Media Kabel

Beli Kabel First Media Online berkualitas dengan harga murah terbaru 2021 di Tokopedia! Pembayaran mudah, pengiriman cepat & bisa cicil 0%.Assalamualaikum Agan semua, kali ini saya mencoba untuk post karena sudah terlalu lama menjadi silent reader. Ada 3 jenis Transmisi kabel pada jaringan LAN, yaitu : 1. Kabel Coaxial 2. Kabel Twisted Pair 3. Fiber Optic 1. Pengertian Media Transmisi Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain.guys kali ini saya ajak kalian untuk melihat secara singkat gambaran kabel data first media hingga ke decoder dan acces pointnya yuk ikutisepele gede kasiateFirst Media Promo. pasang first media gratis 10 hari pertama, Free biaya instalasi dan registrasi, kabel dan open seluruh channel selama 3 bulan. +62 812-8256-0665 [email protected] transmisi yang digunakan pada Telepon Kabel adalah menggunakan Kabel, media transmisi yang digunakan pada Ponsel, radio dan tv adalah menggunakan Frekuensi Radio.

Media Transmisi Jaringan LAN | KASKUS

TV Kabel Berlangganan MNC Play tidak seperti TV Kabel Berlangganan biasa dengan kemampuan interaktif karena mampu mentransfer data secara dua arah.Sejak awal berdiri tahun 1998, First Media terus berusaha komitmen dalam menghadirkan kualitas layanan terbaik bagi publiknya. First Media merupakan salah satu layanan jaringan internet di Indonesia yang sudah menggunakan kabel Fiber Optic (FO). First media memiliki layanan paket yang dinamakan "Combo".First Media adalah layanan High Speed Internet Rumah & TV Kabel berkualitas HD terdepan di IndonesiaMedia kabel lebih baik dari media nirkabel, karena media kabel mampu membawa data dalam jumlah besar tanpa terganggu oleh cuaca, sehingga menghasilkan komunikasi data yang cepat, Contoh: penggunaan transmisi kabel sebagai Backbone yang menghubungkan komunikasi data/Internet antar sebuah pulau, negara di seluruh dunia.

Media Transmisi Jaringan LAN | KASKUS

internet dan TV kabel first media (pengabelan) - YouTube

Kabel Fiber Optic atau Kabel FO merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas. Pada umumnya, kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung.Kabel fiber optic merupakan media networking medium yang digunakan untuk transmisi-transmisi modulasi.Angeliasky Newest Mercedes Benz Music Interface Charge Adapter Benz Car Charging Audio Cable, AMI MMI Media-in Aux Charge and Music Cord,Fast Charge Completely Compatible with Cell Phone (3ft/1M) 3.7 out of 5 stars 202Kabel fiber optik memiliki beberapa macam konektor. Konektor ini digunakan untuk membuat hubungan antara perangkat yang digunakan dengan perangkat lain, interkoneksi dengan penyedia layanan yang berbeda dan lain-lain. Dari ketiga media kabel di atas, berikut tabel perbandingan dan spesifikasi kabel jaringan komputerPERAKITAN MEDIA KABEL UTP DAN RJ45 UNTUK KOMUNIKASI DATA 3.1 TUJUAN 1. Mahasiswa mampu memahami kegunaan kabel UTP dengan konektor RJ45. 2. Mahasiswa mampu memahami fungsi dari masing-masing pin dari konektor RJ45. 3. Mahasiswa mampu merakit kabel UTP berbagai tipe dengan menggunakanDisebut media transmisi terpandu, yang merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel. Komunikasi data berbasis kabel dilakukan bila sumber data dan penerima tidak terlalu jauh dan ada dalam area lokal, maka dapat digunakan kabel sebagai media transmisinya.

Kurobas Cup 2015 Eng Sub Loncat Jongkok Reset Modem Indihome Subscene 2 Days 1 Night Citra Aloe Vera Jung Hye Sung Instagram Pt Keong Nusantara Abadi Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang Reproduksi Lumut Kerak Adji Bayu Cipta Baground Hijau Daun

MEDIA TRANSMISI – BOBI DESIGN

Definisi

Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

Kegunaan media transmisi

Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.

