Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi

B. Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi Ind 1 Melengkapi isi teks laporan hasil observasi Ind 2 Membenahi kesalahan isi teks laporan hasil observasi PROSES PEMBELAJARAN B KEGIATAN 1 Melengkapi Isi Teks Laporan Hasil Observasi Untuk mempelajari materi melengkapi isi teks laporan hasil observasi, guru dapat menggunakan teks laporan hasil observasi yang sudah tersedia dalam buku teks.MENELAAH DAN MEREVISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI $1.25 Vol XCIII, No. 311 STRUKTUR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI CIRI-CIRI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI 1. Sebutkan kalimat-kalimat utama yang kalian temukan dari hasil mengamati teks "Macam-macam Hujan"? 2. Bagaimana struktur teksMengidentifikasi teks laporan hasil observasi dimulai dari segi isi. Adapun isi teks laporan hasil observasi harus bersifat objektif, ditulis sesuai fakta, tidak mengandung hal-hal yang bersifat menyimpang, atau dugaan-dugaan yang tidak tepat serta ditulis dengan struktur yang lengkap.Isi penggalan teks tersebut adalah …. answer choices . Lingkungan semut. Rumah semut. Komunitas semut. Polusi semut. Tags: Question 4 . SURVEY . Tujuan utama merevisi teks hasil laporan observasi adalah . answer choices . Memperbarui data. Mempertajam analisis. Menyempurnakan struktur dan kaidah. Mempercanggih diksi.Isi teks laporan hasil observasi umumnya terdapat dalam buku-buku pelajaran atau majalah-majalah ensiklopedia. Isi yang dibahas relevan dengan teori-teori para ahli. Isi teks laporan hasil observasi disajikan apa adanya, bukan opini ataupun isu semata.

MENELAAH DAN MEREVISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI by Tri

Sebelum menulis bacalah langkah membuat teks laporan hasil observasi berikut! Langkah Menulis Teks Laporan Hasil Observasi . Kegiatan pelaporan jenis ini digunakan untuk menyajikan informasi faktual yang padat dan akurat dan tidak mencantumkan hal-hal yang tidak terkait dengan topik tulisan. Tulisan semacam ini disusun dalam urutan fakta secaraMenyunting teks laporan hasil observasi membutuhkan wawasan memadai untuk validasi fakta dalam sebuah teks laporan. Menyunting teks laporan hasil observasi juga membutuhkan kecermatan dalam pilihan kata, kalimat, dan tanda baca. Menyunting dilakukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada di dalam suatu tulisan.Teks laporan hasil observasi ini menggambarkan sesuatu hal secara umum dan teks laporan hasil juga menyampaikan sesuatu sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini atau pendapat penulis. Sehingga dalam membuat teks laporan hasil observasi tidak boleh asal buat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat teks hasil laporan observasi.B. Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi Ind 1 Menganalisis struktur teks laporan hasil observasi Ind 2 Melengkapi isi teks laporan hasil observasi Ind 3 Membenahi kesalahan isi teks laporan hasil observasi PROSES PEMBELAJARAN B KEGIATAN 1 Menganalisis Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Setiap teks pasti memiliki struktur dan unsur pembangun.

MENELAAH DAN MEREVISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI by Tri

B. Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi - Ruang Guru

Ciri Ciri Teks laporan Hasil Observasi. Isi teks bersifat objektif dan tidak memihak. Harus ditulis berdasarkan fakta yang terjadi pada saat pengamatan dilakukan. Isi teks tidak mengandung hal-hal yang bersifat penyimpangan, dugaan-dugaan yang tidak tepat, atau juga pemihakan terhadap sesuatu.Menyimpulkan Isi Teks Laporan Hasil Observasi dengan Benar. paket-wisatabromo.com - Menulis Teks Laporan Hasil Observasi merupakan materi keempat berkaitan dengan laporan hasil observasi.Materi ini wajib dikuasai peserta didik kelas tujuh. Melalui jenis teks ini, peserta didik harus mampu menguasai empat kompetensi dasar.contoh teks laporan hasil observasi. 1. Peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah dan jantung. 2. Darah adalah cairan merah yang kental, terdapat sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A,B,O,AB .Pada pembentukan Teks Laporan Hasil Observasi terdapat struktur-struktur sebagai berikut : 1. Kalimat Pembukaan. Kalimat pembuka atau pengantar yang mengenai Klasifikasi pada suatu Objek tertentu, yang akan menjadi pembahasan dalam pembentukan isi dari Teks Laporan Hasil Observasi. 2. Pembahasan Atau IsiKutipan 3 Kutipan 4 Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi . c. Kutipan 3 Ikan paus merupakan ikan terbesar saat ini. Ikan paus ini memiliki banyak jenis dari ikan paus yang buas atau karnifora sanpai ikan paus yang jinak. Banyak orang yang kurang tahu tentang jenis-jenis ikan paus di dunia ini padahal ada banyak ikan jenis ikan paus.

Gagasan Pokok Teks Laporan Tersebut Adalah Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi Dan Bunyi Teks Eksplanasi Tentang Banjir Struktur Teks Deskripsi Di Atas Adalah Definisi Teks Deskripsi Definisi Kerajinan Tekstil Struktur Teks Analytical Exposition Menentukan Ide Pokok Teks Bacalah Teks Berikut Dengan Seksama Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kucing Kerajinan Tangan Dari Bahan Tekstil

Pengertian, Struktur, Ciri, Fungsi, Sifat

Teks laporan hasil observasi hampir menyerupai teks deskripsi karena sama-sama menyampaikan suatu informasi berdasarkan fakta.

Tetapi terdapat perbedaan pada sifatnya, dimana teks laporan hasil observasi bersifat universal (umum), sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual.

Daftar Isi

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan observasi juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Menggambarkan ciri, bentuk, atau sifat umum seperti benda, hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan, atau peristiwa yang terjadi di alam semesta kita. Teks hasil observasi bersifat faktual atau berdasarkan fakta yang ada.

Tujuan teks ini

Mengatasi suatu persoalan.Menemukan teknik atau cara terbaru.Mengambil keputusan yang lebih efektif.Melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.Mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

Fungsi teks ini:

Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.Sarana untuk pendokumentasian.Sebagai sumber informasi terpercaya.

Ciri-ciri teks hasil observasi:

Bersifat objektif, global, universal.Objek yang akan dibicarakan/dibahas adalah objek tunggal.Ditulis secara lengkap dan sempurna.Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.Tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.

Sifat teks laporan ini:

Bersifat Informatif.Bersifat Komunikatif.Bersifat Objektif.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Terdapat 3 struktur utama yang membangun teks LHO sehingga menjadi satu kesatuan, struktur teks nya yaitu:

Pernyataan umum; mengandung keterangan umum mengenai subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum mengandung informasi umum (nama latin, kelas, asal usul, informasi tambahan tentang hal yang dilaporkan).Deskripsi bagian; mengandung rincian hal-hal yang dilaporkan. Jika binatang bisa berupa ciri fisik, makanan, habitat, perilaku. Jika tumbuhan bisa berupa ciri fisik akar, bunga, buah atau perincian bagian yang lain. Tidak jarang manfaat dan nutrisi juga dipaparkan pada bagian ini. Kalau yang dilaporkan berupa objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek.Simpulan; mengandung ringkasan umum hal yang dilaporkan.

Kaidah Kebahasaan Teks LHO

Ciri bahasa atau kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks ini:

Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lainMenggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.Menggunakan kata penghubung yang menyatakan tambahan (dan, serta), perbedaan (berbeda dengan), persamaan (sebagaimana, seperti halnya), pertentangan (tetapi, sedangkan, namun), pilihan (atau).Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.

Jenis Teks Laporan Hasil Observasi

Teks observasi mempunyai berbagai macam tergantung pada objek yang diamati, tujuan pembuatan, dan lainnya. Misalkan objek yang diamati adalah:

Observasi mengenai kondisi sosial, ekonomi, politikObservasi mengenai kondisi lingkungan dan ekosistemObservasi mengenai keadaan yang sedang terjadi (acara HUT RI)Dan sebagainya.

