Makanan Khas Maluku Utara

Maluku juga dikenal dengan pulau yang kaya akan rempah. Tidak hanya makanan khas Maluku Utara, tetapi Maluku Tenggara juga memiliki sajian kuliner yang terkenal. Makanan khas MalukuMakanan Khas Ambon - Sebagai ibukota sekaligus kota terbesar di Provinsi Maluku, Ambon menawarkan banyak hal yang menarik untuk dieksplorasi.. Mulai dari destinasi wisata alam yang indah, wisata budaya yang unik, hingga kuliner khas lezat yang menggugah selera. Yap, kota yang dijuluki sebagai the city of music ini memiliki sederet pilihan makanan khas yang sangat sayang apabila nggak dicoba.Makanan Khas Maluku Utara. 1K likes. Memperkenalkan makanan khas Provinsi Maluku UtaraMakanan khas maluku utara dan papua penjelasannya tenggara papeda ikan asar tengah ternate terbuat dari sagu cara membuatnya adalah ambon adat tradisional daerah beserta gambarnya resepnya barat bagea bahan bengkulu colo-colo membuat contoh ciri pembuatan bahannya di jakarta resep embal foto gohu hewani jenis jual kepulauan kota kabupaten kei kecil kumpulan yang menarik wisatawan luar negeriBaca Juga : 8 Makanan Khas Madiun yang Wajib Di Coba . 4. Gatang Kenari. merahputih. Maluku bagian utara merupakan salah satu cabang provinsi Maluku. Daerah ibu kota Sophie terkenal dengan kekayaan alamnya. Selain kekayaan alam dan pariwisata, Maluku Utara juga memiliki ragam kuliner tradisional yang dapat memanjakan Anda yang berwisata ke sana.

15 Makanan Khas Ambon, Maluku yang Wajib Kamu Cicipi

Makanan khas Maluku Utara sangat banyak selain itu rasanya nikmat, menggiurkan dan pastinya akan membuat lidah kamu bergoyang. Berikut ini adalah beberapa makanan khas asal Maluku Utara yang sayang untuk dilewatkan: Papeda; gambar via google.com.Makanan khas Maluku Utara lain yang perlu dicoba adalah Gatang Kenari. Ini adalah makanan tradisional yang ada di Maluku Utara sejak berpuluh tahun yang lalu. Makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar kepiting kenari. Kepiting dengan ukuran yang tidak terlalu besar tersebut menawarkan rasa daging yang nikmat.Bagi para penggemar travelling?, mencicipi makanan tradisional khas daerah yang dikunjungi tentu menjadi agenda wajib yang harus dilakukan. Kali ini, merdeka.com akan membahas mengenai makanan tradisional khas Maluku. Berikut adalah 8 makanan tradisional Maluku favorit yang harus Anda coba ketika berkunjung ke sana.Maluku merupakan salah satu mutiara di Indonesia Timur yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya menarik dari segi pariwisatanya saja, tetapi juga makanan dan minuman khasnya. Beberapa waktu lalu Keluyuran sempat mengulas seputar hidangan nikmat di Maluku melalui artikel masakan khas Maluku.Kini, kami ingin memperkenalkan beberapa minuman khas dari Maluku yang sangat nikmat dan segar.