Karakteristik media transmisi

Karakteristik media transmisi ini bergantung pada:

Jenis alat elektronika Data yang digunakan oleh alat elektronika tersebut Tingkat keefektifan dalam pengiriman data Ukuran data yang dikirimkan

Jenis media transmisi

1.      Guided Transmission Media

Guided transmission media atau media transmisiterpandumerupakanjaringan yang menggunakansistemkabel.

·         Twisted Pair Cable

Twisted pair cable ataukabelpasanganberpilinterdiridariduabuahkonduktor yang digabungkandengantujuanuntukmengurangiataumeniadakaninterferensielektromagnetikdariluarsepertiradiasielektromagnetikdarikabel Unshielded twisted-pair (UPT), dancrosstalk yang terjadi di antarakabel yang berdekatan.

Media TransmisiKabel Twisted Pair

Ada duamacam Twisted Pair Cable, yaitu :

Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakansalahsatujeniskabel yang digunakandalamjaringankomputer. Kabeliniberisiduapasangkabel (empatkabel) yang setiappasangdipilin. Kabel STP lebihtahanterhadapgangguan yang disebebkanposisikabel yang tertekuk. Padakabel STP attenuasiakanmeningkatpadafrekuensitinggisehinggamenimbulkancrosstalk. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) banyakdigunakandalaminstalasijaringankomputer. Kabeliniberisiempatpasangkabel yang tiappasangnyadipilin (twisted). Kabelinitidakdilengkapidenganpelindung (unshilded). Kabel UTP mudahdipasang, ukurannyakecil, danharganyalebihmurahdibandingkanjenis media lainnya. Kabel UTP sangatrentandenganefekinterferensielektris yang berasaldari media di sekelilingnya.

Kabel UTP memiliki lima kategori, yaitu :

Kategori 1, digunakan untuk suara (kabel telepon) Kategori 2, digunakan untuk data sampai dengan 4 Mbps Kategori 3, digunakan untuk data sampai dengan 10 Mbps Kategori 4, digunakan untuk data sampai dengan 20 Mbps Kategori 5, digunakan untuk data sampai dengan 100 Mbps Kabel UTP yang biasa digunakan untuk LAN adalah kategori 3 dan 5 yang memiliki panjang maksimum tiap jalur 100 meter. Konektor yang digunakan unuk kabel UTP disebut RJ-45 ·         Coaxial Cable

Kabelkoaksialadalahsuatujeniskabel yang menggunakanduabuahkonduktor.Kabelinibanyakdigunakanuntukmentransmisikansinyalfrekuensitinggimulai 300 kHz keatas.Karenakemampuannyadalammenyalurkanfrekuensitinggitersebut, makasistemtransmisidenganmenggunakankabelkoaksialmemilikikapasitaskanal yang cukupbesar.Ada beberapajeniskabelkoaksial, yaitu thick coaxial cab le (mempunyai diameter besar) dan thin coaxial cable (mempunyai diameter lebihkecil).

Media TransmisiKabel Coaxial

Keunggulankabelkoaksialadalahdapatdigunakanuntukmenyalurkaninformasisampaidengan 900 kanaltelepon, dapatditanam di dalamtanahsehinggabiayaperawatanlebihrendah, karenamenggunakanpenutupisolasimakakecilkemungkinanterjadiinterferensidengansistem lain.

Kelemahankabelkoaksialadalahmempunyairedaman yang relatifbesarsehinggauntukhubunganjarakjauhharusdipasang repeater-repeater, jikakabeldipasangdiatastanah, rawanterhadapgangguan-gangguanfisik yang dapatberakibatputusnyahubungan.

