Pertanyaan Tentang Magnet

FAQ: Banyak pelanggan biasanya memiliki beberapa pertanyaan tentang magnet permanen kami sebelum penyelidikan atau perintah. Kami ingin daftar beberapa pertanyaan yang sering diajukan & jawaban di bawah ini, harap informasi ini akan sangat bergunaBuatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang magnet. Tukarkan pertanyaan yang kamu buat dengan salah seorang temanmu. Minta teman tersebut menjawab pertanyaan yang kamu buat. Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan magnet yang telah disediakan oleh gurumu.Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku. Creativity and Innovation Kemudian, siswa menuliskan apa saja yang mereka ketahui tentang magnet. Siswa menuliskan jenis-jenis magnet.Melalui motivasi dari guru, Peserta didik dengan pendampingan orang tua mengajukan pertanyaan tentang materi macam-macam magnet Guru membahas beberapa pertanyaan yang diajukan oleh siswa secara acak Guru mengirimkan Voice Note memberikan materi tentang posisi dan peranan Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEANRumus.co.id - Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai medan magnet mulai dari rumus, pengertian, materi lengkap, contoh soal.

Buku Siswa Kelas 6 Tema 5 Revisi 2018 - 123dok.com

link Guru Best Wallpaper Ideas website. Search anything about Wallpaper Ideas in this website.Berikut kunci jawaban Tema 5 Kelas 6 halaman 8:. Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, jawab pertanyaan berikut. Apa yang kamu ketahui tentang magnet? Jawaban: Magnet adalah suatu benda yang dapat menarik benda logam di sekitarnya karena memiliki medan magnet. Setiap magnet pasti memiliki 2 kutub yaitu kutub selatan dan utara.Anak kecil yang sedang belajar bahasa Inggris harus sering dilatih kemampuan berbicara mereka dalam bahasa Inggris. Ada beberapa cara untuk melatihnya, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas tanya jawab dalam bahasa Inggris bersama mereka. Ada beberapa pertanyaan dan contoh jawaban dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas macam ini.TRIBUNPADANG.COM - Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang magnet. Pertanyaan tersebut merupakan soal Tema 5 Kelas 6 SD/MI halaman 6 sampai 7, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.. Halaman 6 - 7 tersebut merupakan materi Pembelajaran 1, Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan, Tema 5 Wirausaha.

Buku Siswa Kelas 6 Tema 5 Revisi 2018 - 123dok.com

(DOC) 10.5. RPP K6 Tema 5 Revisi 2018 kunci.doc | Mr Odin

Bank Soal IPA Tentang Magnet dan Kelistrikan Kelas 4, 5, dan 6 SD/MI 1. Benda-benda apa saja di rumahmu yang bisa ditarik magnet dan benda-benda yang tidak bisa ditarik magnet? 2. Menarik yah ada kereta yang bisa melayang seperti kereta magnet Maglev. Dan ternyata, kita juga bisa membuat pensil melayang!1. Siswa mengamati video tentang induksi magnet pada kawat lurus berarus dan kawat melingkar berarus dengan seksama. Menanya Guru Membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan demonstrasi yang telah dilaksanakan misalnya: 1.Pertanyaan Tentang Listrik - Listrik ada di sekitar kita ke mana pun kita pergi dan secara harfiah memberi kekuatan pada dunia modern kita saat ini. Meskipun sebagian besar orang menggunakan listrik setiap hari dan tidak bisa membayangkan hidup tanpanya, banyak orang tidak tahu persis apa itu listrik atau bagaimana listrik bekerja.Sebelum anda membaca lebih jauh lagi tentang soal IPA tentang gaya magnet, sebaiknya anda mempersiapkan beberapa materi tentang gaya magnet untuk menjawab pertanyaan tentang gaya magnet. Materi tersebut antara lain : pengertian magnet, sifat magnet, bentuk magnet, dan jenis magnet. Materi tentang gaya magnet tersebut dapat anda jumpai pada mataContoh Gaya Lorentz: Rumus, Pengertian, Menentukan Arah dan Faktor - Lorentz adalah nama dari sebuah gaya dalam fisika modern yang diambil dari nama belakang

P3k Pingsan Line Lets Get Rich Jepang Kicau Kenari Master Tujuan Melukis Ide Pokok Yaitu Memperlancar Peredaran Darah Naskah Ludruk Jawa Timur Bangun Ruang Limas Segi Empat Asking And Giving Opinion Exercise Https //puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ 2019 Pernyataan Tentang Trafo

Buku Siswa Kelas 6 Tema 5 Revisi 2018

(1)

Wirausaha

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 5

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

2018

(2)

Hak Cipta © 2018 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undang

Disklaimer: Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email [email protected] diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Katalog Dalam Terbitan (KDT)

Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wirausaha / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.

vi, 210 hlm. : ilus. ; 29,7 cm. (Tema ; 5)

Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas VI

ISBN 978-602-427-220-3

1. Tematik Terpadu -- Studi dan Pengajaran I. Judul II. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

372

Penulis : Angi St Anggari, Afriki, Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, Lely Mifthachul Khasanah, dan Santi Hendriyeti.

Penelaah : Advendi Kristyandaru, Dewi Susilowati, Kiki Ariyanti Sugeng, Filia Prima Artharina, Rosyid Al Atok, Vismaia S. Damaianti, Suharji, Suwarta Zebua, dan Widia Pekerti.

Pe-review : Muawanah.

Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

(3)Kata Pengantar

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.

Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak dalam penyempurnaan buku ini. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih berkualitas.

(4)Tentang Buku Siswa

1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan berbagai alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

4. Pada semester 1 terdapat 5 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4, diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.

6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.

7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.

8. Pada setiap akhir pembelajaran terdapat saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua. Bagian ini berisi aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa.

9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.

(5)

11. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.

12. Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terbatasi pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.

(6)Daftar Isi Kata Pengantar iii Tentang Buku Siswa iv Daftar Isi vi Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan 1 Subtema 2

• Pembelajaran Matematika dan PJOK masing-masing dilaksanakan sebagai

mata pelajaran tersendiri dan menggunakan buku yang terpisah dari buku ini. • Materi-materi terkait dengan Matematika dan PJOK dalam buku ini dapat

digunakan sebagai penguatan dalam penguasaan Matematika dan PJOK.

• Pembelajaran Matematika dan PJOK sebagai mata pelajaran tersendiri tidak

(7)

Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki peranan dan posisi penting

dalam perekonomian negara-negara ASEAN?

Ayo Membacaa Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN

Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta. Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-teman ingin sampai di sana. Kebetulan saat ini mereka juga sedang belajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka ingin sekali melihat bukti dari yang mereka pelajari.

Sesampai di arena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadi beberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara.

Subtema 1: (8)

Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini. Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam me-ngembangkan wirausaha kecil. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara. Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada

jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.

Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarik dengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.

Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini populer sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkan kembali minat masyarakatnya untuk mempelajari Wayang Asik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknya berbagai budaya asing. Hal yang menarik bagi Beni adalah melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik. Berbeda dengan wayang Indonesia, yang menampilkan sosok legendaris dunia pewayangan, Wayang Asik ini

(9)

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

Mengapa hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan?

Apa yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN?

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Edo?

Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulir pendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari negara tersebut.

(10)

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Beni?

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Udin?

Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran tersebut, apa kegiatan yang mungkin paling menarik menurutmu? Mengapa?

(11)

Tahukah kamu

Ayo, kita pelajari lebih lanjut!

Ayo Berdiskusi

Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN mempunyai potensi masing-masing, mulai dari sumber daya alamnya hingga sumber daya manusianya. Bagaimana peranan dan posisi Indonesia dalam kancah perekonomian ASEAN? Bagaimana peranan dunia usaha? Ayo, kita cari tahu lebih lanjut.

Kamu akan mencari informasi secara berkelompok tentang kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN, khususnya tentang posisi dan peranan Indonesia.

Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber. Laporkan hasilnya dalam bentuk peta pikiran.

Peran dan Posisi Indonesia di bidang

(12)

Dalam pameran negara-negara ASEAN, terdapat cendera mata terbuat

dari magnet, yang bisa ditempel pada permukaan yang terbuat

dari besi, misalnya di pintu lemari es.

Saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang

magnet.

Ayo Mencoba

Apakah kamu pernah menemukan magnet di sekitarmu? Di mana saja kamu menemukan magnet? Apa yang kamu ketahui tentang magnet?

