Resep Ikan Kuah Kuning

Kali ini akan memasak ikan cucut kuah kuning. Bahan dan bumbunya adalah ikan, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri, gula putih, penyedap r...Assalamu'alaikum 🙏Hay semuanya🙏 berjumpa lagi di channel [email protected] [email protected] Zewan... Hari ini Mama akan membagikan Resep Ikan Kuah Kuning//Ikan Di Mas...Pilihan resep ramadhan ke 4 dari Cosmos adalah resep ikan bumbu kuning. Memasak menggunakan oven membuat daging ikan terasa sangat lembut. Ditambah lagi kuah kuning yang nikmat. Resep ini enak dinikmati untuk sahur ataupun buka puasa. Berikut Cosmos share resepnya346 resep ikan kuah kuning asam pedas ala rumahan yang mudah dan enak dari komunitas memasak terbesar dunia! Lihat juga resep Ikan Kuah Kuning Asam Pedas enak lainnya.resep masakan ikan mujair kuah kuning simpel bahan² :minyak secukupnya5 ikan mujair1 sdm air asam Jawa1 sdm gula pasir1 sdt sasa / roycogara secuk...

Resep Ikan Kuah Kuning//Ikan Di Masak Seperti ini Enaknya

Ikan kuah kuning cocok untuk hidangan makan bersama keluarga karena cara membuatnya mudah. Selain itu, sekali bikin bisa dapat banyak. Pada resep dari Sajian Sedap berikut, kamu dapat membuat 5 porsi ikan kuah bumbu kuning. Baca juga: Serba-serbi Makanan Natal. Resep ikan kuah kuning. Bahan. 500 gram ikan tongkol, potong 5 bagian; 1 sendok tehResep ikan kuah kuning yang satu ini adalah jawaban yang tepat untuk memulai perkenalanmu dengan lebih banyak kuliner hebat dari negeri ini. Tidak disangsikan lagi kuliner Indonesia timur yang paling banyak diketahui orang biasanya berasal dari Sulawesi Selatan atau Sulawesi Utara. Seperti yang kita ketahui, kuliner Makassar, Manado, danIkan Bumbu Kuning. Masak yang enak tapi mudah dan sederhana, ada resep masakan ikan dengan bumbu kunyit alias kuning.Menu yang satu ini memang memiliki keist...Resep ikan mujair kuah kuning cocok dicoba di rumah ketika kamu bosan dengan olahan ikan goreng. Siramkan kuah kuning ke nasi hangat, lalu tambahkan potongan ikan ke nasi. Voila, kamu bakal ketagihan menyantapnya. Kuah kuning terkenal sebagai resep khas Indonesia timur dengan ikan laut sebagai isian. Kali ini, kita gunakan air tawar yaitu mujair.

Resep Ikan Kuah Kuning//Ikan Di Masak Seperti ini Enaknya

Resep Ikan Kuah Kuning - Cosmos

Iya, kamu nggak salah baca judulnya. Kali ini saya pengen berbagi resep sayur timun dan ikan patin kuah kuning. Pernikahan Beda Pulau, Menambah Pengetahuan Ragam Kuliner. Dahulu, saya juga makan timun cuma buat lalap aja, atau sudah dalam bentuk acar. Acar pun nggak pernah bikin sendiri. Makan acar karena beli mie pangsit.Mbak pagi ini aku iseng cr resep ikan kuah kuning pas nemu resep ini aku langsg k pasar cr daun kemangi,kebetlan kemarin d krm ikan dr kapal,wawww mantul rasanya, segernya pas, masakx simple.tq yambak Hallo Amy :-). Ha ha ha ..baca komennya bikin ketawa, singkat, tapi runut dan padat informasi.Resep ikan kuah kuning yang berasal dari daerah Maluku ini cukup khas dan sangat menggugah selera. Masakan ini biasanya disajikan bersama dengan papeda, makanan khas dari daerah Maluku atau Papua. Namun, jika tidak terbiasa dengan papeda, disantap dengan nasi putih hangat juga sangat enak.Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tongkol, kakap, kembung, gabus, maupun ikan kue. Pilihan ikan tergantung selera masing-masing. Berikut kami sajikan Resep Ikan Kuah Kuning beserta langkah-langkah membuatnya. Bahan-bahan: 1/2 kg ikan tongkol, bersihkan dan rendam dengan jeruk nipis dan garam; 1 buah jeruk nipis, peras; kemangi, siangiResep Ikan Jelawat Kuah Kuning. Tak terasa sudah 1tahun 8bulan tinggal ditanah Kalimantan, tepatnya di kecamatan suhaid - kabupaten kapuas hulu... Alhamdulillah dipengabdian singkat ini merasakan berbagai macam musim kemarau, air pasang, musim banyak ikan, banyak durian, musim banyak mangga,...

