Nama Latin Pohon Mangga

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara.Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buahTemu mangga (Curcuma mangga Val.van Zip.) famili Zingiberaceae merupakan tanaman asli daerah Indo-malesian, tersebar dari Indo-China, Taiwan, Thailand, Pasifik hingga Australia Utara. Beberapa nama daerah adalah Temu mangga, kunyit putih, kunir putih, temu bayangan, temu poh (), temmo pao (), temu mangga, temu putih (), koneng joho, koneng lalap, konneng pare, koneng bodas (), dan namaMangga Gadung Latin Mangga Gadung Latin Buah Mangga atau biasa disebut mempelam dan dalam bahasa ilmiahnya adalah Mangifera indica merupakan nama buah sekaligus nama dari pohonnya. Buah ini termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Buah ini diperkirakan berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma dan telah menyebar ke…Tag: nama latin pohon mangga. Klasifikasi Daun Mangga, Morfologi dan Penyakit di Pohon Mangga. By Kakakid Posted on May 6, 2020 May 6, 2020. Klasifikasi Daun Mangga - Mangga atau pohon mangga saya pikir hampir semua lapisan masyarakat sudah mengenalnya. Buah yang menyandang nama […] Search for:Cara Menanam Mangga - Mangga memiliki nama latin mangifera indica berasal dari India.Buah ini termasuk dalam kelompok drupe berarti biji yang terdapat daging buahnya.Ada beberapa jenis mangga, orang-orang memiliki selera masing-masing sesuai dengan kelezatan buahnya.

Temu mangga - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mangga yang mempunyai nama latin Mangifera indic ini terkenal dengan rasa yang manis dan lezat, daging buah tebal / padat dengan tekstur halus dan aroma wanginya yang sangat menggoda, jadi tak heran jika mangga ini terkenal sampai ke luar Negeri seperti Cina dan jepang.Baca juga Cara Menanam Pohon Mangga. 1. Hama Penggerek Batang Pohon Mangga. Lalu sebenarnya seperti apakah hama penggerek batang pohon mangga itu? Penggerek mangga merupakan hama dari jenis serangga dengan nama latin (Batocera rufomacu lota). Wujud serangga ini sebenarnya mirip kunang-kunang besar dengan sayap dan antena di kepalanya.Tata nama; Status nomenklatur: nomen rejiciendum (en): Species; Benalu, bendalu, menalu atau mendalu (Loranthus) adalah tumbuhan yang menumpang pada tanaman lain dan mengisap makanan dari tanaman yang ditumpanginya; termasuk tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada batang (dahan) pohon tumbuhan lain. Benalu dapat dijumpai dengan mudah pada pohon-pohon besar di daerah tropis.Kemang (Mangifera kemanga) merupakan tanaman yang mulai langka di Indonesia. Padahal, konon dari nama pohon sejenis mangga ini nama daerah Kemang di Jakarta berasal. Pohon kemang yang mempunyai buah khas berbau harus menusuk dengan rasa yang masam manis ini juga telah ditetapkan sebagai flora identitas kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sayangnya, tumbuhan ini mulai langka dan…

Temu mangga - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mangga Gadung Latin| 0878 5500 4286 | Mangga Arumanis

Pasti kalian sudah tahu gambar buah mangga di atas, ya jenis mangga di atas adalah mangga harum manis. Jenis mangga yang ini adalah mangga harum manis. Biasanya di masyarakat mangga ini juga disebut dengan mangga arumanis. Nama latin mangga harum manis adalah mangifera indica. Pohon dari mangga ini dapat mencapai ketinggian hingga 9 meter.Berikut ini adalah daftar nama-nama pohon berdasarkan famili atau keluarga dalam klasifikasi ilmiah. FLICKR Jenis-jenis pohon yang RimbaKita.com rangkum berikut hanya sebagian kecil dari jutaan jenis pepohonan yang ada di Indonesia, dimana masing-masing memiliki manfaat mulai dari kayu, getah, resin, daun, akar, buah, jasa lingkungan danKarakternya berada di antara mangga dan bacang, dan para ahli juga menganggapnya sebagai hibrida antarspesifik alami antara mangga dan bacang. [1] Buah ini dikenal dengan nama-nama yang serupa di pelbagai bahasa daerah: kweni, asam membacang, macang, lekup ( Mly.Tanaman Mangga. Penyakit Tanaman Mangga : Hama, Obat, Lalat Buah & Pengendalian - Mangga merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tengah tepatnya di perbatasan India dan Burma, tanaman ini telah menyebar di Asia tenggara sejak tahun 1500 silam, namun kita sudah menganggapnya sebagai tanaman asli Indonesia. Sehingga tidak aneh bila di tiap-tiap daerah nama mangga ini bermacam-macam.Nama Latin Buah Mangga. Nama latin buah mangga yaitu Mangifera indica yang berarti pohon yang berbuah mangga dan berasal dari India. Mangga termasuk tanaman yang tergolong Mangifera. Yang memiliki batang pohon yang tinggi dan juga daunnya berwarna hijau. Daunnya memiliki aroma yang khas. Pohon mangga merupakan tanaman yang mudah dan cepat berbuah.