15 Makanan Khas Ambon, Maluku yang Wajib Kamu Cicipi

Makanan Khas Maluku Utara - Home | Facebook

Makanan khas Maluku Utara menjadi sangat layak untuk dicoba ketika Anda berwisata ke kota yang penuh dengan pulau-pulau cantiknya ini.,makanan khas maluku utara,maluku utara,YogyakartaMakanan khas Maluku Utara bernama papeda ini berbahan dasar makanan pokok masyarakat Maluku, yaitu sagu. Papeda adalah bubur sagu yang sering disajikan dengan ikan tongkol atau ikan mubara yang dibumbui. Tekstur papeda lengket seperti lem dan rasanya tawar. Cara menyantapnya cukup unik, yaitu dengan diseruput langsung dari wadahnya.Provinsi Maluku Utara dikenal destinasi wisata pantainya. Luar biasa, panorama pantai disini sungguh indah memesona. Ditambah gugusan pulau yang cantik, makin eksotik. Punya sensasi tersendiri bagi wisatawan yang datang berlibur. Selain terkenal keindahan tadi, provinsi ini pun kaya dengan aneka kuliner khas Maluku Utara. Kuliner yang menggugah selera makan.Makanan khas Maluku utara yang banyak diminati oleh wisatawan. Bukan hanya karena namanya yang aneh, tapi teksturnya juga mirip seperti lem. Papeda sendiri dibuat dari sagu dan memiliki tekstur sangat lengket serta rasa begitu hambar. Sajian tersebut biasanya paling enak bila disajikan bersama kuah kental juga ikan tongkol berbumbu kunyit.20 Makanan Khas Enak dari Maluku yang Unik 1. Sambal Colo-colo. Mari kita mulai dengan sambal khas Maluku yang cocok untuk kamu pecinta pedas. Sambal Colo - colo ini terbuat dari campuran tomat muda yang segar, bawang merah, cabe rawit, lalu di lengkapi dengan perasan jeruk nipis.

Makanan Khas Jombang Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan Standing Banner Makanan Cadangan Makanan Anak Ayam Sebelum Menetas Spanduk Warung Makan Unik Makanan Icon Png Makanan Adat Riau X Banner Menu Makanan Makanan Rumah Sakit Banner Warung Makan Anak Susah Makan Nasi

15 Makanan Khas Maluku Yang Dijamin Enak

2.5 / 5 ( 2 votes )

Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia timur yang wilayahnya dikelilingi oleh perairan. Tak heran jika kota ini terkenal memiliki sederet pantai cantik dan gugusan pulau menarik.

Berdasarkan letaknya yang  geografis membuat Maluku menjadi salah satu destinasi paling sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain menyuguhkan keindahan pantainya, Maluku juga menawarkan  banyak sekali aneka macam makanan khas yang bahan dasarnya terbuat dari ikan.

Berbicara tentang kuliner khas Maluku, pasti sangat identik dengan sagu. Selain dijadikan makanan pokok, penganan yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia ini juga kerap menjadi bahan utama untuk berbagai hidangan tradisional lainnya oleh masyarakat di daerah tersebut.

Dari sekian banyaknya kulinernya, JejakPiknik telah mengulas  15 daftar makanan khas Maluku yang paling enak, lengkap beserta penjelasannya, resepnya hingga cara pembuatan penganan itu sendiri.

Daftar isi

1. Papeda Foto By kumparan.com

Buat Sahabat JejakPiknik yang tengah berkunjung ke Maluku, papeda adalah salah satu makanan tradisional paling wajib untuk dicoba.

Merujuk pada Wikipedia, papeda ini adalah makanan berupa bubur sagu khas kota Maluku dan Papua yang biasanya disajikan bersama ikan tongkol ataupun mubara berbumbu kunyit.

Ciri dari kuliner tradisional ini warnanya putih, teksturnya lengket seperti lem dan rasanya hambar. Namun begitu, papeda merupakan makanan yang kaya akan serat, bernutrisi serta rendah kolestrol.

Jika kita lihat dari foto maupun gambarnya, papeda ini sangat mirip dengan kappurung, yakni salah satu kuliner tradisional khas Sulawesi Selatan.

Untuk menikmati papeda bukanlah hal sulit, karena semua penduduk di kepulauan yang beribukota Ambon ini menyantap kuliner tersebut sebagai santapan sehari-hari.

2. Ikan Asar Foto By merahputih.com

Nama makanan khas Maluku selanjutnya yang patut buat dicoba adalah ikan asar. Meski, mudah dibuat dan tampak sederhana, namun kuliner berbahan hewani tersebut citarasanya sangat lezat.

