Sapuan Dalam Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini dikenal luas di Indonesia, Malaysia, Brunei hingga Thailand. Kali ini, Pesona Indonesia ingin membagikan informasi lengkap mengenai Seni bela diri Pencak Silat yang wajib kalian ketahui. Penasaran? Yuk langsung saja simak baik-baik artikel ini sampai habis.NAMA = HASBI DZIL IKRAM NIM = 18086390 DOSEN PEMBIMBING : Drs. Suwirman, M.Pd SESI = KAMIS / 07:00-08:40 PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI PENDIDIKAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAANItulah beberapa teknik dasar sapuan dan guntingan dalam pertandingan pencak silat. Teknik dasar pencak silat dalam kategori tanding sangat penting agar tidak keluar dari aturan yang sudah di tetapkan oleh PB IPSI. Untuk peraturan pertandingan pencak silat akan saya bahas di tulisan selanjutnya.Gerak dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali, yang mempunyai empat aspek sebagai satu kesatuan, yaitu aspek mental spiritual, aspek bela diri, aspek olahraga, dan aspek seni budaya.Secara tradisional istilah teknik ini dapat disamakan dengan buah. Pesilat biasa menggunakan tangan, siku, lengan, kaki, lutut dan telapak kaki dalam serangan. Teknik umum termasuk tendangan, pukulan, sandungan, sapuan, mengunci, melempar, menahan, mematahkan tulang sendi, dan lain-lain. Jurus: pesilat berlatih dengan jurus-jurus. Jurus ialah rangkaian gerakan dasar untuk tubuh bagian atas dan bawah, yang digunakan sebagai panduan untuk menguasai penggunaan teknik-teknik lanjutan pencak

TEKNIK SAPUAN DALAM PENCAK SILAT - YouTube

Pembelajaran Teknik Sapuan Pencak Silat. Sapuan terdiri dari empat jenis antara lain sebagai berikut : a. Sapuan tegak, yaitu serangan menyapu kaki dengan perkenaannya telapak kaki ke arah bawah mata kaki, lintasannya dari luar ke dalam, bertujuan mematahkan. b.Yang dimaksud teknik sapuan dengan tujuan mengulur-ulur waktu ialah sapuan yang di luar jarak jangkauan serangan atau sapuan dalam jarak jangkauan serangan tetapi dilakukan dengan tidak bertenaga. Serangan bersamaan oleh kedua pesilat (apakah serangan itu sah atau tidak karena sifatnya kecelakaan) dan salah satu atau keduanya jatuh, maka jatuhan akan disahkan dengan pedoman:Terdapat 4 aspek utama dalam pencak silat, yaitu: Aspek Mental Spiritual: Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang. Para pendekar dan maha guru pencak silat zaman dahulu sering kali harus melewati tahapan semadi, tapa, atau aspek kebatinan lain untuk mencapai tingkat tertinggi keilmuannya.Dalam Pertandingan Pencak Silat untuk mendapatkan kemenangan harus dengan memperbanyak poin yang di peroleh dan ada juga pengurangan poin pertandingan

TEKNIK SAPUAN DALAM PENCAK SILAT - YouTube

Teknik Dasar Sapuan Dan Guntingan Pencak Silat - PUSAKA

A. Unsur - unsur pencak silat. Dalam pencak silat ada beberapa unsur yang dikenal yaitu: 1. Sikap dan Gerak. Pencak silat ialah sistem yang terdiri atas sikap (posisi) dan gerak-gerik (pergerakan). Ketika seorang pesilat bergerak ketika bertarung, sikap dan gerakannya berubah mengikuti perubahan posisi lawan secara berkelanjutan.Teknik Serangan Pencak Silat Adalah - Serangan adalah sikap membela diri dengan lengan atau tungkai untuk mengenai lawan. Dari 2 jenis serangan yaitu lengan dan tungkai, untuk lengan terdiri serangan siku dan lengan, sedangkan tungkai ada lutut dan kaki. Selain itu, serangan juga bisa didefinisikan sebagai usaha pembelaan dengan lengan, tangan atau tungkai kaki untuk […]Sapuan tegak, yaitu serangan menyapu kaki dengan perkenaannya telapak kaki ke arah bawah mata kaki, lintasannya dari luar ke dalam, bertujuan mematahkan. Sapuan rebah, adalah menyapu kaki dengan cara merebahkan diri bertujuan menjatuhkan, mampu dengan sapuan rebah belakang (sirkel bawah).Millones de productos. Envío gratis con Amazon Prime. Compara precios.Babak dan waktu dalam pertandingan pencak silat yaitu: 1). pertandingan pencak silat berlangsung dalam tiga babak. 2). setiiap babak terdiri dari dua menit bersih. 3). di antara babak akan diberikan waktu untuk istirahat selama satu menit. 4). waktu pada saat wasit menghentikan pertandingan tidak termasuk dalam waktu bertanding. 5).

