Pengertian Ikatan Kovalen

Pengertian Ikatan Kovalen. Ikatan kovalen adalah interaksi kimia antara dua atom yang melibatkan penggunaan pasangan elektron diantara kedua atom tersebut. Secara mudahnya, ikatan kovalen dapat terbentuk ketika ada dua elektron digunakan secara bersama oleh dua atom yang saling berikatan. Ikatan kovalen dapat terbentuk antara dua atom non logam.Kepolaran Ikatan, Elektronegativitas, dan Momen Dipol. Ikatan kimia di mana elektron-elektron digunakan bersama secara setara dan merata, seperti pada Cl 2 dan N 2, disebut sebagai ikatan kovalen nonpolar.Ikatan di mana salah satu atom memiliki daya tarik elektron (elektronegativitas) yang lebih tinggi terhadap elektron-elektron ikatan dibanding atom lainnya, sehingga terjadi pembentukan dipolIkatan kovalen adalah sejenis ikatan kimia yang memiliki karakteristik berupa pasangan elektron yang saling terbagi (pemakaian bersama elektron) di antara atom-atom yang berikatan. Singkatnya, stabilitas tarikan dan tolakan yang terbentuk di antara atom-atom ketika mempergunakan bersama elektron dikenal sebagai ikatan kovalen.Dalam kimia organik, ikatan kovalen jauh lebih umum daripada ikatan ion. Ikatan kovalen mencakup banyak jenis interaksi, termasuk ikatan σ, ikatan π, ikatan logam-ke-logam, interaksi agostik, ikatan bengkok, dan ikatan dua elektron dua pusat. Istilah ikatan kovalen dimulai dari tahun 1939.Kemudian anda dapat menyebutkan jenis-jenis ikatan kimia dan menjelaskan tentang apa itu Ikatan Ion, Ikatan Kovalen, Ikatan Logam. Pengertian Ikatan Kimia Ikatan kimia adalah suatu ikatan yang melibatkan gaya tarik menarik yang kuat antara atom-atom tertentu bergabung membentuk molekul atau gabungan ion-ion sehingga keadaannya menjadi lebih

Ikatan Kimia - Ikatan Ion, Kovalen, Kovalen Koordinasi

Ikatan Kovalen: Pengertian, Jenis, dan Sifatnya. Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini. Ilustrasi ikatan kovalen. Foto: pixabay. Ketika atom berinteraksi satu sama lain, akan ada proses pelepasan energi yang membutuhkan gaya untuk menjadikannya tetap berada dalam molekul.Pengertian. Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk antara dua non-logam dan yang dapat berbagi elektron valensinya membentuk molekul dari beberapa atom yang dihubungkan bersama, kemudian mereka memperoleh struktur gas mulia.Pengertian Ikatan Kovalen. September 23, 2020 September 23, 2020 Agus Kamaludin. Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron oleh dua atom yang berikatan. Ikatan kovalen terbentuk antara atom nonlogam (-) dengan atom nonlogam (-).Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain (James E. Brady, 1990). Ikatan ion terbentuk antara atom yang melepaskan electron (logam) dengan atom yang menangkap elektron (bukan logam). Atom logam, setelah melepaskan elektron berubah menjadi ion positif.; Sedangkan atom bukan logam, setelah menerima elektron berubah menjadi ion negatif.

Ikatan Kimia - Ikatan Ion, Kovalen, Kovalen Koordinasi

Ikatan kovalen - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia

Ikatan kimia dibagi menjadi 3 jenis, yaitu ikatan ion, ikatan kovalen, dan ikatan hidrogen. Berikut ini jenis-jenis ikatan kimia : Ikatan Ion. Ialah ikatan yang terjadi akibat gaya tarik-menarik antara ion positif dan ion negatif. Ikatan ini terjadi antara unsur logam dengan unsur non logam.Pengertian ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen yang terjadi dimana sepasang elektron yang digunakan bersama hanya berasal dari satu unsur, sementara unsur lainnya tidak memberikan sumbangan. Ikatan Kovalen. Pada interaksi antara unsur yang memiliki perbedaan elektronegativitas kecil,Pengertian Ikatan Kovalen. 2018-03-29 2018-03-29. Ikatan kovalen merupakan ikatan kimia yang bisa mengindikasi jumlah pasangan elektron melalui derajat ikatnya seperti halnya ikatan tunggal, ikatan rangkap dua, ikatan rangkap tiga dan lain sebagainya. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian berikut ini yang menjelaskan lebih rinci denganPengertian dan Jenis-jenis Ikatan Kovalen. Juni 23, 2011. Ikatan Kovalen adalah ikatan yang terjadi karena pemakaian pasangan elektron secara bersama oleh 2 atom yang berikatan. Ikatan kovalen terjadi akibat ketidakmampuan salah 1 atom yang akan berikatan untuk melepaskan elektron (terjadi pada atom-atom non logam).Pengertian Ikatan Kovalen Ikatan Kovalen merupakan salah satu ikatan yang terbentuk karena pemakaian dari pasangan elektron bersama. Pasangan elektron ini dapat berasal dari masing-masing atom yang saling berkaitan, dan ikatannya disebut ikatan kovalen.

