Cara Membuat Abon Sapi

Cara membuat Abon Sapi yang enak dan sederhana sangat mudah sekali. Bahan-bahan membuat Abon Sapi pun mudah di dapat, seperti: Daging Sapi Tanpa Lemak, Serai, Daun Salam, Lengkuas, Daun Jeruk, Garam, Gula Merah, Santan, Minyak Goreng, Bawang Putih, Bawang Merah, Jahe, Ketumbar.Abon Daging Manis Kenapa harus beli abon kalau bisa membuat Abon Daging Manis ini? ----- SUBSCRI...Abon bisa didapatkan dengan mudah di pasar swalayan atau toko bahan makanan langganan di pasar. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri. Berikut ini resep bahan dan cara membuat abon sapi rumahan yang enak. Anda juga bisa menyulapnya menjadi abon pedas dengan menambahkan cabai rawit giling pada bumbu halus.Abon sapi ini sering dikonsumsi sebagai makanan taburan untuk nasi, bakso, mie ayam, bubur dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan olahan tersebut di pasar tradisional sampai dengan super market.Cara Membuat Abon Sapi : Rebus daging sapi dengan air yang telah ditambahkan daun jeruk, daun salam dan juga serai. Masak hingga empuk kemudian tiriskan. 2. Suwir-suwir daging sapi hingga kecil-kecil dan terlihat lebih halus 3. Panaskan minyak dalam wajan. Kemudian tumis semua bumbu halus hingga harum.

Cara Membuat Abon Sapi Paling Enak - YouTube

Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari negeri Cina. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Ditambah ada beberapa abon sapi yang menggunakan tambahan bawang goreng membuatnya semakin lezat.Apakah Anda termasuk penggemar abon? Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara memilih abon sapi.Untuk resep Cara Membuat Lemper Ketan Isi Abon Sapi yang dimasak dengan cara digoreng, tinggal panaskan minyak lalu goreng lemper yang sudah dibungkus daun pisang begitupun untuk lemper yang dimasak dengan cara dibakar, tinggal bakar lemper yang sudah dibungkus daun pisang. Sekian resep lemper dari kami, semoga bermanfaat.Cara Membuat Abon Sapi. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memotong daging sapi sampai menjadi tetelan daging. Jangan lupa untuk membuang lemak dan jaringan ikat dari seluruh permukaannya. Lalu kita potong-potong menjadi kecil, kemudian kita cuci dengan air bersih sehingga bebas dari kotoran dan sisa darah.Cara Membuat Daging Abon: Potong daging sapi dengan ketebalan yang tipis dan melebar. Jika sudah, sisihkan; Haluskan bahan seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, dan ketumbar dengan cara digiling. Kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukkan potongan daging tersebut ke dalam tumisan. Aduk dan masak hingga daging berubah warna.

Cara Membuat Abon Sapi Paling Enak - YouTube

Cara Membuat Abon Sapi Rumahan | merdeka.com

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Abon Sapi Gurih dan Renyah, semoga ini bisa menjadi bahan referensi Anda untuk membuat abon sendiri dirumah, dan bisa juga dijadikan sebagai peluang usaha abon. Oh ya, jika anda ingin mencoba tips dan resep cara membuat abon lainnya, seperti dari Ikan, Lele anda bisa juga mempelajari pada artikel kami yang lain dengan Baca juga..Cara Membuat Sebuah Abon Sapi: Buanglah lapisan lemak dan urat yang masih ada pada sebuah daging sapi, kemudian cuci dengan bersih. Rebuslah daging sapi tersebut bersamaan dengan serai, daun salam, dan lengkuas hingga sampai benar-benar sangat empuk. Setelah itu tiriskanlah daging.Trik supaya sukses membuat abon sapi Tata cara dan Proses menggoreng abon daging sapi. Dalam menggoreng abon daging sapi, diperlukan sedikit trik dalam menggorengnya. pertamanya, gunakan minyak secukupnya supaya daging hasil gorengan tidak terlalu berninyak. Selanjutnya, masukkan daging yang sudah di suwir ke dalam wajan panas sedikit demiAbon sapi biasa disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau isian roti. Selain karena rasa keringnya yang gurih khas daging sapi, abon sendiri tahan lama. Abon juga bisa menjadi lauk penyelamat kala tidak ingin/sempat memasak. Yuk buat sendiri abon anda supaya lebih aman & bersih dengan resep mudah ini.Cara membuat abon sapi: 1. Rebus hingga matang daging dengan daun jeruk, daun salam dan sereh. Angkat dan tiriskan. 2. Suwir-suwir daging dengan ukuran kecil saat sudah dingin. Baca juga: Resep Kroket Kentang, Camilan Praktis buat Snack Time Anak. 3. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan suwiran daging.