Untuk jenis ikannya, umumnya masyarakat Maluku menggunakan tuna atau cakalang. Selain enak disantap di tempat, penganan ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat orang tersayang.

Disamping rasanya sangat lezat, cara membuat kuliner ini pun gampang hanya dengan diasapin saja. Biasanya, untuk menikmatinya masyarakat Maluku mengkombinasikannya bersama sambal colo-colo dan seporsi nasi hangat.

Untuk menemukannya bukanlah hal sulit, karena di wilayah Gelala, Ambon telah disediakan satu spot khusus buat berburu ikan ashar. Umumnya, seekornya dijual sekitar 25-50 ribu saja.

3. Gohu Ikan Foto By merahputih.com

Kalau di Jepang ada sashimi, di Maluku utara tepatnya Ternate kita juga akan menemukan kuliner yang sama persis dengan penganan itu namanya yakni gohu ikan.

Menurut resep, untuk membuatnya tidaklah sulit dimana ikan dipotong dadu lalu dicuci kemudian dilumuri dengan perasan lemon serta garam dan sesudah itu dibiarkan selama beberapa saat.

Agar menambah selera, biasanya gohu ikan ini disajikan bersama bumbu khusus yakni tumisan cabai rawit dan rajangan bawang merah.

Gohu ikan ini banyak ditemui di rumah-rumah makan di Pasar Gamalama dan umumnya, harganya dibanderol hanya sekitar Rp.30.000 saja. Selain terjangkau, rasanya pun begitu luar biasa.

4. Kue Langgar Foto By resepnusantara.id

Kuliner terkenal lainnya yang bagus buat dicicipi saat berkunjung ke kota Maluku adalah kue langgar, yaitu salah satu contoh cemilan ringan berbahan dasar singkong.

Seiring perkembangan inovasi kuliner, kue yang berasal dari Maluku tenggara ini telah dimodifikasi, selain dibentuk seperti stick, rasanya juga semakin bervariasi ada keju, coklat serta pandan.

Namun sayangnya, kue satu ini keberadaannya sangat langka dan sulit untuk ditemukan jadi tempat menjualnya pun cukup minim.

5. Kue Bagea Foto By resepgulaku.com

Nah, kuliner khas Maluku Barat yang satu ini pasti sudah sangat familiar di kalangan pecinta kuliner. Kue tersebut bahannya terbuat dari adonan sagu, kayu manis dan juga aneka kacang-kacangan.

Kue yang bentuknya bulat seperti ada retakan di permukaannya ini citarasanya sangat gurih dan teksturnya begitu renyah.

Penasaran seperti apa kenikmatannya? Nah, untuk mendapatkannya bukanlah hal sulit karena kue bagea sendiri banyak dijual di toko oleh-oleh dan umumnya harganya dibanderol sekitar Rp.20.000-Rp.25.000/bungkus, tergantung dari varian rasanya.

6. Embal Foto By blanja.com

Selanjutnya ada embal, yakni salah satu penganan tradisional khas Maluku yang terbuat dari ubi atau singkong dan memiliki bentuk, rasa serta cara makan bermacam-macam.

Untuk penyajiannya,menu  embal tersebut biasanya dipadukan dengan ikan ashar ataupun sayur daun pepaya pada saat pesta adat maupun perayaan hari besar.

Selain itu, kuliner berbahan nabati ini juga cocok dicelup ke dalam minuman hangat. Embal tersebut pun sangat mantap untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh buat keluarga tersayang.

Kuliner embal kesukaan masyarakat pulau Kei ini paling mudah ditemukan di pasar tradisional kota Tual, Prov.Maluku. Mengenai harga, hanya berkisar Rp.8.000/kg.

7. Ikan Kuah Pala Banda Foto By sumber.com

Sesuai dengan namanya, kuliner enak berikutnya ini memang termasuk sebagai salah satu masakan tradisional suku Banda, yakni kelompok etnis di kabupaten Maluku Tengah.

