Cara Menggabungkan Baris Di Excel

Cara Menggabungkan Baris di Microsof Excel. Perhatikan Langkah-langkah berikut : 1. Bloklah terlebih dahulu cell/baris yang ingin di edit (lihat gambar). 2. klik kiri ikon Merge and Center 3. Lihat hasilnya.Maka kamu akan melihat kalau baris di Excel 2013 akan tersembunyi. Untuk menampilkan baris lagi di Excel 2013, lakukan seleksi di baris sebelum dan sesudah baris Cara Menyembunyikan Kolom di Excel 2013. Pertama-tama lakukan penyeleksian terhadap kolom dibagian atas yang kamu inginkan.Tips cara menggabungkan teks atau beberapa cell data pada excel serta cara menggabungkan kolom dan baris excel..Ada berbagai cara untuk menambahkan kolom dan baris pada microsoft excel, kita dapat gunakan shortcut atau menggunakan command Setelah anda memahami apa itu Baris, kolom, cell dan range pada excel, selanjutnya kita akan mencoba bekerja dengan menggunakan baris dan kolom di excel.3. Cara Menggabungkan Lembar Excel di Folder Penuh File. Beberapa kali, saya sudah memiliki folder yang penuh dengan file yang saya butuhkan Langkah 4. Cara Menggabungkan Lembar Kerja Excel dengan Sekali Tekan. Sekarang, sebuah jendela baru muncul dengan daftar file yang akan kita...

Cara Menyembunyikan Baris dan Kolom di Excel 2013 | WinPoin

Sedangkan data pada susunan sel horizontal disebut data baris dan diberi nama dengan nomor yaitu 1,2,3,4 dan seterusnya. Hasilnya akan terlihat data kolom berubah menjadi data baris seperti contoh gambar di bawah ini. Demikianlah penjelasan singkat dari saya mengenai Cara Mengubah Data...Cara Menghilangkan Garis di Excel untuk Judul. 1. Jalankan program Microsoft Excel, kemudian masuk ke tab menu Home. Setelah itu Kamu masuk ke kategori Alignment pilih bagian Merge & Center untuk menggabungkan baris dan kolom menjadi satu sekaligus membuat teks rata tengah.Belajar Tutorial Cara Menggabungkan Baris Dan Kolom Pada Microsoft Office Excel.Cara ini akan menggabungan isi sel sebanyak mungkin di sel pertama dan sisanya di sel baris berikutnya. Catatan: Pengguna Excel 2013 atau versi di atasnya bisa memakai Flash Fill untuk menggabungkan data tanpa harus menggunakan rumus.

Cara Menyembunyikan Baris dan Kolom di Excel 2013 | WinPoin

3 Cara Menggabungkan Teks Dan Isi Cell, Kolom Atau Baris Excel

Cara Internet - Menggabungkan cell atau biasa disebut dengan marge adalah hal sepele namun terkadang masih ada yang belum mengetahui caranya. Merge cell sendiri dalam Microsoft Word dan Excel memiliki arti penggabungan beberapa cell kolom maupun baris.Merge cell ini sangat sering...Walaupun Microsoft Excel disebut sebagai aplikasi pengolah angka, bukan berarti Excel tidak bisa untuk mengolah kata. Beberapa fitur, rumus dan fungsi Excel mampu mengolah kata atau teks dengan sangat menakjubkan.Secara default, setiap baris dan kolom dari buku kerja yang baru, tinggi dan lebarnya diatur sama. Excel memungkinkan Anda mengubah lebar kolom dan tinggi baris dengan cara yang berbeda, termasuk wrapping teks dan menggabungkan sel.Pelajari cara mengubah ukuran baris atau kolom lembar kerja Excel secara manual menggunakan mouse, menyesuaikan lebar kolom atau tinggi baris sIf Anda mendapati diri Anda perlu memperluas atau mengurangi lebar baris dan tinggi kolom Excel, ada beberapa cara untuk menyesuaikannya.Banyak penggunjung bertanya kepada kami : Bagaimana cara merge (menggabungkan) kolom di Microsoft Excel tanpa harus kehilangan data ? Saat menggunakan rumus ini, pastikan bahwa cel pertama dengan teks untuk setiap kolom berada di baris yang sama. Juga, jika ada sel yang kosong...

Cara Melakukan Gaya Dada Cara Membatasi Bandwidth Wifi Indihome Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Bawang Putih Cara Smash Badminton Biar Keras Cara Mengukur Celana Jelaskan Cara Melakukan Awalan Dalam Lompat Jauh Cara Merubah Huruf Kapital Di Excel Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg Dalam Seminggu Sebutkan Tugas Dan Wewenang Dari Para Menteri Secara Umum Cara Bikin Leker Cara Bikin Wingko

Cara Menggabungkan Text / Kata Di Excel

Menggabungkan Text Di Excel – Microsoft Excel memiliki fitur untuk menggabungkan teks atau kata yang ada di beberapa sel. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Misalnya dengan operator ampersand (&), dengan fitur fill justify, ataupun dengan fungsi concatenate.

