Indra Penglihatan Dan Alat Optik

Bab 10 . Indera Penglihatan dan Alat Optik. Kamu dapat melihat alam sekitar dengan indera penglihatan. Benda-benda di sekitarmu dapat di lihat karena benda tersebut memantulkan cahaya.Academia.edu is a platform for academics to share research papers.Alat optik terdiri dari dua macam: alat optik alamiah dan alat optik buatan. Alat optik alamiah tentu saja adalah mata kita, sedangkan alat optik buatan adalah alat-alat optik yang dibuat oleh manusia seperti kaca mata, kaca pembesar/lup, mikroskop, teropong, kamera, periskop, episkop, diaskop, dan masih banyak lagi.Satuan Pendidikan : SMP Darussalam Martubung Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas / Semester : VIII / 2 Topik : Indera Penglihatan dan Alat Optik Sub Topik : 1. Indera Penglihatan 2. Alat Optik Alokasi Waktu : 6 Tatap Muka /15 Jam Pelajaran @ 40 MenitContents1 Pengertian Indra Penglihatan, Bagian Bagian, Fungsi dan Strukturnya1.1 Pengertian Mata1.2 Bagian Bagian Mata1.2.1 1. Alis1.2.2 2. Bulu mata1.2.3 3. Cairan berair (Aquaeous Humor)1.2.4 4. Badan bening humor (Vitreous Humor)1.2.5 5. Kelenjar Air Mata1.2.6 6. Kelenjar Lakrima (Air mata)1.2.7 7. Kelopak mata terdiri dari kelopak atas dan juga kelopak bawah.1.2.8 8.

(DOC) Rpp penglihatan dan alat optik | Vhiioo Jnr

Alat pencernaannya terdiri dari mulut, kerongkongan, tembolok, lambung, usus, rectum, serta anus Pada bagian mulut terdiri dari rahang belakang (mandibular), rahang depan (maksila), serta bibir atas (labrum), dan bibir bawah (labium) Sistem pernapasannya dengan sistem trachea. Proses Penglihatan Pada Mata SeranggaMerupakan alat indra yang berfungsi untuk melihat. Bagian Mata. Penjelasan (Kornea) Teleskop bumi atau teropong bumi adalah alat optik yang digunakan untuk mengamati benda berjarak jauh yang terletak di permukaan bumi. Indera Penglihatan dan Alat OptikSatuan Pendidikan : SMP Darussalam Martubung Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas / Semester : VIII / 2 Topik : Indera Penglihatan dan Alat Optik Sub Topik : 1. Indera Penglihatan 2. Alat Optik Alokasi Waktu : 6 Tatap Muka /15 Jam Pelajaran @ 40 MenitIlmuwan di Bidang Alat Optik dan Penglihatan 9 Mei 2015 9 Mei 2015 izzudin zaki Meninggalkan komentar Ibnu Haitham atau Alhazen (965-1039 M), adalah seorang ilmuwan yang ahli dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat.

(DOC) Rpp penglihatan dan alat optik | Vhiioo Jnr

Alat Optik - Pengertian, Macam-macam, Rumus, Contoh Soal

INDERA PENGLIHATAN & ALAT OPTIK Cahaya. Merupakan gelombang Elektromagnetik yang terdiri atas medan listrik dan medan magnet yang merambat tegak lurus dengan arah hambatannya. Sifat - Sifat Cahaya 1. Dapat di pantulkan ( Refeksi ) 2. Dapat di biaskan ( Refraksi ). 3. Dapat mengalami pelenturan ( difraksi ). 4.Indera Penglihatan dan Alat Optik Anggota M. Aqshal Tata Taufiq M. Wahyuqi Arkham Irfan Permana M. Fernando Davinci 2. Cahaya Merupakan gelombang Elektromagnetik yang terdiri atas medan listrik dan medan magnet yang merambat tegak lurus dengan arah hambatannya. Cahaya dapat merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan 3 x 108 m/s.Cahaya dan Alat Optik: Sifat, Lensa, Mata, Mikroskop, dsb oleh Gamal Thabroni 12-Maret-2021. Daftar Isi ⇅ 1 Sifat Cahaya. 1.1 Cahaya Merambat Lurus. 1.2 Indra Penglihatan Manusia dan Hewan. Indra penglihatan manusia mengolah cahaya dan memiliki bagian yang mirip dengan lensa. Mata dapat melihat benda karena adanya cahaya yang mengenaiPrevious Post Indra Penglihatan dan Alat Optik Next Post Indra Penglihatan dan Alat Optik. Tinggalkan Balasan Batalkan balasan. Ketikkan komentar di sini... Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in: Email (wajib) (Alamat takkan pernah dipublikasikan) Nama (wajib)1 BAB II PEMBAHASAN ALAT-ALAT OPTIK 1.Mata Mata manusia sebagai alat indra penglihatan dapat dipandang sebagai alat optik yang sangat penting bagi manusia. Bagian-bagian mata menurut kegunaan fisis sebagai alat optik : Kornea merupakan lapisan terluar yang keras untuk melindungi bagian-bagian lain dalam mata yang halus dan lunak. Aqueous humor (cairan) yang terdapat di belakang kornea fungsi