·         Fiber Optic KabelKaca

Seratoptikadalahsalurantransmisi yang terbuatdarikacaatauplastik yang digunakanuntukmentransmisikansinyalcahayadarisuatutempatketempat lain. Berdasarkan mode transmisi yang digunakanseratoptikterdiriatas Multimode Step Index, Multimode Graded Index, danSinglemode Step Index.

Kabel Serat Optik

Keuntunganseratoptikadalahlebihmurah, bentuknyalebih ramping, kapasitastransmisi yang lebihbesar, sedikitsinyal yang hilang, data diubahmenjadisinyalcahayasehinggalebihcepat, tenaga yang dibutuhkansedikit, dantidakmudahterbakar.

Kelemahanseratoptikantaralainbiaya yang mahaluntukperalatannya, memerlukankonversi data listrikkecahayadansebaliknya yang rumit, memerlukanperalatankhususdalamprosedurpemakaiandanpemasangannya, sertauntukperbaikan yang kompleksmembutuhkantenaga yang ahli di bidangini.

Ada tigajenis kabel fiber opticyang biasanyadigunakan, yaitu single mode, multi modedan plastic optical fiber yang berfungsisebagaipetunjukcahayadariujungkabelkeujungkabellainnya.Daritransmitter receiver, yang mengubahpulsaelektronikkecahayadansebaliknya, dalambentuk light-emitting diode ataupunlaser.Kabel fiber optic single mode merupakan fiber glass tunggaldengan diameter 8.3 sampai 10 mikrometer, memilikisatujenistransmisi yang dapatmengantarkan data berkapasitasbesardengankecepatantinggiuntukjarakjauh, danmembutuhkansumbercahayadenganlebarspektrum yang lebihkecil. Kemampuankabeljenis single mode dalammengantarkantransmisiadalah 50 kali lebihcepatdarikabeljenis multimode, karenamemiliki core yang lebihkecilsehinggadapatmenghilangkansetiapdistorsidanpulsacahaya yang tumpang t indih. Kabel fiber optic multimode terbuatdari fiberglassdengan diameter lebihbesar, yaitu 50 sampaidengan 100 mikrometer yang dapatmengantarkan data berkapasitasbesardengankecepatantinggiuntukjarakmenengah. Apabilajarak yang ditempuhlebihdari 3000 kaki, akanterjadidistorsisinyalpadasisipenerima yang mengakibatkantransmisi data menjaditidakakurat. Sedang plastic optical fiber adalahkabelberbasisplastikterbaru yang menjamintingkatperforma yang samadengan fiber glass dalamjarakpendekdenganbiaya yang jauhlebihmurah. Saatini, fiber optic telahdigunakansebagaistandarkabel data dalam biding physical layertelekomunikasiataujaringan, sepertiperangkat TV kabel, jugasistemkeamanan yang menggunakanClosed Circuit Television (CCTV), dan lain sebagainyaBahandasardari optical media adalahkacadenganukuran yang sangatkecil (skalamikron).Biasanyadikenaldengannama fibre optic (serat optic).Data yang dilewatkanpada medium inidalambentukcahaya (laser atauinframerah).

Satubuahkabelfibre optic terdiriatasduafiber,satuberfungsiuntuk Transmit (Tx) dansatunyauntukReceive (Rx) sehinggakomunikasidenganfibre optic bisaterjadiduaarahsecarabersama-sama (full duplex).

Kabel fiber optik bekerja dengan cahaya yang berjalan dalam kabel dengan cara terus memantul dari cermin pelapis dinding dengan prinsip yang refleksi internal. Karena cermin tidak menyerap cahaya inti, maka gelombang cahaya dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Namun bisa saja terjadi degradasi sinyal cahaya, ang sebagaian besar karena kotoran pada didnding cermin. Kabel fiber optik memiliki beberapa macam konektor. Konektor ini digunakan untuk membuat hubungan antara perangkat yang digunakan dengan perangkat lain, interkoneksi dengan penyedia layanan yang berbeda dan lain-lain.