Diskusikan jawaban pertanyaan di atas dalam kelompok.

(13)

Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang magnet.

Tukarkan pertanyaan yang kamu buat dengan salah seorang temanmu.

Minta teman tersebut menjawab pertanyaan yang kamu buat.

Selanjutnya, kamu akan mengenal berbagai macam magnet. Perhatikan magnet yang telah disediakan oleh gurumu.

Magnet Batang

Magnet Jarum

(14)

Setelah mengamati dan mencoba berbagai macam magnet, jawab pertanyaan berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang magnet?

Apa saja jenis-jenis magnet yang kamu ketahui?

Apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? Jelaskan.

(15)Tahukah Kamu?

Lebih dari 2000 tahun yang lalu, orang Yunani yang hidup di Magnesia menemukan batu yang istimewa. Batu tersebut dapat menarik benda-benda yang mengandung logam.

Ketika batu itu digantung, batu tersebut berputar. Salah satu ujungnya selalu menunjuk ke arah utara. Karena batu itu ditemukan di Magnesia, orang Yunani menamainya magnitis lithos.

Orang Yunani tidak mengetahui lebih lanjut bagaimana sifat-sifatnya, namun mereka telah mengamati ciri-ciri bahan yang disebut magnet.

Saat ini banyak teknologi yang menggunakan magnet. Pengeras suara, layar TV, dan kaset merupakan contoh-contohnya.

Kutub-Kutub Magnet

Semua magnet mempunyai ciri-ciri tertentu. Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya sangat kuat.

Daerah ini disebut kutub magnet. Ada dua kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Sering kita menjumpai magnet yang bertuliskan N dan S. N merupakan kutub utara magnet itu (singkatan dari North yang berarti Utara), sedangkan S kutub selatannya (singkatan dari South yang berarti selatan).

(16)

Apakah kamu masih ingat berbagai lomba

dalam pameran negara-negara

ASEAN?

Sebagai syarat untuk mengikuti lomba, kamu harus mengisi formulir pendaftaran.

Ayo Berdiskusi

Apa itu formulir? Apakah kamu pernah melihat atau mempunyai pengalaman mengisi formulir? Apa saja jenis formulir yang kamu ketahui?

Diskusikan jawabannya secara berkelompok.

(17)Ayo Membacaa

Amati dan baca contoh-contoh formulir berikut.

Formulir A

FORMULIR PENDAFTARAN LOMBA CERDAS CERMAT ASEAN

1. Identitas diri

a. Nama Lengkap : ………

2. Jenis lomba yang akan diikuti:

………

Tanda tangan,

(Nama lengkap)

(18)

Formulir B

FORMULIR PENDAFTARAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

1. Identitas diri

a. Nama Lengkap : ………

b. Umur : ………

c. Kelas : ………

d. No. Induk Siswa (NIS) : ………

2. Jenis Ekstrakurikuler yang akan diikuti:

Pilihan 1: ………

Pilihan 2: ………

Tanda tangan,

(Nama lengkap)

Catatan: Formulir yang sudah ditandatangani serahkan kepada guru kelas.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

(19)

Apa perbedaan antara formulir A dan formulir B?

Apa tujuan dari formulir A?

Apa tujuan dari formulir B?

Mengapa formulir itu kita butuhkan?

(20)

Apa yang dapat kamu simpulkan tentang formulir?

Diskusikan jawabanmu secara berpasangan.

Amati dan baca contoh-contoh formulir lain yang disediakan guru untuk memperluas pemahamanmu tentang formulir.

Ayo Renungkan

• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

• Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?

• Apa yang belum kamu pahami?

• Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?

Kerja Sama dengan Orang Tua

(21)

Dalam pameran negara-negara ASEAN, banyak

sekali produk dari berbagai negara yang

diperkenalkan.

Produk-produk tersebut dikemas dengan cara

menarik.

Ayo Mengamati

Pada pameran budaya ASEAN yang mereka kunjungi, Udin dan teman-teman mengamati beragam produk negara-negara ASEAN yang di kemas dalam berbagai bentuk seperti berikut.

Kubus Balok Prisma Segitiga

(22)

Tabung Bola Limas Kerucut

Pernahkah kamu menemukan bentuk kemasan yang mirip dengan gambar di atas?

Diskusikan jawabanmu dalam kelompok.

(23)

Pada pembelajaran kali ini, kamu akan mendiskusikan terlebih dahulu tentang kemasan berbentuk balok.

Amati kemasan berbentuk balok yang telah disediakan guru, contohnya seperti gambar berikut.

Apakah kamu pernah menemukan kemasan berbentuk balok di rumah? Sebutkan.

(24)

Sekarang, buka balok tersebut sehingga menjadi bangun datar.

Amati balok yang telah kamu buka. Apakah kamu menemukan ciri khusus yang lain? Tuliskan.

Diskusikan hasil temuanmu dalam kelompok.

(25)

Kemudian, bandingkan jaring-jaring kemasan yang telah kamu buka dengan jaring-jaring berikut.

Jawab pertanyaan berikut.

1. Berapa banyak sisi yang terdapat pada balok?

2. Berapa banyak rusuk yang terdapat pada balok?

3. Berapa banyak titik sudut yang terdapat pada balok?

4. Berapa banyak diagonal sisi (bidang) yang terdapat pada balok?

(26)

Isilah diagram frayer tentang balok berikut.

Balok

Contoh

Ciri-ciri

Bukan Contoh

Balok adalah ....

Dalam pameran negar

a-negara ASEAN, banyak terlihat reklame yang

digunakan untuk mempromosikan

berbagai negara.

Perhatikan reklame di stan Indonesia ber

ikut.

(27)

Apa yang kamu amati dari reklame di atas?

Apakah kamu pernah menemukan reklame yang mirip dengan reklame di atas di sekitarmu?

Apa ciri-ciri khusus yang kamu temukan dalam reklame tersebut?

(28)

Apa tujuan dari masing-masing reklame tersebut?

Tulis kesimpulanmu tentang reklame.

Presentasikan jawabanmu dalam kelompok.

Reklame adalah alat untukmenawarkan, mempromosikan, memperkenal-kan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Tujuan reklame adalah agar suatu produk dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat memiliki keinginan untuk membelinya.

Contoh reklame dapat berupa poster, spanduk, brosur, selebaran, logo, baliho, dan embalase.

Dalam pameran negara-negara ASEAN, kita bisa menemukan keberagaman

ekonomi atau usaha dari berbagai negara.

Apakah kamu juga menemukan keberagaman

(29)

Baca kembali teks tentang Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN.

Apakah kamu menemukan keberagaman ekonomi atau usaha dalam teks tersebut?

Tuliskan jawabanmu beserta penjelasan.

Diskusikan jawabanmu secara berpasangan.

Apakah kamu juga menemukan keberagaman ekonomi atau usaha di sekitarmu? Jelaskan.

(30)

Bagaimana keberagaman usaha tersebut dapat membantumu dan masyarakat sekitar dalam kehidupan sehari-hari?

Ceritakan pengalamanmu ketika memanfaatkan produk atau jasa dari usaha tersebut.

Ayo Renungkan

• Apa yang kamu pelajari dalam kegiatan hari ini?

• Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?

• Apa yang belum kamu pahami?

• Apa rencanamu agar kamu lebih paham?

Kerja Sama dengan Orang Tua

(31)

Di arena pamer

an negara-negara ASEAN, terdapat beberapa usaha kecil yang

menjual cendera mata.

Salah satunya adalah cender a mata dari bahan magnet.

Perhatikan berbagai cendera mata yang terbuat dari bahan magnet berikut.

(32)

Sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sifat-sifat magnet.

Percobaan Sifat-Sifat Magnet

Tujuan percobaan:

- Mengidentifikasi sifat-sifat magnet.

Alat dan Bahan:

- Sepasang magnet untuk setiap kelompok.

- Peniti

1. Dekatkan kutub yang sama dari kedua magnet. 2. Dekatkan kutub yang berbeda dari kedua magnet. 3. Dekatkan magnet dengan penjepit kertas.

4. Dekatkan magnet dengan kertas. 5. Dekatkan magnet dengan pensil. 6. Dekatkan magnet dengan peniti. 7. Dekatkan magnet dengan pulpen.

