. lari cepat c. lompat tali d. saling menarik

8. Berikut ini adalah termasuk gerakan latihan kekuatan otot bahu dan otot dada, kecuali ....

a. push up

b. babi bulan c. back lift

d. mendorong pohon

9. Gerakan push up termasuk latihan .... a. otot pinggang

c. otot kaki c. otot dada d. otot tungkai

(31)

Evaluasi Diri

Setelah belajar latihan kebugaran kalian dapat mempraktikkannya dengan baik. Berhati-hatilah saat melakukan gerakan. Tujuannya agar kalian tidak cedera. Patuhilah nasihat dan perintah guru saat berlatih.

10. Latihan yang termasuk latihan peningkatan kekuatan adalah .... a. sikap kapal terbang

b. berjalan di atas balok titian

c. duduk sambil mengangkat salah satu kaki diluruskan

d. sikap lilin

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Gerakan push up merupakan latihan …. 2. Gerakan babi bulan dapat dilakukan secara ....

3. Gerakan pull up dilakukan dengan menggunakan alat berupa.... 4. Latihan lompat tali latihan V dapat dilakukan dalam jangka waktu .... 5. Gerakan back lift dilakukan dalam ...hitungan.

C. Uji Afektif

1. Sikap apa yang diperlukan dalam latihan kekuatan?

2. Bagaimanakah sikap kalian apabila melihat teman kalian tidak mau bergantian melakukan permainan babi bulan?

D. Uji Psikomotorik

1. Uraikan cara melakukan gerakan pull up!

(32)

Senam mengandalkan gerak seluruh tubuh sehingga termasuk olahraga dasar. Senam lantai disebut latihan bebas karena dilakukan tanpa menggunakan alat. Latihan senam lantai berguna untuk meningkatkan keberanian dan kelincahan siswa.

Senam Lantai dan Senam Ketangkasan Dasar

1. Siswa mampu mempraktikkan keseimbangan dalam senam lantai dasar.

2. Siswa mampu mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangkasan dasar .

Tujuan Pembelajaran :

3 33 33 (33)Peta Konsep Kata Kunci

Keseimbangan dalam senam lantai

Senam Lantai dan Senam Ketangkasan Dasar

Bentuk-bentuk senam ketangkasan dasar

Senam lantai dasar Senam ketangkasan dasar Keseimbangan berdiri Keseimbangan duduk Meroda

(34)A. Keseimbangan dalam Senam Lantai Dasar

Senam mengandalkan gerak seluruh tubuh sehingga olahraga dasar. Senam lantai mengandung unsur kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, dan kelincahan. Senam lantai disebut istilah latihan bebas karena dilakukan tanpa menggunakan alat. Senam lantai dilombakan untuk putra dan putri. Gerakannya meliputi mengguling, keseimbangan, dan melenting. Latihan pertama senam lantai dasar adalah belajar keseimbangan . Tujuannya melatih agar tubuh tidak mudah jatuh. Senam dasar perlu dilakukan sebelum latihan inti. Latihan keseimbangan terdiri atas keseimbangan berdiri dan duduk.

1. Keseimbangan Berdiri

a. Latihan I

Latihan I dilakukan dengan berdiri jinjit. Caranya posisi awal berdiri. Tangan di samping badan. Berdirilah jinjit selama 8 hitungan. Jaga keseimbangan badan. Lakukan latihan berulang-ulang.

b. Latihan II

Caranya adalah berdiri dengan satu kaki. Kedua tangan di samping kepala. Angkat kaki kiri atau kanan secara bergantian. Jaga keseimbangan tubuh. Lakukan latihan berulang-ulang hingga kalian mahir.

Gambar 3.1 Latihan I

(35)

c. Latihan III

Latihan III adalah sikap kapal terbang. Caranya adalah berdiri, tangan direntangkan ke samping. Angkat kaki kanan dan luruskan ke belakang. Bungkukkan badan ke depan. Jagalah keseimbangan tubuh. Ulangi gerakan dengan tumpuan kaki kiri. Lakukan latihan berulang-ulang hingga kalian mahir.

d. Latihan IV

Latihan IV adalah gerakan jongkok berdiri. Caranya tegak kedua tangan di pinggang. Lutut ditekuk hingga tubuh setengah jongkok. Setelah itu, berdiri tegak kembali. Lakukan latihan ini berulang ulang.

2. Keseimbangan Duduk

a. Latihan I

Caranya duduk dengan kaki selonjor. Letakkan tangan di belakang badan. Angkat kedua tungkai lurus ke atas. Letakkan kembali kaki di atas matras. Lakukan latihan ini berulang-ulang hingga mahir.

Gambar 3.3 Latihan III

(36)

b. Latihan II

Caranya duduk berselonjor. Kedua kaki diangkat ke atas. Peganglah kedua kakimu. Jaga keseimbangan tubuh. Pertahankan sikap ini beberapa saat dan ulangi kembali.

c. Latihan III

Caranya duduk berselonjor. Letakkan tangan di pinggang. Angkatlah tangan dan kaki secara bersamaan ke atas. Ulangi gerakan ke posisi awal. Lakukan latihan ini berulang-ulang.

Gambar 3.5 Latihan I

Gambar 3.6 Latihan II

(37)

Rasa Ingin Tahu

Apa kesulitanmu saat berlatih senam keseimbangan? Bagaimana cara mengatasinya? Isikan pada tabel berikut ini.

B. Senam Ketangkasan Dasar

Senam ketangkasan adalah senam yang mempergunakan alat. Misalnya, papan lompat dan boks senam. Senam lantai adalah senam ketangkasan tanpa menggunakan alat. Meskipun gerakannya berbeda, namun unsur gerakannnya sama. Misalnya, mengguling dan melompat. Gerakan senam ketangkasan mudah dipraktikkan. Gerakan senam ketangkasan dasar dapat dipraktikkan dalam latihan berikut.

1. Lompat Katak

Gerakan meloncat ke depan dilakukan dengan dua kaki. Caranya berdiri dengan sikap setengah jongkok. Melompatlah ke depan satu langkah. Ulangi loncatan beberapa kali. Lakukan latihan dengan berhati-hati.