Nama Nama Alat Make Up Lengkap Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Barat Niat Shalat Tarawih 4 Rakaat Sebutkan Alat Musik Melodis Peralatan Silat Niat Shalat Qobliyah Dan Ba'diyah Alat Musik 34 Provinsi Alat Output Dan Fungsinya Alat Gerak Siput Shalat Sunnah Rawatib Muakkad Adalah Alat Musik Tamborin

Indra Penglihatan : Pengertian, Bagian Bagian, Fungsi dan Strukturnya Terlengkap

February 5, 2019 3 min read

Pengertian Indra Penglihatan, Bagian Bagian, Fungsi dan Strukturnya

Indera penglihatan – dalam indra penglihatan manusia adalah mata. Kita bisa melihat dan mengenal pada suatu benda yang kita lihat sebab adanya kerjasama antara mata dan juga otak. Rangsangan yang terjadi pada bagian mata akan diteruskan menuju otak. Di sini otak akan mengelola dan menterjemahkan informasi yang diterima sehingga akan dihasilkan suatu perwujudan indera penglihatan.

Mata terdiri dari bola mata yang letaknya di dalam lekuk mata. Selain bola mata, didalamnya terdapat juga saraf-saraf penglihatan serta alat tambahan. Umumnya bolamata digambarkan sebagai bola, namun sebetulnya berwujud agak lonjong. Mata memiliki reseptor khusus yang mampu mengenali perubahan sinar serta warna.

Selain itu ada otot – otot yang fungsinya sebagai penggerak bola mata, kotak mata (rongga tempat mata), kelopak mata serta bulu mata. Dilihat dari diagramnya mata, tak semua mata makhluk hidup memiliki kesamaan secara anatomi dengan manusia. Secara metafora, matanya manusia sering dianggap sebagai “jendela jiwa“.

Susunan indera penglihatan secara garis besar terdiri atas :

Kedua mata (the eye).Saraf optik, adalah saluran saraf yang menghubungkan mata dan otak (the visual pathway).Pusat penglihatan didalam otak (visural korteks).

Disamping itu ada organ-organ aseseori terpenting untuk melindungi dan mempertahankan fungsinya mata, yakni kelopak mata, bulu mata, alis serta kelenjar air mata.

Pengertian Mata

Mata adalah bagian indera yang berfungsi hanya terbatas pada menerima dan menyiapkan sebuah rangsang agar bisa diteruskan ke pusat-pusat penglihatan yang letaknya didalam otak. Mata adalah organ penglihat (apparatus visual) yang sifatnya peka cahaya(foto sensitif).Bagian bola mata pada manusia yang bertadah di permukaan anterior hanya berikisar 1/6 (seper-enam) bagian. Sementara sisanya terlindung di dalam orbita mata (tempat bola mata)

Bagian Bagian Mata1. Alis

adalah rambut-rambut halus yang ada diatas mata. Alis fungsinya mencegah masuknya air ataupun keringat dari dahi menuju ke mata

2. Bulu mata

adalah rambut-rambut halus yang ada di tepi kelopak mata. Bulumata fungsinya untuk melindungi mata oleh benda asing.

3. Cairan berair (Aquaeous Humor)

terdapat di balik kornea. Strukturnya sama dengan cairan sel, terkandung nutrisi bagi kornea dan bisa melakukan difusi gas dengan udara diluar melalui kornea, juga fungsinya menghasilkan cairan pada mata dan akan menyangga bentuk kantong di depan bola mata.

4. Badan bening humor (Vitreous Humor)

Badan Bening ini letaknya dibelakang lensa. Bentuknya berwujud Zat transparan misalnya seperti jeli (agar-agar) yang jernih. Zat ini mengisi bagian bola mata dan membuat bolamata menjadi membulat. Fungsinya viteous humor (badan bening humor) ini adalah untuk meneruskan cahaya lensa mata menuju retina (selaput jala).

5. Kelenjar Air Mata

terletak dibagian dalamnya kelopak mata. Kelenjar air mata fungsinya untuk menghasilkan sebuah cairan yang bernama air mata. Air Mata berguna untuk mencagah bola mata supaya tetap basah. Selain itu air mata juga berguna untuk membersihkan mata oleh benda asing yang telah masuk kemata sehingga mata akan tetap bersih. Contohnya benda asing ialah debu, uap, asap, bawang merah, dan sejumlah zat yang berbahaya bagi mata. Maka dari itu, jika mata terkena oleh benda-benda asing tersebut, maka akan basah dari air mata.

6. Kelenjar Lakrima (Air mata)

berfungsi menghasilkan sebuah air mata untuk membasahi mata yang berperan menjaga kelembapan pada mata, membersihakan mata dari debu dan juga membunuh bibit penyakit yang telah masuk kedalam mata.

