Perwasitan Sepak Takraw

Kuala Lumpur - Timnas sepak takraw Indonesia merebut medali perak di kejuaraan sepak takraw pantai lima negara di Malaysia di Kuala Lumpur, 9-11 Januari 2016. "Tim putra kita harus puas merebut medali perak setelah kalah dari tuan rumah Malaysia dengan skor 1-2 di babak final," jelas Ketua Bidang Perwasitan dan Pertandingan PB PSTI, Saleh Gottang di Makassar, Selasa (19/1).PANGKALPINANG,BToday - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI), H Asnawi Abdul Rahman mengukuhan dan melantik Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) masa bakti 2020-2024 bertempat di Renz Hotel, Kota Pangkalpinang, Sabtu (29/2) siang.. Dalam pengukuhan dan pelantikan Pengprov PSTI Babel tersebut, Ketum1. SEPAK SILA Sepak sila adalah menyepak bola takraw dengan menggunakan kaki bagian dalam. Sepak sila digunakan untuk : a. Menerima dan menimang (m emainkan ) bol a. b. Mengumpan dan antaran bola c. Menyelamatkan bola dari serangan lawan. Teknik Melakukan Sepak Sila 1. Berdiri dengan kaki terbuka berjarak selebar bahu. 2.14 Penerapan perwasitan 15 Praktek perwasitan 16 Ujian Semester . Created Date: 7/25/2007 9:02:08 PMPeraturan sepak takraw. Secara umum sepak takraw dimainkan oleh 3 orang pada masing-masing tim. Meskipun demikian terkadang ada juga sepak takraw yang terdiri dari 4 orang. Akan tetapi umumnya biasanya hanya terdiri dari 3 orang saja. Sedangkan dalam sebuah regu permainan takraw biasa terdiri dari 9 orang dan maksimal 12 orang di mana yang

Ketum PB PSTI Kukuhkan Pengurus Pengprov PSTI Babel 2020

Home » Sepak Bola » Cara Melakukan Gerak Tipu (Feint) Dalam Sepak Bola November 28, 2017 Gerak tipu dalam sepak bola merupakan salah teknik yang cukup urgen dan menentukan hasil sebuah pertandingan, gol ataupun assist cantik tercipta setelah pemain melakukan gerakan untuk menipu pemain lawan sebelumnya.Apa itu sepak takraw, sepak takraw adalah permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan yang dimainkan menggunakan semua anggota badan terkecuali tangan. Sebelumnya telah kelaspjok.com bahas dalam judul materi Sepak Takraw. Apa saja manfaat serta tujuan dalam olahraga sepak takraw, langsung saja simak materi ulasannya lengkap dibawah ini.Jack Mone Ke didampingi Kabid Perwasitan Sepak Takraw NTT, Drs. Eduard Penuweo menjelaskan, nomor yang dipertandingkan yakni, nomor tim, double event dan nomor beregu putra putri. "NTT sendiri akan mengikuti hanya pada nomor beregu putri," kata Jack Mone Ke.8. Ketentuan Perwasitan A. Wasit dan juri yang memimpin pertandingan adalah wasit/juri yang ditunjuk oleh FORKI Jawa Tengah. B. Semua keputusan wasit dan juri adalah mutlak. C. Panitia hanya menyediakan konsumsi dan penginapan bagi wasit dan juri selama pertandingan berlangsung. 9. Kesehatan

Ketum PB PSTI Kukuhkan Pengurus Pengprov PSTI Babel 2020

PDF Olahraga Pilihan Sepaktakraw

Lebih lanjut Muhammah Sabir katakan, "Misi kita menggolkan sepak takraw dipertandingkan di olimpiade merupakan tugas besar dan berat dari negara-negara Asia Tenggara dan Asia. Indonesia yang meraih sukses prestasi dan penyelanggaraan pada Asian Games 2018 lalu menjadi kekuatan kunci dalam misi ini," ucap Ketua perwasitan PB.Adalah Muhammad Sabir, Spd, Map yang dalam dunia olahraha sepak takraw menjabat Ketua Bidang Perwasitan Indonesia. Pelatihan bertujuan menghidupkan kembali geliat olahraga sepak takraw di Kota Manado sesuai program Kemenpora #AyoOlahraga melalui Gala Desa itu dihadiri 30 peserta.Mamasa, URBAN NEWS INDONESIA - Dr. Urbanisasi, SH., MH., CLA., CIL., dipilih menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kabupaten Mamasa masa periode 2018-2022. Surat Keputusan (SK) pengukuhan personalia pengurus PSTI Kabupaten Mamasa ini dikeluarkan oleh pengurus PSTI Provinsi Sulawesi Barat dengan nomor: 042/SK.Pengprov.PSTI/V/2018. Pasca ditetapkan sebagai pimpinanPernyataan ini disampaikan Imam setelah kontingen takraw putri Indonesia merasa dicurangi dalam pertandingan final melawan Malaysia, Minggu (20/8/2017). "Ada yang harus dibenahi dalam perwasitan SEA Games," ujar Imam, di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (23/8/2017). "Saya merekam, saya hadir di sana.8520203325 Kepelatihan Cabang Olahraga Sepak Takraw *) PILIHAN 4 4 . 54 29 8520202314 Kewirausahaan WAJIB 2 2 30 8520204468 Manajemen Penyelenggaraan Cabor 8520204451 Peraturan dan Perwasitan Cabor Sepak Takraw WAJIB 4 4 103 8520204464 Peraturan dan Perwasitan Cabor Sepatu Roda WAJIB 4 4 104 8520204461 Peraturan dan Perwasitan Cabor TAE