Arti Adjective Arti Tum Hi Ho Pengertian Amal Sholeh Pengertian Lompat Pengertian Baseball Pengertian Unsur Konstitutif Pengertian Tumbuhan Hijau Pengertian Ijtihad Dongeng Bahasa Inggris Dan Artinya Wa Fiikum Barakallah Artinya Pengertian Profage

Ikatan Kimia - Ikatan Ion, Kovalen, Kovalen Koordinasi, dan Logam

Ikatan Kimia – Pengantar

Ketika dua atom atau ion “berpegangan” dengan sangat erat, dapat dikatan bahwa di antaranya terdapat suatu ikatan kimia. Dalam pembentukannya, yang berperan adalah elektron valensi, yaitu elektron yang berada pada kulit terluar. Untuk memudahkan penggambaran elektron valensi pada atom suatu unsur dan ikatan yang terbentuk dapat digunakan simbol Lewis (simbol titik-elektron Lewis).

Simbol Lewis dari suatu unsur terdiri dari simbol unsur tersebut dan satu titik untuk setiap satu elektron valensi yang dimilikinya. Sebagai contoh, perhatikan simbol Lewis untuk unsur-unsur berikut.

Materi Ikatan Kimia: Simbol titik-elektron Lewis untuk unsur-unsur golongan utama periode 2 dan 3(Sumber: Silberberg, Martin S. 2009. Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change (5th edition). New York: McGraw Hill)

Atom unsur-unsur golongan gas mulia (golongan 18) dengan 8 elektron valensi memiliki sifat sangat stabil (tidak reaktif), energi ionisasi tinggi, dan afinitas elektron rendah. Pada umumnya semua atom berusaha untuk menerima, atau melepas, ataupun saling berbagi elektron agar memiliki jumlah elektron yang sama dengan atom gas mulia dengan nomor atom yang terdekat. Hal ini serupa dengan kehidupan manusia, di mana pada umumnya manusia berusaha untuk mencapai kesejahteraan sebagaimana golongan gas mulia. Hasil observasi ini mengacu pada rumusan teori: aturan oktet, yang menyatakan bahwa atom-atom cenderung akan menerima, atau melepas, ataupun saling berbagi (sharing) elektron sehingga memiliki 8 elektron valensi.

Atom-atom cenderung ingin berikatan karena dengan adanya ikatan, energi potensial antara partikel positif dan partikel negatif — entah antar ion dengan muatan yang berlawanan ataupun antar inti dengan elektron-elektron di antaranya — akan lebih rendah. Ikatan kimia dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan 3 cara kombinasi dari unsur logam dan unsur nonlogam, yakni logam dengan non logam (ikatan ionik), non logam dengan non logam (ikatan kovalen), dan logam dengan logam (ikatan logam).

Ikatan ionik (ikatan elektrovalen): “transfer elektron”

Atom logam (energi ionisasi rendah) cenderung melepaskan elektronnya, lalu diterima oleh atom nonlogam (afinitas elektron besar). Dari proses transfer elektron dari atom logam ke atom nonlogam ini akan terbentuk ion positif dan ion negatif dengan konfigurasi elektron gas mulia yang saling tarik menarik dengan gaya elektrostatis yang disebut ikatan ionik. Sebagai contoh, dalam pembentukan senyawa ionik NaCl terjadi transfer elektron dari atom Na ke atom Cl.

Ikatan kovalen: “sharing elektron”

Atom-atom nonlogam cenderung tidak ingin melepaskan elektronnya (energi ionisasi tinggi) dan ingin menarik elektron-elektron dari atom lainnya (afinitas elektron besar) sehingga terdapat satu atau lebih pasangan elektron yang dipakai untuk berbagi bersama. Ikatan kimia yang terbentuk dari sharing elektron terlokalisasi antara atom ini disebut ikatan kovalen. Sebagai contoh, 2 atom H berikatan kovalen membentuk molekul H2 dan 2 atom Cl berikatan kovalen membentuk molekul Cl2.

Struktur Lewis untuk senyawa kovalen dapat digambarkan dengan setiap pasangan elektron ikatan (PEI) digambarkan sebagai satu garis dan pasangan elektron bebas (PEB) digambarkan sebagai titik-titik. Berikut struktur Lewis untuk beberapa senyawa kovalen.

Ikatan kovalen dengan berbagi satu pasangan elektron disebut sebagai ikatan kovalen tunggal (ikatan tunggal). Ikatan kovalen dengan berbagi dua pasangan elektron disebut ikatan rangkap dua, contohnya CO2. Ikatan kovalen dengan berbagi tiga pasangan elektron disebut ikatan rangkap tiga, contohnya N2.