8. Letakkan satu magnet di atas kertas dan letakkan yang lainnya di

(33)

Tulis laporan berdasarkan percobaan yang kamu lakukan.

Percobaan Sifat-sifat Magnet

Tujuan

Alat dan Bahan

Langkah-langkah

Hasil Percobaan

Kesimpulan

Sifat-sifat Magnet

Magnet memiliki beberapa sifat antara lain:

• Memiliki gaya tarik.

• Memiliki dua buah kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. • Kutub senama tolak menolak.

• Kutub tidak senama tarik menarik.

(34)

Tahukah kamu bahwa di arena pameran

negara-negara ASEAN dibuka kesempatan untuk bergabung dengan klub sahabat pena

antarnegara?

Untuk menjadi anggota, kamu harus mengisi formulir pendaftaran.

Edo sangat tertarik untuk melakukan koresponden dengan teman-teman dari berbagai negara di ASEAN. Untuk itu, Edo ingin bergabung dengan klub Sahabat Pena Siswa ASEAN.

Untuk menjadi anggota, Edo harus membaca petunjuk pengisian formulir dan kemudian mengisi seperti di bawah ini.

Petunjuk Pengisian Formulir Klub Sahabat Pena ASEAN

1. Isilah formulir menggunakan nama lengkap. 2. Isilah formulir menggunakan huruf besar.

3. Tulislah alamat rumah secara lengkap dengan mencantumkan kode

pos.

4. Tulislah alamat sekolah secara lengkap dengan menggunakan kode

pos.

5. Tulislah tujuan mengikuti Klub.

(35)KLUB SAHABAT PENA SISWA-SISWI NEGARA ASEAN

Nama lengkap :

Tempat/tanggal lahir :

Kebangsaan :

Jenis kelamin :

Kelas :

Alamat sekarang :

Kode pos: Telepon rumah :

Sekolah :

Alamat sekolah :

Kode pos: Telepon sekolah :

Hobi : Tanda tangan dan nama jelas

Jawab pertanyaan berdasarkan teks petunjuk dan formulir.

(36)

2. Apa saja informasi penting yang perlu dituliskan di formulir pendaftaran?

3. Mengapa alamat harus ditulis secara lengkap?

4. Apa yang terjadi jika alamat tidak lengkap?

(37)Ayo Berlatih

Hari ini kamu akan mempelajari Senam Irama.

Senam Irama atau disebut juga Senam Ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik. Senam irama dapat juga dilakukan dengan menggunakan alat. Gada, simpai, tongkat, bola, atau pita sering digunakan pada senam ini.

Perhatikan gerakan dasar senam irama berikut. Ikuti instruksi gurumu.

Ada beberapa gerakan yang akan kamu lakukan :

1. Langkah biasa

Keterangan

1. Berdiri dengan sikap tegak dan rileks.

2. Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan diayun di samping badan.

3. Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit.

4. Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri dan kaki kanan secara

(38)

2. Langkah rapat

Keterangan

1. Berdiri dengan sikap tegak dan rileks.

2. Langkahkan kaki kanan ke depan dan kedua lengan mengayun di samping badan.

3. Langkahkan kaki kiri ke depan dan jatuhkan pada tumit.

4. Lanjutkan kedua kaki rapat.

5. Langkah kaki rapat dilakukan dengan:

hitungan 1: melangkahkan kaki kanan,

hitungan 2: melangkahkan kaki kiri,

hitungan 3: kaki dalam posisi rapat

(39)

Keterangan

1. Berdiri dengan sikap tegak dan rileks.

2. Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan

3. Hitungan 2: kaki kanan menyusul melangkah ke depan

4. Sebelum kaki kanan menapak (tumit masih terangkat), kaki kiri mundur dan diikuti kaki kanan mundur merapat.

5. Lebih tepat digunakan irama 3 atau .

1. Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang.

2. Hitungan 1: langkahkan kaki kanan ke depan.

3. Hitungan 2: kaki kiri menyusul dan bersama-sama melangkah dengan kaki kanan.

4. Lakukan secara bergantian.

Latih gerakan senam tersebut secara bertahap, sesuai petunjuk gurumu. Ulangi setiap tahap beberapa kali hingga lancar. Jangan lupa untuk mengikuti irama musik, dan lakukanlah dengan bersemangat.

(40)Ayo Renungkan

• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

• Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?

• Apa yang belum kamu pahami dengan baik?

• Apa rencanamu untuk membuatmu lebih paham?

• Apa manfaat pelajaran hari ini untuk kehidupanmu sehari-hari?

Kerja Sama dengan Orang Tua

(41)

Tahukah kamu bahwa ker

Baca teks berikut dalam hati.

Kerja Keras yang Berbuah Kesuksesan

Terlahir dari keluarga yang kurang mampu membuat Reza Nurhilman harus berpikir keras membantu kehidupan keluarga. Di tengah himpitan ekonomi keluarga, suatu hari Reza mengambil keputusan untuk menjual keripik singkong. Keberanian untuk menjadi penjual keripik singkong yang terkesan murahan dan dianggap sebagai makanan tradisional perlu diacungi jempol.

Gagasannya dalam mengolah keripik singkong ternyata mampu membuat makanan kecil tersebut digemari dan mempunyai nilai jual lebih. Produk tersebut bahkan berhasil mendunia.

(42)

Jawab pertanyaan berdasarkan teks.

1. Apa yang melatarbelakangi Reza Nurhilman memulai wirausaha keripik singkong?

2. Apa yang dapat kamu pelajari dari kisah hidup Reza Nurhilman?

3. Jika kamu adalah Reza Nurhilman, apa yang akan kamu lakukan untuk terus mengembangkan usahamu?

(43)

5. Apakah kamu pernah menerapkan sikap kerja keras dalam kehidupanmu? Jelaskan.

Apakah kamu pernah mengamati berbagai kegiatan wirausaha yang ada di sekitarmu? Apakah kamu tahu bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usaha mereka?

Kamu akan melakukan wawancara kepada pemilik usaha kecil yang ada di sekitarmu setelah pulang sekolah. Cari tahu informasi bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usahanya dan sikap apa saja yang mereka terapkan dalam menjalankan usaha.

Tuliskan juga bagaimana kamu menghargai keberagaman kegiatan ekonomi yang ada di sekitarmu.

Presentasikan hasil wawancara tersebut pada pertemuan berikutnya.

Tahukah kamu bahwa produk keripik singkong Indonesia sudah banyak yang diekspor

ke berbagai negara ASEAN?

Keripik singkong tersebut dikirim dalam berbagai

(44)

Perhatikan salah satu kemasan keripik singkong berikut.

Sebelum keripik singkong tersebut dikirim ke luar negeri, perlu diketahui berapa volume dari masing-masing kardus?

Apakah kamu mengetahui cara menghitung volume kardus di atas?

Ayo, kita pelajari.

Amati gambar dan baca soal cerita berikut.

Sebuah kardus memiliki ukuran panjang 59 cm, lebar 43 cm dan tinggi 50 cm. Kardus tersebut diisi penuh dengan keripik singkong. Berapakah volume dari kardus tersebut?

Diskusikan secara berkelompok cara mencari volume kardus di atas.

Tuliskan hasil diskusimu.

(45)

Perhatikan gambar berikut.

Gambar berikut terdiri atas 80 permen.

Volume dari kotak tersebut adalah 80 permen.

Apakah kamu pernah melihat atau menemukan benda-benda yang ada di sekitarmu yang mempunyai kemasan seperti balok? Jelaskan.

Sekarang ambil selembar kertas berpetak 1 cm yang disediakan guru. Gambar jaring-jaring seperti yang terlihat di kertas berpetak berikut.

Gunting bagian luar dari kertas berpetak tersebut.

(46)

• Untuk membuktikan perkiraanmu, masukkan kubus berukuran 1 cm ke dalam kotak tersebut.

• Diskusikan hasilkan secara berpasangan.

• Apakah ada cara lain untuk mengetahui volume kotak tersebut tanpa menghitungnya?

Panjang sisi dari kubus tersebut adalah 1 cm, maka volume dari kubus tersebut adalah 1 cm3.

Kotak berikut dapat menampung 5 baris kotak. Setiap baris terdiri atas 4 kotak. Volume dari kotak berikut adalah 20 cm3.

Kotak berikut terdiri atas 2 lapis kubus yang berukuran 1 cm.

Terdapat 4 baris kubus untuk setiap lapis. Setiap baris terdiri atas 3 kubus.