Santapan lezat bercitarasa pedas ini menggunakan ikan kerapu  atau kakap sebagai bahan dasarnya yang kemudian diracik bersama bumbu rempah pilihan seperti pala, merica serta lainnya.

Menurut sejarah, ikah kuah pala banda ini sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu dan kuliner tersebut merupakan hidangan istimewa bagi para pejabat Belanda.

Kuliner ini paling mudah ditemukan di Pelabuhan Naira, Maluku Tengah dan mengenai harga, cukup bervariasi. Namun untuk menikmatinya, kita  harus terlebih dahulu memesan beberapa jam sebelum menyantapnya.

8. Sambal Colo-colo Foto By dapurocha.com

Sambal khas Ambon ini bila dilihat sekilas sangat mirip dengan dabu-dabu dari Manado. Hanya saja, bedanya bahan colo-colo lebih banyak yakni ada cabai rawit, bawang merah, tomat, perasan jeruk nipis serta kecap asing sebagai pelengkap.

Rasa dari sambal ini adalah sangat pedas dan menu pelengkap tersebut biasanya disajikan untuk menambah kenikmatan saat menyantap ikan bakar ataupun goreng.

Sambal colo-colo ini selalu menjadi menu yang wajib disajikan untuk berbagai hidangan di Maluku, jadi untuk harganya biasanya sudah satu paket dengan sajian utama.

9. Dabu-Dabu Sesi Foto By lifestyle.sindonews.com

Dabu-dabu sesi ini adalah salah satu masakan khas Maluku yang diolah dengan cara dibakar dan biasanya disajikan bersama sambal rebus, nasi hangat serta kerupuk.

Untuk bahan pembuatannya, dibutuhkan ikan kembung yang sudah disiangi, perasan jeruk nipis dan ketumbar serta sedikit garam, tak lupa bumbu dengan resep khusus.

Kuliner ini juga mudah ditemukan di berbagai rumah makan tradisional di Maluku dan soal harganya biasanya dibanderol dengan sangat terjangkau.

10. Bubur Ne Foto By resepnusantara.id

Bubur ne adalah sejenis kuliner tradisional berbahan dasar sagu yang dibentuk menjadi bulatan kecil menyerupai telur kodok dan kemudian dimasak bersama santan lalu dicampur dengan gula merah, kayu manis serta daun pandan.

Untuk menikmatinya, pasar-pasar tradisional adalah tempat paling pas dituju. Selain enak, harga seporsi bubur ne ini juga cukup murah.

11. Sagu Lempeng Foto By harislohy.blogspot.com

Nah, kuliner bercitarasa manis ini bahan dasarnya terbuat dari sagu dan kelapa yang kemudian diberi isian gula aren lalu diolah dengan cara dipanggang diatas cetakan tanah liat.

Kuliner bercitarasa manis gurih dan bertekstur empuk ini banyak ditemui di kedai-kedai atau pasar tradisional di Ambon. Umumnya, harganya dibanderol hanya kisaran Rp.2.000-Rp.3.000 saja.

12. Sinole Foto By phinemo.com

Penganan enak lainnya yang bahan dasarnya juga terbuat dari sagu adalah sinole atau biasa lebih dikenal dengan nama karu-karu.

Camilan tersebut bentuknya seperti dadar gulung dengan warna kecoklatan dan didalamnya diisi saus gula aren. Soal citarasa sangatlah gurih karena  bahannya dicampur parutan kelapa.

Kudapan ini biasanya ada dijual di rumah-rumah makan atau pusat oleh-oleh serta pasar tradisional dan untuk harganya berkisar Rp.15.000 saja.

13. Rwbia Foto By travel.tribunnews.com

Rwbia adalah sejenis hidangan nikmat yang bahan dasarnya terbuat dari beragam kerang atau bia dan kemudian dimasak menggunakan aneka rempah-rempah sehingga citarasanya luar biasa lezat.