Gambar 3.8• Lompat katak

No. Jenis Latihan Kesulitan Tindakan untukSikap dan Mengatasinya

Kecakapan Hidup

Natalia Winindo adalah atlet senam Indonesia. Ia telah berlatih sejak usia empat tahun. Ketekunan dan kedisiplinannya berlatih membuahkan hasil. Pada PON ke XVIII di Samarinda meraih 3 medali emas dan 2 medali perunggu.

(38)2. Melompat dan Berputar ke Belakang

Caranya berdiri dengan badan tegak. Melompatlah di tempat 3 kali. Meloncat dan putarlah tubuhmu ke belakang. Ulangi gerakan ke arah sebaliknya. Lakukan latihan dengan berhati-hati.

3. Lompat dari Atas Peti Lompat

Caranya berjongkoklah di atas peti lompat. Kedua tangan diletakkan di atas peti. Melompatlah ke depan. Mendarat dengan kedua kaki bersamaan. Lompatan ini tidak berbahaya apabila dilakukan dengan benar

4. Lompat Peti

Alat yang digunakan adalah peti atau kardus. Caranya berlarilah beberapa langkah. Lompatilah peti dengan memakai dua kaki. Mendaratlah dengan kedua kaki agar tidak terjerembab.

Gambar 3.9 Meloncat berputar

Gambar 3.10 Lompat dari atas peti lompat

(39) 5. Melompat Tinggi

Gerakan ini dilakukan menggunakan papan lontar. Caranya berlarilah ke depan beberapa langkah. Melompatlah di atas papan lompat. Saat tubuh melayang, rentangkan tangan ke atas. Mendaratlah di matras dengan kaki mengeper.

6. Lompat Kangkang

Gerakan ini dilakukan di atas kotak atau bangku yang rendah. Caranya berlari perlahan. Loncatilah peti dengan kaki kangkang. Entakkan kedua tangan di atas peti. Ayunkan kedua kaki ke depan dengan kuat. Mendarat dengan kedua kaki bersamaan.

Gambar 3.12 Gerakan melompat tinggi

Gambar 3.13 Gerakan melompat dengan kaki kangkang

Keterampilan Proses

Gerakan mendarat dapat dilakukan dengan aman. Caranya mendarat dengan menekuk kedua lutut. Tujuannya agar tidak jatuh dan kaki tidak cedera.

Sumber: Senam

Menumbuhkan Kreativitas

Apa sajakah binatang yang bergerak dengan melompat? Bayangkanlah terlebih dahulu gerakan binatang tersebut. Tirukan gerakan dan suara binatang tersebut. Peragakan di depan kelas. Kalian bisa memperagakannya secara berpasangan.

(40)

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling

4. Berikut merupakan gerakan senam lantai, kecuali....

a. meroda b. mengguling c. keseimbangan d. lambungan

5. Sikap kayang memerlukan ... a. kelentukan

b. kekuatan c. ketangkasan d. kerapian 1. Senam mengandalkan gerak seluruh

tubuh sehingga senam disebut olahraga....

a. multiguna b. sempurna c. utama d. dasar

2. Senam lantai mengandung unsur berikut, kecuali...

a. kekuatan b. kecepatan c. keseimbangan d. kepintaran

3. Senam lantai disebut juga dengan istilah latihan bebas karena gerakan senam dilakukan tanpa menggunakan....

Perkembangan IPTEK Penjasorkes

Senam lantai diperlombakan pada kejuaraan dunia. Nomor yang diperlombakan adalah palang sejajar, palang bertingkat, dan kuda-kuda. Agar menjadi pesenam yang berprestasi, kita harus berlatih dengan tekun dan berdisiplin.

Sumber: Senam

1. Senam lantai diperlombakan untuk putra dan putri.

2. Gerakan senam lantai meliputi meroda, mengguling, keseimbangan, dan melenting. 3. Senam dasar perlu dilakukan sebelum latihan inti.

4. Latihan keseimbangan terdiri atas keseimbangan berdiri dan duduk. 5. Senam ketangkasan adalah senam yang mempergunakan alat.

(41)

6. Gerakan jongkok berdiri merupakan

7. Gerakan kaki kangkang di tanah disebut juga gerakan ....

a. meroda b. split stand c. guling lenting d. latihan bebas

8. Gerakan kaki kangkang di tanah memerlukan kelenturan otot …...

a. tungkai dan kaki b. lengan dan kaki c. kaki dan tangan d. kaki dan punggung

9. Manfaat tubuh seimbang adalah tidak mudah ….

a. sakit c. jatuh b. putus asa d. capek

10. Pada gerakan jongkok berdiri tangan … untuk menjaga keseimbangan. a. dipinggang

b. direntangkan c. lurus ke depan d. ditekuk ke belakang

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Ketangkasan dan keseimbangan adalah unsur dari ….

2. Latihan menguatkan otot punggung, perut, dan paha adalah latihan .... 3. Lompat tinggi sebaiknya dilakukan dengan alat ....

4. Gerakan split dilanjutkan roll depan dilakukan di atas ... 5. Sikap akhir gerakan split kangkang adalah ....

C. Uji Afektif

1. Apakah bentuk keberanian dalam latihan senam ketangkasan?

2. Sikap apa yang diperlukan untuk menguasai gerakan senam ketangkasan? Sebutkan!

D. Uji Psikomotorik

1. Peragakan 3 latihan keseimbangan dengan benar!

2. Coba praktikkan gerakan guling ke belakang dengan benar!

(42)

Senam irama disebut juga senam ritmik. Latihan tanpa musik dengan hitungan yang berirama atau teratur. Senam ritmik dengan atau tanpa menggunakan alat. Alat senamnya gada, simpai, tongkat, bola, pita, dan topi.

