Ciri Topologi Star

Topologi Ring : Gambar, Contoh, Ciri, Kelebihan & Kekurangan - Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Topologi Ring yang dimana dalam hal ini meliputi Pengertian Topologi Ring, Ciri Topologi Ring, Kelebihan Topologi Ring, Kekurangan Topologi Ring dan Contoh Topologi Ring, nah agar lebih dapat memahami dan mengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.A. Ciri Ciri Topologi Star. Ciri Ciri Topologi Star Atau karakteristik sebagai berikut : Tiap-tiap host atau komputer di jaringan ini tersambung melalui satu buah alat konsentrator. Pada jaringan berkabel, konsentrator tersebut adalah switch atau hub. Sedangkan pada jaringan nirkabel, yang berperan sebagai konsentrator adalah access point.Topologi Star atau dapat juga disebut sebagai Topologi Bintang merupakan salah satu jenis dari Topologi Jaringan yang menggunakan metode konvergensi, yaitu dari node pusat menuju ke node dari masing-masing pengguna sehingga membentuk seperti bintang.Ciri-Ciri dan Karakteristik Topologi Star Mengacu pada penjelasan pengertian topologi star (bintang) di atas, kita dapat mengenali konfigurasi ini dengan melihat karakteristiknya.Ciri-ciri Topologi Star Bahkan kita dapat mengenali karakteristik topologi bintang, ketika komputer host memiliki kabel yang terhubung ke perangkat hub, sebuah repeater multipoint beralih melalui sistem point to point. Secara umum, topologi star digunakan di kantor atau agen rumah. Metode ini sering menggunakan UTP atau kabel tipe twisted pair.

Pengertian Dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer LENGKAP

Ciri-Ciri Topologi Star 1. Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (HUB) 2. Bila setiap paket data yang masuk ke consentrator (HUB) kemudian di broadcast keseluruh node yang terhubung sangat banyak (misalnya memakai hub 32 port), maka kinerja jaringan akan semakin turun. 3.Pada artikel ini, akan dibahas topologi star secara lebih khusus, mulai dari pengertian topologi star, ciri-ciri, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangan dari jenis topologi jaringan ini. Simak artikel ini lebih lanjut.Topologi star dapat kita kenali dengan cara melihat karakteristik dan ciri-ciri pada jaringan tersebut. Pada topologi ini, setipa node/client memiliki kabel jaringan masing-masing yang terkoneksi langsung pada node pusat/tengah seperti hub, switch, multipoint repeater dan lain sebagainya melalui sistem point-to-point.Ciri-ciri topologi jaringan star adalah setiap node terkoneksi langsung dengan server pusat, aliran data mengalir dari node kemudian ke server pusat lalu diarahkan ke node yang dituju. Jika ada kerusakan pada salah satu node, keseluruhan jaringan akan tetap baik-baik saja. Topologi jaringan star juga bisa dirakit dengan kabel lower karena hanya melayani satu lalu lintas, yakni ke arah pusat

Pengertian Dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer LENGKAP

Topologi Star - Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Dan Cara

C. Karakteristik Topologi Star. Karakteristik atau ciri utama dari topologi star adalah adanya hub atau switch yang menghubungkan setiap server dan komputer klien. Hub atau switch yang berada di tengah jaringan ini membuat topologi ini akan berbentuk seperti bintang, oleh karena itu sistem jaringan ini disebut sebagai topologi star.Ciri-Ciri Topologi Star Kita dapat mengenali topologi star dengan melihat karakteristiknya. Pada topologi star, setiap komputer host memiliki kabel tersendiri yang terkoneksi langsung dengan perangkat pusat hub, switch, multipoint repeater, atau bahkan Multistation Access Unit (MAU) melalui sistem point-to-point.Cara Kerja, Karakteristik, Fungsi, Ciri Ciri, Pengertian Topologi Star Menurut Para Ahli Apa saja yang kalian ketahui seputar topologi Star?, mungkin banyak sekali Warnet, Perusahaan, Sekolah, maupun lembaga-lembaga perusahaan lainnya yang menggunakan topologi jaringan macam Star untuk mengkaitkannya. Pada kans kali ini aku akan mendiskusikan mengenai Apa itu Topologi Star?, BagaimanaYang menjadi ciri atau karakteristik utama dari topologi star adalah adanya penggunaan switch atau hub yang menghubungkan setiap server dengan komputer client. Karena letak hub yang berada di tengah - tengah jaringan, membuat topologi ini berbentuk menyerupai bintang, oleh sebab itulah jaringan ini disebut sebagai topologi star.Dalam topologi jaringan itu sendiri terbagi atas beberapa macam yaitu, topologi ring, star, bus, tree, dan mesh. Dari setiap topologi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri yang tidak sama. Maka dari itulah, sebelum Anda menentukan akan menggunakan topologi jaringan yang mana, sebaiknya kenali macam-macamnya dulu.