Kuliner yang biasanya dinikmati bersama ubi atau kue talam ini paling mudah ditemukan di kawasan Pantai Netsepa dan umumnya, harga seporsinya dijual hanya kisaran Rp.15.000 saja.

14. Kopi Rarobang Foto By palembang.tribunnews.com

Bila dilihat sekilas, mungkin ada sedikit yang aneh dari kopi rarobang ini, hal tersebut dikarenakan di dalamnya terdapat biji kenari, jahe putih dan juga madu. Penasaran, bagaimana citarasanya?

Nah, jika ingin menikmatinya, Sahabat JejakPiknik silahkan saja datang ke salah satu kafe di Jln.Said Perintah, Ambon. Mengenai harganya, umumnya dibanderol hanya 19 ribu secangkirnya.

15. Suami Foto By tempatwisataindonesia.id

Sahabat JejakPiknik pasti juga bingung kenapa kuliner khas Maluku ini dinamakan suami. Sekilas, memang terdengar sangat lucu tapi soal citarasa sangatlah istimewa.

Suami adalah kuliner berbahan dasar ubi yang sudah diperas dan dikukus. Kuliner satu ini biasanya dikombinasikan dengan gula, kelapa setengah tua atau tanpa apa-apa.

Untuk menemukannya bukanlah hal sulit karena di sekitar Pantai Mardika, kuliner warisan turun-temurun ini banyak dijajakan pedagang dan harganya hanya berkisar Rp.2.000/buah.

Dan untuk menikmati kumpulan kuliner khas Maluku diatas, kita tidak harus lagi ke kotanya langsung karena kini hampir berbagai daerah di Indonesia menyajikan makanan wilayah timur satu ini baik di Jakarta  atau Bengkulu serta kota lainnya.

Punya rekomendasi lain?? Komen dibawah ya gaes!

Catatan: Semua data di atas adalah data terakhir pada saat artikel ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami untuk segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik Bisnis dan ingin masuk dalam artikel diatas, silahkan mengisi kolom komentar. Lengkap dengan informasi: Alamat, Nomer Telepon, WhatsApp dan informasi pendukung lainnya.

MAKANAN KHAS MALUKU UTARA « Muhaimin Maradjabessy

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, MAKANAN, MALUKU, UTARA, Muhaimin, Maradjabessy

73 Resep Masakan Asli Maluku Utara Enak Dan Sederhana Ala Rumahan - Cookpad

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Resep, Masakan, Maluku, Utara, Sederhana, Rumahan, Cookpad

41+ Makanan Khas Maluku & Maluku Utara (PENJELASAN & GAMBAR)

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Makanan, Maluku, Utara, (PENJELASAN, GAMBAR)

Makanan Khas Maluku Utara | Zhoel17

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Makanan, Maluku, Utara, Zhoel17

20 Makanan Khas Maluku Incaran Para Wisatawan Rekomended Makanan Khas Maluku

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Makanan, Maluku, Incaran, Wisatawan, Rekomended

41+ Makanan Khas Maluku & Maluku Utara (PENJELASAN & GAMBAR)

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Makanan, Maluku, Utara, (PENJELASAN, GAMBAR)

41+ Makanan Khas Maluku & Maluku Utara (PENJELASAN & GAMBAR)

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Makanan, Maluku, Utara, (PENJELASAN, GAMBAR)

Makanan Khas Maluku Utara (Page 1) - Line.17QQ.com

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Makanan, Maluku, Utara, (Page, Line.17QQ.com

Makanan Khas Maluku Utara Yang Wajib Dicicipi - TweeTernate

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Makanan, Maluku, Utara, Wajib, Dicicipi, TweeTernate

Makanan Khas Indonesia Tiap Provinsi Di Indonesia

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Makanan, Indonesia, Provinsi

458 Resep Maluku Utara Enak Dan Sederhana Ala Rumahan - Cookpad

Makanan Khas Maluku Utara : makanan, maluku, utara, Resep, Maluku, Utara, Sederhana, Rumahan, Cookpad