Induk Organisasi Senam Nasional Dinamakan Nama Komponen Mesin Motor Nama Sungai Di Laos Bahan Budidaya Tanaman Hias Daftar Nama Yang Lulus Snmptn 2020 Nama Latin Belimbing Wuluh Nama Nama Hari Bahasa Inggris Nama Bayi Laki Laki Jawa Modern Nama Anak Perempuan Dari Huruf S Betharia Sonata Jangan Sebut Namaku Nama Lain Bpupki Dalam Bahasa Jepang

Kuweni

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian Kuweni Kuweni, Mangifera odorata Kaduhejo, Pandeglang, Banten Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Plantae Divisi: Magnoliophyta Kelas: Magnoliopsida Ordo: Sapindales Famili: Anacardiaceae Genus: Mangifera Spesies: M. × odorata (M. indica × M. foetida) Nama binomial Mangifera × odorataGriffith

Kuweni atau kuwini (Mangifera × odorata Griffith) adalah sejenis mangga-manggaan yang masih berkerabat dekat dengan bacang. Tumbuhan ini memiliki buah yang harum dan daging buah yang lembut. Konsistensi daging buah kuweni lebih padat daripada bacang dan seratnya lebih halus. Karakternya berada di antara mangga dan bacang, dan para ahli juga menganggapnya sebagai hibrida antarspesifik alami antara mangga dan bacang.[1]

Buah ini dikenal dengan nama-nama yang serupa di pelbagai bahasa daerah: kweni, asam membacang, macang, lekup (Mly.); kuwini, ambacang, embacang, lakuik (Mink.); kuweni, kebembem (Btw.); kaweni, kawini, bembem (Sd.); kaweni, kuweni, kweni (Jw.); kabeni, beni, bine, pao kabine (Md.), pao kaeni (P. Sapudi); "Kuwini" '(bahasa Banjar), weni (Bal.); mangga kuini (Sulut); kuini, guin, koini, kowini, koine, guawe stinki, sitingki, hitingki (aneka sebutan di Maluku), dan lain-lain.[2]

Di Sabah ia disebut huani atau wani, sedangkan di Filipina dinamai huani, uani atau juani.[3]

Pemerian

Pohon kuweni

Pohon berukuran sedang, dengan tinggi antara 10-15 (jarang hingga 20) m. Berbatang lurus dengan tajuk bundar atau bundar telur melebar. Seluruh bagian tanaman, apabila dilukai, akan mengeluarkan getah berbau terpentin, yang mula-mula bening namun lama kelamaan akan menjadi coklat kehitaman. Getah ini bersifat menggatalkan bila terkena kulit.

Daun tunggal tersebar, bentuk lonjong sampai lanset, 12-35 x 4-10 cm, dengan ujung daun meluncip pendek, bertangkai 3–7 cm yang pangkalnya menggembung. Helai daun menjangat, dengan urat-urat daun yang tampak jelas terutama di sisi bawah.

Karangan bunga dalam malai serupa piramida di ujung ranting, 15–50 cm panjangnya, dengan banyak kuntum bunga kecil-kecil. Bunga berbilangan 5 (-6), dengan diameter sekitar 6 mm, berbau harum. Kelopak bundar telur, merah coklat atau kehijauan, 3–4 mm panjangnya; daun mahkota bentuk lanset, 5-6 x 1,2–2 mm, dengan pangkal kekuningan dan ujung merah jambu pucat. Tangkai sari panjangnya sekitar 5 mm dan tangkai putik 3–5 mm.