Dari ketiga media kabel di atas, berikut tabel perbandingan dan spesifikasi kabel jaringan komputer

Spesifikasi Tipe Kabel Jarak standar maksimum 10BaseT UTP 100 meter 10Base2 Thin Coaxial 185 meter 10Base5 Thick Coaxial 500 meter 10BaseF Fiber Optik 2000 meter 100BaseT UTP 100 meter 100BaseTX UTP 220 meter

Jarakmaksimumkabeldapatlebihdarijarakstandarmaksimumbiladikonfigurasikandalambeberapajaringan yang salingterhubungataudengantambahanalatpenguatsinyal, seperti repeater

2.      Unguided Transmission Media

Unguided transmission media atau media transmisitidakterpandumerupakanjaringan yang menggunakansistemgelombang.

·         Gelombangmikro

Gelombangmikro (microwave) merupakanbentukgelombang radio yang beroperasipadafrekuensitinggi (dalamsatuan gigahertz), yang meliputikawasan UHF, SHF dan EHF.GelombangmikrobanyakdigunakanpadasistemjaringanMAN, warnetdanpenyedialayanan internet (ISP).

Keuntunganmenggunakangelombangmikroadalahakuisisiantarmenaratidakbegitudibutuhkan, dapatmembawajumlah data yang besar, biayamurahkarenasetiap tower antenatidakmemerlukanlahan yang luas, frekuensitinggiataugelombangpendekkarenahanyamembutuhkanantena yang kecil.

Kelemahangelombangmikroadalahrentanterhadapcuacasepertihujandanmudahterpengaruhpesawatterbang yang melintas di atasnya.

·         Satelit

Satelitadalah media transmisi yang fungsiutamanyamenerimasinyaldaristasiunbumidanmeneruskannyakestasiunbumi lain. Satelit yang mengorbitpadaketinggian 36.000 km di atasbumimemilikiangular orbital velocity yang samadenganorbital velocitybumi. Hal inimenyebabkanposisisatelitakanrelatifstasionerterhadapbumi (geostationary), apabilasatelittersebutmengorbit di ataskhatulistiwa. Padaprinsipnya, denganmenempatkantigabuahsatelitgeostationarypadaposisi yang tepatdapatmenjangkauseluruhpermukaanbumi.

Keuntungansatelitadalahlebihmurahdibandingkandenganmenggelarkabelantarbenua, dapatmenjangkaupermukaanbumi yang luas, termasukdaerahterpencildenganpopulasirendah, meningkatnyatrafiktelekomunikasiantarbenuamembuatsistemsatelitcukupmenariksecarakomersial.

Kekurangannyasatelitadalahketerbatasanteknologiuntukpenggunaanantenasatelitdenganukuran yang besar, biayainvestasidanasuransisatelit yang masihmahal, atmospheric losses yang besaruntukfrekuensi di atas 30 GHz membatasipenggunaanfrequency carrier.

Adalahjenisdari microwave yang menggunakan satellite untukmengirimkansinyalke transmitter atau parabola. Satellite microwave mengirimkansinyalsecaramenyeluruhkesetiap transmitter.

·         Inframerah

Inframerahbiasadigunakanuntukkomunikasijarakdekat, dengankecepatan 4 Mbps. Dalampenggunaannyauntukpengendalianjarakjauh, misalnyaremote controlpadatelevisisertaalatelektroniklainnya.

Keuntunganinframerahadalahkebalterhadapinterferensi radio danelekromagnetik, inframerahmudahdibuatdanmurah, instalasimudah, mudahdipindah-pindah, keamananlebihtinggidaripadagelombang radio.

Kelemahaninframerahadalahjarakterbatas, tidakdapatmenembusdinding, harusadalintasanlurusdaripengirimdanpenerima, tidakdapatdigunakan di luarruangankarenaakantergangguolehcahayamatahari.