Resep Omelet Mie Resep Tahu Sumedang Resep Nasi Goreng Kornet Resep Daging Balado Resep Nasi Kebuli Kambing Resep Ayam Betutu Pedas Resep Sambal Matah Jawa Resep Smoothies Pisang Resep Terong Balado Resep Sempol Tanpa Ayam Resep Kuah Steamboat

Sop Ikan Nila Kuah Kuning, Caraku Mendobrak Zona Nyaman

Postingan ini adalah self appreciation karena aku berhasil memasak sop ikan nila kuah kuning. Buat yang sudah mengenalku lama, pasti tahu banget kalau aku termasuk golongan ibu yang paranoid sama dapur.Kalau dibilang nggak bisa masak, sebenarnya nggak juga. Meskipun nggak setiap hari memasak, tapi setidaknya sop buatanku masih mampu menggoyang lidah anggota keluarga. Hanya saja jika ditanya apakah aku menikmati detik demi detik berada di dapur, dengan tegas aku menjawab NO. Aku lebih memilih disuruh menulis 10 artikel daripada harus berlama-lama di dapur.

Namun karena aku sadar diri kalau jajan terus bisa bikin kantong bolong, aku pun mulai memupuk niat tulus di dalam hati untuk belajar memasak lebih giat. Salah satunya dengan mengunduh dan menginstall aplikasi cookpad.

Lumayan lah yang dulunya hanya bisa masak orak-arik telur, sop sosis, sayur bayam dan bobor kangkung, kini perlahan mulai berani bikin ayam ungkep. Aku juga beberapa kali memraktekkan bikin kue kukus, hasil dari recook resep di cookpad. Meski tak selalu tiap recook berhasil, tapi dengan karakterku yang kompetitif, aku selalu berusaha mencoba sampai berhasil.

Nah, resep terbaru yang kuintip dari cookpad adalah sop nila kuah kuning. Berawal dari kebosananku masak ayam, tempe, tahu dan telur, aku mulai memberanikan diri bereksperimen dengan ikan. Kebetulan sebelumnya aku baru saja jajan sop ikan nila dan rasanya seger mantep, pengen juga bisa bikin sendiri di rumah.

Saat belanja di Tumbasin, cuzz deh aku order ikan nila. Tanpa menunggu lama, aku memasak ikan tersebut begitu kurir mengantarnya ke rumah. Berhasilkah masakanku?

Resep Sop Ikan Nila kuah Kuning

Iih, kok teman-teman kongkow sekepo itu sih. Pasti banyak yang mengira aku gagal ya recook resepnya? Atau malah ada yang mendoakanku berhasil, biar semakin semangat masak ke depannya?

Duh, makasih banyak lo buat yang kirim doa, hihi. It means a lot to me.

Cuzz lah, tanpa berpanjang lebar lagi, aku mau bagikan dulu resep untuk bikin sop ikan nilanya. Aku ambil dari resepnya Mbak Sofy di Cookpad.