Senam Irama

1. Siswa mampu mempraktikkan gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana.

Tujuan Pembelajaran :

4 44 44 Bab (43)Peta Konsep Kata Kunci

Senam irama Gerak ritmik

Senam irama perseorangan Senam irama beregu senam irama diiringi musik Latihan gerakan

berirama menggunakan simpai

Senam Irama

(44)A. Senam Simpai Perseorangan

Senam irama sebut juga senam ritmik. Gerakannya diiringi irama musik atau tanpa musik. Latihan tanpa musik dengan hitungan yang berirama atau teratur. Senam ritmik dengan atau tanpa menggunakan alat. Alat senamnya gada, simpai, tongkat, bola, pita, dan topi. Di Indonesia, senam irama sudah berkembang dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan diselenggarakannya senam tersebut di sekolah-sekolah dan di perkantoran. Biasanya senam irama dilaksanakan secara bersama-sama. Senam irama bergantung pada kekompakan gerak dan kesesuaian dengan irama. Senam irama ialah perpaduan tari dengan olahraga. Ada gerakan senam irama yang dilakukan dengan dua hitungan, tiga hitungan, empat hitungan, dan sebagainya. Pada materi ini akan dibahas gerak senam irama yang sederhana, yaitu menggunakan simpai. Bentuk latihannya, antara lain sebagai berikut.

1. Gerakan I

a. Sikap permulaan badan tegak, simpai dipegang di depan badan. b. Hitungan 1 simpai diayun ke samping kiri.

c. Hitungan 2 simpai diayun ke samping kanan.

d. Hitungan 3-4 putar simpai ke depan badan. Kaki kiri melangkah serong kiri, kaki kanan melangkah serong kiri. Posisi akhir simpai di samping kiri badan.

e. Gerakan hitungan 5-8 sama dengan hitungan 1-4 dengan arah sebaliknya.

Gambar 4. 1 Gerakan I

(45)2. Gerakan II

a. Sikap permulaan gerakan II mengulang sikap permulaan gerakan I. b. Hitungan 1 simpai diayun ke samping kiri sambil mengangkat kaki kanan. c. Hitungan 2 simpai diayun ke samping kanan.Silangkan kaki kanan di depan kaki

kiri, kedua lutut ditekuk.

f. Hitungan 3-4 ayun simpai ke depan badan. Kaki kiri melangkah serong kiri, kaki kanan melangkah serong kiri (galloppas). Posisi akhir simpai diayun ke samping kiri.

d. Hitungan 5-8 mengulang hitungan 1-4 arah sebaliknya.

3. Gerakan III

a. Sikap permulaan gerakan III mengulang sikap permulaan gerakan I b. Hitungan 1-2 mengulang hitungan 1-2 gerakan II.

c. Hitungan 3-4 langkahkan kaki ke samping kiri . Pada hitungan 4 simpai diayun ke samping kanan. Langkahkan kaki kanan ke samping kanan.

d. Hitungan 5-8 mengulang hitungan 1-4.

Gambar 4.2 Gerakan II

Gambar 4.3 Gerakan III

1 2 3 4

(46)

Perkembangan IPTEK Penjasorkes

Jenis pegangan simpai, antara lain sebagai berikut.

a. Pegangan berlawanan (under grip), yaitu simpai dipegang dengan telapak tangan menghadap ke atas.

b. Pegangan dalam, yaitu simpai dipegang telapak tangan menghadap ke luar c. Pegangan luar, yaitu simpai dipegang telapak tangan menghadap ke dalam.

Sumber: Senam

4. Gerakan IV

a. Sikap permulaan gerakan IV mengulang sikap permulaan gerakan III. b. Hitungan 1 ujung kaki kiri didekatkan pada kaki kanan. Putar badan

ke kanan. Angkat simpai ke atas kepala.

c. Hitungan 2 langkahkan kaki kiri ke samping kiri. Ayun simpai ke samping kiri.

d. Hitungan 3-4 putar simpai ke atas kepala. Liukkan badan ke kiri. Pada hitungan 4, berat badan bertumpu pada kaki kanan, kaki kiri lurus, kaki kanan ditekuk. e. Hitungan 5-8 mengulang hitungan 1-4 dengan arah sebaliknya.

Rasa Ingin Tahu

Amatilah latihan senam irama di sekolahmu. Sikap apa yang mendorong dan menghambat prestasi di bidang senam? Hasilnya tuliskan pada tabel berikut ini.

No. Sikap Mendorong Prestasi Senam Sikap Menghambat Prestasi Senam

(47)5. Gerakan V

a. Sikap permulaan sama dengan gerakan IV simpai dipegang di samping kanan b. Hitungan 1 ayunkan simpai ke samping kiri, kaki kiri disilangkan ke depan kaki

kanan.

c. Hitungan 2 ayun simpai ke samping kiri memakai tangan kanan. Ayun kaki kanan ke depan.

d. Hitungan 3 ayun simpai ke samping kanan. Kaki kanan disilangkan di depan kaki kiri.

e. Hitungan 4 putar simpai melalui kepala ke samping kanan. kaki kanan serong ke kanan.

Gambar 4.4 Gerakan IV

Gambar 4.5 Gerakan V

Kreativitas

Ciptakan dua buah variasi gerakan senam irama memakai simpai bersama teman sebangkumu! Catatlah urutan gerakannya dan peragakan di depan kelas diiringi musik!

1 2 3 4 5

(48)B. Berlatih Gerak Ritmik Beregu

Gerak ritmik menggunakan dapat dilakukan beregu. Caranya dengan mengayun dan menekuk lutut menggunakan simpai. Lakukan gerakan berikut bersama teman-temanmu.

1. Latihan I

Caranya sikap awal simpai dipegang tangan kanan. Hitungan 1-4 melangkah ke depan, kaki sedikit diayun sehingga lutut sedikit menekuk. Lakukan sambil mengayun simpai ke depan dan ke belakang dengan tangan kanan. Hitungan 5-8 mengulang hitungan 1-4 dengan simpai diayun tangan kiri.

Gambar 4.7 Latihan I

2. Latihan II

Caranya sikap awal simpai dipegang di depan badan. Hitungan 1-2 melangkah ke samping kiri, kaki sedikit diayun sehingga lutut sedikit menekuk.. Lakukan sambil memutar simpai satu putaran ke arah kiri di depan badan. Hitungan 3-4 mengulang hitungan 1-2 ke arah sebaliknya.

Perkembangan IPTEK Penjasorkes

Organisasi senam artistik di Indonesia lahir menjelang pesta olahraga Ganefo I di Jakarta tahun 1963. Karena senam merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, dibentuklah suatu organisasi yang berfungsi menyiapkan para pesenamnya. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia).