Kurobas Cup 2015 Eng Sub Loncat Jongkok Reset Modem Indihome Subscene 2 Days 1 Night Citra Aloe Vera Jung Hye Sung Instagram Pt Keong Nusantara Abadi Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang Reproduksi Lumut Kerak Adji Bayu Cipta Baground Hijau Daun

Macam-Macam Teknik Serangan Dalam Pencak Silat Adalah

Teknik Serangan Pencak Silat Adalah – Serangan adalah sikap membela diri dengan lengan atau tungkai untuk mengenai lawan. Dari 2 jenis serangan yaitu lengan dan tungkai, untuk lengan terdiri serangan siku dan lengan, sedangkan tungkai ada lutut dan kaki.

Selain itu, serangan juga bisa didefinisikan sebagai usaha pembelaan dengan lengan, tangan atau tungkai kaki untuk mengenai sasaran.

Sedangkan pada pencak silat, serangan adalah bela diri, dimana semua anggota badan baik itu ujung rambut hingga ujung kaki bisa dipakai sebagai alat serang.

Apabila dalam hal olahraga, arti dari serangan terbagi atas serangan lengan yang disebut pukulan dan serangan tungkai yang disebut tendangan.

Tidak hanya itu, terdapat bentuk serangan lainnya seperti serangan sikuan, lututan, sapuan, kaitan dan guntingan yang masih tetap memakai lengan dan tungkai kaki.

Disamping itu, terdapat hal yang penting untuk dilakukan dalam teknik serangan yaitu sikap tangan dan kaki sebagai alat serang, sikap tubuh untuk mengontrol fisik berat badan, dan sikap kuda-kuda yang pada umumnya kuda-kuda ringan.

Ketiga unsur tersebut sebagai bahan acuan sah tidaknya mendapatkan poin dalam pertandingan atau perlombaan pencak silat. Serangan mempunyai lintasan dan bentuk sebagai ciri yang membedakan serangan yang satu itu mempunyai perbedaan dengan yang lainnya.

Daftar Isi

Teknik Serangan Dalam Pencak Silat Adalah?

Dari lintasan atau arah serangan itu maka terbentuk suatu teknik. serangan. Dalam pencak silat, pada umumnya terdapat 5 teknik serangan yang mudah bagi kita praktekkan. Adapun macam-macam teknik serangan dalam pencak silat itu adalah:

1. Teknik Serangan Lengan

Untuk teknik serangan dengan memakai lengan yang terdiri atas serangan angan dan siku yang berdasarkan arah lintasan terbagi 5 yaitu arah depan, bawah, atas dan samping. Adapun penjelasan dari berbagai teknik tersebut adalah:

Serangan dari depan terdiri atas:

Bandul adalah pukulan dengan ayunan kepalan tangan.Tebak adalah pukulan dengan menggunakan telapak tangan.Dorong adalah pukulan dengan dua telapak tangan.Sodok adalah pukulan dengan menggunakan ujung-ujung jari tangan.Tinju adalah pukulan yang dilakukan dengan mengepalkan tangan seperti menggenggam sesuatu.

Serangan tangan dari arah bawah adalah:

Sanggah ialah pukulan dengan pangkal telapak tangan.Colok/tusuk, ialah pukulan dengan ujung jari tangan.Bandul/catok, ialah pukulan dengan mengayun kepalan tangan.

Serangan tangan dari arah atas adalah:

Pedang yakni pukulan dengan sisi telapak tangan.Tebak ialah pukulan dengan telapak tangan.Tumbuk adalah pukulan dengan kepalan tangan.

Serangan tangan dari arah samping terdiri atas

Bandul ialah pukulan dengan kepalan tangan.Pedang adalah pukulan dengan sisi telapak tangan.Tampar yaitu pukulan dengan telapak tangan.Keperet adalah pukulan dengan punggung tangan.2. Teknik Serangan Siku

Serangan siku menurut arah lintasannya terdiri atas:

Siku depanSiku serongSiku belakang atasSiku bawah3. Teknik Serangan Tungkai

Menurut jarak dan posisi sasaran pada lawan, serangan tungkai terbagi 2 yaitu serangan kaki yang lazim disebut tendangan dan serangan lutut yang lazim disebut lututan.