P3k Pingsan Line Lets Get Rich Jepang Kicau Kenari Master Tujuan Melukis Ide Pokok Yaitu Memperlancar Peredaran Darah Naskah Ludruk Jawa Timur Bangun Ruang Limas Segi Empat Asking And Giving Opinion Exercise Https //puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ 2019 Pernyataan Tentang Trafo

Peraturan sepak takraw standar Nasional dan Internasional (lengkap)

image kyodonews.net

Peraturan sepak takraw standar Nasional dan Internasional yang diulas secara lengkap. Sepak takraw merupakan salah satu permainan atau olahraga yang mengandalkan kaki dan kepala sebagai tumpuan utamanya. Permainan yang pernah terkenal pada era tahun 90-an ini merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup menarik untuk dimainkan. 

Salah satu negara yang cukup mendominasi dalam permainan sepak takraw adalah Malaysia dan juga Thailand dimana keduanya saling bersaing dalam ajang sepak takraw Internasional. 

Meskipun permainan sepak takraw tidak begitu populer seperti halnya sepak bola atau bola voli akan tetapi permainan ini cukup menyenangkan dan patut untuk Anda coba di rumah. 

Bagi Anda yang merupakan penggemar permainan sepak takraw pastinya ingin tahu banyak mengenai olahraga yang satu ini salah satu diantaranya adalah aturan permainan sepak takraw. Berikut beberapa ulasan mengenai peraturan dalam permainan sepak takraw mulai dari ukuran lapangan, net dan juga aturan mainnya.

Daftar Isi Artikel

Ukuran lapangan takraw

Informasi yang pertama adalah mengenai ukuran lapangan sepak takraw. 

Hampir semua jenis olahraga pasti membutuhkan sebuah lapangan tidak terkecuali olahraga takraw. Ya karena lapangan merupakan sebuah tempat yang dimana peraturan akan dibuat di dalamnya termasuk bagaimana cara melakukan servis dan menerima bola. 

Untuk ukuran lapangan takraw yang digunakan yaitu memiliki bentuk persegi panjang dengan lebar 6,10 meter dan panjang 13,40 meter. Permukaan lapangan harus benar-benar datar agar gerak pemain bisa lebih mudah. Sedangkan jika permainan dilakukan indor atau di dalam ruangan maka tinggi atap tidak lebih kurang dari 8 meter.

Dikarenakan permainan sepak takraw biasanya melambungkan bola ke atas jadi jika atom yang terlalu pendek maka dikhawatirkan bola akan mengenai atap.

Ukuran tiang net sepak takraw

Salah satu komponen yang bisa dikatakan wajib dalam permainan takraw adalah net.anak ini biasanya terdapat sebuah tiang di mana tiang dari ketinggian net tersebut sekitar 2,55 meter untuk pria. Sedangkan untuk wanita biasanya hanya memiliki ukuran sekitar 1,45 meter saja. Sedangkan untuk kedudukan dari tiang net yaitu 30 cm di mana ukuran tersebut diukur dari garis pinggir lapangan.

Ukuran net

Setelah tadi kita membahas mengenai ukuran dari tiang net sekarang kita mencari tahu berapa ukuran dari net nya itu sendiri. Pertama kita akan membahas mengenai bahan yang digunakan dari net sepak takraw. Bahan yang digunakan untuk net sepak takraw biasanya terbuat dari nilon maupun benang yang biasanya memiliki lubang antara 6 sampai 8 cm. Biasanya untuk panjang dari net tidak lebih dari 6,11 m dengan lebar 70 cm.

Ukuran bola takraw

Mengingat dalam permainan sepak takraw menggunakan bola maka mengetahui ukuran bola sepak takraw sangat penting sekali. Bola takraw memiliki ukuran dengan diameter 42 sampai 44 cm. Untuk putra bola yang digunakan memiliki berat antara 170 hingga 180 gram. Sedangkan untuk Putri berat bola yang digunakan rata-rata 150-160 g.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel berikut ini seputar ukuran lapangan takraw standar Nasional dan Internasional. Dimana dalam artikel tersebut juga diulas mengenai ukuran dari net bola dan juga yang lainnya.