(49)

Gambar 4.7 Latihan II

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

1. Senam irama disebut juga senam ritmik. Gerakannya diiringi irama musik atau tanpa musik.

2. Senam ritmik dengan atau tanpa menggunakan alat.

3. Di Indonesia, senam irama sudah berkembang dengan baik. 4. Biasanya senam irama dilaksanakan secara bersama-sama.

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

1. Keluwesan (fleksibilitas), kesinambungan gerak (kontinuitas), dan ketepatan irama adalah unsur....

a. senam irama b. senam lantai c. senam ketangkasan d. senam kebugaran

2. Senam irama bergantung pada kekompakan gerak dan kesesuaian dengan....

a. lagu b. irama c. musik d. tempo

3. Hitungan 3-4 putar simpai ke depan badan kaki kiri melangkah serong kiri, kaki kanan melangkah serong kiri (galloppas). Posisi akhir simpai dipegang tangan di samping kiri badan adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan....

a. I b. II c. III d. IV

4. Hitungan 3-4 ayun depan badan disertai kaki kiri melangkah serong kiri, kaki kanan melangkah serong kiri.

1 2

(50)

Posisi akhir simpai dipegang tangan di samping kiri adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan.... a. I

b. II c. III d. IV

5. Hitungan 3-4 langkahkan kaki kanan ke samping kiri. Pada hitungan 4 simpai diayun ke samping kanan. Langkahkan kaki kanan ke samping kanan adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan....

a. I b. II c. III d. IV

6. Hitungan 2 langkahkan kaki kiri ke samping kiri, ayun simpai ke samping kiri adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan....

a. I b. II c. III d. IV

7. Hitungan 3-4 putar simpai di atas badan, liukkan badan kaki kiri lurus, kaki kanan ditekuk, adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan....

a. II b. III c. IV d. V

8. Hitungan 1, ayun simpai ke samping kiri dan kaki kanan disilangkan di depan kaki kiri adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan....

a. III b. IV c. V d. VI

9. Hitungan 2 ayunkan simpai ke samping kiri memakai tangan kanan, ayun kaki kanan ke depan adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan....

a. III b. IV c. V d. VI

10. Hitungan 3 ayunkan simpai ke

samping kanan memakai tangan kanan dan kaki kanan disilangkan di depan kaki kiri adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan....

(51)

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Senam irama bergantung pada kekompakan gerak dan kesesuaian dengan.... 2. Hitungan 3 ayunkan simpai ke samping kanan memakai tangan kanan dan kaki kanan

disilangkan di depan kaki kiri adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan.... 3. Agar tidak terjadi cedera, latihan senam dilakukan di atas ....

4. Hitungan 3 tarik kaki kiri dan dekatkan dengan kaki kanan adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan....

5. Hitungan 2 simpai dipindahkan ke samping kanan, silangkan kaki kanan di depan kaki kiri adalah senam irama memakai simpai latihan gerakan....

C. Uji Afektif

1. Apa yang kalian lakukan seandainya melihat teman kalian malas berlatih senam? 2. Apa yang kalian lakukan seandainya teman kalian tidak melakukan urutan gerakan

senam irama berkelompok dengan benar?

D. Uji Psikomotorik

1. Praktikkan 2 gerakan lompat dengan benar! 2. Praktikkan 2 gerakan jalan dengan benar!

Evaluasi Diri

(52)

Kita sering kali bermain, atau pulang sekolah. Satu hal yang selalu terulang adalah pakaian kita menjadi kotor. Hal itu karena debu dan keringat yang menempel. Pakaian menjadi bau. Biasakanlah menerapkan pola hidup sehat dalam berpakaian. Jangan memakai pakaian kotor karena menimbulkan penyakit kulit dan gatal-gatal.

1. Siswa mampu menjaga kebersihan pakaian. 2. Siswa mampu mengenal kebutuhan tidur dan

istirahat.

Tujuan Pembelajaran :

5 55 55 Bab (53)Peta Konsep Kata Kunci

Menjaga kebersihan pakaian

Kebiasaan Hidup Sehat

Kebutuhan tidur dan istirahat

(54)A. Menjaga Kebersihan Pakaian

Kita sering kali bermain, atau pulang sekolah. Satu hal yang selalu terulang adalah pakaian kita menjadi kotor. Hal itu karena debu dan keringat yang menempel. Kita bermain di tempat yang penuh debu. Kita terkena debu kapur di sekolah. Hal itu mengotori pakaian kita. Pakaian menjadi bau. Biasakanlah menerapkan pola hidup sehat dalam berpakaian. Apabila telah kotor, pakaian harus kita ganti. Jangan memakai pakaian kotor karena menimbulkan penyakit kulit dan gatal-gatal. Apabila digaruk gatal-gatal tersebut dapat menyebabkan luka. Selanjutnya, pakaian tersebut harus dicuci agar bersih. Pakailah pakaian yang sesuai dengan kegunaan.

1. Jenis-Jenis Pakaian

Pakaian mempunyai kegunaan masing-masing sesuai jenisnya. Misalnya, pakaian bermain, pakaian seragam sekolah, dan pakaian tidur. Berikut ini jenis pakaian dan kegunaannya. Jenis-jenis pakaian, antara lain sebagai berikut.

a. Pakaian Bermain

Jenis pakaian bermain atau pakaian rumah bermacam-macam. Contoh pakaian bermain pria adalah celana pendek, kaus oblong, kemeja, training, dan celana panjang. Contoh pakaian bermain wanita rok, celana panjang, training, blus, kemeja, dan kaos oblong. Pakaian bermain yang kotor harus diganti sebelum tidur. Saat bermain pakaian terkena debu dan keringat.

b. Pakaian Tidur

Contoh pakaian tidur adalah piyama dan baju tidur. Pakailah baju tidur yang bersih untuk tidur. Pakailah baju tidur yang longgar dan tidak ketat. Pakaian tidur yang ketat menghambat gerakan tubuh dan pernapasan. Pakaian tidur yang kotor menyebabkan tubuh gatal. Akibatnya tidur kurang nyenyak dan terganggu.

c. Seragam Sekolah

(55)2. Cara Menjaga Kebersihan Pakaian

Kadang kala kita bermain dengan memakai seragam sekolah. Hal itu akan mengotori seragam dan membuatnya cepat rusak. Gantilah pakaian seragam sekolah dengan baju bermain. Misalnya, celana pendek, dan kaus untuk putra dan rok atau kaus dan blus untuk putri. Apabila akan dipakai lagi, gantunglah pakaian pada gantungan pakaian. Apabila sudah kotor, pakaian harus segera dicuci. Mulailah mencuci pakaianmu sendiri. Hal itu melatih kemandirian dan meringankan beban orang tuamu. Cucilah pakaian memakai sabun. Kuceklah pakaian hingga bersih. Pisahkan antara pakaian yang berwarna dan berwarna putih. Sikatlah bagian tertentu hingga bersih. Misalnya. kerah baju, ujung dan pangkal lengan baju, bagian pinggang celana, dan ujung celana. Selanjutnya, bilaslah cucian dengan air bersih sebanyak tiga kali. Apabila ingin pakaian lebih harum, tambahkan pewangi pakaian saat membilas pakaian. Selanjutnya, pakaian dijemur hingga kering.