Cara Membuat Bakpia Cara Membuat Norton Ghost Di Flashdisk Cara Membuat Puding Terapung Cara Membuat Bakmi Jawa Cara Membuat Wedang Uwuh Cara Membuat Gulai Sapi Membuat Garis Putus Putus Di Photoshop Bahan Bahan Membuat Boba Cara Membuat Jenang Merah Cara Membuat Hunkwe Biasa Cara Membuat Susu Kurma

Cara Membuat Abon Sapi yang Enak Serta Menarik

Daftar Isi

Cara membuat abon sapi – Pastinya Anda suka pernah menikmati abon sapi bukan? Ya, karena memang makanan ini asli dari Indonesia. Bahkan saat ini menjadi salah satu makanan populer dimasyarakat.Selain memiliki rasa yang enak, abon sapi juga bisa tahan lama. Meski abon sapi dapat bertahan lama namun pengolahannya tanpa adanya tambahan bahan pengawet. Abon sapi dibuat menggunakan bahan utama daging sapi pilihan yang diolah hingga menghasilkan makanan yang enak. Abon sapi dijual dengan harga yang terjangkau sehingga tak heran jika banyak yang suka. Abon sapi sering dijadikan sebagai makanan pelengkap atau taburan dalam masakan maupun panganan yang lain. Rasanya yang gurih dan nikmat sehingga semua kalangan tanpa terkecuali suka dengan abon sapi. Tak hanya itu saja, makanan ini juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk tubuh sehingga sangat tepat bila dikonsumsi setiap hari. Saat ini sudah banyak variasi sajian dari abon sapi diantaranya yakni abon ikan, abon ayam dan lainnya. Namun sejak dahulu abon yang paling besar diminati yakni abon sapi. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang abon sapi, mari simak juga manfaat dan kelebihan yang dimiliki abon sapi.

Manfaat dan Kelebihan Yang Dimiliki Abon Sapi

Abon sapi tergolong salah satu produk olahan daging yang tahan lama. Untuk mempertahankan mutunya selama penyimpananan, maka harus dikemas dalam kantong plastic dan ditutup dengan rapat. Dengan begitu, maka abon bisa disimpan dan dinikmati dalam beberapa bulan. Abon yang mampu bertahan lama ini memang dapat dijadikan sebagai cadangan lauk dalam jangka panjang.

Setelah Anda melihat manfaat dan kelebihan yang dimiliki abon sapi, tentunya akan semakin tertarik untuk membuatnya. Begitupun cara membuat abon sapi pun kini mudah sekali dilakukan. Jika Anda tertarik mencoba membuat abon sapi dirumah, maka bisa mencoba beberapa resep yang kami ulas berikut ini.

Resep Pertama Membuat Abon Sapi

Bahan

daging sapi tanpa lemak 1 kilogram santan kental 100 ml santan encer 1000 ml

Bahan untuk bumbu :  

bawang putih 3 siung, dihaluskan bawang merah 8 siung, dihaluskan ketumbar sangrai 1 sdm, dihaluskan kemiri 8 butir sangrai, dihaluskan gula merah 3 sdm garam halus 2 sdm daun jeruk 3 lmbr air jeruk nipis 1 ½ sdm lengkuas 1 buah, dimemarkan serai 2 batang, dimemarkan Minyak untuk menumis secukupnya

Cara Membuat Abon Sapi :

Potong daging sapi dengan ketebalan tipis melebar. Jika sudah lalu sisihkan Haluskan bahan seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, dan ketumbar dengan cara diulek. Selanjutnya tumis bumbu yang telah dihaluskan tersebut hingga harum. Kemudian masukkan potongan daging kedalam tumisan. Aduk dan masak hingga daging berubah warna. Tuangkan santan encer kedalam masakan tersebut, aduk dan masak hingga tekstur daging jadi lunak. Lalu masukkan air jeruk nipis dan santan kental kedalam masakan. Aduk dan masak kembali hingga mendidih. Angkat masakan, kemudian ambilkan daging sapinya dan potong kembali hingga lebih tipis lagi kemudian pipihkan dan suwir-suwir. Masukkan lagi suwiran daging tersebut kedalam masakan kuah lalu masak kembali hingga kuahnya kering kemudian angkat. Siapkan alat perasan lalu masukkan daging sapi dan peras hingga minyak bekas sisa penggorengan keluar, usahakan hingga benar-benar kering. Masukkan abon yang telah kering kedalam toples supaya abon dapat bertahan lebih lama.

