Pola Lantai Lurus

Ciri pola lantai vertikal (lurus) adalah penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik.Pola Lantai Tari Jaipong dan Gambar serta Penjelasannya Macam Macam Pola Lantai 1 Pola Lantai Vertikal lurus Maksud dari pola lantai ini adalah penari membentuk garis vertikal yaitu bisa garis...Pola lantai merupakan formasi atau posisi para penari pada saat menari. Jika digambarkan pola lantai ini dibagi menjadi dua jenis yaitu garis lurus dan melengkung yang didalamnya terbagi lagi menjadi...Pola lantai garis lurus vertikal adalah penari membentuk garis lurus dari depan ke belakang atau - Tari Seudati dari Aceh yang menggunakan pola lantai garis lurus, segi empat, zig-zag, segitiga, segi...Pola Lantai dalam Seni Tari Mikirbae com Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari pada saat melakukan gerak tari Terdapat dua pola garis dasar pada lantai yaitu garis lurus dan lengkung Pola...

15+ Gambar Pola Lantai Garis Lurus, Inspirasi Spesial!

Pola lantai lingkaran merupakan pengembangan dari garis... * a. lurus b. lurus c. diagonal d Apakah Anda tahu jawaban yang benar? Sekelompok penari membentuk pola lantai lingkaran.Pola garis lurus terdiri atas pola lantai horizontal, vertikal, dan diagonal. Pada dasarnya pola garis pada lantai terbagi menjadi dua yaitu : garis lurus dan garis lengkung.Pola Lantai - adalah salah satu teknik dalam gerakan tari dan senam yang di mana dengan Pola vertikal (lurus) - Ciri khas vertikal (lurus) penari membentuk garis vertikal garis lurus ke depan dan...Pola Lantai Lurus. … © 2020 Diknas. wpDiscuz.

15+ Gambar Pola Lantai Garis Lurus, Inspirasi Spesial!

Pola Lantai Tari: Pengertian, Jenis, Macam, Fungsi, Contoh Gambar

Pola garis lurus terdiri atas pola lantai horizontal, vertikal, dan diagonal. Pada beberapa tarian, terutama tari kelompok, para penari membentuk posisi tertentu dalam tarian. Ada sebuah tari yang...Pola Lantai Vertikal (Lurus) Tari klasik banyak menggunakan pola lantai vertikal. Penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini memberikan...Seperti namanya, pola lantai lurus vertikal yaitu pola lantai yang lurus dan memanjang. Para penari yang jumlahnya lebih dari satu orang akan membentuk susunan atau formasi lurus...Bismillahirrahmanirrahiim...Video ini berisi penjelasan materi SBDP tentang pengertian pola lantai, jenis-jenis pola lantai, pengembangan garis dasar pola...Ciri pola lantai vertikal (lurus) adalah penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menyusun Pola Lantai Oppo F3 Lupa Pola Pola Pertahanan Man To Man Pola Penyerangan Dalam Bola Voli Pola Teddy Bear Pola Penyerangan Sepak Bola Batik Pola Pola Hias Pola Penyerangan Bola Voli Pola Lantai Garis Lurus Memberikan Kesan

4 Jenis Pola Lantai dalam Seni Tari Tradisional & Modern

Daftar Isi

Pola Lantai Dalam Seni Tari

Pola Lantai dalam Tari – dalam dunia seni tari, sejatinya terdapat beberapa jenis pola lantai yang menjadi patokan atau tolak ukur para penari, saat bergerak melakukan gerakan tarian.

Setiap macam tarian, umumnya memiliki pola lantai yang hampir sama, karena jenisnya hanya dua macam, yakni garis lurus dan melengkung, baik tarian dilakukan sendiri, berpasangan hingga jamak.

Untuk pola lantai garis lurus sendiri terdapat beberapa varian, diantaranya adalah garis lurus vertikal, horizontal dan diagonal. Pengembangannya terdapat pola zig-zag, segitiga, segi empat dan segi lima.

Selain garis lurus, juga terdapat pola garis lengkung. Pola ini bisa dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, antara lain berupa lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang.

Saya yakin bahwa ini adalah kali pertama Kamu mengenal hal ini, karena jika kamu tidak mengenyam pendidikan dalam sekolah seni, hal ini akan sangat jarang terdengar.

Untuk membuktikannya secara langsung, kamu bisa pergi ke pementasan seni tari, lalu perhatikan gerakan yang dilakukan oleh para penari, pasti mereka membentuk beberapa formasi tertentu.

Format tertentu tersebutlah yang disebut dengan pola. Nah, pada artikel ini admin Senipedia akan mengulas mengenai jenis pola lantai dalam tari secara lengkap. Simak ulasannya sampai selesai.

Jenis Pola Lantai dalam Tari

Seperti yang sudah saya singgung diatas, jenisnya terbagi menjadi 3 macam, antara lain adalah Pola garis lurus (Vertikal, Diagonal, Horizontal) dan Melengkung. Berikut penjelasannya :

Pola Lantai Lurus Vertikal

Vertikal artinya lurus memanjang. Para penari yang berjumlah lebih dari 1 orang, akan membentuk formasi lurus baik itu dari belakang ke depan maupun sebaliknya.

Entah itu benar atau tidak, namun banyak orang yang menganggap bahwa pola yang satu ini memberikan kesan yang sangat kuat, namun masih tetap mempertahankan kesederhanaan.