7. Kelopak mata terdiri dari kelopak atas dan juga kelopak bawah.

Bagian ini untuk membuka serta meutup mata. Kelopak mata fungsinya untuk melindungi bola mata dibagian depan dari benda asing luar. Benda-benda tersebut misalnya adalah debu, asap, dan juga goresan. Kelopak mata fungsinya pula menyapu permukaan bola pada mata dengan cairan. Selain itu juga mengatur intensitas cahaya yang masuk kemata.

8. Konjungtiva

adalah membran tipis sebagai pelindung (lapisan jaringan) mata. Konjungtiva fungsinya sebagai membran pelindung mata.

9. Saraf Mata

fungsinya untuk meneruskan rangsang cahaya yang sudah diterima. Rangsang cahaya ini diteruskan kesusunan saraf bagian pusat yang ada di otak. Dengan demikian, maka kita dapat melihat sebuah benda. Saraf Optik ataupun saraf mata berfungsi pula mengirim informasi visual menuju otak atau meneruskan informasi mengenai kuat cahaya dan warna menuju otak.

10. Suspensor ligamen

berfungsi menjaga lensa supaya selalu pada tempatnya.

Struktur Anatomi MataSklera adalah pembungkus lapisan terluar yang memiliki fungsi sebagai pelindung bola mata oleh kerusakan mekanis dan memungkinkan otot mata melotot.Kornea adalah selaput bening yang tembus pandang dibagian depan sclera yang mempunyai fungsi untuk penerima rangsangan cahaya dan mereaksikan cahaya.Koroidea adalah lapisan tengah diantara sklera serta retina berupa selaput darah (kecuali di bagian depan) yang memiliki fungsi sebagai penyedia makanan guna semua bagian mata lainnya.Iris (selaput pelangi) adalah selaput berwarna yang terkandung pigmen melanin yang termasuk bagian depan koroidea.Pupil adalah lubang yang dibatasi dari iris, yang memiliki fungsi untuk mengatur sedikit dan banyaknya cahaya yang dibutuhkan mata.Lensa adalah bagian mata yang berwujud seperti lensa bikonveks yang memiliki fungsi untuk membiaskan serta memfokuskan cahaya, supaya bayangan dari benda tepat jatuh oleh bagian retina mata.Aqueos humor adalah bagian mata berwujud cairan encer yang memiliki fungsi untuk menjaga kantong bagian depan bola mata.Vitreous humor adalah bagian mata yang berwujud seperti cairan bening dan juga kental yang memiliki fungsi untuk meneruskan rangsangan menuju bagian mata, guna memperkukuh bola mata dari rangsangan yang ada.Retina (selaput jala) adalah bagian mata yang berwujud seperti selaput jala, yang memiliki fungsi untuk menerima sebuah bayangan dan melihat benda.Badan silia adalah bagian mata yang memiliki fungsi menyokong lensa dan mensekresikan aqueso humor.Bintik buta adalah bagian mata yang memiliki fungsi sebagai tempat saraf optik.Sistem saraf pada manusia di bagian mata memiliki fungsi untuk meneruskan sebuah rangsangan cahaya yang ada.

Itulah pembahasan mengenai indera penglihatan. Indera penglihatan manusia adalah mata. Mata merupakan aset yang amat berharga bagi kehidupan manusia, sehingga dengan mata kita dapat belajar dan juga mengetahui semua yang ada di bumi, maka jagalah mata supaya tetap sehat dan terhindar oleh berbagai jenis penyakit serta kelainan mata.

Baca juga:

Share this:

Bab 10 Indera Penglihatan Dan Alat Optik

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, Indera, Penglihatan, Optik

Indera Penglihatan Dan Alat Optik

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, Indera, Penglihatan, Optik

ALAT-ALAT OPTIK

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, ALAT-ALAT, OPTIK

Top PDF Bab 10 Indera Penglihatan Dan Alat Optik - BAB 10 Indra Penglihatan Dan Alat Optik - 123dok.com

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, Indera, Penglihatan, Optik, Indra, 123dok.com

ANALISIS FISIKA TERBENTUKNYA BAYANGAN PADA MATA By Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 'Al-Biruni' - Issuu

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, ANALISIS, FISIKA, TERBENTUKNYA, BAYANGAN, Jurnal, Ilmiah, Pendidikan, Fisika, 'Al-Biruni', Issuu

Alat Optik Dalam Kehidupan

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, Optik, Dalam, Kehidupan

Blog Belajar IPA SMP: Ilmuwan Peneliti Indra Penglihatan Dan Alat Optik

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, Belajar, Ilmuwan, Peneliti, Indra, Penglihatan, Optik

Alat Optik

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, Optik

Makalah Alat Optik | MATA

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, Makalah, Optik

Alat-Alat Optik

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, Alat-Alat, Optik

Optik

Indra Penglihatan Dan Alat Optik : indra, penglihatan, optik, Optik