Buah kuweni

Buah batu berbentuk lonjong-jorong miring, lk. 10-13 x 6–9 cm, kulitnya berwarna hijau sampai kekuningan, dengan bintik-bintik lentisel berwarna kecoklatan yang jarang-jarang. Kulit buah agak tebal, 3–4 mm, dengan daging berwarna kuning sampai agak jingga, manis-asam, berserat, mengandung banyak sari buah. Bau harum agak seperti terpentin, mirip bau buah bacang.[3] Meski hampir serupa, buah kuweni agak mudah dibedakan dari bacang yang lebih bulat dan berkulit lebih keras dan tebal, dengan banyak bintik lentisel berjarak agak rapat.

Kegunaan

Sebagaimana mangga, kuweni juga populer sebagai tanaman pekarangan. Pohon ini ditanam terutama untuk diambil buahnya, yang disukai orang karena keharumannya. Buah ini, manakala masak, dimakan sebagai buah meja atau dijadikan campuran minuman. Mutu buah kuweni bervariasi bergantung pada kultivarnya, yang dianggap paling baik ialah yang baunya tak begitu menyengat, manis, dengan daging yang tak begitu berserat dan banyak sari buahnya.

Inti bijinya ditumbuk untuk dijadikan tepung, sebagai bahan pembuatan makanan sejenis dodol. Kulit batang kuweni digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Asal usul dan penyebaran

Kuweni tidak pernah ditemukan hidup liar. Oleh sebab itu para pakar meyakini bahwa tumbuhan ini merupakan hasil silangan alami antara mangga dan bacang. Hasil penelitian Kiew dkk.[4] mendukung kesimpulan ini.

Pohon buah ini umum dibudidayakan di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Semenanjung Malaya dan Filipina bagian selatan. Selain itu diketahui pula ditanam di Vietnam, Guam, dan Kepulauan Christmas. Meski demikian, budidaya kuweni secara intensif belum dilakukan.

Kuweni tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.000 m dpl. Wilayah yang disukainya adalah daerah dengan curah hujan yang agak tinggi namun merata sepanjang tahun, sehingga tanaman ini cocok untuk menggantikan mangga yang umumnya tumbuh lebih baik di daerah kering. Kuweni biasanya diperbanyak dengan biji.

Referensi

Perbandingan buah bacang (kiri) dengan kuweni (kanan) ^ Kiew, R, L.L. Teo, Y.Y. Gan. 2003. Assessment of the hybrid status of some Malesian plants using Amplified Fragment Length Polymorphism. Telopea 10:225-233 ^ Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia, jil. 2. Yay. Sarana Wana Jaya, Jakarta. Hal. 1222. ^ a b Verheij, E.W.M. dan R.E. Coronel (eds.). 1997. Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 2: Buah-buahan yang dapat dimakan. PROSEA – Gramedia. Jakarta. ISBN 979-511-672-2. Hal. 275-278. ^ Kiew et al. 2003. Assessment of the hybrid status of some Malesian plants using Amplified Fragment Length Polymorphism. Telopea 10:225-233

Pranala luar

Wikimedia Commons memiliki media mengenai Mangifera odorata.(Inggris) World Conservation Monitoring Centre 1998. Mangifera odorata. 2006 IUCN Red List of Threatened Species. Diperoleh dari "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Kuweni&oldid=16787760"

Sejarah Biologi: Klasifikasi Tanaman Mangga Harum Manis

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Sejarah, Biologi:, Klasifikasi, Tanaman, Mangga, Harum, Manis

Jual Tanaman Mangga Kio Jay - BibitBunga.com

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Tanaman, Mangga, BibitBunga.com

Mangga Fa Lan | Mengenal Jauh Tentang Buah Mangga

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Mangga, Mengenal, Tentang

Nama Latin Pohon Meranti (Page 1) - Line.17QQ.com

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Latin, Pohon, Meranti, (Page, Line.17QQ.com

Bibit Tanaman Buah Mangga Madu - HigarAgro

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Bibit, Tanaman, Mangga, HigarAgro

Tanaman Mangga Kelapa | SamudraBibit.com

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Tanaman, Mangga, Kelapa, SamudraBibit.com

Tanaman Mangga Golek India | Tanaman, Buah, Mangga

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Tanaman, Mangga, Golek, India, Tanaman,, Buah,

MANGGA.docx

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, MANGGA.docx

Pohon Mangga

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Pohon, Mangga

Tanaman Kampung: Mangga Hutan

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Tanaman, Kampung:, Mangga, Hutan

Pin On Fruits

Nama Latin Pohon Mangga : latin, pohon, mangga, Fruits