Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut

peta di atas menunjukkan wilayah sebuah kekuasaan bercorak Hindu-Budha yang pernah ada di Indonesia pada abad ke 4-7 Masehi. kerajaan yang dimaksud adalah.... answer choices TarumanegaraPengertian, Contoh, Manfaat, Tujuan, Akulturasi Menurut Para Ahli - Istilah akulturasi atau acculturation, ataupun culture contact ialah proses dimana suatu kumpulan masyarakat dengan sebuah kebudayaannya dihadapkan dengan unsur-unsur dari sebuah kebudayaan asing dengan sedemikian rupa, sampai-sampai (dalam masa-masa yang lumayan lama) lambat-laun diterima dan diubah ke dalam kebudayaanBerikut detail informasi tentang Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut. Wisata Edukasi Di Jakarta Ke Museum...Proses masuknya pengaruh budaya India ke Indonesia, sering disebut penghinduan. Pada dasarnya istilah ini sebenarnya kurang tepat, karena disamping agama Hindu, masuk pula agama Buddha. Proses ini terjadi didahului adanya hubungan Indonesia dengan India, sebagai akibat perubahan jalur perdagangan dari jalur tengah (sutera) berganti ke jalur pelayaran rempah-rempah yang dimulai sejak abad ke-1budaya India ataupun budaya Cina ke Indonesia. Mengenai siapa yang membawa atau menyebarkan agama Hindu - Budha ke Indonesia, tidak dapat diketahui secara pasti, walaupun demikian para ahli memberikan pendapat tentang proses masuknya agama Hindu - Budha atau kebudayaan India ke Indonesia.

Pengertian, Contoh, Manfaat, Tujuan, Akulturasi Menurut

Tahukah anda kapan agama Islam datang ke Nusantara dan siapa yang membawa ajaran islam Nusantara? Sejak abad ke-7, islam sudah masuk ke Indonesia secara damai. Namun baru berkembang pada abad ke-13 sejalan dengan mundurnya kerajaan-kerajaan bercorak hindu-budha di Indonesia dan ramainya pedagang-pedangang Arab, Persia, dan Gujarat ke Indonesia.1.N.J. Krom.,op. cit., hlm.54. Van Leur menganggap pernyataan Krom tersebut sangat negatif. 2 Selanjutnya ia mengatakan bahwa kunci untuk dapat menilai dengan tepat pengaruh budaya Hindu di Indonesia adalah perkiraan perkataan yang tepat tentang arti peradapan kuno Indonesia dalam arti seluas-luasnya. 3 Pendapat ini ia ajukan karena ia melihat bahwa peneliti proses masuknya budaya India kurangProses Masuknya Agama Hindu dan Budha ke Indonesia. Indonesia sebagai negara kepulauan letaknya sangat strategis, yaitu terletak diantara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (Indonesia dan Pasifik) yang merupakan daerah persimpangan lalu lintas perdagangan dunia.Agama Hindu-Budha tentu bukanlah sesuatu yang asing bagi Anda, karena kedua agama tersebut mempengaruhi perkembangan awal sejarah di Indonesia. Agama Hindu merupakan suatu kepercayaan yang diciptakan oleh bangsa Arya yaitu bangsa pengembara dari utara yang masuk ke India melalui celah Kaibar dan menduduki lembah sungai Gangga dan Yamuna.

Pengertian, Contoh, Manfaat, Tujuan, Akulturasi Menurut

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut

Dengan masuknya ajaran Hindu-Budha di Indonesia, tidak terlepas dari masuknya pengaruh-pengaruh sastra dari India. Para penyebar ajaran Hindu-Budha membawa kitab-kitab yang menjadi rujukan, seperti Ramayan dan Mahabrata. Adanya kitab-kitab tersebut memacu semangat dari para pujangga Indonesia untuk menciptakan hal yang sama.A. Respon masyarakat Indonesia tehadap masuknya agama Hindu-Budha di Indonesia Secara umum, akulturasi diartikan sebagai proses perpaduan antara dua kebudayaan atau lebih, sehingga melahirkan bentuk kebudayaan baru. Akan tetapi, unsur-unsur penting dari masing-masing kebudayaan (baik kebudayaan lama maupun kebudayaan yang datang berikutnya) masih terlihat.Sebenarnya ada beberapa teori yang diajukan oleh para ahli mengenai siapa sebenarnya yang membawa agama Hindu dan Budha di Indonesia. Di tengah-tengah kegiatan perdagangan itulah, para pedagang tersebut menyebarkan budaya dan agama Hindu ke tengah-tengah masyarakat Indonesia. Ilmuwan yang mencetuskan teori ini adalah N.J. Krom.Dari keempat teori tersebut teori yang paling tepat dan disepakati ahli mengenai masuknya agama Hindu dan Budha di Indonesia adalah teori Brahmana, yaitu bahwa brahmana/ pendeta dari Indialah yang membawa masuk agama dan budaya Hindu-Budha ke Indonesia. Istilah pendeta juga digunakan dalam agama Budha. Adapun prosesnya sebagai berikut.Agama Hindu dan Budha yang ada di Indonesia pertama kali dibawa masuk oleh bangsa India dan Cina. Mengenai siapa yang membawa atau menyebarkan agama Hindu - Budha ke Indonesia, tidak dapat diketahui secara pasti, walaupun demikian para ahli memberikan pendapat tentang proses masuknya agama Hindu - Budha atau kebudayaan India ke Indonesia.