(47)

Urutkan gambar berikut berdasarkan volume, mulai dari yang terkecil hingga terbesar.

a)

d) e) f)

b) c)

Hitunglah volume masing-masing bangun.

Bangun Volume

A

B

C

D

E

(48)

Hitung volume dari bangun berikut.

a)

d) e) f)

b) c)

Bangun Volume

A

B

C

D

E

F

Jelaskan bagaimana kamu menemukan volume untuk masing-masing bangun berikut.

(49)

Perhatikan balok berikut.

Temukan panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t) dari balok tersebut.

Volume dari balok di atas dapat dicari dengan mengalikan panjang, lebar, dan tinggi atau

p x l x t

jadi volume balok di atas adalah 5 x 2 x 2 = 20 cm3.

Perhatikan tumpukan kotak berikut.

Masing-masing kotak mempunyai panjang 1 m. Berapakah volumenya?

Latihan

Hitunglah volume balok berikut.

(50)

2.

Buatlah 3 gambar balok pada kertas berpetak berikut. Tentukan panjang, lebar, dan tinggi dari balok-balok tersebut. Minta temanmu mencari volumenya.

Diskusikan hasilnya secara berpasangan.

(51)

Apakah kamu masih ingat contoh-contoh formulir yang

sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari?

Sebelumnya kamu telah belajar tentang formulir.

Apa saja yang kamu ketahui tentang formulir?

Kapan kamu biasanya menggunakan formulir?

Apa saja yang harus kamu tuliskan dalam formulir?

(52)

Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Ayo Renungkan

Baca kembali formulir pendaftaran untuk mengikuti Klub Sahabat Pena ASEAN beserta petunjuknya.

Kamu akan mendaftar menjadi anggota Klub Sahabat Pena ASEAN.

Isilah formulir yang sudah kamu diskusikan sebelumnya.

Diskusikan formulir yang telah kamu isi secara berpasangan dan jelaskan kepada temanmu hal-hal berikut:

• Petunjuk mengisi formulir.

• Data diri yang harus dituliskan.

• Tujuan dari formulir.

• Manfaat formulir.

Presentasikan hasilnya dalam kelompok.

Kerja Sama dengan Orang Tua

(53)

Tahukah kamu? Banyak kerja sama yang diselenggarakan negara-negara ASEAN untuk mengembangkan prestasi dan potensi ekonomi masyarakatnya.

Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan SEA Games.

Ayo Membacaa

Baca teks berikut ini di dalam hati!

Setelah berkunjung ke arena pameran negara-negara ASEAN, Beni semakin tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang kerja sama antarnegara ASEAN. Beni membaca teks berikut dari Warta Ekspor.

Mendulang Prestasi, Mengembangkan Potensi Ekonomi (54)

SEA Games ke-26 ini dilaksanakan pada 11-26 November 2011. Upacara pembukaan diselenggarakan secara spektakuler di sepanjang Sungai Musi, sedangkan penutupan di gedung bersejarah, Benteng Kuto Besak (Fort).

Bumi Sriwijaya (Palembang) ditetapkan sebagai tuan rumah pe-nyelenggaraan SEA Games di samping Jakarta yang menjadi tuan rumah pendukung. Dengan demikian, setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratcha-sima di Thailand, salah satu provinsi terbesar di Pulau Sumatera ini akan tercatat sebagai salah satu dari tiga kota yang pernah menyelenggarakan SEA Games di luar ibu kota negara. Dua tahun sebelumnya, Laos yang baru bergabung dengan ASEAN dipercaya menjadi tuan rumah untuk SEA Games ke-25.

Indonesia bertekad menyusul keberhasilan Laos tersebut. Sebanyak 542 medali emas dipertandingkan melalui 44 Cabang olahraga, 22 cabang di dipertandingkan di Palembang dan 24 cabang dipertandingkan di Jakarta. Setidaknya ada tiga sukses yang dapat dicapai Indonesia terkait pelaksanaan SEA GAMES ke-26, yaitu sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses dalam peningkatan perekonomian, terutama di dua kota tempat terselenggaranya acara tersebut, Palembang dan Jakarta.

Peningkatan Sektor Ekonomi

Dalam hal peningkatan perekonomian, bukan hanya industri besar, penyelenggaraan SEA Games juga berpotensi memajukan perekonomian Sumatera Selatan secara keseluruhan. Menjelang acara, pertumbuhan ekonomi provinsi ini mengalami peningkatan hingga 6,4% disebabkan pembangunan fisik sarana dan prasarana SEA Games yang menggunakan tenaga kerja besar-besaran. Persiapan SEA Games terlihat telah meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di Palembang dan sekitarnya, setidaknya sejak awal tahun 2011. Geliat ekonomi ini terlihat dari dibangunnya sejumlah hotel baru, terserapnya sekitar 4.000 tenaga buruh untuk pembangunan, serta meningkatnya kegiatan di sentra kerajinan rakyat untuk pembuatan cendera mata. Sekitar 5.000 atlet dari negara di Asia Tenggara, termasuk dari Indonesia akan berpartisipasi dalam ajang ini.

Sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses dalam peningkatan perekonomian tentunya tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh pihak.

(55)

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

1. Kapan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games?

2. Di mana SEA Games ke-26 diselenggarakan?

3. Apa yang kamu ketahui tentang SEA Games?

4. Sebutkan 3 kesuksesan yang akan diraih dalam penyelenggaraan SEA Games.

(56)

Selain SEA Games, masih banyak lagi kerja sama yang diselenggarakan antarnegara ASEAN.

Pada pertemuan sebelumnya, kamu telah membuat peta pikiran tentang peran dan posisi Indonesia dalam kerja sama ekonomi di lingkup ASEAN dan mendiskusikan secara berkelompok.

Presentasikan peta pikiran tersebut secara bergiliran di depan kelas.

Apakah kamu pernah mengamati logo ASEAN? Apa arti dari logo tersebut?

Ayo, kita cari tahu.

Ayo Mengamati

Amati logo pada bendera ASEAN berikut.

(57)

Diskusikan jawabannya secara berkelompok.

Amati gambar dan baca teks berikut.

Arti Bendera dan Logo ASEAN

Bendera ASEAN melambangkan ASEAN yang stabil, penuh perdamaian, bersatu, dan dinamis. Adapun lambang ASEAN berada di tengah bendera ASEAN, sedangkan warna bendera dan lambang ialah biru, merah, putih, dan kuning; masing-masing mewakili warna dasar setiap bendera negara anggota ASEAN.

Warna biru melambangkan perdamaian dan stabilitas, merah melambangkan semangat dan kedinamisan, putih menunjukkan kesucian, dan kuning merupakan simbol kemakmuran.

(58)

Amati logo berikut.

Logo Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaaan

Logo Hari Anak Logo Ketahanan Lingkungan

Tahukah kamu bahwa selain digunakan oleh lembaga atau organisasi, logo juga banyak digunakan oleh wirausaha yang ada di sekitar kita.

Apakah kamu pernah menemukan logo di sekitarmu? Berikan contoh.

Apa logo yang paling menarik yang pernah kamu temukan? Jelaskan.

Apa logo itu? (59)

Setelah mengamati contoh logo di atas, sekarang rancanglah logo sesuai keinginanmu.

Kamu dapat memulai dengan merancang logo individu terlebih dahulu.

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.

• Pilih tema yang kamu inginkan, misalnya tentang persahabatan,

kebersihan sekolah, kelompok pencinta lingkungan, kelompok pencinta seni, dan lain-lain.

• Buat simbol atau gambar yang mewakili tema.

• Tulis kata atau kalimat yang mewakili tema.

• Tulis arti dari simbol, gambar, dan warna dari logo.

Diskusikan logo yang telah kamu buat secara berpasangan.

Apakah kamu masih ingat cara menghitung volume kemasan

berbentuk balok?

(60)Ayo Berdiskusi

Apakah kamu masih ingat cara menghitung volume kemasan berbentuk balok?

Buatlah gambar dan tulis penjelasan cara menghitung volume balok pada kolom berikut.

Diskusikan gambar dan penjelasanmu secara berpasangan.

(61)Ayo Berlatih

Selesaikan soal-soal berikut.