Resep Kedua Membuat Abon Sapi

Bahan-bahan membuat Abon Sapi Daging sapi sebanyak 5 kg Ketumbar sebanyak 25 g Kemiri  sebanyak 125 g Gula merah sebanyak 350 g Bawang merah sebanyak 150 g Bawang putih sebanyak 50 g Garam dapur sebanyak 200 g Cara Membuat Abon Sapi : Potong daging sapi hingga menjadi tetelan daging. Buang lemak dan jaringan ikat dari seluruh permukaannya, kemudian potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Lalu cuci dengan air hingga bersih. Timbang daging hingga memiliki berat 5 kg, atau sesuai dengan keingingan Anda. Kemudian rebus potongan-potongan daging ke dalam air mendidih kurang lebih selama selama 30-60 menit. Jika sudah selesai, lalu didinginkan dan tumbuk daging yang sudah direbus. Pisahkan serta-seratnya menggunakan pisau. Selanjutnya tumbuk ketumbar, bawang merah, gula merah, kemiri, bawang putih dan garam dapur sesuai dengan takarannya menjadi satu. Tumbuk hingga halus dan campur, aduk hingga semuanya tercampur dengan rata. Jika sudah, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan. Siapkan daging kelapa seberat 3 kg, kemudian parut dan peras santannya dengan air panas secukupnya. Masukkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan, lalu tambahkan ke dalamnya daging yang sudah disuwir-suwir (dipisahkan dalam bentuk serat-serat daging) dan bumbu-bumbu yang sudah dipersiapkan, Aduk hingga rata, lalu panaskan di atas kompor hingga jadi kering dan tiriskan. Panaskan minyak goreng sebanyak 0,5 kg kedalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit daging dan goreng hingga kering dan berwarna coklat muda, jika sudah tiriskan dan biarkan hingga dingin. Langkah terakhir dengan mengemas abon yang dihasilkan dalam kantong plastik atau bisa menggunakan kemasan yang lain. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempertahankan kualitas abon.

Proses dan cara membuat abon sapi memang mudah sekali dilakukan. Namun akan terasa lebih ringan jika pengolahannya dibantu dengan peralatan yang handal. Seperti mesin suwir abon daging.  Dimana pengolahan abon memang selalu melewati penyuwiran abon daging. Proses suwir abon akan terasa lebih ringan dan mudah jika menggunakan mesin suwir abon daging. Prosesnya bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan efektif. Dalam menyuwir abon daging pun jadi tidak melelahkan maupun menyita banyak waktu. Mesin ini dihadirkan untuk mempermudah proses produksi abon daging. Kini mesin suwir abon daging sudah bisa diperoleh di Maksindo. Jika Anda berminat menggunakannya, KLIK DISINI.

Resep Ketiga Membuat Abon Sapi

Bahan-bahan:

daging sapi segar 1 kilogram santan kental 300 mililiter lengkuas 1 ibu jari, digeprek daun salam 2 lembar

Bumbu Halus :

bawang putih 4 siung ketumbar 2 sendok makan gula merah 2 sendok makan (atau sesuai selera) Garam secukupnya

Cara Membuat Abon Sapi :

Rebus daging sapi menggunakan lengkuas dan daun salam. Apabila daging sudah empuk, kemudian angkat dan dinginkan. Iris tipis-tipis daging sapi yang sebelumnya sudah didinginkan. Pukul-pukul daging sapi yang sudah diiris dengan alat pemukul khusus hingga daging memar. Lalu suwir-suwir daging hingga menjadi halus menyerupai kapas Selanjutnya rebus santan lalu masukkan daging sapi suwir beserta bumbu halus. Masak menggunakan api kecil hingga santan habis dan daging benar-benar telah kering.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan pembuatan abon:

Bolak-balik daging ketika dimasak bersama santan supaya daging tidak mudah gosong Pastikan abon benar-benar matang dan disimpan dalam wadah yang kering dan kedap udara supaya dapat tahan lama Resep Keempat Membuat Abon Sapi Pedas

Bahan :

daging sapi 1 kg santan kental 1 gelas, diambil dari 1 butir kelapa bawang putih 4 siung ketumbar 2 sendok makan Bubuk cabai Gulai merah Daun salam Lengkuas, memarkan Garam dan penyedap rasa