Masing-masing cara tersebut memiliki langkah yang berbeda. Sehingga Anda perlu memahaminya alurnya untuk memanfaatkan fitur tersebut. Pada artikel ini kami jelaskan satu per satu sehingga Anda bisa mempraktekkannya dengan mudah.

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Di Excel

Menggabungkan Teks dengan Operator Ampersand

Tanda baca dan “&” atau juga disebut dengan nama ampersand merupakan salah satu operator teks pada Excel yang dipakai untuk menggabungkan teks maupun isi dari beberapa sel. Silakan simak caranya di bawah ini.

Menggabungkan Teks 2 Sel

Untuk menggabungkan dua sel dengan ampersand tidaklah sulit. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu data yang akan digabungkan. Berikutnya ikuti langkah berikut:

Pada contoh ini kami memiliki data nama depan dan nama belakang. Kemudian kami gunakan operator Ampersand untuk menggabungkan dua nama tersebut menjadi satu di kolom nama lengkap. Caranya pada kolom nama lengkap tuliskan rumus =sel nama depan&” “&sel nama belakang. Misalnya =A2&” “&B2. Kemudian tekan tombol Enter. Excel akan menggabungkan teks yang ada pada dua sel tersebut menjadi satu secara otomatis.

Adanya tanda petik dan spasi “ “ digunakan untuk memberikan spasi di antara kedua teks. Sebab jika Anda hanya menuliskan =A2&B2 maka dua teks tersebut akan digabungkan tanpa spasi. Menggabungkan Teks Beberapa Sel

Untuk menggabungkan teks atau tulisan dari beberapa sel pada Excel juga tidak sulit. Anda hanya perlu menambahkan operator “&” pada masing-masing sel. Misalnya:

=A1&A2&A3 atau =A1&B1&B3. =A1&” “&A2&” “&A3 dan seterusnya.

Menggunakan ampersand untuk menggabungkan teks memiliki kekurangan. Anda harus memasukkan sel yang ingin digabung satu per satu. Hal ini akan merepotkan jika sel yang digabung banyak jumlahnya.

Operator ampersand di atas tidak hanya digunakan untuk menggabungkan kata-kata pada beberapa sel saja. Anda juga bisa memasukkan kata-kata tertentu pada rumus yang Anda buat. Sehingga nantinya tulisan tersebut muncul pada hasil pengoperasian fungsi Excel yang Anda buat.

Misalnya untuk mengetahui lama studi seorang mahasiswa atau lama kerja seorang pegawai kita bisa memasukkan rumus tertentu, diikuti dengan tambahan kata bulan, tahun, ataupun hari. Jika dikembangkan lagi Anda bisa memadukan ampersand dengan rumus-rumus lainnya untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Menggabungkan Teks dengan Fill-Justify

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk menggabungkan teks adalah dengan Fill-Justify. Silakan simak cara di bawah ini:

Seleksi atau blok data yang ingin digabungkan. Lebarkan ukuran kolom sehingga nantinya bisa menampung hasil gabungan teks. Perkirakan saja harus seberapa lebar. Hal ini harus dilakukan agar teks yang ingin digabung akan menjadi satu semuanya, tidak terbagi-bagi lantaran ukuran lebar kolom yang kurang.

Langkah berikutnya klik tab Home, pilih menu Fill pada grup Editing dan klik Justify.

Setelah itu semua teks yang Anda seleksi akan bergabung menjadi satu.

Kekurangan dari cara ini Anda hanya bisa menggabungkan teks saja. Jika data yang digabung memiliki data angka atau numerik maka fitur ini tidak dapat bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, fitur ini juga hanya mampu memuat 255 karakter teks saja.

Menggabungkan Teks dengan Concatenate

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai fungsi Concatenate. Fungsi ini dipakai untuk menggabungkan beberapa sel yang memuat teks. Berikut cara menggunakan rumus Excel ini:

Siapkan data teks yang ingin digabung. Klik sel mana saja, kemudian tulis rumus =CONCATENATE(range data). Silakan blok terlebih dahulu range data yang Anda ketikkan, lalu tekan tombol F9.

Semua data yang Anda seleksi akan masuk ke dalam rumus. Hapus tanda kurung kurawal, setelah itu tekan tombol Enter. Maka hasilnya akan seperti berikut.

Seperti yang bisa Anda lihat, pada hasil penggabungan di atas tidak ada spasi antar teks. Jika ingin menambahkan spasi tinggal ubah rumusnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Misalnya menjadi =CONCATENATE(A1:A10&” “). Jangan lupa untuk blok range data dan tekan F9 seperti cara di atas. Lalu hilangkan tanda kurung kurawal dan tekan tombol Enter. Jangan lupa memastikan bahwa sel nantinya dapat menampung hasil gabungan teks.

Menggabungkan Teks pada Baris yang Sama

Jika ingin menggabungkan teks dari beberapa sel dalam baris yang sama kita perlu menambahkan fungsi TRANSPOSE. Fungsi ini dimasukkan sebelum range data atau cel yang ingin digabung teksnya. Untuk lebih jelasnya silakan simak tutorial berikut:

Masukkan rumus =CONCATENATE(TRANSPOSE(range data)) pada sembarang sel yang Anda inginkan. Sebelum menekan tombol Enter, silakan blok terlebih dahulu fungsi TRANSPOSE(range data), lalu tekan tombol F9.

