Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya

Kertas ini memiliki warna yang berbeda pada 2 sisinya, sisi pertama memiliki warna putih dan sisi kedua memiliki warna abu-abu. Kertas ini merupakan jenis bahan coated, yaitu memiliki lapisan tambahan pada permukaan yang berwarna putih. Permukaan kertas berwarna putih biasanya digunakan sebagai media cetak desain atau ditempeli stiker. KertasCarasatu.web.id - Kertas sudah menjadi barang yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak jenis-jenis kertas dengan kegunaannya masing-masing. Ukuran kertas juga beragam sesuai penggunaan. Dalam kehidupan sehari-hari kertas yang banyak di kenal ada kertas HVS, kertas buram dan kertas foto.Yuk Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya.Jenis kertas percetakan ada banyak dengan beragam ukuran dan kegunaan. Mungkin selama ini kamu hanya tahu beberapa saja. Nah, pada kesempatan kali ini Kang Yusuf yang mendapatkan referensi artikel mengenai jenis kertas percetakan dan kegunaan dari masing-jenis kertas dari situs Kangmasian akan berbagi informasi mengenai jenis kertasBerikut ini jenis-jenis kertas beserta ukuran dan kegunaannya. 1. Kertas HVS. Kertas HVS adalah jenis kertas tulis yang bebas dari serat kayu, yang terbuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin yaitu perekat antar serat di dalam pohon, sehingga tidak mudah berubah warna menjadi kekuningan apabila diletakkan dibawah sinarJenis-jenis Kayu Terbaik dan Kegunaannya - Perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak sekali jenis - jenis Kayu Di Indonesia. Disisi lain setiap kayu dalam negeri ini, mempunyai ciri tersendiri serta berbeda dan juga digunakan untuk berbagai macam produk yang berbeda pula.

Jenis-Jenis Kertas, Ukuran dan Kegunaannya - Cara Satu

Jenis kertas ini agak lembek, sehingga akan terlihat sedikit patah-patah pada teksturnya ketika kertas ini dilipat. Jenis kertas concorde memiliki 2 gramatur, yaitu 120 gsm dan 250 gsm. Itulah beberapa jenis kertas beserta karakteristiknya yang harus Anda ketahui sebelum mencetak media promosi dan branding. Dengan mengetahui jenis danJenis kertas yang digunakan untuk membuat Stopmap adalah jenis kertas karton, Akan tetapi banyak sekali perusahaan yang mencetak secara custom dengan jenis kertas lainnya seperti Concorde, Manila, BW (Black White), kertas Ivory, kertas Buffalo dan lainnya.Nah, demikian jenis-jenis kertas dan kegunaannya dalam dunia cetak-mencetak. Jika ada yang kurang, Anda dapat melengkapinya di kolom komentar. Siapa tahu ada yang membutuhkan informasi jenis kertas dan kegunaannya ini.Jenis-Jenis Kertas Berdasarkan Kegunaannya : 1. HVS. Ciri khas kertas ini bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kertas ini termasuk kertas yang umum digunakan perkantoran dan sekolah sebagai Laporan kerja, tugas sekolah, makalah, serta digunakan juga untuk media kertas untuk Buku.

Jenis-Jenis Kertas, Ukuran dan Kegunaannya - Cara Satu

Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya

Lem stik sangat bagus untuk anak-anak, ini adalah perekat dengan kekuatan rendah, tetapi dapat memberikan ikatan permanen pada berbagai jenis kertas seperti kardus, papan busa, dan papan poster. Contoh aplikasinya seperti untuk menyegel amplop, menerapkan label, kerajinan kertas, proyek seni, kliping, dll.Sejarah kertas dimulai di awal abad kedua atau tahun 100 Masehi ketika seseorang bernama Cai Lun berhasil membuat kertas yang terbuat dari kulit kayu, kain, batang gandum dan bahan lainnya. Kertas jenis ini akhirnya mulai dipakai sebagai alternatif dari bambu karena alasan murah, ringan, tipis, tahan lama dan lebih cocok untuk digunakan dengan kuas. Penemuan […]Kertas jenis ini memang sangat tipis dan terasa kasar jika diraba. Jenis kertas ini juga merupakan hasil daur ulang. Kertas koran terdiri dari 48,8 gram tersedia dengan beragam ukuran kertas, yaitu 61 x 86 cm, 65 x 100 cm, 79 x 109 cm.11 Jenis Kertas dan Kegunaannya. Desember 27, 2020 Desember 27, 2020 Oleh Mezi Aris Apronny. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemui jenis kertas yang berbeda-beda. Tujuan penggunaan menentukan jenis dari kertas yang digunakan. Untuk keperluan promosi, kertas brosur berbeda dengan kertas hvs. Selain jenis, ketebalan kertas dan ukuranMari kita lihat Jenis-Jenis Kertas Berdasarkan Kegunaannya : HVS Kertas ini bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kertas ini termasuk kertas yang umum digunakan perkantoran dan sekolah sebagai Laporan kerja, tugas sekolah, makalah, serta digunakan juga untuk media kertas untuk Buku. Book