Lirik Lagu Dengan Apa Kan Kubalas Ucapan Natal Dan Tahun Baru 2020 Panjang Tiap Sisi Lapangan Rounders Adalah Sketsa Lapangan Basket Soal Angka Penting Soal Ips Kelas 7 Semester 2 Dan Kunci Jawaban Pilihan Ganda Contoh Soal Pengukuran Sebutkan Macam Macam Energi Listrik Apa Saja Yang Dipelajari Dalam Ilmu Fisika Penerapan Trigonometri Dalam Kehidupan Sehari Hari Jelaskan 3 Faktor Yg Mendorong Terjadinya Perdagangan Antarnegara

SEJARAH MASUKNYA HINDU BUDDHA KE INDONESIA

Masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia berawal melalui jalur perdagangan. Pada masa tersebut, Indonesia (nusantara) sering melakukan transaksi perdagangan dengan bangsa asing, terutama China dan India yang merupakan pusat Hindu-Buddha terbesar di Asia. Alhasil, terjadilah asimilasi budaya, sehingga lambat laun, para pedagang tersebut mengajarkan agama Hindu-Buddha ke Indonesia. Karena perbedaan budaya yang tidak terlalu mencolok antar bangsa Indonesia dan bangsa India, maka agama Hindu-Buddha mudah diterima tersebar luas di masyarakat.

Terdapat berbagai teori mengenai masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia. Teori masuknya Hindu Budha ke Indonesia yang dikemukakan para ahli sejarah umumnya terbagi menjadi 2 pendapat. Pendapat pertama menyebutkan bahwa dalam proses masuknya kedua agama ini, bangsa Indonesia hanya berperan pasif. Bangsa Indonesia dianggap hanya sekedar menerima budaya dan agama dari India. Ada 3 teori yang menyokong pendapat ini yaitu teori Brahmana, teori Waisya, dan teori Ksatria. Pendapat kedua menyebutkan bahwa banga Indonesia juga bersifat aktif dalam proses penerimaan agama dan kebudayaan Hindu Budha. Dua teori yang menyokong pendapat ini adalah teori arus balik dan teori Sudra.  Singkatnya, dapat dilihat dibawah :

Pendapat 1 : Bangsa Indonesia berperan pasif

Teori Brahmana Teori Waisya Teori Ksatria

Pendapat 2 : Bangsa Indonesia berperan aktif.

Teori arus Balik Teori Sudra

Berikut penjelasan dari keseluruhan teori :

Teori Brahmana oleh Jc.Van Leur

Teori Brahmana adalah teori yang menyatakan bahwa masuknya Hindu Budha ke Indonesia dibawa oleh para Brahmana atau golongan pemuka agama di India. Teori ini dilandaskan pada prasasti-prasasti peninggalan kerajaan Hindu Budha di Indonesia pada masa lampau yang hampir semuanya menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Saksekerta. Di India, aksara dan bahasa ini hanya dikuasai oleh golongan Brahmana.

Selain itu, teori masuknya Hindu Budha ke Indonesia karena peran serta golongan Brahmana juga didukung oleh kebiasaan ajaran Hindu. Seperti diketahui bahwa ajaran Hindu yang utuh dan benar hanya boleh dipahami oleh para Brahmana. Pada masa itu, hanya orang-orang golongan Brahmana-lah yang dianggap berhak menyebarkan ajaran Hindu. Para Brahmana diundang ke Nusantara oleh para kepala suku untuk menyebarkan ajarannya pada masyarakatnya yang masih memiliki kepercayaan animisme dan dinamisme.

Teori Waisya oleh NJ. Krom

Teori Waisya menyatakan bahwa terjadinya penyebaran agama Hindu Budha di Indonesia adalah berkat peran serta golongan Waisya (pedagang) yang merupakan golongan terbesar masyarakat India yang berinteraksi dengan masyarakat nusantara. Dalam teori ini, para pedagang India dianggap telah memperkenalkan kebudayaan Hindu dan Budha pada masyarakat lokal ketika mereka melakukan aktivitas perdagangan. Karena pada saat itu pelayaran sangat bergantung pada musim angin, maka dalam beberapa waktu mereka akan menetap di kepulauan Nusantara hingga angin laut yang akan membawa mereka kembali ke India berhembus. Selama menetap, para pedagang India ini juga melakukan dakwahnya pada masyarakat lokal Indonesia.