1. Hitunglah volume dari bangun berikut.

(62)

3. Hitung volume dari bangun berikut.

12 cm 5 cm 6 cm 5 cm 18 cm

4. Selesaikan soal cerita berikut.

a. Sebuah akuarium berbentuk balok dengan panjang 65 cm, lebar 45 cm, dan tinggi 35 cm. Jika akuarium terisi penuh dengan air, berapakah volume air tersebut?

(63)

Berapakah volume kardus tersebut?

c. SD Nusantara akan membuat bak pasir untuk olahraga lompat jauh. Bak pasir tersebut mempunyai panjang 8 m, lebar 2,5 m, dan dalam 0,5 m. Bak tersebut akan diisi penuh dengan pasir. Berapa meter kubik pasir yang dibutuhkan untuk mengisi bak tersebut?

Buatlah saal cerita sendiri tentang volume balok.

Tukarkan soal cerita yang kamu buat dengan temanmu dan minta teman tersebut menjawab soal yang kamu buat.

Berusahalah sebaik mungkin mengerjakan setiap tugas yang diberikan agar kamu sukses.

(64)Ayo Renungkan

• Apa yang kamu pelajari hari ini?

• Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?

• Apa yang belum kamu pahami?

• Apa lagi yang ingin kamu ketahui?

• Apa manfaat yang kamu peroleh dari kegiatan hari ini?

Kerja Sama dengan Orang Tua

(65)

Ayo, kita melanjutkan ber latih

gerakan langkah dalam senam irama. Tubuh yang bugar akan membantu konsentrasi ketika

belajar. Jangan menyerah, bila kamu belum menguas

ai

gerakannya. Teruslah ber latih.

Ayo Berlatih

Apakah kamu masih ingat cara melakukan gerakan langkah dalam senam irama?

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan cara melakukan langkah biasa, langkah rapat, dan langkah keseimbangan.

(66)

Kamu telah melakukan wawancara kepada pemilik

usaha kecil yang ada di sekitarmu. Pasti kamu sudah

mempersiapkan diri untuk mempresentasikannya.

Kamu telah melakukan wawancara kepada pemilik usaha kecil yang ada di sekitarmu.

Kamu akan mempresentasikan dalam kelompok hasil wawancara yang telah kamu lakukan tentang bagaimana pemilik usaha tersebut menjalankan usa-hanya serta sikap apa saja yang mereka terapkan dalam menjalankan usaha.

Selain itu, kamu juga akan menyampaikan sikapmu dalam menghargai ke-beragaman kegiatan ekonomi yang ada di sekitarmu.

Ketika temanmu sedang melakukan presentasi, kamu dapat membuat catatan tentang informasi penting yang kamu peroleh dari presentasi tersebut.

Kamu dapat mengajukan pertanyaan kepada teman yang sedang melakukan presentasi.

M

(67)

Kamu telah memahami dan mempraktikkan cara mengisi berbagai formulir di

pertemuan sebelumnya.

Sekarang kamu akan mempraktikkan membuat

sebuah formulir untuk kegiatan di sekolahmu beserta petunjuk mengisinya.

Ayo Menulis

Kamu akan mempraktikkan menulis formulir beserta petunjuk pengisian.

Sebelum melakukan tugas tersebut, diskusikan kembali dalam kelompok tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika menulis formulir.

(68)

Sekarang buatlah contoh formulir dan petunjuk pengisian untuk kegiatan berikut (kamu bisa memilih salah satu):

1. Pendaftaran lomba sepak bola antarkelas.

2. Pendaftaran menjadi anggota Klub Pecinta Alam.

3. Pendaftaran untuk kegiatan ekstrakurikuler.

Presentasikan formulir beserta petunjuk yang telah kamu buat dalam kelompok.

Ayo Renungkan

• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

• Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?

• Apa yang belum kamu pahami dengan baik?

• Apa rencanamu untuk membuatmu lebih paham?

• Apa manfaat pelajaran hari ini untuk kehidupanmu sehari-hari?

Kerja Sama dengan Orang Tua

(69)

Usaha apa saja yang ada di sekitarmu? Bagaimana us

aha tersebut bermanfaat untuk dir

imu dan orang lain di sekitar

mu?

Ayo Mengamati

Amati gambar dan tuliskan hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang kegiatan wirausaha pada gambar di atas dalam bentuk pertanyaan.

Subtema 2: (70)

Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan salah seorang teman.

Tulis kesimpulan dari hasil diskusimu.

Sebutkan usaha-usaha lain yang kamu temukan di lingkungan rumahmu.

(71)

Perhatikan kembali gambar usaha fotokopi, pangkas rambut, dan bengkel sebelumnya.

Sumber daya dan peralatan apa saja yang digunakan dalam usaha-usaha di atas? Jelaskan.

Apakah seluruh sumber daya dan peralatan yang digunakan hanya berasal dari dalam negeri? Jelaskan.

(72)

Dalam menjalankan roda perekonomian, suatu negara tidak dapat berdiri sendiri. Namun, diperlukan kerja sama dengan negara lain. Salah satu contohnya adalah kerja sama di antara negara-negara ASEAN.

Mari kita ambil contoh sederhana dari usaha yang terdapat pada gambar tadi, yaitu usaha pangkas rambut. Untuk menjalankan usaha tersebut, sumber daya yang digunakan bisa berasal dari dalam negeri, misalnya sumber daya manusia, kursi, dan meja. Namun, ada juga sumber daya yang berasal dari luar negeri, misalnya mesin cukur dan peralatan lainnya.

Begitu pula dengan usaha fotokopi dan bengkel. Sebagian sumber daya ada yang berasal dari dalam negeri, dan ada pula yang didatangkan dari luar negeri, seperti mesin fotokopi dan suku cadang untuk kendaraan bermotor.

Kegiatan mendatangkan atau memasukkan barang dagangan atau komoditas dari luar negeri disebut mengimpor.

(73)Ayo Membacaa

Baca teks berikut dalam hati.

Kerajinan batik dan gerabah Kasongan adalah dua contoh wirausaha yang telah mengekspor produk ke luar negeri, khususnya ke negara-negara ASEAN.

Ekspor Batik Terus Meningkat

Kementerian Perindustrian menargetkan ekspor produk batik hingga 2019 mencapai US1,5 miliar (sekitar Rp22,07 triliun).

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor produk batik cenderung meningkat setiap tahun. Pada Periode Januari-April 2015, nilai ekspor mencapai US,8 juta (sekitar Rp1,2 triliun).

Ekspor pada 2014 mencapai US0 juta (sekitar Rp5 triliun). Jumlah itu meningkat 17% jika dibandingkan dengan ekspor 2013.

(74)Kasongan Bantul Ekspor Gerabah Miliaran Rupiah per bulan

Kalangan perajin di sentra kerajinan gerabah dan keramik Desa Kasongan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu mengekspor berbagai macam kerajinan. Ekspor tersebut mencapai 80 kontainer per bulan atau setara dengan sekitar 6 miliar rupiah.

Berbagai kerajinan gerabah yang diekspor itu meliputi guci yang dibalut dengan kerang dan kaca, patung, hiasan luar ruangan dengan berbagai model, dan motif kembangannya.

Sentra kerajinan Kasongan memiliki ratusan perajin yang tersebar di lima pedusunan, dengan sekitar 200 perajin kualitas ekspor, termasuk lima perajin skala besar.

Pada periode 2008 sampai 2010 ekspor kerajinan memang cenderung turun, terutama ke Amerika dan Eropa, namun mulai 2011 dan setelahnya ekspor mulai meningkat bahkan mulai merambah ke Australia dan sebagian Asia.

(75)

• Apakah kamu mengetahui komoditas lain yang diekspor dari Indonesia ke berbagai negara di lingkup ASEAN?

• Apakah kamu juga mengetahui komoditas yang diimpor dari berbagai negara di lingkup ASEAN ke Indonesia?

Carilah informasi untuk menjawab pertanyaan di atas. Laporkan informasi yang kamu temukan secara tertulis.

Presentasikan hasilnya pada pertemuan selanjutnya.

Ayo Membacaa (76)

Amati gambar di atas.

Apakah kamu bisa memprediksi yang akan terjadi jika benda-benda tersebut didekatkan ke magnet.

Tuliskan prediksimu pada tabel berikut.

No Benda Prediksi

Ditarik Tidak ditarik 1

2

3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 (77)

Perhatikan langkah-langkah dalam melakukan percobaan untuk mengetahui benda-benda magnetis dan nonmagnetis di sekitarmu.