Setelah kering, pakaian harus disetrika. Tujuannya agar pakaian rapi dan bersih. Pakaian bersih mencegah penyakit kulit. Simpanlah pakaian di lemari pakaian. Lipatlah pakaian dengan rapi. Letakkan kapur barus di lemari pakaian untuk mencegah kutu.

(56)

Aspek Keselamatan

Kalau kalian belum mampu menyetrika, bantulah ibumu saat menyetrika. Hal itu karena sterika listrik mempunyai aliran listrik. Mungkin saat kalian lebih dewasa, kalian bisa menyetrika sendiri. Setelah kering pakaian diseterika supaya rapi dan bebas kuman penyakit. Berikan kapur barus di lemari agar pakaian bebas jamur dan bau apak.

Sumber: Bobo

Rasa Ingin Tahu

Amatilah perilaku teman-temanmu saat bermain. Tulislah contoh sikap yang menjaga kebersihan pakaian saat bermain. Tulislah contoh sikap yang menjaga kebersihan pakaian saat bermain. Hasilnya tuliskan pada tabel berikut ini.

No. Sikap yang Menjaga

Kebersihan Pakaian

Sikap yang Tidak Menjaga Kebersihan Pakaian

B. Mengenal Kebutuhan Tidur dan Istirahat 1. Kebutuhan Tidur

Terdapat beberapa cara untuk menjaga kesehatan kita. Misalnya, berolahraga teratur, makan makanan bergizi, menghindari narkoba, miras, dan rokok, dan istirahat yang cukup. Salah satu cara termurah untuk menjaga kesehatan adalah beristirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh. Misalnya, menganti sel-sel yang rusak, dan sarana istirahat tubuh setelah aktivitas. Setelah beraktivitas otot kita terasa lelah. Bagaimana supaya tidak mengalami kelelahan? Dalam hal ini kita harus memperhatikan keseimbangan antara kegiatan dan istirahat. Setelah bangun dari tidur tubuh akan lebih bugar dan segar. Pada saat tidur, terjadi perubahan dalam tubuh, antara lain

(57)

d. penurunan kegiatan otak dan syaraf; e. penurunan gerakan otot;

f. tekanan darah menurun.

Gambar 5.4 Menggosok gigi sebelum tidur

Rata-rata waktu untuk tidur malam adalah 8 jam per hari. Biasakan tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Bangun pagi hari menyehatkan karena udara pagi masih segar. Bangun pagi terlambat menyebabkan tergesa-gesa ke sekolah. Tidur siang dibiasakan secukupnya saja agar badan kembali segar. Pada saat tidur tubuh kita benar-benar beristirahat penuh. Otot yang tegang kembali pulih dan tubuh terasa lebih segar. Gangguan tidur menyebabkan masalah kesehatan. Misalnya, sakit kepala, gangguan syaraf, penurunan daya tahan tubuh, penurunan daya pikir, dan kelelahan. Apabila kurang tidur, tubuh terasa kurang sehat, badan lemas, mata berkunang-kunang, dan kepala terasa berat. Apabila terasa mengantuk jangan ditunda keinginan tidur. Jangan begadang karena kurang baik bagi kesehatan. Orang yang sering begadang mudah sakit. Basuhlah kaki dan tangan sebelum tidur. Biasakan menggosok gigi sebelum tidur. Hindari makan 3-4 jam sebelum tidur. Pakailah pakaian tidur yang longgar. Hindari meminum minuman kopi atau teh sebelum tidur.

(58)2. Kebutuhan Istirahat

Istirahat sangat penting bagi pertumbuhan anak. Saat istirahat terjadi pertumbuhan fisik anak. Selain itu, tidur dan istirahat juga bertujuan melatih kedisiplinan anak. Anak yang terbiasa istirahat secara teratur mampu memanfaatkan waktu luangnya dengan baik. Kebutuhan tidur harus seimbang. Apabila kurang tidur tubuh lemas dan mata berkunang-kunang. Namun, apabila berlebihan tidur akan menyebabkan tubuh terasa lemas.

Biasakan tidur siang setiap hari. Tidur siang dilakukan sepulang sekolah. Setelah pulang dan makan segeralah berangkat tidur. Tidur siang cukup dilakukan 2 jam saja. Setelah tidur siang, tubuh akan terasa segar dan siap beraktivitas. Tidur siang lebih baik dari pada bermain. Setelah beraktivitas tubuh memerlukan istirahat. Setelah beristitahat siang hari tubuh akan terasa segar sehingga siap untuk belajar.

Nilai-Nilai Kesehatan

Manfaatkanlah waktumu dengan sebaik-baiknya. Waktu sehari dapat kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Misalnya, 8 jam untuk tidur, 8 jam untuk belajar di sekolah dan di rumah, dan 8 jam untuk aktivitas lainnya seperti bermain. Manfaatkan waktumu secara seimbang. Misalnya, jangan gunakan waktu untuk bermain secara berlebihan.