Jenis Bola Voli Jenis Musik Barat Jenis Start Yang Digunakan Pada Nomor Lari Jarak Jauh Adalah Macam Macam Program Presentasi Macam-macam Lagu Daerah Kalor Jenis Aluminium Jenis Lompat Macam Kitab Suci Macam Macam Hadas Besar Jenis Jenis Sayuran Dan Kandungan Vitaminnya Jenis Ikan Air Payau

Jenis Kertas dan Kegunaannya

Definisi Kertas

Kertas adalah bahan tipis yang dihasilkan dari proses pengepresan serat kayu yang berasal dari pulp. Kertas pertama kali dikembangkan oleh bangsa Cina. Dengan penemuan kertas ini, telah merubah kebiasaan orang-orang dalam mendokumentasikan tulisannya yang telah terbiasa menulis lewat media kain, batu, tulang, serta daun.

Di Indonesia sendiri dahulu biasa mendokumentasikan lewat daun lontar. Kertas tak hanya dijadikan media tulis saja, seperti kertas tisu yang fungsinya untuk membersihkan dan juga kertas bisa dijadikan objek seni seperti origami.

Kertas sendiri telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, tidak hanya untuk kebutuhan belajar mengajar. Kertas sendiri sering kita gunakan, seperti pada waktu belanja, parkir kendaran, bayar tagihan, atm dan masuk jalan tol. Semua kita terima dalam bentuk Struk Kertas, bukan hanya itu kertas digunakan juga untuk membungkus makanan kita loh.

Kertas sejak awal diciptakan untuk mendokumentasikan karya baik tulisan ataupun dalam bentuk gambar. Seiring dengan perkembangan zaman, kertas sendiri berubah bentuk berdasarkan fungsi dokumentasinya; seperti pada buku bacaan, buku tulis, majalah, brosur, kartu nama, sertifikat, poster, kop surat dan lainnya. Kesemuanya itu memiki ciri khas permukaan kertas yang berbeda-beda berdasarkan fungsinya.

Jenis-Jenis Kertas Berdasarkan Kegunaannya :

1. HVS

Ciri khas kertas ini bertekstur halus, putih, serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kertas ini termasuk kertas yang umum digunakan perkantoran dan sekolah sebagai Laporan kerja, tugas sekolah, makalah, serta digunakan juga untuk media kertas untuk Buku.

Lihat Juga : Print HVS cuma Rp 200. 2. Book Paper

Ciri khas kertas ini bertekstur sedikit kasar cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Ketebalan kertas mulai 55 gsm,70, dan 90 gsm. Kertas ini kegunaannya khusus untuk Buku yang sifat teks saja,karena untuk gambar kurang menghasilkan warna yang tajam karena warna kertasnya sendiri cenderung kekuningan. Kertas ini diciptakan agar membuat mata anda selalu nyaman berlama-lama dalam membaca buku.

3. Art Paper

Ciri khas kertas ini bertektur halus, putih, licin, serta mengkilap dengan ketebalan sedikit tipis yaitu 120 gsm dan 150 gsm. Kertas ini sering digunakan untuk brosur, poster, bagian isi majalah, bagian isi company profile, dan bagian isi buku yang membutuhkan gambar lebih detail. Kertas ini memang terkesan lebih lux apalagi ditambah laminasi glossy ataupun dov.

4. Art Carton

Ciri khas kertas ini bertekstur halus,putih, licin, mengkilap, dan tebal. Ketebalan kertas ini mulai 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm, 260 gsm, dan 310 gsm. Kertas ini biasa digunakan untuk Kartu nama, Cover Buku, Cover Majalah, Company Profile, Poster, Sertifikat, Box Produk, Undangan dan masih banyak lainnya. Untuk Kartu Nama dan Cover Buku sendiri sangat cocok menggunakan ketebalan kertas 260 gsm.