Gelombang  Radio  untuk  Seluler

Menggunakan beberapa teknologi komunikasi radio. Sistem dibagi kebeberapa daerah geografis yang berbeda. Setiap daerah memiliki pemancar berdaya rendah atau perangkat radio relay untuk menyiarkan panggilan dari satu daerah ke daerah lainnya. Sistem ini melahirkan teknologi-teknologi baru, seperti GSM dan CDMA.

Generasi pertama (1G), memengunakan sistem analog. Komunikasi hanya mengunakan suara dan memiliki kecepatan yang rendah.  Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System) Generasi ke 2 (2G) sudah mengunakan sistem digital dan memiliki kecepatan menengah. Generasi ini sudah memiliki layanan SMS, Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT Generasi ke 2,5 (2,5G) mengunakan sistem sistem digital, memiliki kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) untuk GSM dan PDN (Packet Data Network) untuk CDMA Generasi ke 3 (3G) menggunakan sistem digital, memiliki kecepatan tinggi yaitu sebesar 144Kbps untuk kondisi bergerak (mobile), 384 Kbps untuk kondisi berjalan dan mencapai 2 Mbps untuk kondisi diam di suatu tempat. Terdapat dua cabang pengembangan 3G yaitu dari sisi GSM (Global System for Mobile Communication) yang dipelopori oleh 3G Partnership Project dan CDMA (Code Division Multiple Access) yang dipelopori oleh 3G Partnership Project 2 (3GPP2). Kedua teknologi ini tidak kompatibel dan saling berkompetisi. Generasi ke 3,5 (3,5G) mengunakan sistem digital, memiliki kecepatan tinggi yang mendukung jalur pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA atau dikenal juga dengan UMTS dan CDMA2000 1xEV-DO. Pada face pertamakeceptana HSDPA adalah 4,1 Mbps, kemudian menyusul face berikutnya kecepatan hingga 14 Mbps. HSDPA merupakan evolusi jaringan UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) Generasi ke 4, merupakan pengembangan dari teknologi 3G, nama resmidari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah “3G and beyond”. Dibandingkan 3G sistem 4G mendukung teknologi multimedia yang kebih baik, dimana suara, gambar dan data akan ditransfer dengan kecepatan yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Pada pengembangan 4G merupakan sistem berbasis IP (Internet Protocol) yang terintergrasi penuh dan diharapkan dapat menghasilkan kecepatan 100 Mbps hingga 1 Gbps baik dalam maupun luar ruangan Sistem Sinar Laser

Teknologi  ini  hampir  sama  dengan  sinar  infra  merah,  yaitu  memiliki  sifat line  of  sight, mampu  membawa  data  atau  sinyal.  Data  yang dikirimkan  melalui  sinar  laser  ternyata  jauh  lebih  besar  daripada  gelombangradio,  microwave,  dan  peralatan  elektrik  lainnya. Teknologi  ini  digunakan untuk  media transmisi  jarak  jauh.

Wireless LAN

Mengunakan standar protokol yang sama dengan LAN biasanya, tetapi tidak memerlukan kabel untuk mengibunkan antar komputer. Merupakan jaringan komputer yang menggunakan media sinyal radio dua arah untuk berinteraksi antar komputer.  Wireless LAN (WLAN) mengunakan bandwith 2,4 GHz (802.11b dan 802.11g) dan 5 GHz (802.11a). Jaringan wireles memerlukan satu atau lebih perangkat acces point sebagai pusat identifiksi dan pengelolaan jaringan.

Kelebihan wireless LAN

Mudah untuk menambah komputer atau memindahkan komputer dalam sebuah jaringan, tidak perlu repot untuk merapikan kabel. Instalasi dan konfigurasi mudah dan cepat Dapat mengakses jaringan berpindah-pindah dari manapun dalam area access point