Peraturan sepak takraw

Secara umum sepak takraw dimainkan oleh 3 orang pada masing-masing tim. Meskipun demikian terkadang ada juga sepak takraw yang terdiri dari 4 orang.  Akan tetapi umumnya biasanya hanya terdiri dari 3 orang saja. Sedangkan dalam sebuah regu permainan takraw biasa terdiri dari 9 orang dan maksimal 12 orang di mana yang lainnya bertugas sebagai pemain cadangan.

Biasanya dalam permainan sepak takraw pemain dibagi menjadi 2. Kedua pemain bertindak sebagai penyerang sedangkan yang satunya bertindak sebagai pemberi servis atau pengumpan. Pemain ini biasanya berada di bagian belakang atau sering disebut sebagai tekong. 

Meskipun dibagi menjadi pemain depan dan belakang secara umum kedua pemain bebas bergantian bisa di depan atau di belakang. Bahkan seorang pemain bisa melakukan serangan di depan. Jadi bisa dikatakan peraturan takraw sedikit lebih fleksibel dibandingkan dengan bola voli.

Peraturan pergantian pemain

Seperti halnya dalam permainan sepak bola atau yang lainnya dalam sepak takraw pastinya juga ada pergantian pemain. Dalam pergantian pemain ada beberapa aturan diantaranya adalah pada masing-masing regu hanya diperbolehkan untuk melakukan pergantian pemain sebanyak 2 kali saja pada setiap set. 

Selama pertandingan berlangsung seorang pemain yang sudah keluar atau digantikan tidak boleh menggantikan pemain lain yang berbeda regu meskipun hanya sebagai pemain cadangan.

Sistem perhitungan angka sepak takraw

Dalam permainan sepak takraw biasanya satu set akan selesai saat masing-masing tim memperoleh angka maksimal yaitu 21. Jika masing-masing tim berada pada angka 20-20 maka permainan akan diberikan tambahan 2 poin. Hal ini akan terus berlangsung hingga salah satu dari kedua tim berhasil mengungguli lawannya dengan selisih 2 angka. Sebenarnya hampir mirip dengan permainan bola voli atau tenis meja. 

Untuk format bermainnya sendiri biasanya dalam permainan sepak takraw terdiri dari dua kali kemenangan. jadi jika ada satu tim yang bisa memenangkan pertandingan pada dua set langsung maka pertandingan hanya dilakukan dua sel tersebut. Tetapi jika masing-masing tim memenangkan satu set maka pertandingan akan dilanjutkan dengan set ke-3. Dimana pada set ketiga biasanya point hanya terdiri dari 15 saja. 

Beberapa pelanggaran dalam permainan takraw

Dalam permainan takraw tidak diperkenankan bola menyentuh tangan entah itu disengaja atau tidak.Selain itu seorang pemain tidak diperbolehkan memainkan bola lebih dari tiga kali. Kedua seorang pemain tidak boleh memasuki area lawannya entah itu saat dalam posisi menyerang atau bertahan.

Nah demikian tadi ulasan mengenai peraturan sepak takraw serta beberapa ukuran dari lapangan takraw. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan Anda seputar dunia olahraga.

Kursi Wasit Sepak Takraw - Hopwee

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Kursi, Wasit, Sepak, Takraw, Hopwee

Muhammad Sabir: Wasit Sepak Takraw Di POMNas Berlisensi ASTAF | Tribunolahraga.com | Berita Olahraga Terkini Dan Lengkap

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Muhammad, Sabir:, Wasit, Sepak, Takraw, POMNas, Berlisensi, ASTAF, Tribunolahraga.com, Berita, Olahraga, Terkini, Lengkap

Makalah HARIS 'Sistem Pertandingan Dan Perwasitan Dalam Sepak Takraw'

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Makalah, HARIS, 'Sistem, Pertandingan, Perwasitan, Dalam, Sepak, Takraw'

Perwasitan

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Perwasitan

Silabi Mk Sepaktakraw

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Silabi, Sepaktakraw

Menyimak Cerita Wasit Internasional Sepak Takraw Asal Sulbar, Dari Manila Philipina – Banniq

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Menyimak, Cerita, Wasit, Internasional, Sepak, Takraw, Sulbar,, Manila, Philipina, Banniq

Perwasitan

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Perwasitan

Perwasitan - [PDF Document]

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Perwasitan, Document]

Menyimak Cerita Wasit Internasional Sepak Takraw Asal Sulbar, Dari Manila Philipina – Banniq

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Menyimak, Cerita, Wasit, Internasional, Sepak, Takraw, Sulbar,, Manila, Philipina, Banniq

Berita Grinting

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Berita, Grinting

Menyimak Cerita Wasit Internasional Sepak Takraw Asal Sulbar, Dari Manila Philipina – Banniq

Perwasitan Sepak Takraw : perwasitan, sepak, takraw, Menyimak, Cerita, Wasit, Internasional, Sepak, Takraw, Sulbar,, Manila, Philipina, Banniq