Sumber: Kompas Anak

Rasa Ingin Tahu

(59)

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

1. Celana pendek, kaus oblong, kemeja, training, dan celana panjang adalah contoh pakaian bermain....

a. pria b. wanita c. anak putra d. anak putri

2. Pakaian tidur yang ketat menghambat gerakan tubuh dan ....

a. pernapasan b. peredaran darah c. syaraf otak d. kelincahan

3. Salah satu cara termurah untuk menjaga kesehatan adalah beristirahat dengan cukup....

a. makan b. minum c. berstirahat

1. Jenis pakaian bermain atau pakaian rumah bermacam-macam.

2. Contoh pakaian bermain wanita rok, celana panjang, training, blus, kemeja, dan kaos oblong.

3. Pakaian bermain yang kotor harus diganti sebelum tidur. 4. Saat bermain pakaian terkena debu dan keringat. 5. Contoh pakaian tidur adalah piyama dan baju tidur.

d. berolahraga

4. Gerakan penenangan tubuh disebut .... a. reduksi

b. rileksasi c. refleksi d. relaksasi

5. Waktu tidur dalam 1 hari sebanyak .... a. 5 jam

b. 6 jam c. 7 jam d. 8 jam

6. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit kulit akibat pakaian yang kurang bersih,

(60)

7. Berikut ini adalah kegunaan pakaian,

kecuali ....

a. untuk berekreasi b. menutup tubuh

c. melindungi tubuh dari hawa dingin dan panas

d. mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh

8. Untuk mencegah timbulnya jamur dan kutu pada pakaian digunakan .... a. kapur tohor

b. kapur bangunan c. kapur barus d. kapur sirih

9. Pada saat tidur, terjadi perubahan dalam tubuh, kecuali ....

a. penurunan gerakan tubuh b. penurunan suhu badan c. penurunan tekanan darah d. penurunan kadar gula darah

10. Sakit kepala, gangguan syaraf, penurunan daya tahan tubuh,penurunan daya pikir, dan kelelahan otot-otot gerak adalah gangguan kesehatan akibat a. kurang olahraga

b. kurang makan c. kurang tidur d. kurang bergerak

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Kegunaan utama pakaian adalah untuk menutup ....

2. Pakaian harus dicuci dan disetrika agar bersih dan bebas ....

3. Memakai pakaian berbahan lembut digunakan untuk menghindari peradangan .... 4. Pakaian direndam dalam larutan sabun cuci atau detergen dan air bersih selama .... 5. Sakit kepala, gangguan syaraf, penurunan daya tahan tubuh,penurunan daya pikir,

dan kelelahan otot-otot gerak adalah gejala kurang ....

C. Uji Afektif

1. Apa yang kalian lakukan seandainya ada temanmu yang lebih banyak bermain? 2. Apa yang kalian lakukan seandainya ada teman kalian yang memakai seragam sekolah

untuk bermain?

D. Uji Psikomotorik

1. Uraikan urutan mencuci pakaian!

(61)

Evaluasi Diri

Setelah belajar pola hidup sehat kalian dapat mempraktikkannya dengan baik. Kesehatan harus kalian jaga sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa.

(62)

Jalan, lari, dan lompat adalah gerakan dasar cabang atletik. Jalan adalah gerakan maju atau mundur kaki. Lari adalah gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi. Lompat adalah gerakan menolakkan tubuh dengan kedua kaki atau satu kaki ke berbagai arah. Antara jalan dan lari mempunyai perbedaan. Pada saat lari, ada saat kedua kaki tidak menapak tanah. Pada gerakan jalan salah satu kaki masih menapak tanah.

1. Siswa mampu mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari, dan lompat.

2. Siswa mampu mempraktikkan kombinasi gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan dan meliukkan badan dalam permainan sederhana.

Tujuan Pembelajaran :

6 66 66 Bab Gerak Dasar dalam Permainan Sederhana (63)Peta Konsep Kata Kunci

Gerak jalan, lari, dan lompat

Gerak Dasar Permainan Sederhana

Gerak memutar, mengayun, dan

menekuk

Gerak memvoli, memantulkan, dan

menendang bola

Gerak dasar

Gerak dasar jalan, lari, dan lompat

(64)A. Gerak Dasar Jalan, Lari, dan Lompat

Gerak dasar jalan, lari, dan lompat termasuk gerak lokomotor. Gerak lokomotor adalah gerak berpindah tempat. Banyak cabang olahraga yang menerapkan gerakan lokomotor. Misalnya, atletik dan permainan bola kecil. Gerakan lokomotor bisa dilaksanakan dalam berbagai latihan olahraga. Lompat adalah gerakan menolakkan tubuh dengan kedua kaki atau satu kaki ke berbagai arah. Berikut adalah gerak dasar jalan, lari, dan lompat.

1. Gerak Dasar Jalan

a. Berjalan Cepat

Lakukan berjalan cepat. Berjalan cepat melatih daya tahan tubuh. Melangkahlah ke depan dengan langkah panjang. Melangkahlah dengan mantap. Tangan diayun ke depan dan ke belakang.

b. Berjalan Dengan Tumit

Lakukan latihan berjalan dengan tumit. Tujuannya melatih otot tungkai. Berjalanlah dengan tumit kaki ke depan, kiri, dan kanan. Berjalanlah dengan hati-hati. Jaga keseimbangan agar tidak jatuh.

Gambar 6.1 Berjalan cepat

(65)

c. Berjalan Jinjit

Berjalan jinjit adalah berjalan dengan ujung kaki. Lakukan berjalan jinjit ke depan. Berjalanlah jinjit ke kiri dan kanan. Lakukan lomba berjalan jinjit. Jaga keseimbangan agar tidak jatuh.

d. Berjalan Jinjit Membawa Beban

Latihan ini melatih keseimbangan,Lakukan berjalan jinjit membawa beban berupa buku. Berdiri tegak tangan di samping, pandangan lurus ke depan. Taruh sebuah buku tipis di atas kepala. Berjalanlah jinjit lurus dengan hati-hati. Jaga jangan sampai buku jatuh.

e. Berjalan Berbaris

Lakukan berjalan berbaris bersama temanmu. Ajaklah tiga temanmu berjalan berbaris. Peganglah pundak teman di depanmu. Berjalanlah ke berbagai arah. Tirukan gerakan berjalan kereta api.