Ciri-ciri Perjuangan Bangsa Indonesia Sebelum Tahun 1908 Ciri2 Kenari Jantan Ciri Ciri Tumbuhan Hidrofit Ciri Syair Ciri Ciri Tumbuhan Biji Ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Ciri Ciri Geguritan Salah Satu Ciri-ciri Ciri Ciri Murai Lampung Jantan Ciri Ciri Bumn Berbentuk Persero Ciri Ciri Seni Rupa Dua Dimensi

Topologi Star

Topologi Star – Seperti halnya dengan jenis topologi yang lainnya, Topologi Bintang atau star saling terhubung satu sama lain melalui sebuah perangkat yang disebut sebagai switch ataupun hub.

Apa itu Switch? Switch merupakan sebuah media yang berfungsi untuk menerima sekaligus meneruskan sinyal yang dikirimkan dari komputer yang satu ke komputer lainnya.

Sedangkan, untuk media transmisinya Topologi ini memakai kabel UTP yang sudah di rancang sekaligus dilengkapi dengan sebuah konektor yang bernama RJ 45. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak penjabaran mengenai Topologi Star dibawah ini.

Daftar Isi :

Topologi Star Adalah?

Topologi Star atau dapat juga disebut sebagai Topologi Bintang merupakan salah satu jenis dari Topologi Jaringan yang menggunakan metode konvergensi, yaitu dari node pusat menuju ke node dari masing-masing pengguna sehingga membentuk seperti bintang.

Jenis dari topologi ini sering diterapkan pada perusahaan-perusahaan yang menganut sistem alur dari koordinasi terpusat. Hal ini tentunya bertujuan agar seluruh data yang dikirimkan disaring terlebih dahulu melalui server pusat, kemudian dikirimkan menuju ke node lain.

Pada saat menerapkan topologi bintang, sering dikatakan bahwa pembuatan dari sistem topologi jaringan ini membutuhkan biaya yang tidak banyak atau menengah.

Karakteristik Dari Topologi Star

Untuk membedakannya dengan jenis Topologi Jaringan yang lainnya, Topologi Star memiliki karakteristiknya tersendiri, yaitu sebagai berikut :

Setiap node akan berkomunikasi secara langsung atau direct dengan node pusatnya. Lalu lintas data mengikuti aliran dari node ke node pusat dan kembali lagi.Pengembangannya sangat mudah karena setiap node hanya memiliki satu kabel saja yang terhubung langsung kepada node pusat.Jika terdapat salah satu node yang rusak, maka hanya node itu saja yang terganggu sementara, sedangkan node yang lain tidak terganggu.Kabel yang memiliki ukuran lebih rendah tetap dapat digunakan karena cukup untuk simpul lalu lintas dan sering menggunakan kabel UTP.Jenis kabel yang digunakan adalah jenis kabel UTP dan juga Konektor RJ 45.Apabila setiap paket data yang masuk ke dalam hub dan kemudian didistribusikan ke node yang sangat banyak, maka kinerja dari jaringan akan melemah atau menurun.

Fungsi Dari Star Topology

Secara umum, Topologi Star memiliki fungsinya tersendiri dan berbeda dari topologi jaringan yang lainnya, yaitu :

Sebagai media yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya dengan menggunakan suatu jaringan komputer saja, baik itu dipakai sebagai server ataupun sebagai client.Sebagai media untuk menghubungkan perangkat keras dari komponen jaringan lainnya, seperti access point, modem, router, serta perangkat keras jenis lainnya.