Lihat Juga : Ukuran Standar Poster. 5. Karton BW

Kertas ini bertekstur halus, putih, dengan ketebalan 240 gsm. Kertas ini biasa digunakan untuk Sertifikat, Kartu Iuran Bulanan, Map, Undangan dan lainnya . Kertas ini cocok untuk ditulis lewat pena seperti kertas HVS.

6. Jasmine

Ciri khas kertas ini bertekstur halus, licin, mengkilap, dan ada partikel emas dipermukaan kertas. Kertas ini biasa digunakan untuk Undangan dan Kartu Ucapan. Kertas ini banyak memiliki varian warna.

7. Concorde

Ciri khas kertas ini bertekstur kasar sedikit halus, dan memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Kertas ini biasa digunakan untuk Sertifikat, Proposal, Surat Penting, dan lainnya. Kertas ini memiliki banyak varian warna yang soft.

8. Linen Jepang

Ciri khas kertas ini halus, licin, dan memiliki tekstur seperti kain pada permukaan depan. Kertas ini memiliki ketebalan 240 gsm, sering digunakan untuk Sertifikat, dan Kartu Nama karena permukaan kertas seperti kain. Dan sedikit memiliki varian warna.

9. Buffalo

Ciri khas kertas ini halus, licin, dan memiliki tekstur seperti guratan kayu. Kertas ini biasa tebal digunakan untuk cover jilid, dan beberapa untuk map serta kartu iuran. Kertas ini juga memiliki banyak varian warna.

10. NCR

Ciri khas kertas ini bertekstur halus, tipis, dan memiliki partikel karbon. Kertas ini biasa digunakan pada Nota, Bon, Struk,Faktur, Surat Jalan dan lainnya. Kertas ini mudah ditulis dan bisa mengcopy pada kertas halaman kedua karena ada partikel karbonnya.

11. Stiker Cromo

Ciri khas kertas ini bertekstur lincin, halus, mengkilap, dan memiliki lapisan lem pada bagian permukaan belakang. Kertas ini biasa digunakan untuk media promosi yang ditempel pada tempat-tempat tertentu.

12. Stiker Vinyl

Ciri khas kertas ini hasil sintetis, dengan ciri licin, halus, mengkilap, lentur dan memiliki lapisan lem pada permukaan belakang. Kertas ini biasa digunakan pada bagian motor, mobil, helm, dan lainnya. Karena kertas ini biasa digunakan dalam otomotif karena tidak mudah sobek dan terkikis hujan dan panas seperti pada kertas umumnya.

Sebenarnya masih banyak lagi varian jenis kertas berdasarkan Kegunaannya . Nanti kami akan tambah jenis-jenis kertas. 🙂

Lihat Juga : Ukuran Standar Kertas. Bagikan ini:Menyukai ini:Suka Memuat...

Jenis-Jenis Kertas

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Jenis-Jenis, Kertas

Mengenal Jenis-jenis Kertas Dan Kegunaannya - ZEIN Blog

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Mengenal, Jenis-jenis, Kertas, Kegunaannya

Jenis Jenis Kertas

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Jenis, Kertas

Memahami Karakteristik Jenis Kertas Dalam Dunia Percetakan

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Memahami, Karakteristik, Jenis, Kertas, Dalam, Dunia, Percetakan

Jenis Jenis Kertas Sesuai Dengan Penggunaannya

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Jenis, Kertas, Sesuai, Dengan, Penggunaannya

Jenis Jenis Kertas Dan Fungsinya – Kami

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Jenis, Kertas, Fungsinya

Macam Macam Ukuran Kertas Dan Kegunaannya - Berbagai Ukuran

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Macam, Ukuran, Kertas, Kegunaannya, Berbagai

Kkbi Kertas

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Kertas

Kertas Penerangan Kapasitor (Full)

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Kertas, Penerangan, Kapasitor, (Full)

COVER PAT RBT

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, COVER

Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Kemasan Produk Kerajinan Adalah

Jenis Jenis Kertas Dan Kegunaannya : jenis, kertas, kegunaannya, Jenis, Kertas, Digunakan, Untuk, Kemasan, Produk, Kerajinan, Adalah