Kekurangan wireless LAN

Jika jumlah komputer dalam jaringan bertambah, maka kecepatan transfer data semakin berkurang secar dratis Apabila terjadi perubahan standar, maka kartu jaringan pada tiap-tiap komputer harus diganti Memiliki bandwith yang rendah, sehingga tidak dianjurkan untuk aplikas khusus yang mengunakan video streaming. Keamanan data lebih rendah karena media wireless dapat diakses dari beberapa tempat Apabila diluar ruangan dapat dipengaruhi oleh cuaca seperti hujan dan petir. Edhy Sutanta, Komunikasi Data dan Jaringan Komputer, Graha Ilmu, 2005 DC Green, Komunikasi Data, Andi Yogyakarta, 1995 Suryadi HS, Pengantar Komunikasi Data, Penerbit Gunadarma Jakarta, 1993 CompTIA Security+, Part 1 – security concepts., comptia.net. Network Security Essentials., Stalling W., Prentice Hall., 2004 Wireless LAN Security, 802.11/Wi-Fi Wardriving & Warchalking., http://www.wardrive.net/. 2007. Grant, August E. & Meadows, Jennifer H. (2008). Communication Technology Update and Fundamental. (ed. 06). Boston: Focal Press. Page 46. Straubhaar, Joseph & LaRose, Robert. (2004). Media Now: Communications Media in the Information Age. Belmont, CA: Wadsworth. Page 30-63. Alaydrus, Mudrik (2009). Saluran Transmisi Telekomunikasi. Jogjakarta: Graha Ilmu. Share this:Like this:

Like Loading...

OEHLBACH Black Magic MKII - 8K Ultra High-Speed HDMI-Kabel - 8K FUHD 60Hz 4320p / 4K 120Hz 2160p - 48Gbit/s (21:9 Cinema, 3D, Dolby Vision, Dynamic HDR 10+, VRR, EARC, UHD2) | New Products | Oehlbach

Media Kabel : media, kabel, OEHLBACH, Black, Magic, Ultra, High-Speed, HDMI-Kabel, 4320p, 120Hz, 2160p, 48Gbit/s, (21:9, Cinema,, Dolby, Vision,, Dynamic, EARC,, UHD2), Products, Oehlbach

Cable MERCEDES S-klasse W221 A0018278904 Media Interface Kabel IPod USB AUX For Sale Online | EBay

Media Kabel : media, kabel, Cable, MERCEDES, S-klasse, A0018278904, Media, Interface, Kabel, Online

Mercedes Media Interface Set 4 GB SD USB IPhone IPod AUDIO COMAND W221 W212 X204 | EBay

Media Kabel : media, kabel, Mercedes, Media, Interface, IPhone, AUDIO, COMAND

MERCEDES BENZ Media Interface Consumer Kabel Kit A2228204515 For Sale Online | EBay

Media Kabel : media, kabel, MERCEDES, Media, Interface, Consumer, Kabel, A2228204515, Online

Volkswagen 000051446B Media-in Adapter: Amazon.de: Auto

Media Kabel : media, kabel, Volkswagen, 000051446B, Media-in, Adapter:, Amazon.de:

MERCEDES Media Interface USB Cable Kabel Adapter A0018276704 For Sale Online | EBay

Media Kabel : media, kabel, MERCEDES, Media, Interface, Cable, Kabel, Adapter, A0018276704, Online

Larassa Kabel – Moberg Gallery

Media Kabel : media, kabel, Larassa, Kabel, Moberg, Gallery

MERCEDES Media Interface USB Cable Kabel Adapter A0018276704 For Sale Online | EBay

Media Kabel : media, kabel, MERCEDES, Media, Interface, Cable, Kabel, Adapter, A0018276704, Online

Original Audi VW MEDIA IN CABLE Kabel MIB2 3G Für A4 B8 A5 8T Q5 8R A3 | EBay

Media Kabel : media, kabel, Original, MEDIA, CABLE, Kabel

Original Mercedes Media Interface Kabel Kit A2228208800 Iphone 5 6 7 | EBay

Media Kabel : media, kabel, Original, Mercedes, Media, Interface, Kabel, A2228208800, Iphone

Kabel New Media - Posts | Facebook

Media Kabel : media, kabel, Kabel, Media, Posts, Facebook