Pola lurus vertikal ini banyak digunakan dalam tari klasik tradisional, misalnya saja seperti Tari Pasambahan asal Sumatera Barat, dalam menyambut tamu-tamu terhormat.

Pola Lantai Horizontal

Sama dengan poin pertama, yang membedakannya hanyalah bentuk deretan. Karena pola lantai horizontal ini membentuk barisan dari kiri ke kanan, atau kanan, atau sebaliknya.

Contoh yang sangat terkenal dari jenis pola ini adalah, Tari Saman asal Aceh dan juga Tari Indang asal Sumbar.

Pola Lantai Diagonal

Pola yang ketiga ini membentuk format garis lurus dari sudut kiri bawah ke sudut kanan atas, atau dari sudut kanan bawah ke kiri atas.

Pola Garis Melengkung

Untuk pola melengkung sendiri, para penari akan membentuk formasi berkelok. Para penari akan membentuk barisan seperti angka delapan, formasi ular dan huruf U.

Kesan dalam pola melengkung ini adalah Lemah gemulai dan lembut. Contoh tari tradisional yang menggunakan pola lingkaran adalah Gerakan Tari Piring Sumatera Barat.

Pentingnya Memahami Pola Lantai pada Tari Tradisional

Bagi para penari yang sudah profesional, yang patut diacungi jempol itu sebenarnya bukan dari segi penguasaan materi atau tema tari itu saja.

Tapi juga bagaimana kemampuan mereka dalam menerapkan pola sebaik mungkin, dengan efektif dan maksimal.

karena hal ini tentu melambangkan bagaimana kerjasama serta kekompakan yang mereka ciptakan, selama penampilan berlangsung.

Selain itu, penguasaan jenis pola lantai dalam tari juga menggambarkan bahwa mereka benar-benar menguasai panggung, serta mampu mengalirkan emosional yang tinggi.

Pentingnya menguasai pola panggung seni tari selanjutnya adalah, akan mampu mengatur jarak antara satu penari dengan yang lainnya.

Tujuannya yaitu supaya tidak terjadi persinggungan badan, maupun kesalahan dalam memperagakan gerakan.

Sejak zaman dahulu, tari tradisional yang menerapkan konsep gerakan yang aktif, umumnya akan memberikan jarak antar penari.

Berbeda dengan tarian yang dilakukan secara duduk, misalnya Tari Saman yang posisinya berdempetan.

Contoh Tarian yang Menggunakan Pola

Dibawah ini adalah beberapa tarian dengan macam pola lantai tari yang dipakai :

Tari Piring adalah garis lengkung dan membentuk lingkaran.Tari Saman dengan menggunakan pola lantai garis lurus.Tari Pendet menggunakan pola lantai garis lengkung.Tari Kecak dari Bali merupakan salah satu jenis tari ritual dengan menggunakan pola lantai garis melengkung membentuk lingkaran.Tari seudati dari Aceh menggunakan pola gabungan antara pola lantai lurus, pola lantai lengkung, dan zig-zag.Tari jaipong dari Jawa Barat menggunakan pola lantai lurus dan pola lantai zig-zag.Tari Bedhaya Ketawang menggunakan pola lantai Gawang Motor Mabur (pesawat terbang).Tari Tayub dari Jawa, tari Gandrung dari Sasak, Joged Bumbung dari Bali, Gareng Lamen dari Flores, dan hampir semua tarian perang dari Papua menggunakan pola lantai garis lurus dan garis lengkung.

Penutup

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Jenis Pola Lantai dalam Tari beserta manfaat dan contoh tarian sebagai contoh. Semoga ulasan ini bisa Bermanfaat dan terima kasih. (Ref)

Baca Juga :

Related posts:

POLA LANTAI GARIS LURUS DALAM TARI

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, LANTAI, GARIS, LURUS, DALAM

Buatlah Pola Lantai Garis Lurus Dan Pola Lantai Garis Lengkung Yang Dapat Dibentuk Oleh 5 Orang - Brainly.co.id

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Buatlah, Lantai, Garis, Lurus, Lengkung, Dapat, Dibentuk, Orang, Brainly.co.id

Pengembangan Pola Lantai Garis Lurus – Kita

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Pengembangan, Lantai, Garis, Lurus

Pola Lantai Tari Saman Dan Makna Serta Penjelasannya | Silontong

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Lantai, Saman, Makna, Serta, Penjelasannya, Silontong

23 Info Populer Gambar Pola Lantai Yang Membentuk Garis Vertikal Adalah

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Populer, Gambar, Lantai, Membentuk, Garis, Vertikal, Adalah

Macam-Macam Pola Lantai Dalam Seni Tari Daerah - Sanjayaops

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Macam-Macam, Lantai, Dalam, Daerah, Sanjayaops

Materi Pembelajaran Tentang Pola Lantai

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Materi, Pembelajaran, Tentang, Lantai

Jenis-Jenis Pola Lantai Tarian - Media Pendidikan

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Jenis-Jenis, Lantai, Tarian, Media, Pendidikan

Sebutkan 3 Macam Pola Lantai Berserta Gambar Gambar? - Brainly.co.id

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Sebutkan, Macam, Lantai, Berserta, Gambar, Gambar?, Brainly.co.id

Pola Lantai Tari Interactive Worksheet

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Lantai, Interactive, Worksheet

Tari Saman Dari Aceh Gambar Pola Lantai – VisitBandaAceh.com

Pola Lantai Lurus : lantai, lurus, Saman, Gambar, Lantai, VisitBandaAceh.com