Gambar 6.3 Berjalan jinjit

Gambar 6.4 Jalan jinjit membawa beban

(66)2. Gerak Dasar Lari

a. Lari Langkah Pendek

Lakukan latihan lari langkah pendek. Berlarilah dengan langkah pendek ke depan. Tangan diayun bergantian. Sesuaikan dengan irama langkah kaki. Aturlah napasmu saat berlari.

b. Lari Langkah Panjang

Lakukan latihan lari langkah panjang. Berlarilah dengan langkah panjang 10 meter ke depan. Pandangan ke depan. Tangan diayun bergantian. Sesuaikan dengan irama langkah kaki. Aturlah napasmu saat berlari.

c. Lari ke Berbagai Arah

Latihan ini bertujuan meningkatkan kelincahan. Lakukan lari ke berbagai arah. Berlarilah ke depan 3 meter. Berlarilah ke kiri 3 meter. Berlarilah ke kanan 3 meter. Berlari dengan hati-hati.

Gambar 6.6 Lari langkah pendek

Gambar 6.7 Lari langkah panjang

(67)

d. Lari Menyentuh Tanah

Lakukan lari sambil menyentuh tanah. Latihan ini melatih kelenturan tubuh. Caranya berlarilah di antara dua titik sejauh 10 meter. Setelah sampai di titik, sentuhlah tanah dengan cepat. Berlarilah kembali ke titik berikutnya dan ulangi kembali.

e. Lari Memindahkan Bola

Lakukan lari memindahkan bola. Sediakan 2 buah bola. Letakkan dengan jarak masing-masing 10 meter. Berlarilah di antara dua titik sejauh 10 meter. Setelah sampai di titik, ambil dan bawalah bola. Berlari dengan cepat ke titik berikutnya. Letakkan kembali bola dan ambil bola baru dan seterusnya.

3. Gerak Dasar Lompat

a. Lari dan Lompat Meraih Benda

Berlarilah meraih balon yang digantung. Caranya gantunglah balon pada tiang. Berlarilah ke depan dengan cepat. Melompatlah untuk meraih balon. Mendaratlah dengan dua kaki bersamaan. Jaga keseimbangan agar jangan jatuh. Lakukan secara bergiliran.

Gambar 6.9 Lari menyentuh tanah

Gambar 6.10 Lari memindahkan bola

(68)

b. Lari Lompat ke Atas

Latihan ini berguna melatih kelincahan tubuh. Berlarilah lima meter ke depan. Apabila ada peluit, loncatlah satu langkah ke depan. Mendaratlah dengan lutut mengeper. Jaga keseimbangan agar tidak jatuh.

c. Lompat Kelinci

Sikap awal berlutut di tanah. Pandangan ke depan. Kedua tangan diayun ke depan dan belakang. Meloncatlah ke depan satu langkah. Mendaratlah dengan lutut mengeper. Berhati-hatilah agar tidak jatuh. Lakukan gerakan ini berulang-ulang.

d. Lari dan Lompat Kangkang

Caranya berlarilah ke depan dengan cepat. Melompatlah ke atas setinggi-tingginya. Kangkangkan kaki selebar-lebarnya. Mendaratlah dengan dua kaki secara bersamaan. Berhati-hatilah agar tidak jatuh.

Gambar 6.12 Lari lompat ke atas

Gambar 6.14 Lari dan lompat kangkang

1 2 3

Gambar 6.13 Lompat kelinci

(69)B. Gerak Memutar, Menekuk, Mengayun, dan Meliuk

Gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan, dan meliukkan badan disebut gerak nonlokomotor. Gerak nonlokomotor adalah gerak di tempat. Gerakan ini dapat dilakukan dalam latihan sebagai berikut.

1. Gerak Memutar Lengan dan Menekuk Lutut

Gerakan ini menirukan burung terbang. Caranya berdiri kaki rapat. Tangan diayun ke atas dan ke bawah. Kaki ditekuk dan diluruskan sesuai gerakan tangan. Gerakan bisa dilakukan dengan jongkok menirukan burung hinggap.

Berpikir Kritis

Lakukan permainan tebak-tebakan untuk membedakan gerakan lokomotor bersama teman sekelompokmu. Mintalah temanmu melakukan suatu gerakan dan tebaklah gerakan tersebut berdasarkan jenisnya. Lakukan bergantian. Teman yang paling banyak menebak secara betul menang.

Perkembangan IPTEK Penjasorkes

Olimpiade Olahraga Siswa Tingkat Nasional (O2SN) diselenggarakan setiap tahun oleh telah Depdiknas. Tujuannya mengembangkan kreativitas siswa di bidang olahraga dan membentuk sikap, sportif, mau bekerja sama, dan menghargai prestasi orang lain. Kegiatan O2SN ini diikuti siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB dari 33 provinsi. Cabang yang dipertandingkan adalah bola basket (putra/putri), bola voli (putra/putri), dan futsal.

Sumber:www.koni.or.id/index.php/section/the_games/event/Lainnya/games/ Olimpiade_Olahraga_Siswa_Tingkat_Nasional_O2SN_2009/id/25

(70)2. Mengayun Lengan dan Menekuk Pinggang

Gerakan mengayun lengan ini disebut gerak baling-baling. Sebab gerakannya menirukan baling-baling pesawat terbang. Caranya siswa membungkuk kemudian sentuhkan tangan kanan pada telapak kaki kiri. Tangan kanan lurus ke atas. Lakukan ke arah sebaliknya.

3. Meliukkan Badan

Gerakan meliuk dilakukan memutar sendi pinggang. Posisi awal berdiri. Kedua tangan direntangkan ke atas. Badan diliukkan ke kanan dan kiri.Lakukan berulang-ulang.

4. Kombinasi Gerak Memutar, Menekuk, Mengayun, dan Meliukkan Badan

Gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan, dan meliukkan badan dapat dilakukan dengan mempraktikkan gerakan lempar cakram. Berdiri menyamping, arah lemparan dan tangan kanan lurus ke belakang dengan kedua lutut direndahkan. Ayunkan kembali lengan kanan ke depan atas dengan kedua lutut naik. Ayunkan cakram ke belakang disertai kedua lutut merendah. Ayunkan kembali ke depan atas bersamaan dengan dorongan tangan ke depan.

Gambar 6.16 Gerak baling-baling

(71)C. Gerak Dasar Memvoli, Memantulkan, Menendang, dan Mengontrol Bola

Gerak dasar memvoli, memantulkan, mengontrol, dan menendang dilakukan memakai bola. Gerak tersebut termasuk gerak manipulatif. Gerak manipulatif adalah kegiatan memainkan suatu benda dengan atau tanpa alat tertentu. Misalnya, bola yang dipukul dengan kayu pemukul. Berikut adalah contoh gerakan manipulatif.

