Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket

2. Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah ….Teknik mengoper bola basket jarak dekat adalah teknik chest pass. Perbasi ( 1999, hlm 52 ) menyatakan bahwa chest pass adalah operan yang sering dipakai dalam permainan. Operan ini dipakai untuk jarak pendek dengan jarak 5 hingga 7 meter. Dengan operan ini akan menghasilkan kecepatan, ketepatan, serta kecermatan di dalam mengoper bola.Teknik Passing merupakan teknik dasar permainan bola basket yang harus kamu kuasai betul agar bisa bermain secara kolektif. Teknik passing / mengumpan merupakan gerakan melempar bola kepada teman yang masih dalam satu tim.Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah teknik chest pass. Chest pass adalah teknik mengoper bola dari depan dada. Jenis operan ini paling sering digunakan dalam pertandingan bola basket jika pemain sedang dalam keadaan bebas.Ada beberapa teknik dasar dalam olahraga bola basket yakni: passing dan catching,dribbling, shooting, pivot, jump stop,dan rebound. Seorang pemain dalam usia dini atau dari pemula, mereka harus kuat dalam segi teknik dasar.

Bola Basket │ Teknik Melempar / Mengoper Bola Basket

Teknik dasar bola basket yang pertama kali kamu harus pelajari jika ingin bermain basket adalah passing dan catching. Passing adalah teknik dasar bola basket di mana seseorang memberikan bola (mengoper dan mengumpan) kepada teman satu regu. Sedangkan catching adalah menerima dari bola dari teman satu regu.Chest pass adalah gerakan passing atau mengoper bola kepada rekan satu tim, yang dilakukan dengan cara mengangkat bola didepan dada lalu mendorong bola dengan kuat. Jenis operan ini merupakan jenis passing yang sangat cocok dan efektif dilakukan ketika tidak ada lawan yang menghalangi diantara pengoper/ pemberi bola dan penerima bola karena passing yang dilakukan sangat cepat dan tepat sasaran.Mengoper bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket. Teknik mengoper bola dalam permainan bola basket terdiri dari beberapa macam, salah satunya adalah teknik overhead pass. Teknik overhead pass adalah gerakan memberikan bola dari atas kepala dengan kedua tangan. Berikut adalah cara melakuka teknik overhead pass.Back pass yang juga merupakan teknik mengoper bola basket dilakukan dengan hanya memakai satu tangan dari balik punggung. Operan ini biasanya dipakai saat akan menyerang dan supaya bisa menerobos pertahanan lawan dengan cepat. Back pass ini akan dilakukan secara akurat apabila orang yang mengoper bola jaraknya berdekatan dengan penerima bola.

Bola Basket │ Teknik Melempar / Mengoper Bola Basket

Teknik Dasar bermain bola basket - UKM Basket

Teknik mengumpan atau mengoper bola menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki dalam permainan sepak bola. Dijelaskan awalan mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki. Dijelaskan gerakan mengumpan atau mengoper bola menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki. Dijelaskan akhiran mengumpan atau mengoper bola menggunakan kaki bagian dalam, luarTeknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat pada permainan bola basket adalah...Teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket adalah Baseball Pass. Salah satu tangan ditempatkan pada bagian belakang bola atau juga bisa menggunakan kedua tangan dan baru melepaskan bola. Dengan operan ini akan menghasilkan kecepatan ketepatan serta kecermatan di dalam mengoper bola.Teknik mengoper bola basket jarak dekat adalah teknik chest pass. Perbasi (1999, hlm 52) menyatakan bahwa " chest pass merupakan operan yang sering digunakan dalam permainan". Operan ini digunakan untuk jarak pendek dengan jarak 5 sampai 7 meter. Dengan operan ini akan menghasilkan kecepaan, ketepatan, dan kecermatan di dalam mengoper bola.teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah …

Teknik Membuat Anyaman Teknik Pembuatan Karya Disesuaikan Dengan Teknik Permainan Tenis Lapangan Teknik Dasar Permainan Bola Kasti Teknik Pengolahan Yang Sering Diterapkan Pada Pengolahan Hasil Samping Serealia Dan Umbi Adalah Berikut Ini Merupakan Teknik Memasak Dengan Pemanasan Kering, Kecuali Teknik Dasar Bermain Billiard Teknik Pengolahan Makanan Panas Kering Adalah Menggambar Dengan Teknik Basah Menggunakan Media Teknik Lompat Jauh Gaya Menggantung Teknik Start Jongkok

13 Cara Mengoper Bola Basket Lengkap Beserta Gambarnya

Dalam olahraga basket, teknik bermain menjadi hal yang harus dikuasai dengan baik tidak sekedar hanya memasukkan bola ke dalam ring lawan, peraturan permainan bola basket dan posisi pemain basket saja. Teknik mengoper bola menjadi salah satu teknik dasar bola basket selain cara memegang bola dan juga mendrible bola basket. Berdasarkan peraturan permainan bola basket, teknik mengoper bola harus dilakukan dengan tepat seperti beberapa teknik yang akan kami ulas dengan lengkap berikut ini.

Chest Pass/Operan Dada

Cara mengoper bola basket yang pertama adalah chest pass atau operan dada. Bola dipegang memakai kedua tangan di depan dada dengan ujung jari tangan. Ibu jari letaknya harus berada di belakang bola yakni dekat dengan dada. Sementara untuk posisi kaki adalah triple threat yakni dengan menumpu berat badan pada kaki belakang. Dari posisi ini, berat badan dipindahkan ke depan sambil melangkah untuk melakukan operan dada ini.

Saat melakukan tolakan mengoper bola, pastikan untuk meluruskan dulu tangan sekaligus ibu jari diputar ke arah bawah, jadi posisi tangan menjadi lurus dan diakhiri dengan hentakan pergelangan tangan atau snap. Pandangan mata diarahkan ke bola yang akan dioper dan arah bola harus lurus ke depan.

Bounce Pass/Operan Pantul

Bounce pass adalah cara mengoper bola basket kedua yang berbeda dengan cara pertama. Salah satu tangan ditempatkan pada bagian belakang bola atau juga bisa menggunakan kedua tangan dan baru melepaskan bola. Bola harus menyentuh lantai sekitar dua pertiga dari jarak penerima bola sehingga akan ditangkap saat pantulan bola sudah setinggi pinggang.

Jika bola dipantulkan terlalu dekat pada diri sendiri, maka bola akan melambung tinggi serta lambat sehingga mudah direbut oleh lawan. Lambungan bounce pass ini harus sedekat mungkin dengan penerima bola supaya sulit direbut oleh lawan.

Baseball Pass/Operan Baseball

Setelah memahami semua teknik dasar bermain bola basket, maka anda bisa mulai mengembangkan beberapa teknik passing yang lebih bervariasi. Baseball pass atau operan baseball dilakukan dengan satu tangan untuk mempermudah dalam mengoper atau passing jarak jauh. Operan ini dimulai dengan posisi siap dimana salah satu kaki agak mengarah ke depan dan bola dipegang dengan satu tangan.

Untuk awalnya, bola tetap dipegang dengan kedua tangan dan saat berat badan berpindah ke belakang bola atau diarahkan dari kedua tangan tepat di belakang bahu, maka bola akan dipegang dengan satu tangan dan kemudian dilempar. Saat akan melakukan operan, tangan yang akan mengoper bola diayunkan keatas dan bola dilepaskan saat tangan sudah lurus ke depan.

Over Head Pass/Operan di Atas Kepala

Cara mengoper bola basket over head pass diawali dengan posisi tubuh yang seimbang dan bola dipegang diatas kepala dengan siku mengarah kedalam membentuk sudut 90 derajat. Bola tidak dibawa hingga ke bagian belakang kepala sebab posisi ini akan menyulitkan mengoper bola dengan cepat dan lebih mudah diambil oleh lawan.