Bahan-bahan:2 ekor ikan nila ukuran sedang, tapi saat itu aku dapatnya 3 ekor nila ukuran kecil. Oh ya, biar bumbu cepat merasuk, belah menjadi 2 atau 3 bagian per ikannya. Karena ikan nila yang kudapat ukurannya kecil, jadi kubagi 2 bagian saja.1 buah jeruk nipis.1/2 sendok teh garam.1 buah wortel, kalau mau ditambah ya nggak apa-apa. Terutama kalau punya anak yang hobi makan wortel. Dipotong dadu ya biar manis.2 buah kentang. Sama kaya wortelnya, dipotong dadu juga ya. Bahan pelengkap:3 lembar daun salam2 lembar daun jeruk2 cm lengkuas yang digeprek1 batang serai, jangan lupa digeprekTopping:2 buah tomat yang dipotong dadu2 batang daun bawang, diiris tipis2 batang daun seledri, diiris tipis juga yaCabe rawit utuh sesuai selera2 sendok teh air asam jawaBerhubung waktu belanja aku lupa order daun bawang dan daun seledri, aku skip dua bahan ini. Untuk air asam jawa, aku ganti dengan memasukkan dua biji asam jawa langsung ke kuahnya. Sementara untuk cabe rawit aku nggak pakai ya, maklum masak sekalian buat anak-anak, jadi menghindari yang pedas-pedas.Bumbu halus:5 siung bawang merah3 siung bawang putih1 cm jahe2 cm kunyit1/2 sdt merica bubuk2 1/2 sendok teh gula1 1/2 sendok teh garam1 sdt kaldu jamur non MSG, atau yang mau pakai penyedap rasa favorit masing-masing ya silakan.Langkah-langkah:Pertama-tama, tentu saja cuci ikan terlebih dahulu. Lalu kucuri jeruk nipis beserta garam. Aduk rata dan diamkan. Langkah ini merupakan proses untuk menghilangkan bau amis di tubuh ikan.Ambil bahan-bahan untuk bumbu halus. Uleg atau blender hingga lembut. Kemudian tumis bumbu halus tersebut bersama bahan pelengkap. Setelah wangi, tambahkan air sesuai selera. Sebaiknya sih jangan terlalu banyak, agar rasanya tidak hambar.Saat kuah sudah mendidih, masukkan wortel dan kentang sampe setengah matang. Jangan sampai kematangan, karena bisa menghilangkan vitamin dari dalam kentang dan wortelanya. Lalu tuangkan air asam jawa.Setelah itu masukkan ikan dan masak hingga matang.Ketika air sudah meletup-letup, jangan matikan apinya dulu, masukkan bahan toppingnya agar masakan terlihat cantik dan menarik. Aduk-aduk dan lakukan tes rasa. Jika sudah sesuai selera, matikan api dan sop ikan nila bumbu kuning siap dihidangkan deh.Inilah penampakan dari sop ikan nila bikinanku. Gimana, pals.. not bad lah ya? Soal rasa juga alhamdulillah cukup enak kok.Kekurangannya cuma satu, ukuran ikan nilanya terlalu kecil, jadi kurang mantep aja rasanya. Besok-besok kalau belanja ikan lagi, pesan ke kurirnya untuk beliin yang ukuran sedang deh.

Beginilah ceritaku mendobrak zona nyaman di dunia perdapuran. Doakan agar aku semakin semangat masak ya. Aku juga turut mendoakan buat teman-teman yang senasib denganku, semoga bisa terlecut keinginan untuk belajar masak. Jangan lupa apresiasi diri sendiri saat berhasil memasak resep yang buat kita terlihat susah.

Btw, kalau teman-teman kongkow sudah pernah masak sop ikan nila kuah kuning belum? Di rumah teman-teman, resep apa nih yang jadi favorit seluruh keluarga? Happy cooking and eating, pals.

Jalan&Jajan

Resep Ikan Kuah Kuning Oleh Tatiara | Resep | Resep Ikan, Resep Masakan, Masakan Indonesia

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, Resep, Kuning, Tatiara, Ikan,, Masakan,, Masakan, Indonesia

Ikan Kuah Kuning Khas Papua ~ Resep | Tastemade

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, Kuning, Papua, Resep, Tastemade

Pallumara Bandeng( Ikan Kuah Kuning) By Endang Indyastuti Langsungenak.com

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, Pallumara, Bandeng(, Kuning), Endang, Indyastuti, Langsungenak.com

Resep Ikan Kuah Kuning | DENTIST CHEF

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, Resep, Kuning, DENTIST

Ikan Bumbu Kuning By Riza Aura Damarhati Langsungenak.com

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, Bumbu, Kuning, Damarhati, Langsungenak.com

Masakan China Ikan Kuah Kuning (Page 1) - Line.17QQ.com

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, Masakan, China, Kuning, (Page, Line.17QQ.com

Merasakan Ikan Kuah Kuning Resep Masakan Nenek Moyang - Kumparan.com

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, Merasakan, Kuning, Resep, Masakan, Nenek, Moyang, Kumparan.com

1.866 Resep Ikan Kuah Kuning Enak Dan Sederhana Ala Rumahan - Cookpad

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, 1.866, Resep, Kuning, Sederhana, Rumahan, Cookpad

Resep Ikan Kuah Kuning For Android - APK Download

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, Resep, Kuning, Android, Download

INDO KULINER RESEP: Resep Memasak Pindang Kuah Kuning Ikan Senangin

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, KULINER, RESEP:, Resep, Memasak, Pindang, Kuning, Senangin

Resep Lempah Kuning Khas Bangka | Just Try & Taste

Resep Ikan Kuah Kuning : resep, kuning, Resep, Lempah, Kuning, Bangka, Taste