Cara Membuat Abon Sapi Pedas :

Langkah awal, rebus daging dan berikan garam, daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Setelah daging empuk, kemudian iris tipsi-tipis. Lalu pukul-pukul dengan alat penggepuk hingga daging memar. Daging yang sudah memar, kemudian di suir-suir hingga halus. Haluskan bumbu seperti bawang putih,  gula merah, ketumbar dan sedikit garam. Panaskan santan kental, lalu masukkan daging dan bumbu yang telah dihaluskan, aduk-aduk terus hingga santan habis dan daging kering, pada saat mengaduk setelah kering, harus di bolak-balik supaya abon tidak gosong. Simpan pada wadah yang rapat, bisa menggunakan toples maupun plastik.

Resep Kelima Membuat Abon Sapi

Bahan-bahan :

daging sapi 1 ½ kg santan 300 ml 6 lembar daun jeruk serai 4 batang. Memarkan gula merah 4 sdm garam 4 sdt atau sesuai dengan selera anda daun salam 4 lembar ketumbar 3 sdm halus kecap manis 2 sdm air 2200 ml Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :

4 cm laos 10 cm sera 10 siung bawang putih berukuran sedang 16 butir bawang merah berukuran sedang 6 cm jahe 6 cm lengkuas

Cara Membuat Abon Sapi :

Rebus daging sapi dengan air yang telah ditambahkan daun jeruk, daun salam dan juga serai. Masak hingga empuk kemudian tiriskan.2. Suwir-suwir daging sapi hingga kecil-kecil dan terlihat lebih halus3. Panaskan minyak dalam wajan. Kemudian tumis semua bumbu halus hingga harum.4. Masukkan suwiran daging sapi,  ketumbar, gula merah dan garam5. Tambahkan kecap. Aduk secara perlahan hingga semua bumbu bisa tercampur dengan rata dan daging sapi berbubah berwarna hitam kecap.6. Masukkan santan kemudian masak hingga abon mengering. Lalu angkat.7. Goreng abon sapi yang setengah matang menggunakan api sedang hingga benar-benar kering.8. Abon sapi siap disajikan untuk dinikmati.

Bagaimana, cara pembuatan abon sapi memang sangat mudah bukan. Yangmana pengolahannya pun bisa dilakukan dirumah. Dengan membuat masakan abon sendiri tentu bisa mendapatkan hasil yang sempurna sehingga sesuai yang Anda inginkan masing-masing.

Demikian pembahasan tentang cara membuat abon sapi yang enak dan menarik yang bisa dicoba dipraktekkan dirumah. Semoga saja dengan kehadirannya artikel yang kamu bahas diatas ini bisa berguna dan membawa manfaat bagi kalian semuanya. Selamat mencoba resep yang kami tuliskan diatas dan semoga berhasil.

√ Cara Membuat Abon Sapi Praktis Sederhana

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Membuat, Praktis, Sederhana

Resep Abon Sapi By Nova Anggraini - Langsungenak.com

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Resep, Anggraini, Langsungenak.com

Resep Abon Sapi

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Resep

Diah Didi's Kitchen: Abon Tuna

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Didi's, Kitchen:

Cara Membuat Abon Sapi Gurih Dan Enak, Ikuti 7 Langkah Ini – Informasi Peluang Usaha Rumahan

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Membuat, Gurih, Enak,, Ikuti, Langkah, Informasi, Peluang, Usaha, Rumahan

Resep Abon Terlengkap - Aplikasi Di Google Play

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Resep, Terlengkap, Aplikasi, Google

10 Cara Membuat Abon Ikan Enak Dan Tahan Lama, Mudah Dipraktikkan | Merdeka.com | LINE TODAY

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Membuat, Tahan, Lama,, Mudah, Dipraktikkan, Merdeka.com, TODAY

Resep Abon For Android - APK Download

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Resep, Android, Download

10 Rekomendasi Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) | Mybest

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Rekomendasi, Terbaik, (Terbaru, Tahun, 2021), Mybest

50 Resep Abon Sapi Homemade Enak Dan Sederhana Ala Rumahan - Cookpad

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Resep, Homemade, Sederhana, Rumahan, Cookpad

50 Resep Abon Sapi Homemade Enak Dan Sederhana Ala Rumahan - Cookpad

Cara Membuat Abon Sapi : membuat, Resep, Homemade, Sederhana, Rumahan, Cookpad