Misal juga tujuan pembuatan nya:

Teks observasi eksposisi.Teks observasi identifikasi.Teks observasi klasifikasi.Dan sebagainya.

Jenis hasil teks observasi dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Laporan Observasi Formal

Yaitu laporan hasil observasi mengenai objek yang diamati dengan memakai kaidah format dalam menyusun laporan (struktur lebih rinci, ragam bahasanya baku, terdapat header/kop). Umumnya diajukan untuk acara resmi seperti kepentingan politik, laporan berita, dan lainnya.

2. Laporan Observasi Non Formal

Yaitu laporan hasil observasi yang mempunyai struktur lebih sederhana dan umumnya ditulis secara popular.

Bagaimana Langkah Menyusun Teks LHO?

Langkah-langkahnya:

Membuat judul laporan sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.Membuat kerangka teks yang condong ke pembuatan gagasan utama sesuai dengan hasil pengamatan.Menyusun teks berdasarkan gagasan utama yang telah dibuat, diawali dengan paragraf pernyataan umum lalu ke bagian isi. Setelah membuat klasifikasi secara umum, langkah berikutnya yaitu menjabarkan klasifikasi tersebut berdasarkan hasil pengamatanMeneliti kembali hasil penulisan teks, jika ada kalimat janggal atau salah penulisan, segera perbaiki kembali.

Nah kamu juga harus memenuhi syarat atau kriteria teks laporan hasil observasi agar dianggap baik dan benar serta ideal, berikut ini syaratnya:

Mempunyai susunan struktur teks yang urut dan lengkap.Dalam struktur teks tidak mempunyai kesimpulan/penutup.Di dalam teks tidak ada opini dari penulis.Teks menjelaskan sebuah informasi berdasarkan fakta.

Berhubung tulisan di artikel ini sudah cukup banyak, maka dari itu contoh teks ini akan kami sambung di artikel berikutnya.

Mengidentifikasi Isi Teks Laporan Hasil Observasi Wayang - Berbagai Teks Penting

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, Mengidentifikasi, Laporan, Hasil, Observasi, Wayang, Berbagai, Penting

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tempat Wisata Di Indonesia

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, Contoh, Laporan, Hasil, Observasi, Tentang, Tempat, Wisata, Indonesia

Contoh Isi Laporan Hasil Observasi - Agape Locs

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, Contoh, Laporan, Hasil, Observasi, Agape

Mg ??Web ViewSMP NEGERI . 215. JAKARTA. RENCANA Setelah Mengamati Isi Teks Laporan Hasil Observasi Peserta Didik Dapat Menelaah Dan Merevisi Teks Laporan Hasil Observasi

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, ??Web, ViewSMP, NEGERI, JAKARTA., RENCANA, Setelah, Mengamati, Laporan, Hasil, Observasi, Peserta, Didik, Dapat, Menelaah, Merevisi

Ciri Bahasa Teks Laporan Hasil Observasi Adalah - Berbagai Teks Penting

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, Bahasa, Laporan, Hasil, Observasi, Adalah, Berbagai, Penting

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Buku - Dunia Sekolah

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, Contoh, Laporan, Hasil, Observasi, Tentang, Dunia, Sekolah

BAB 1

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Wayang - Berbagai Teks Penting

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, Struktur, Laporan, Hasil, Observasi, Wayang, Berbagai, Penting

Laporan Hasil Observasi Limbah Rumah Tangga - Contoh Rah

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, Laporan, Hasil, Observasi, Limbah, Rumah, Tangga, Contoh

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Buku Tulis

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, Contoh, Laporan, Hasil, Observasi, Tentang, Tulis

3-1_UKBM_10Bind_SKA_2018 (1)

Merevisi Isi Teks Laporan Hasil Observasi : merevisi, laporan, hasil, observasi, 3-1_UKBM_10Bind_SKA_2018