Teori Ksatria oleh C.C. Berg, Mookerji, dan J.L. Moens

Dalam teori Ksatria, penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia pada masa lalu dilakukan oleh golongan ksatria. Menurut teori masuknya Hindu Budha ke Indonesia satu ini, sejarah penyebaran Hindu Budha di kepulauan nusantara tidak bisa dilepaskan dari sejarah kebudayaan India pada periode yang sama. Seperti diketahui bahwa di awal abad ke 2 Masehi, kerajaan-kerajaan di India mengalami keruntuhan karena perebutan kekuasaan. Penguasa-penguasa dari golongan ksatria di kerajaan-kerajaan yang kalah perang pada masa itu dianggap melarikan diri ke Nusantara. Di Indonesia mereka kemudian mendirikan koloni dan kerajaan-kerajaan barunya yang bercorak Hindu dan Budha. Dalam perkembangannya, mereka pun kemudian menyebarkan ajaran dan kebudayaan kedua agama tersebut pada masyarakat lokal di nusantara.

Teori Arus Balik (Nasional) oleh F.D.K Bosch

Teori arus balik menjelaskan bahwa penyebaran Hindu Budha di Indonesia terjadi karena peran aktif masyarakat Indonesia di masa silam. Menurut Bosch, pengenalan Hindu Budha pertama kali memang dibawa oleh orang-orang India. Mereka menyebarkan ajaran ini pada segelintir orang, hingga pada akhirnya orang-orang tersebut tertarik untuk mempelajari kedua agama ini secara langsung dari negeri asalnya, India. Mereka berangkat dan menimba ilmu di sana dan sekembalinya ke Indonesia, mereka kemudian mengajarkan apa yang diperolehnya pada masyarakat Nusantara lainnya.

Teori Sudra oleh van Faber

Teori Sudra menjelaskan bahwa penyebaran agama dan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia diawali oleh para kaum sudra atau budak yang bermigrasi ke wilayah Nusantara. Mereka menetap dan menyebarkan ajaran agama mereka pada masyarakat pribumi hingga terjadilah perkembangan yang signifikan terhadap arah kepercayaan mereka yang awalnya animisme dan dinamisme menjadi percaya pada ajaran Hindu dan Budha. Nah, demikianlah beberapa teori masuknya Hindu Budha ke Indonesia beserta bukti-bukti sejarahnya. Dari kelima teori tersebut, teori Brahmana yang dikemukakan oleh Jc.Van Leur dianggap sebagai teori terkuat karena ditunjang oleh bukti-bukti yang nyata.

Yang manapun teorinya, budaya Hindu-Buddha sangat berpengaruh pada bangsa Indonesia. Mereka meninggalkan berbagai macam peninggalan serta jejak-jejak bukti adanya Hindu-Buddha.

Berikut ini gambar berbagai macam kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia :

Share this:Like this:Like Loading...

Tugas I Hindu Budha

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, Tugas, Hindu, Budha

Tolong Jawab Ini - Brainly.co.id

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, Tolong, Jawab, Brainly.co.id

Tugas I Hindu Budha

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, Tugas, Hindu, Budha

1. Smk Klas X Smster 2 ~ Pedagang, Penguasa Dan Pujangga Pada Masa K…

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, Smster, Pedagang,, Penguasa, Pujangga

MAKALAH SEJARAH

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, MAKALAH, SEJARAH

1. Smk Klas X Smster 2 ~ Pedagang, Penguasa Dan Pujangga Pada Masa K…

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, Smster, Pedagang,, Penguasa, Pujangga

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut - Coba Sebutkan

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, Siapa, Membawa, Budaya, Hindu, Budha, Tersebut, Sebutkan

MASUKNYA HINDU-BUDHA KE INDONESIA A

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, MASUKNYA, HINDU-BUDHA, INDONESIA

Top PDF Kebudayaan Hindu Budha

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, Kebudayaan, Hindu, Budha

DOC) Agama Hindu | Rian Panji Pangestu - Academia.edu

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, Agama, Hindu, Panji, Pangestu, Academia.edu

Sejarah Perkembangan Hindu Budha Di Indonesia

Siapa Yang Membawa Budaya Hindu Budha Tersebut : siapa, membawa, budaya, hindu, budha, tersebut, Sejarah, Perkembangan, Hindu, Budha, Indonesia