Seluruh teks yang diseleksi akan masuk ke dalam rumus secara otomatis. Silakan hapus tanda kurung kurawal dan tekan tombol Enter.

Menggabungkan Sel dari Beberapa Kolom dan Baris

Jika Anda ingin menggabungkan teks dari beberapa kolom dan baris maka Anda tetap bisa menggunakan fungsi CONCATENATE seperti langkah di atas. Hanya saja penulisan rumusnya sedikit berbeda. Lebih jelasnya simak panduan berikut:

Klik salah satu sel kosong pada dokumen Excel Anda.kemudian ketikkan rumus =CONCATENATE(range data). Pada isian range data Anda bisa menyeleksi sel-sel yang ingin digabung. Blok bagian rumus range data, lalu tekan tombol F9 pada keyboard.

Isian dalam rumus tersebut akan berubah. Langkah berikutnya hapus tanda kurung kurawal dan operator sama dengan. Tekan tombol Enter pada keyboard. Tidak berhenti sampai di situ. Anda akan menjumpai data hasil rumus yang kita masukkan tadi memiliki tanda backslash (\). Kita ganti tanda ini menjadi titik koma (;). Caranya tekan tombol Ctrl + H untuk memunculkan kotak dialog Find and Replace. Pada tab Replace masukkan tanda backslash pada Find what dan titik koma pada Replace with. Setelah itu klik tombol Replace All. Jika muncul pemberitahuan klik tombol OK, kemudian Close.

Selanjutnya tambahkan tanda sama dengan = di awal rumus tersebut, kemudian tekan tombol Enter. Maka hasilnya akan berubah menjadi seperti berikut.

Anda juga bisa menggabungkan teks per baris terlebih dahulu. Atau Anda juga bisa menggabungkannya per kolom dengan memasukkan fungsi TRANSPOSE.

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Karakter Di Excel

Menggabungkan teks dari beberapa sel bisa memudahkan Anda untuk mengerjakan tugas yang memang mengharuskan Anda untuk menggabungkan tulisan dari beberapa sel, baris, atau kolom. Penggunaan rumus di atas tidak hanya terbatas pada nama saja. Anda bisa mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.

Sekian tutorial yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Perlu dicatat pada contoh di atas kami gunakan Excel 2019. Pada versi lain tidak ada perbedaan signifikan selain tampilan yang mungkin bisa berbeda. Sehingga Anda tidak harus menggunakan versi yang sama dengan contoh yang kami jelaskan di atas.

3 Cara Menggabungkan Teks Dan Isi Cell, Kolom Atau Baris Excel

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Menggabungkan, Cell,, Kolom, Baris, Excel

Bagaimana Cara Menggabungkan Baris Duplikat Dan Menjumlahkan Nilai Di Excel?

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Bagaimana, Menggabungkan, Baris, Duplikat, Menjumlahkan, Nilai, Excel?

Bagaimana Cara Membagi Satu Baris Menjadi Beberapa Baris Di Excel?

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Bagaimana, Membagi, Baris, Menjadi, Beberapa, Excel?

Mengubah Ukuran Tabel Dengan Menambahkan Atau Menghapus Baris Dan Kolom - Excel

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Mengubah, Ukuran, Tabel, Dengan, Menambahkan, Menghapus, Baris, Kolom, Excel

4 Cara Mengatur Lebar Kolom Dan Tinggi Baris Excel - Advernesia

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Mengatur, Lebar, Kolom, Tinggi, Baris, Excel, Advernesia

Bagaimana Cara Menggabungkan Baris Dengan ID / Nama Yang Sama Di Excel?

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Bagaimana, Menggabungkan, Baris, Dengan, Excel?

Bagaimana Cara Menggabungkan Beberapa Baris Menjadi Satu Berdasarkan Duplikat Di Excel?

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Bagaimana, Menggabungkan, Beberapa, Baris, Menjadi, Berdasarkan, Duplikat, Excel?

3 Cara Menggabungkan Isi Beberapa Sel Excel Menjadi Satu – Computer 1001

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Menggabungkan, Beberapa, Excel, Menjadi, Computer

Cara Cepat Mengubah Ukuran Baris Dan Kolom Di Office Excel - AneIqbal

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Cepat, Mengubah, Ukuran, Baris, Kolom, Office, Excel, AneIqbal

Excel 2016 (Bahasa Indonesia): Memodifikasi Kolom, Baris, Dan Sel

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Excel, (Bahasa, Indonesia):, Memodifikasi, Kolom,, Baris,

Cara Cepat Mengubah Ukuran Baris Dan Kolom Di Office Excel - AneIqbal

Cara Menggabungkan Baris Di Excel : menggabungkan, baris, excel, Cepat, Mengubah, Ukuran, Baris, Kolom, Office, Excel, AneIqbal