Tujuan percobaan:

Mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis

Alat dan Bahan

- Penjepit kertas

- Sisir

1. Ambil magnet

2. Dekatkan magnet ke benda-benda yang tersedia secara bergantian 3. Amati apa yang terjadi

4. Catat hasil pengamatan pada tabel

Tulislah laporan percobaan pada tabel berikut.

Percobaan

Benda Magnetis dan Nonmagnetis

(78)

Percobaan

Benda Magnetis dan Nonmagnetis

Alat dan Bahan

Langkah-langkah percobaan

(79)

Percobaan

Benda Magnetis dan Nonmagnetis

Kesimpulan

Presentasikan hasil percobaan dalam kelompok.

Tugas di rumah

Lakukan percobaan dengan benda-benda yang ada di sekitar rumahmu.

Tulislah laporan berdasarkan percobaan.

Presentasikan hasilnya pada pertemuan berikutnya.

Tahukah kamu bahwa wirausaha yang sudah berkembang pesat biasanya membutuhkan karyawan yang

lebih banyak?

Wirausaha tersebut dapat menulis iklan atau selebar

(80)Ayo Berdiskusi

Di sekolah Edo, akan dilaksanakan simulasi tentang wirausaha, yaitu siswa akan mempraktikkan jual beli di lingkungan sekolah.

Untuk kegiatan tersebut, dibutuhkan beberapa panitia. Bagi siswa yang berminat, dapat mengajukan surat permohonan kepada guru kelas dengan melampirkan daftar riwayat hidup.

Edo dan Siti berminat untuk menjadi panitia, namun mereka masih bingung bagaimana cara menulis daftar riwayat hidup.

Apakah kamu mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup?

Tulis pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang daftar riwayat hidup.

(81)Ayo Membacaa

Baca teks berikut dalam hati.

Tahukah kamu bahwa Daftar Riwayat Hidup adalah data yang berisi informasi tentang diri seseorang? Kamu dapat membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan menerangkan data diri kepada orang lain.

Kamu membuat daftar riwayat hidup untuk keperluan mendaftarkan diri, misalnya mendaftarkan diri ikut lomba kesenian, menjadi anggota sebuah tim, pengurus suatu kegiatan, atau untuk melamar pekerjaan.

Setiap orang memiliki riwayat hidup masing-masing.

Riwayat hidupmu pasti berbeda dengan riwayat adikmu, kakakmu, bahkan orang tuamu.

Kamu dapat menulis daftar riwayat hidup dalam bentuk singkat maupun dalam bentuk narasi atau cerita.

Untuk membuat daftar riwayat hidup, diperlukan data diri, pengalaman, keterampilan, prestasi yang pernah diraih, serta informasi penting lainnya yang perlu diketahui orang lain.

Tulislah sebanyak mungkin informasi penting tentang dirimu dalam bentuk peta pikiran sebagai bahan untuk membuat daftar riwayat hidupmu pada pertemuan berikutnya.

Ayo Renungkan

• Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

• Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?

• Bagian mana yang belum kamu pahami?

• Apa saja manfaat pembelajaran ini bagi kehidupanmu?

• Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?

(82)

Kerja Sama dengan Orang Tua

Lakukan percobaan untuk mengetahui benda magnetis dan nonmagnetis yang ada di sekitar rumah. Tulis laporan berdasarkan percobaan.

Diskusikan laporan yang kamu buat dengan orang tuamu.

(83)

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gerabah dan Batik Nusantara perlu terus

dipromosikan agar dikenal lebih luas, baik oleh konsumen dalam negeri maupun

mancanegara. Salah satunya melalui poster.

Ayo, kita mengenal poster sebagai bagian

dari reklame.

Ayo Mengamati (84)Ayo Berdiskusi

Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok

1. Bagaimana pendapatmu tentang poster tersebut? Jelaskan!

2. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat poster?

(85)Ayo Berkreasi

Kamu telah mengamati contoh poster pameran batik dan gerabah Nusantara. Sekarang, kamu akan membuat poster tentang pameran seni tradisional yang disesuaikan dengan budaya daerahmu.

Sebelumnya, perhatikan langkah-langkah berikut.

Proses Mendesain Poster dengan Tangan

Langkah 1

Siapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna.

Merancang poster dengan tangan bisa sangat menyenangkan. Kamu akan mengetahui beberapa hal yang akan membantu postermu tampak indah dan menarik.

Langkah 2

Pilih kertas polos sesuai keinginan

Ketika kamu merancang poster dengan tangan, kamu dapat menentukan ukuran kertas sesuai keinginanmu.

Langkah 3

Buatlah 3 garis tipis

Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari atas halaman kertas). Kamu akan menulis judul postermu pada bagian ini.

(86)

Langkah 4

Buatlah judul

Buatlah judul pada bagian atas kertas.Tulislah huruf-huruf dengan pensil secara tipis. Kamu dapat menyesuaikan besar huruf dengan ukuran kertas.

Langkah 5

Buatlah catatan kaki

Gambar dan buat tulisan secara tipis pada bagian bawah kertas.

Langkah 6

Isi bagian tengah

(87)

Langkah 7

Warnailah Postermu

Sekarang, setelah poster yang kamu rancang selesai dan kamu yakin dengan tampilannya, dengan hati-hati, gambarlah huruf-huruf dengan menggunakan spidol, pensil warna, atau krayon.

Langkah 8

Lakukan Eksperimen

Ini hanya panduan umum. Silakan bereksperimen sesuai kreativitasmu.

Sumber: http://id.wikihow.com/Mendesain-Poster (dengan perubahan)

Sekarang, saatnya kamu merancang poster dengan menggunakan tangan.

(88)

Kamu baru saja mengetahui

langkah-langkah membuat poster tentang pameran

seni nusantara untuk mempromosikan suatu

produk.

Sekarang, kamu akan mempelajari bagaimana

merancang kemasan produk yang menarik.

Ayo Mengamati

Ketika merancang sebuah kemasan, kamu perlu memiliki keterampilan untuk memetakan ukuran produk agar dapat dibuat kemasan yang sesuai.

Usaha-usaha yang ada di sekitar kita, kadang-kadang merancang kemasan yang unik untuk produknya. Salah satunya adalah kemasan berbentuk prisma segitiga seperti yang terlihat pada gambar berikut.

(89)

Apakah kamu juga menemukan kemasan produk lain yang berbentuk prisma segitiga di sekitarmu? Berikan contoh.

Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat prisma segitiga? Jelaskan.

Ayo Berdiskusi (90)

Amati jaring-jaring prisma segitiga berikut.

Diskusikan secara berpasangan gambar prisma beserta jaring-jaring di atas. Diskusikan hasil pengamatanmu secara berpasangan.

(91)

Perhatikan penjelasan tentang sifat-sifat prisma berikut.

Amati gambar dan baca penjelasan berikut.

Prisma segitiga memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

1. Memiliki bentuk alas dan atap yang kongruen

Segitiga ABC dan DEF memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

2. Setiap sisi bagian samping prisma berbentuk persegi panjang.

Prisma segitiga dibatasi oleh tiga persegi panjang di setiap sisi sampingnya, yaitu ABED, BCFE, dan ACFD.

3. Memiliki rusuk tegak

Prisma segitiga memiliki tiga buah rusuk tegak, yaitu AD, BE, dan CF. Rusuk tersebut dikatakan tegak karena letaknya tegak lurus terhadap bidang alas dan atas.

4. Setiap diagonal bidang pada sisi yang sama memiliki ukuran yang sama.

(92)

2) menggambar 3 contoh bangun yang bukan merupakan prisma segitiga.

3) menuliskan 4 ciri-ciri prisma segitiga.

4) menuliskan pengertian prisma segitiga menggunakan kata-kata sendiri.

Prisma Segitiga

Contoh

Ciri-ciri

Bukan Contoh

Prisma Segitiga adalah ....

Presentasi diagram frayer tersebut dalam kelompok.

Ayo Renungkan

• Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari hari ini.

• Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?

• Apa yang belum kamu pahami?

• Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?

• Manfaat apa yang kamu peroleh dari pembelajaran hari ini?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kepada orang tuamu bagaimana proses menghitung volume kemasan makanan yang berbentuk prisma segitiga. Mintalah orang tuamu menulis komentar tentang penjelasanmu.