1. Gerakan Memvoli

Gerakan memvoli dilakukan dengan gerakan passing. Gerakan passing adalah gerakan melambungkan bola ke atas. Gerakan ini biasa dilakukan dalam olahraga bola voli. Gerakan passing terdiri atas passing bawah dan atas.

a. Passing Bawah

Caranya tangan menggengam rapat dan dijulurkan ke depan. Badan dibungkukkan ke depan. Saat bola datang, kaki dibuka lebar, badan direndahkan. Pukul bola ke atas dengan sekuat-kuatnya. Lakukan latihan berulang-ulang.

Gambar 6.19 Pass bawah Gambar 6.18 Gerak lempar cakram

1 2 3

(72)

b. Passing Atas

Dalam melakukan passing, pemain melakukan sikap siap. Tangan dijulurkan ke atas. Posisi jari seperti hendak merangkum bola. Lengan ditekuk di depan muka. Saat bola datang, bola dilambungkan ke atas dengan jari. Lakukan latihan berulang-ulang.

Gambar 6.20 Pass atas

2. Memantul dan Menangkap Bola

Caranya siapkan sebuah bola tenis. Pantulkan bola ke tanah. Tangkaplah kembali setelah memantul ke atas. Aturlah pantulannya agar bola dapat kamu tangkap. Adakan perlombaan menangkap bola memantul. Anak yang terbanyak menangkap pantulan bola menang.

3. Memantulkan Bola Baket

Memantulkan bola disebut teknik menggiring bola (dribbling) dalam cabang basket. Menggiring bola adalah gerakan lari memantulkan bola terus menerus di atas tanah. Caranya adalah pantul-pantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Saat bola bergerak ke atas, telapak tangan menempel pada bola. Pantulkan kembali bola. Lakukan latihan memantulkan bola sambil berjalan dan berlari.

Gambar 6.21 Memantulkan dan menangkap bola

(73)4. Menggiring dan Menendang Bola

Caranya siapkan sebuah gawang dengan jarak 1 meter. Tempatkan bola 5 meter di depan gawang. Giringlah bola mendekati gawang. Setelah berjarak 0,5 meter, tendanglah bola ke gawang. Lakukan berulang-ulang dengan menambah variasi jarak menendang bola ke gawang.

5. Menendang dan Menahan Bola

Latihan ini dilakukan dengan menendang dan menahan bola secara bergantian. Caranya mintalah temanmu untuk menendang bola ke arahmu. Tahanlah bola dengan kakimu. Tendanglah kembali bola ke arah temanmu. Lakukan berulang-ulang dengan menambah variasi arah dan kecepatan bola. Misalnya, menendang mendatar, melambung, dan menyusur tanah.

Gambar 6.24 Menendang dan menahan bola Gambar 6.22 Memantulkan bola basket

(74)

Kecakapan Hidup

Tentunya kalian pernah menyaksikan pertandingan sepak bola, misalnya Liga Indonesia, Liga Italia, atau Piala Dunia. Mereka menggunakan teknik-teknik bermain sepak bola, seperti yang telah kalian lakukan. Cobalah berlatih dengan tekun. Percayalah kalian dapat berprestasi seperti mereka.

Perkembangan IPTEK Penjasorkes

Permainan sepak bola berasal dari Inggris. Pada awalnya permainan sepak bola hanya dilakukan oleh mahasiswa. Namun, di luar kampus pun permainan ini dapat berkembang dengan pesat sampai sekarang. Saat ini, kejuaraan dunia sepak bola merupakan even olahraga terbesar nomor dua setelah even olimpiade.

Sumber: id.wikipedia.org/sepak_bola

Keterampilan Proses

Peragakan salah satu gerakan dasar sepak bola bersama teman sebangkumu. Amati dan nilailah secara bergantian gerakan dasar yang kalian lakukan. Tulis urutan gerakan yang kalian lakukan pada selembar kertas dan kumpulkan pada guru. Peragakan gerakan dasar yang kalian lakukan di halaman sekolah.

1. Jalan, lari, dan lompat adalah gerakan dasar cabang atletik. 2. Jalan adalah gerakan maju atau mundur kaki.

3. Lari adalah gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi.

4. Lompat adalah gerakan menolakkan tubuh dengan kedua kaki atau satu kaki ke berbagai arah.

Page 65 - Aktif Berolahraga 9

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Aktif, Berolahraga

Gerakan Senam Irama: Variasi Gerakan Mengayun Dan Memutar - Kumparan.com

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Gerakan, Senam, Irama:, Variasi, Mengayun, Memutar, Kumparan.com

Tolong Di Jawab Ya Kak Plis - Brainly.co.id

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Tolong, Jawab, Brainly.co.id

Sebutkan Beberapa Macam Gerakan Mengayun Dua Lengan - Sebutkan Itu

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Sebutkan, Beberapa, Macam, Gerakan, Mengayun, Lengan

Sd3penjas Senang Belajarpenjasorkes S Indhucindarrizalsrigaganyusup

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Sd3penjas, Senang, Belajarpenjasorkes, Indhucindarrizalsrigaganyusup

Bab 4 Aktivitas Gerak Ritmik

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Aktivitas, Gerak, Ritmik

Sd3penjas Senang Belajarpenjasorkes S Indhucindarrizalsrigaganyusup

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Sd3penjas, Senang, Belajarpenjasorkes, Indhucindarrizalsrigaganyusup

Pembelajaran Gerak Birama Kurikulum 2013

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Pembelajaran, Gerak, Birama, Kurikulum

Bab 4 Aktivitas Gerak Ritmik

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Aktivitas, Gerak, Ritmik

Soal PTS Pjok KLS 3 Semester 2.docx

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Semester, 2.docx

C Hitungan 2 Ayun Simpai Ke Samping Kiri Memakai Tangan Kanan Ayun Kaki Kanan | Course Hero

Memutar Simpai Ke Depan Badan Dilakukan Pada Hitungan : memutar, simpai, depan, badan, dilakukan, hitungan, Hitungan, Simpai, Samping, Memakai, Tangan, Kanan, Course