Kaki dilangkahkan ke depan sasaran sambil mengumpulkan kekuatan dengan cara bertumpu pada kaki. Selanjutnya, operan dilakukan dengan cepat seperti gerakan menghentak dengan jari mengarah pada target dan telapak tangan menghadap ke bawah.

Back Pass/Operan Belakang

Back pass yang juga merupakan teknik mengoper bola basket dilakukan dengan hanya memakai satu tangan dari balik punggung. Operan ini biasanya dipakai saat akan menyerang dan supaya bisa menerobos pertahanan lawan dengan cepat.

Back pass ini akan dilakukan secara akurat apabila orang yang mengoper bola jaraknya berdekatan dengan penerima bola. Jadi bila kawan satu tim berada agak jauh, risiko operan gagal dengan cara ini akan lebih besar nantinya.

1 Step and Left Hip Pass

Operan bola ini dilakukan dengan cara melangkahkan kaki kiri di mana kaki kanan harus kanan harus difokuskan kuat karena digunakan sebagai poros. Operan diawali dengan memegang bola memakai kedua tangan di depan dada.

Setelah itu, kaki kiri dilangkahkan ke samping atau ke depan sambil melakukan tolakan memakai kaki kanan dan kekuatan pinggul. Belum selesai, lanjutkan gerakana dengan melemparkan bola memakai satu tangan ke penerima bola.

Wrap Around Pass

Dalam cara mengoper bola ini, satu kaki dilangkahkan berbagai arah sekitar untuk mencari posisi teman yang sedang kosong sementara salah satu kaki tetap berada di satu posisi sebagai porosnya. Setelah itu, bola dioper memakai satu tangan yang bisa dilakukan dengan cara mengoper di udara atau mengoper bola dengan pantulan. Contoh dari gambar di samping adalah ketika operan dilakukan di udara, namun harus memastikan lebih dulu posisi teman satu tim agar operan yang dilakukan berakhir akurat.

Dribble Pass

Cara berikutnya adalah dribble pass yang merupakan teknik mengoper bola cepat dengan satu tangan sesudah mendribble bola. Operan ini bisa dilakukan dengan cara operan udara atau oprean pantulan.

Pick and Roll Pass

Operan ini dilakukan saat ada beberapa lawan terdekat dengan anda. Jika anda mendribble bola ke arah kanan, maka target operan bola harus berada di kiri dan operan dilakukan dengan melewati kepala dimana penerima bola umumnya sudah berada dekat dengan ring.

Operan ini dilakukan untuk melindungi bola dari lawan yang berada di dekatnya. Latihan mengoper dengan cara ini ada pada level yang lebih tinggi dan tentunya harus dilakukan dengan hati-hati agar lebih akurat.

Flick Pass

Flick pass merupakan cara mengoper bola basket yang dilakukan saat anda berada sangat dekat denga lawan atau guard. Operan dilakukan dengan melangkah ke arah samping dan posisi lawan sementara bola berada di pinggang yang dipegang dengan kedua tangan agar tidak bisa dijangkau oleh lawan.

Dari posisi ini, bola akan dioper dengan cara menghentakkan pergelangan tangan ke penerima bola. Agar operan ini bisa dilakukan dengan baik, maka anda juga harus belajar cara meningkatkan kemampuan tembakan bebas pada bola basket.

Fake Pass

Fake pass merupakan cara mengoper bola tingkat mahir yang dilakukan untuk pertahanan. Fake pass ini bisa dilakukan dengan satu arah kemudian mengoper bola ke penerima bola. Dalam cara mengoper bola ini, pandangan mata diarahkan berlawanan dari arah anda akan melemparkan bola yang akan mengecoh lawan.