Kepolaran Ikatan, Elektronegativitas, dan Momen Dipol

Ikatan kimia di mana elektron-elektron digunakan bersama secara setara dan merata, seperti pada Cl2 dan N2, disebut sebagai ikatan kovalen nonpolar. Ikatan di mana salah satu atom memiliki daya tarik elektron (elektronegativitas) yang lebih tinggi terhadap elektron-elektron ikatan dibanding atom lainnya, sehingga terjadi pembentukan dipol (pemisahan muatan negatif dan muatan positif), seperti pada HF, disebut sebagai ikatan kovalen polar.

Ukuran kepolaran dinyatakan dengan besaran yang disebut momen dipol (μ). Semakin besar momen dipol, semakin besar kepolarannya. Satuan momen dipol adalah debye (D), di mana 1 D = 3,34×10−30 Cm. Jika dua muatan berlawanan dengan besar muatan sama Q+ dan Q− terpisah dengan jarak r, maka momen dipolnya adalah hasil kali Q dan r:

μ = Qr

Contoh soal Ikatan Kimia

Panjang ikatan dalam molekul HCl adalah 1,27 Å. Hitunglah momen dipol (dalam debye) bila muatan pada atom H dan Cl masing-masing adalah +1 dan −1.

Jawab:

Muatan pada atom H dan Cl adalah sebesar muatan e−.

r = 1,27 Å =

Pengecualian Aturan Oktet

Ikatan Kovalen Koordinasi

Ikatan kovalen koordinasi (ikatan dativ) adalah ikatan kovalen di mana salah satu atomnya mendonasikan pasangan elektron yang dimilikinya. Pada ikatan kovalen koordinasi, pasangan elektron ikatannya hanya berasal dari satu atom, bukan dari kontribusi bersama kedua atom yang berikatan. Contoh:

Ikatan logam: “lautan elektron”

Atom-atom logam cenderung mudah melepaskan elektronnya (energi ionisasi rendah) dan susah menangkap elektron (afinitas elektron kecil) sehingga elektron-elektron valensi terdelokalisasi dan tersebar merata menjadi lautan elektron di antara kation-kation logam. Elektron-elektron “mengalir” di antara dan sekeliling kation logam dan mengikatkan kation-kation logam tersebut.

Ilustrasi 3 jenis ikatan kimia: ionik, kovalen, dan logam(Sumber: Silberberg, Martin S. 2009. Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change (5th edition). New York: McGraw Hill)

Ikatan Kimia – Referensi– Brown, Theodore L. et al. 2015. Chemistry: The Central Science (13th edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.– Chang, Raymond. 2010. Chemistry (10th edition). New York: McGraw Hill– Petrucci, Ralph H. et al. 2011. General Chemistry: Principles and Modern Applications (10th edition). Toronto: Pearson Canada Inc.– Purba, Michael. 2006. Kimia 1A untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.– Silberberg, Martin S. 2009. Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change (5th edition). New York: McGraw Hill

Judul Artikel: Ikatan KimiaKontributor: Nirwan Susianto, S.Si.Alumni Kimia UI

Materi StudioBelajar.com lainnya:

Tabel Periodik Sifat Koligatif Larutan Teori Atom

Ikatan Kovalen - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Ikatan, Kovalen, Wikipedia, Bahasa, Indonesia,, Ensiklopedia, Bebas

3 Ikatan Kovalen

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Ikatan, Kovalen

Pengertian Ikatan Kovalen – Sridianti.com

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Pengertian, Ikatan, Kovalen, Sridianti.com

Ikatan Kimia

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Ikatan, Kimia

Pengertian Ikatan Kovalen Menurut Ahli: (James E. Brady, 1990)

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Pengertian, Ikatan, Kovalen, Menurut, Ahli:, (James, Brady,, 1990)

4 Ikatan Kovalen Koordinasi

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Ikatan, Kovalen, Koordinasi

Ikatan Kovalen

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Ikatan, Kovalen

Contoh Soal Ikatan Kovalen Rangkap 2 - 10 Contoh Ikatan Kovalen Rangkap 2 Materi Kimia : Contoh Ikatan Kovalen Rangkap Tiga Terdapat Pada Molekul N2.

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Contoh, Ikatan, Kovalen, Rangkap, Materi, Kimia, Terdapat, Molekul

Ikatan Kimia Beserta Pengertian Dan Jenis Ikatan Serta Contohnya - Rumus Kimia

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Ikatan, Kimia, Beserta, Pengertian, Jenis, Serta, Contohnya, Rumus

√ Pengertian Ikatan Kovalen Polar Dan Nonpolar - Blog Ruangguru 2

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Pengertian, Ikatan, Kovalen, Polar, Nonpolar, Ruangguru

Ikatan Pi Dan Ikatan Sigma

Pengertian Ikatan Kovalen : pengertian, ikatan, kovalen, Ikatan, Sigma