Serangan Kaki

Berdasarkan pada bagian kaki yang mengenai sasaran dan arah lintasannya, tendangannya terbagi atas 4 macam, yaitu tendangan depan (lurus), samping (T), busur (sabit), dan belakang.

Tendangan busur ialah dengan pangkal jari/punggung kakiTendangan depan adalah dengan menggunakan pangkal jari kakiTendangan belakang yaitu dengan tumit kakiTendangan samping, adalah dengan sisi telapak kaki

Serangan Lutut

Berdasarkan arah lintasan serangnya, serangan lutut terbagi atas:

Serangan lutut bawah, yaitu lintasannya dari bawah ke atas.Serangan lutut samping, yaitu lintasannya dari samping.4. Teknik Lepasan

Teknik serangan ini adalah teknik melepaskan diri dari tangkapan lawan dengan cara menarik lepas dengan satu tangan, dua tangan, satu kaki, dan dua kaki yang dilakukan dengan cara:

Teknik lepasan dengan satu tangan,Teknik lepasan dengan dua tangan,Teknik lepasan dengan kaki,Teknik lepasan dengan dua kaki, danTeknik lepasan dengan kaki dan lengan.

Lepasan dengan satu tangan, terdiri dari: Putaran, sentakan dan tangkapan balasan. Sedangkan teknik lepasan dengan dua tangan, terdiri dari: Bantuan, serangan, bukaan. Lepasan dengan kaki dilakukan dengan cara melipat lutut kaki yang ditangkap disertai dengan tarikan lengan.

Teknik lepasan dengan dua kaki, lepasan dengan dua kaki, dilakukan dengan cara memutar badan dengan menarik kaki yang ditangkap disusul dengan tendangan belakang kaki yang lainnya.

5. Teknik Kuncian

Kuncian adalah teknik untuk menguasai lawan dengan tangkapan sempurna membuat lawan tidak berdaya yang dilakukan dengan menahan kemungkinan gerak lawan sambil mematikan tiga titik persendian anggota badan lawan. Jenis tangkapan ini dipakai dengan kuncian adalah tangkapan dengan tangan dan tungkai.

Kuncian dapat dilakukan dengan cara:Menahan kemungkinan gerak lawan.Mematikan gerak sendi dengan lipatan.Unsur tangkapan dalam kuncian dapat merupakan tangkapan tangan atau kaki.Teknik kuncian pada umumnya adalah mematikan tiga tempat/titik anggota badan lawan.

Kuncian dengan diawali tangkapan tangan dilakukan dengan cara mengangkat lengan dilanjutkan dengan lipatan ke belakang atau ke bawah. Kuncian dapat diawali menangkap kaki dilakukan dengan cara menjatuhkan lawan.

Demikianlah informasi yang berjudul Macam-Macam Teknik Serangan Dalam Pencak Silat Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Pembelajaran Serangan Pencak Silat - Permainan Bola Voli

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, Pembelajaran, Serangan, Pencak, Silat, Permainan

Teknik Tangkisan Pencak Silat - Fasrshoppe

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, Teknik, Tangkisan, Pencak, Silat, Fasrshoppe

Pencak Silat - Wikipedia

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, Pencak, Silat, Wikipedia

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MATERI PENCAK SILAT UNTUK PEMULA BERBASIS ANDROID SKRIPSI - PDF Download Gratis

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, PENGEMBANGAN, SUMBER, BELAJAR, MATERI, PENCAK, SILAT, UNTUK, PEMULA, BERBASIS, ANDROID, SKRIPSI, Download, Gratis

Macam-macam Serangan Dengan Menggunakan Kaki Pada Pencak Silat - Blog Pak Yogi

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, Macam-macam, Serangan, Dengan, Menggunakan, Pencak, Silat

Ilmu Beladiri Pencak Silat | Branch Of The World

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, Beladiri, Pencak, Silat, Branch, World

Pin De Rick Van Den Heuvel En Martial Arts

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, Heuvel, Martial

√ Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar [LENGKAP]

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, Pencak, Silat, Pengertian,, Sejarah,, Teknik, Dasar, [LENGKAP]

Macam - Macam Gerakan Elakan Dalam Pencak Silat - MaoliOka

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, Macam, Gerakan, Elakan, Dalam, Pencak, Silat, MaoliOka

7. Jelaskan Cara Melakukan Elakan Dalam Pencak Silat (Jawabannya)

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, Jelaskan, Melakukan, Elakan, Dalam, Pencak, Silat, (Jawabannya)

KETENTUAN BERTANDING LANJUTAN 1 | Terate Emas

Sapuan Dalam Pencak Silat : sapuan, dalam, pencak, silat, KETENTUAN, BERTANDING, LANJUTAN, Terate