(93)

Tahukah kamu bahwa ada juga wirausaha di bidang olahraga? Ya, bagi mereka yang memiliki keterampilan dan minat, banyak juga peluang usaha di bidang

olahraga.

Ayo Mengamati

Apakah kamu masih ingat cara melakukan langkah awal dalam senam irama?

Apa saja gerakan yang telah kamu kuasai dengan baik?

(94)

Apa saja gerakan yang masih sulit kamu lakukan?

Diskusikan pertanyaan tersebut secara berpasangan.

Kamu akan mempraktikkan kembali olahraga senam irama.

Pastikan bahwa berbagai perlengkapan yang diperlukan untuk berolahraga senam telah disiapkan.

Amati perlengkapan tersebut; seragam olahraga, sepatu, peralatan olahraga, dan lain-lain.

Pernahkah terpikir olehmu, di mana perlengkapan tersebut dapat diperoleh? Apakah ada wirausaha di sekitarmu yang menyediakan perlengkapan tersebut?

(95)Ayo Berlatih

Setelah berlatih melakukan gerakan awal, sekarang kamu akan melanjutkan gerakan selanjutnya dalam senam. Perhatikan gerakan yang dicontohkan oleh gurumu.

Amati gambar berikut beserta penjelasannya.

1. Langkah Tiga

Sikap awal Hitungan 1 Hitungan 2 Hitungan 3 Hitungan 4

2. Langkah Ganti

(96)

3. Langkah Pantul

Sikap awal Hitungan 1 Hitungan 2

4. Langkah Silang Lingkar

Sikap awal Hitungan 1 Hitungan 2 Hitungan 3 Hitungan 4

Ulangi gerakanmu beberapa kali. Ikuti irama musik yang mengiringi. Lakukan kegiatan senam irama ini dengan bersemangat.

(97)

Berolahraga secara teratur baik untuk kesehatan kita.

Tahukah kamu bahwa ternyata medan magnet

juga berpengaruh terhadap kesehatan?

Manfaat magnet untuk kesehatan sudah dikenal sangat lama. Masyarakat Tiongkok dan India kuno telah membuktikan bahwa penggunaan batu yang menghasilkan magnet dapat mengatasi berbagai penyakit. Mereka sudah mengenal hal tersebut lebih dari 2000 tahun yang lalu.

Ayo, kita pelajari lebih lanjut tentang magnet.

Apakah kamu masih ingat tentang jenis-jenis dan sifat magnet?

Apakah kamu dapat menyebutkan benda magnetis dan nonmagnetis yang ada di dalam kelasmu?

Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan jawabannya pada kolom berikut.

(98)

Contoh-contoh benda magnetis dan nonmagnetis di dalam kelasku adalah ....

Pada pertemuan sebelumnya, kamu telah melakukan percobaan dan menulis laporan tentang benda magnetis dan nonmagnetis yang ada di sekitar rumahmu.

Presentasikan laporan tersebut dalam kelompok.

Ketika temanmu melakukan presentasi, kamu dapat mencatat informasi penting.

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah membuat peta

pikiran tentang data diri.

Kamu akan menggunakan data diri tersebut untuk membuat

(99)Ayo Menulis

Apakah kamu masih ingat pelajaran sebelumnya tentang daftar riwayat hidup?

Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup?

Apa tujuan kita membuat daftar riwayat hidup?

(100)

Perhatikan kembali peta pikiran tentang data diri yang telah kamu tulis pada pertemuan sebelumnya. Pilih dan pilahlah informasi yang perlu kamu cantumkan dalam daftar riwayat hidup tersebut.

Perhatikan petunjuk pengisian daftar riwayat hidup berikut.

PETUNJUK PENGISIAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP

1. Data Pribadi

Cantumkan dalam data pribadi nama lengkap, alamat lengkap, kode pos, nomor telepon, jenis kelamin, tempat dan tanggal kelahiran, kewarganegaraan, dan agama.

2. Bidang yang diminati

Tuliskan bidang yang kamu minati.

3. Riwayat Pendidikan

Tuliskan riwayat pendidikan yang pernah kamu tempuh, misalnya Taman Bermain, TK A, TK B, dan SD.

4. Ekstrakurikuler dan Kursus

Cantumkan ekstrakurikuler dan kursus yang pernah kamu ikuti.

5. Kecakapan

Tuliskan kecakapan atau keterampilan lain yang kamu miliki.

6. Kesimpulan

Tuliskan di bagian kesimpulan sikap dan keterampilan yang menonjol dalam dirimu yang mendukung bidang yang kamu pilih.

Perhatikan contoh formulir daftar riwayat hidup berikut.

(101)

Jenis Kelamin : ...

Tempat/tanggal Kelahiran : ...

Warga Negara : ...

Agama : ...

Bidang yang Diminati

Saya berminat di bidang ____________________________________________

Riwayat Pendidikan

Tahun Sekolah

-Ekstrakurikuler dan Kursus

Kecakapan

Kesimpulan

(Penjelasan singkat mengenai sikap dan keterampilan yang dimiliki)

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

(102)

Tahukah kamu bahwa informasi yang tercantum dalam daftar riwayat hidup dapat berbeda-beda. Hal tersebut tergantung kepada tujuan dan kebutuhan dari daftar riwayat hidup tersebut.

Buatlah daftar riwayat hidupmu berdasarkan contoh formulir di atas.

Presentasikan daftar riwayat hidup yang telah kamu buat pada pertemuan berikutnya.

Ayo Renungkan

• Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

• Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?

• Bagian mana yang belum kamu pahami?

• Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?

• Manfaat apa yang kamu peroleh dari pembelajaran hari ini?

• Sikap apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.

Kerja Sama dengan Orang Tua

(103)

Kamu akan merancang kemasan berbentuk prisma

segitiga. Sebelum kamu merancang kemasan, alangkah baiknya kamu

membaca penjelasan tentang kemasan produk

berikut ini.

Ayo Membacaa Kemasan Produk

Selama berabad-abad, fungsi sebuah kemasan hanya sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa. Seiring dengan perkembangan zaman, barulah terjadi penambahan nilai-nilai fungsional. Peranan kemasan dalam pemasaran mulai diakui sebagai satu kekuatan utama dalam persaingan pasar.

(104)

Baru pada tahun 1980-an, persaingan dalam dunia usaha semakin tajam. Kalangan produsen saling berlomba untuk merebut perhatian calon konsumen. Bentuk dan model kemasan dirasakan sangat penting peranannya dalam strategi pemasaran. Di sini, kemasan harus mampu menarik perhatian, menggambarkan keistimewaan produk, dan “membujuk” konsumen. Pada saat inilah kemasan mengambil alih tugas penjualan.

Fungsi Peranan Kemasan

Secara umum, fungsi kemasan adalah :

1. Melindungi dan mengawetkan produk. Contohnya, melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, serta kontaminasi dari kotoran, atau mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk.

2. Sebagai identitas produk. Dalam hal ini, kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan pengirim informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada bagian luar kemasan.

3. Meningkatkan efisiensi. Antara lain: memudahkan penghitungan, memudahkan pengiriman, dan memudahkan penyimpanan.

Kemasan juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi suatu citra tertentu. Contohnya, produk-produk makanan. Dari kemasannya, orang sudah dapat mengenali rasanya. Walaupun tidak ada pesan yang ditulis pada kemasan tersebut, ciri pada kemasannya mengomunikasikan suatu citra yang baik.

Dalam keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita, membuat kemasan yang menarik dan aman untuk konsumen merupakan tanggung jawab dari suatu wirausaha.

(105)

Jawab pertanyaan berikut.

1. Apa fungsi kemasan pada mulanya?

2. Sebutkan 3 fungsi utama dari kemasan.

3. Dalam keberagaman ekonomi yang ada di sekitar kita, membuat kemasan yang menarik dan aman untuk konsumen merupakan tanggung jawab dari suatu wirausaha.

Apakah maksud dari pernyataan di atas?

Ayo Mengamati

Amati kemasan berbentuk prisma segitiga.

(106)Ayo Berdiskusi

Diskusikan kemasan tersebut dalam kelompok.

Tuliskan sebanyak mungkin hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan pada kolom berikut.

Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dalam kelompok.

Ayo Berlatih

Sekarang, kamu akan berlatih merancang kemasan.

(107)

Sebelum kamu membuat kemasan, perhatikan informasi penting berikut.