Dengan cara operan ini otomatis lawan tak akan dapat mendeteksi atau sulit untuk memprediksi operan kita. Namun, pastikan bahwa operan bisa berakhir sempurna dan sampai pada penerima yang kita targetkan.

Alley Oop Pass

Ini merupakan jenis mengoper bola yang biasanya diakhirnya dengan tembakan dunk penerima bola. Cara mengoper bola ini membutuhkan kerja sama yang baik antara pengoper dan penerima bola seperti tanda atau kontak mata.

Bola dilemparkan ke penerima bola dengan cara memantulkan bola sekencang dan setinggi mungkin mendekati ring. Bukan untuk dimasukkan ke ring, melainkan nantinya sudah ada teman yang siap untuk menerima operan dari lambungan tinggi bola tersebut.

Push Pass

Operan bola ini biasanya dilakukan dengan cara memegang bola serendah mungkin mendekati lantai agar tidak mudah direbut dengan lawan dan pelanggaran dalam bola basket akan dialami lawan apabila merebut bola yang dilakukan salah. Bola dipegang dekat dengan dada dengan jari jari tangan yang terbuka lebar dan ibu jari dibagian belakang bola dekat dada. Kekuatan operan bola dihasilkan dari pergelangan tangan, siku dan juga jari sambil mendorong kaki anda. Selanjutnya, bola akan dioper lurus ke depan sehingga bola setinggi pinggang atau bahu penerima bola.

Demikian beberapa cara mengoper bola basket yang umumnya sering dilakukan para pemain bola basket baik tingkat pemula ataupun mahir. Untuk melakukan operan bola yang baik, maka berlatih sangat penting dilakukan secara teratur supaya operan bola bisa sempurna dan tidak mudah dicuri oleh lawan.

Dokumen.tips Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Dekat Dalam Permainan Bola Basket

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Dokumen.tips, Teknik, Digunakan, Mengoper, Jarak, Dekat, Dalam, Permainan, Basket

Dokumen.tips_teknik-yang-digunakan-mengoper-bola-jarak-dekat-dalam-permainan -bola-basket.docx

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Dokumen.tips_teknik-yang-digunakan-mengoper-bola-jarak-dekat-dalam-permainan, -bola-basket.docx

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dinamakan - Guru Galeri

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Teknik, Digunakan, Mengoper, Jarak, Dinamakan, Galeri

Soal Basket

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Basket

Teknik Mengoper Bola Jarak Dekat Dalam Permainan Bola Basket Yaitu - Berbagai Permainan

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Teknik, Mengoper, Jarak, Dekat, Dalam, Permainan, Basket, Yaitu, Berbagai

Mengoper Bola Jarak Dekat Dalam Basket Disebut - Sebutkan Itu

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Mengoper, Jarak, Dekat, Dalam, Basket, Disebut, Sebutkan

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Dekat.docx - Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Dekat Permainan Bola Basket Merupakan Salah Satu | Course Hero

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Teknik, Digunakan, Mengoper, Jarak, Dekat.docx, Dekat, Permainan, Basket, Merupakan, Salah, Course

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Pada Permainan Bola Basket Adalah – Nasi

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Teknik, Digunakan, Mengoper, Jarak, Permainan, Basket, Adalah

Mengoper Bola Jarak Dekat Dalam Permainan Bola Basket - Berbagai Permainan

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Mengoper, Jarak, Dekat, Dalam, Permainan, Basket, Berbagai

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Pada Permainan Bola Basket Adalah – Edukasi.Lif.co.id

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Teknik, Digunakan, Mengoper, Jarak, Permainan, Basket, Adalah, Edukasi.Lif.co.id

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket Adalah – Edukasi.Lif.co.id

Teknik Yang Digunakan Mengoper Bola Jarak Jauh Dalam Permainan Bola Basket : teknik, digunakan, mengoper, jarak, dalam, permainan, basket, Teknik, Digunakan, Mengoper, Jarak, Dalam, Permainan, Basket, Adalah, Edukasi.Lif.co.id