Baca Juga :Pengertian Osi LayerSurat ElektronikPengertian Komputer

Cara Kerja Dari Star Topology

Di bawah ini terdapat langkah-langkah dari cara kerja Topologi Star, yaitu sebagai berikut :

Hub yang sudah terhubung dengan server dari penyedia paket data harus siap untuk dijadikan sebagai pusat dari jaringan komputer.Selanjutnya, pasangkan kabel pada port hub atau switch yang dijadikan sebagai pusatnya.Apabila, setiap kabel sudah dipasang dengan benar, sambungkan kabel tersebut kepada komputer yang dijadikan sebagai klien ataupun pengguna.Dengan begitu, maka setiap pengguna atau klien akan memperoleh data yang sama dengan apa yang dimiliki oleh server sebagai pusat serta sebagai sumber dari paket data.Jika Anda ingin menggunakan topologi bintang untuk membuat jaringan komputer, setiap komputer yang digunakan sebagai klien harus memiliki kabel. Artinya, jika Anda memiliki 50 unit komputer klien atau pengguna, 50 unit kabel diperlukan agar jaringan dari topologi bintang berfungsi dengan baik dan optimal di setiap komputer pengguna.Saat mengirim data antar perangkat, maka data tersebut akan melewati hub atau switch terlebih dahulu baru kemudian diteruskan kembali ke perangkat yang akan dituju.

Keuntungan dan Kelemahan Dari Star Topology

Sama seperti Topologi Jaringan jenis yang lainnya, Star Topology juga terdapat kelebihan dan kekurangannya, yaitu sebagai berikut :

Keuntungan Dari Star Topology Topologi ini bisa digunakan di beberapa server komputer dan juga client.Sangat mudah untuk melakukan maintenance terhadap komputer yang rusak.Speed transfer data di dalam jaringan komputer sama besar.Topologi ini bisa menggunakan berbagai jenis kabel, salah satunya adalah kabel UTP.Tingkat keamanan pada jaringan ini sangat tinggi.Sangat mudah untuk melakukan operasi jaringan.Sangat mudah jika ingin menambah komputer user dan juga client.Kekurangan Dari Star Topology Dalam pembuatannya sangat membutuhkan banyak kabel.Sebagai perangkat keras yang memiliki peran utama maka switch ataupun hub memerlukan perhatian ekstra.Apabila terdapat lalu lintas yang sedang padat, maka akan mengurangi speed dalam mengirimkan data serta mengurangi kualitas dari jaringan komputer. Membutuhkan biaya yang lebih banyak ketika akan membuat Topologi Star.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Topologi Star?

Topologi Star atau dapat juga disebut sebagai Topologi Bintang merupakan salah satu jenis dari Topologi Jaringan yang menggunakan metode konvergensi.

Ciri utama dari Topologi Star adalah?

Pada Topologi Star terdapat ciri utama yang membedakannya dengan jenis topologi jaringan lainnya yaitu adanya hub atau switch yang menghubungkan setiap komputer server dengan client.

Topologi Star biasanya diterapkan di?

1. Sekolah2. Kantor3. Warnet4. Perusahaan

Demikianlah ulasan yang dapat Rumus.co.id berikan dalam pembahasan kali ini, semoga menjadi wawasan baru bagi para pembaca.

Share this:Related posts:

Macam-Macam Jaringan Ko

Ciri Topologi Star : topologi, Macam-Macam, Jaringan

Topologi Jaringan Komputer Dan Ciri Kelebihan Jenis Topologi Jaringan Par Client - Fichier PDF

Ciri Topologi Star : topologi, Topologi, Jaringan, Komputer, Kelebihan, Jenis, Client, Fichier

Topologi Star

Ciri Topologi Star : topologi, Topologi

DOC) TOPOLOGI STAR.docx | Warnet Mpc - Academia.edu

Ciri Topologi Star : topologi, TOPOLOGI, STAR.docx, Warnet, Academia.edu

Topologi Star

Ciri Topologi Star : topologi, Topologi

1. Ciri-ciri Jaringan Komputer Adalah Sebagai Berikut Ini, Kecuali.... A

Ciri Topologi Star : topologi, Ciri-ciri, Jaringan, Komputer, Adalah, Sebagai, Berikut, Kecuali....

Topologi Jaringan

Ciri Topologi Star : topologi, Topologi, Jaringan

Pengertian Topologi Jaringan Star

Ciri Topologi Star : topologi, Pengertian, Topologi, Jaringan

Skema Topologi Star - RESKY NOVALIA ~ BLC TELKOM

Ciri Topologi Star : topologi, Skema, Topologi, RESKY, NOVALIA, TELKOM

Jaringan Hybrid

Ciri Topologi Star : topologi, Jaringan, Hybrid

DOC) PENGAPLIKASIAN TOPOLOGI STAR | Apriansyah Pratama - Academia.edu

Ciri Topologi Star : topologi, PENGAPLIKASIAN, TOPOLOGI, Apriansyah, Pratama, Academia.edu