1. Kamu akan mendapatkan kertas karton berukuran 50 cm x 50 cm.

2. Kamu dapat menentukan sendiri ukuran kemasan yang akan kamu buat selama tidak melebihi ukuran kertas karton.

3. Kamu dapat menggunakan koran bekas atau kertas kalender bekas terlebih dahulu sebelum membuatnya menggunakan karton. Cara ini biasa dilakukan oleh pembuat kemasan untuk menguji coba dan memastikan apakah rancangannya dapat terangkai dengan baik menjadi kemasan yang rapi.

4. Setelah yakin, gambarlah jaring-jaring prisma segitiga pada karton. Tambahkan 1 cm pada bagian-bagian yang perlu direkatkan.

5. Setelah prisma segitiga selesai, hitunglah volumenya.

Presentasikan kemasan prisma segitiga yang telah kamu buat dalam kelompok.

Kamu telah membuat Daftar Riwayat Hidupmu pada pertemuan sebelumnya.

Kamu akan menceritakan tentang daftar riwayat hidupmu secara berkelompok.

Ayo, persiapkan dirimu dengan baik.

Ayo Berdiskusi (108)

1. Data Pribadi

Cantumkan dalam data pribadi nama lengkap, alamat lengkap, kode pos, nomor telepon, jenis kelamin, tempat dan tanggal kelahiran, kewarganegaraan, dan agama.

2. Bidang yang diminati

Tuliskan bidang yang kamu minati.

3. Riwayat Pendidikan

Tuliskan riwayat pendidikan yang pernah kamu tempuh, misalnya Taman Bermain, TK A, TK B, dan SD.

4. Ekstrakurikuler dan Kursus

Cantumkan ekstrakurikuler dan kursus yang pernah kamu ikuti.

5. Kecakapan

Tuliskan kecakapan atau keterampilan lain yang kamu memiliki.

6. Kesimpulan

Tuliskan di bagian kesimpulan sikap dan keterampilan yang menonjol dalam dirimu yang mendukung bidang yang kamu pilih.

Ayo Renungkan

• Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari hari ini.

• Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?

• Apa yang belum kamu pahami?

• Apa yang akan kamu lakukan agar lebih paham?

• Manfaat apa yang kamu peroleh dari pembelajaran hari ini?

• Sikap apa yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

Kerja Sama dengan Orang Tua

(109)

Kamu telah membuat rancangan poster untuk pameran produk

seni di daerahmu. Sekarang, buatlah poster berdasarkan rancangan yang telah

kamu buat.

Ayo Berkreasi (110)

Buatlah tanda centang (P) apabila postermu telah memenuhi persyaratan berikut.

No Kriteria Ya Tidak

1 Saya membuat judul poster sesuai tema

2

Saya menulis kata, kelompok kata, dan kalimat sesuai dengan tema

3 Saya membuat gambar pada poster sesuai dengan tema

4

Saya mencantumkan tanggal, waktu, dan tempat pelaksanaan kegiatan pada poster

Jika kamu sudah memenuhi seluruh persyaratan di atas pada rancangan postermu, lanjutkanlah dengan membuat poster yang menarik dan rapi.

Karya seni batik dan gerabah adalah dua komoditas yang sudah diekspor Indonesia ke

berbagai negara.

Apakah kamu mengetahui komoditas lain yang diekspor

Indonesia ke berbagai negara di lingkup ASEAN?

Ayo, presentasikan informasi yang telah kamu peroleh

(111)Ayo Berdiskusi

Apakah kamu masih ingat komoditas apa saja yang diekspor Indonesia ke berbagai negara di ASEAN?

Diskusikan pertanyaan tersebut secara berpasangan dan tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Pada pembelajaran 1, kamu mendapat tugas untuk mencari informasi

tentang berbagai komoditas yang diekspor oleh Indonesia ke berbagai negara di ASEAN.

Presentasikan informasi yang kamu peroleh secara bergiliran dalam kelompok.

Ketika temanmu melakukan presentasi, kamu dapat mencatat informasi penting yang kamu peroleh pada tabel berikut.

(112)

Banyak produk yang diekspor ke luar negeri dikemas sedemikian rupa.

Selain untuk daya tarik, kemasan juga bertujuan untuk melindungi

produk dari kerusakan.

Ayo Mengamati

Sebelumnya, kamu telah mempelajari kemasan produk berbentuk prisma segiempat (balok) dan prisma segitiga.

Pada pembelajaran hari ini, kamu akan mengenal kemasan produk berbentuk limas.

Amati gambar kemasan berbentuk limas berikut.

(113)

Apakah kamu pernah menemukan kemasan seperti pada gambar dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.

Apakah yang kamu ketahui tentang sifat-sifat limas segitiga dan segiempat?

Ayo, kita pelajari!

Ayo Mengamati (114)

Apakah kamu menemukan persamaan dan perbedaan pada limas segitiga dan segiempat?

Tuliskan persamaan dan perbedaan yang kamu temukan berdasarkan pengamatanmu.

Sifat-sifat Limas Segiempat

Perhatikan limas segiempat di samping.

• Limas segiempat memiliki alas berbentuk segiempat (persegi atau persegi panjang).

• Setiap diagonal segiempat (persegi dan persegi panjang) memiliki ukuran yang sama panjang.

• Panjang diagonal alas AC dan BD memiliki ukuran yang sama panjang.

• Memiliki 4 buah sisi berbentuk segitiga yang sama besar.

Sifat-sifat Limas Segitiga

Perhatikan limas segitiga DABC di samping.

• Semua sisi-sisi limas tersebut berbentuk segitiga.

• Limas segitiga tersebut memiliki 4 buah sisi yang berbentuk segitiga, yaitu sisi ABC, ABD, BCD, dan ACD.

(115)

Tahukah kamu cara menghitung volume limas?

Cara menghitung volume limas segiempat.

Cara Menghitung Volume Limas Segiempat

Langkah 1

Temukan panjang dan lebar alas

Panjang alasnya sebuah limas adalah 4 cm dan lebarnya adalah 3 cm.

Langkah 2

Kalikan panjang dan lebarnya untuk menemukan luas alas limas.

Luas alas limas:

3 cm x 4 cm = 12 cm2

Langkah 3

Kalikan luas alas dengan tingginya

Luas alasnya adalah 12 cm 2 dan tingginya adalah 4 cm. Kalikan 12 cm2 dengan 4 cm.

12 cm2 x 4 cm = 48 cm3

Langkah 4

Bagi hasilnya dengan angka 3.

48 cm3/3 = 16 cm3

SOAL-SOAL : KEMAGNETAN A. Pilihan Ganda

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, SOAL-SOAL, KEMAGNETAN, Pilihan, Ganda

PERTANYAAN SEKITAR MEDAN MAGNET DAN INDUKSI

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, PERTANYAAN, SEKITAR, MEDAN, MAGNET, INDUKSI

Soal Magnet

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, Magnet

SOAL-SOAL : KEMAGNETAN A. Pilihan Ganda

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, SOAL-SOAL, KEMAGNETAN, Pilihan, Ganda

Latihan Soal IPA Kelas 6 Worksheet

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, Latihan, Kelas, Worksheet

Induksi Magnet Worksheet

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, Induksi, Magnet, Worksheet

Ulangan Harian Kelas 9 Kemagnetan

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, Ulangan, Harian, Kelas, Kemagnetan

Ami Membuat Magnet Seperti Gambar Berikut. (gambar Nya Ada Di No 38) Berdasarkan Gambar - Brainly.co.id

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, Membuat, Magnet, Seperti, Gambar, Berikut., (gambar, Berdasarkan, Brainly.co.id

Daerah Di Sekitar Magnet Yang Masih Dipengaruhi Gaya Magnet Disebut - Sebutkan Itu

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, Daerah, Sekitar, Magnet, Masih, Dipengaruhi, Disebut, Sebutkan

Joni Membuat Magnet Seperti Gambar Berikut Jika Logam AB Terbuat Dari Baja Jawablah Pertanyaan - Brainly.co.id

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, Membuat, Magnet, Seperti, Gambar, Berikut, Logam, Terbuat, Jawablah, Pertanyaan, Brainly.co.id

Sebatang Magnet Dipotong | Lihat Cara Penyelesaian Di QANDA

Pertanyaan Tentang Magnet : pertanyaan, tentang, magnet, Sebatang, Magnet, Dipotong, Lihat, Penyelesaian, QANDA