Manfaat Lari Estafet

Manfaat Lari Estafet. Selain itu, anda juga perlu memahami terlebih dahulu apa sebenarnya tujuan olahraga ini. Kami akan memberikan penjelasan tentang apa tujuan lari estafet, sebagai berikut : Meningkatkan Metabolisme Tubuh. Salah satu tujuan dari lari estafet dan olahraga lain pada umumnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh.Suara.com - Lari estafet tidak hanya membutuhkan teknik lari yang benar tapi juga kerjasama tim yang kompak. Maka dari itu, perhatikan teknik lari estafet berikut ini.. Untuk diketahui, lari estafet merupakan salah satu ajang olahraga dan perlombaan yang memungkinkan anggotanya secara bergiliran menyerahkan tongkat ke pelari berikutnya di zona tertentu. . Olahraga ini dapat diikuti oleh atletdcprosportsreport.com - Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturannya. Kalian tentu telah tidak asing lagi dengan salah satu cabang berolahraga terkenal yang diucap lari estafet. Apalagi kalian juga nyatanya sempat mempraktekkannya di sekolah dikala pelajaran Pembelajaran Jasmani, Berolahraga, serta Kesehatan( PJOK).Manfaat Lari estafet. Di bawah ini yang termasuk fungsi yang menjadi manfaat lari estafet. Antara lain; Baik bagi kesehatan lutut ; Olahraga lari estafet ini memiliki manfaat yang sangat baik yaitu berguna untuk menjaga kesehatan lutut. Karena pada olahraga ini gerakan yang dominan dilakukan ialah lari, dan berlari sangat memerlukan kekuatanManfaat lari jarak pendek . Salah satu keuntungan dari olahraga lari jarak pendek adalah bisa dilakukan di mana saja tanpa memerlukan lintasan serta jaraknya pendek. Baca juga: Lari Estafet: Pengertian dan Sejarahnya

5 Teknik Lari Estafet - Suara.com

Estafet sebagai Media Pembelajaran dalam perkembangan Anak Usia Dini". Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan estafet. Peenulis membuat alat pembantu permainan estafet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan mengikuti prosedurLAPORAN TUGAS ATLETIK STRETCHING UNTUK LATIHAN LARI ESTAFET 1. Posisi badan tegap dengan kaki lurus rapat Posisi kedua tangan berada di bawah dagu Tarik ke atas sampai posisi kepala menghadap keatas Lakukan kegiatan tersebut dengan hitungan 1 x 8 2. Posisi badan tegap dengan kaki lurus rapat Tarik kepala kebawah dengan kedua tangan berada di…Lari Estafet : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Peraturan Lari Estafet merupakan olahraga cabang lari yang membutuhkan lebih dari satu orang pelari untuk memainkannya, karena dilakukan secara sambung menyambung dalam satu regu, sambil membawa tongkat sampai garis finis.Lari estafet sangat mengutamakan kekompakan antara sesama pelari. Dimana setiap pelari dituntun untuk memiliki konsentrasi serta daya tahan fisik yang cukup prima. Manfaat Lari Marathon dan Estafet. Setiap olahraga memiliki manfaat bagi para pelakunya, manfaat tersebut dapat berupa fisik dan stamina yang kuat dan pikiran yang segar.

5 Teknik Lari Estafet - Suara.com

Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturannya

Manfaat Tujuan latihan Lari Estafet Seperti beberapa olahraga lari yang lain, manfaat yang dapat diperoleh dari lari estafet berguna bagi kesehatan fisik maupun mental. Manfaat tersebut di antaranya adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan sistem imun tubuh, melancarkan aliran darah dan mengurangi berat badan dengan membakarManfaat lari estafet Meningkatkan Metabolisme Tubuh Dengan metabolisme yang baik, maka kondisi fisik kamu juga tentu akan baik. (foto: shutterstock) Salah satu manfaat dari lari estafet adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Seperti yang sudah kamu ketahui bila seseorang yang memiliki metabolisme baik, maka kondisi fisiknya juga baik.Peraturan Lari Estafet satujam.com. Dalam perlombaan lari estafet, tentunya ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh setiap peserta lari. Perlu diketahui bahwa lari estafet ini proses pergantian tongkat dilakukan dengan jarak 20 meter dan lebar 1,2 meter khusus untuk pelari 4 x 100 m.Pengertian. Lari Estafet adalah kompetisi balap dimana anggota tim Secara bergiliran menyelesaikan bagian dari arena balap melaui serangkaian kegiatan tersebut. Balapan bisa juga diikuti oleh peserta profesional bahkan pemain amatir. Jenis olahraga yang dilakukan pada balap estafet pun beragam, bisa berupa olahraga lari, renang, sky, hingga ice skating dengan maksut untuk mentransfer tongkatLari Estafet - adalah salah satu anak cabang olah raga yang memiliki bentuk dan gerakan yang menggunakan kekuatan tangan dan kekuatan kaki supaya mudah mencapai tujuan finis dengan menjaga keseimbangan tubuh.Hal ini juga dapat menggabungkan gerakan dan koordinasi pada kemampuan pada tim lawan. Lansung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Manfaat Sperma Untuk Masker Muka Manfaat Mineral Logam Manfaat Tanaman Bagi Manusia Manfaat Renang Gaya Bebas Manfaat Menjauhi Zina Manfaat Gerakan Sit Up Bertujuan Untuk Melatih Otot Manfaat Kacang Hijau Untuk Promil Hasil Samping Buah Yang Berbentuk Biji Masih Dapat Dimanfaatkan Sebagai Bahan Pangan Adalah Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Manfaat Break Even Point Yaitu Tuliskan Manfaat Internet Manfaat Analisis Bep

Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturannya

dcprosportsreport.com – Lari Estafet: Pengertian, Sejarah, Teknik dan Peraturannya. Kalian tentu telah tidak asing lagi dengan salah satu cabang berolahraga terkenal yang diucap lari estafet. Apalagi kalian juga nyatanya sempat mempraktekkannya di sekolah dikala pelajaran Pembelajaran Jasmani, Berolahraga, serta Kesehatan( PJOK). Berolahraga cabang lari ini memerlukan lebih dari satu orang alhasil membutuhkan kerjasama regu yang bagus buat dapat hingga ke garis finish. Buat mengenali lebih banyak terpaut cabang berolahraga lari ini, kalian butuh menyimak uraian di dasar ini, dari mulai asal usul sampai metode serta peraturannya:

Pengertian Lari Estafet

Lari estafet ialah salah satu tipe adu kabur dalam cabang berolahraga atletik yang dimainkan bersama regu lari dengan metode bergantian. Dalam tiap regu lari umumnya ada 4 orang pelari yang tiap- tiap menggenggam kedudukan selaku pelari awal, pelari kedua, pelari ketiga, serta pelari keempat.

Sebab dimainkan bersama regu, cabang berolahraga lari ini memanglah berlainan dari cabang lari yang lain. Satu perihal lagi yang melainkan lari estafet dengan tipe berolahraga lari yang lain ialah tiap pelari wajib alihkan tongkat pada pelari selanjutnya serta sedemikian itu berikutnya. Misalnya, pelari awal hendak berlari mengarah pelari kedua sembari bawa tongkat pendek setelah itu diserahkan pada pelari kedua yang mengarah pelari ketiga. Sedemikian itu berikutnya sampai menggapai pelari terakhir yang hendak bawa tongkat itu sampai garis finish.

Dari uraian pendek di atas, melaksanakan berolahraga lari berantai terdengar gampang, bukan? Akan tapi, semacam seluruh cabang berolahraga yang lain, terdapat bermacam peraturan yang wajib diiringi oleh tiap pelari kala melaksanakan berolahraga kabur ini. Saat sebelum mangulas peraturannya, terdapat bagusnya pula kalian mengenali terlebih dulu hal asal usul agen berolahraga lari ini betul!

Lari estafet ataupun lari sambung ialah salah satu no kejuaraan pada cabang berolahraga atletik. Pada lari berantai umumnya terdiri dari 4 pelari dalam satu regu serta mempunyai kedudukan tiap- tiap. Para pelari mewajibkan bawa stik buat diserahkan ke olahragawan yang lain sampai garis finis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia( KBBI), estafet ialah tanding berolahraga lari ataupun renang yang dicoba dengan cara beregu serta mempunyai sistem pemberian jarak tempuh, yang mana pesertanya diharuskan bawa serta memberikan barang yang dibawa, semacam stik ataupun bendera ke olahragawan yang lain dalam satu golongan. Lari estafet, salah satu berolahraga yang amat memerlukan kegiatan sama antar teman dalam satu regu. Tidak cuma itu, lari estafet pula memerlukan tingkatan Fokus, kecekatan, dan ketangkasan yang besar dalam berlari. Dalam Bahasa Inggris, lari estafet diucap sebagai relay running ataupun relay. Diambil dari Encyclopaedia Britannica( 2015), biasanya terdapat 4 bagian ataupun jenjang dalam suatu kejuaraan lari estafet.

Lari Estafet

Lari estafet ialah salah satu tanding lari yang tercantum ke dalam cabang atletik serta metode bermainnya dengan cara bergantian.

Didalam tiap regu lari, badan terdiri dari 4 orang pelari yang antara lain ialah pelari awal, kedua, ketiga serta keempat.

Mau tahu lebih komplit serta nyata? Sebab itu, langsung aja ayo ikuti keterangannya selanjutnya dibawah ini.

Baca Juga: Olahraga Memanah, dari Sejarah Hingga Pertaruhan Dasarnya

Sejarah Lari Estafet

Lari estafet termotivasi dari 3 kaum, ialah Kaum Aztec, Kaum Inca, serta Kaum Maya. Ketiga kaum ini sempat mengadakan suatu tujuan yang memakai metode lari bersambung ataupun estafet. Tujuan dari tujuan ini ialah buat mengantarkan berita penting pada personel kaum lain. Tidak hanya dari 3 kaum itu, cabang berolahraga lari bersambung ini pula sempat dicoba oleh Bangsa Yunani Kuno. Bedanya, bangsa ini memakai obor yang diserahkan dengan cara sambung- menyambung. Tujuan dari aktivitas ini merupakan selaku wujud penyembahan kebatinan ataupun arwah kakek moyang.

Dari 2 peristiwa itu kesimpulannya lari estafet bertumbuh serta jadi bagian dari aktivitas berolahraga. Justru. Tipe lari ini pernah diolimpiadekan dengan cara spesial dengan julukan Olympic Torch Relay ataupun Olimpiade Lari Obor Api. Olimpiade ini dapat dikatakan menandakan ikatan antara orang serta api.

Setelah itu, tata cara lari estafet awal kali dipraktekan di Amerika Sindikat dekat tahun 1883. Pada dikala itu, tipe kabur ini cuma diiringi oleh kalangan laki- laki. Tiap pelari harus berlari dalam jarak khusus dengan bawa bendera yang hendak diserahkan pada pelari selanjutnya. Tetapi, pemakaian bendera dikira tidak efisien alhasil tata cara balap lari ini juga diganti kembali. Sebagai ganti bendera, pelari cuma butuh memegang tangan pelari selanjutnya saat sebelum mulai berlari mengarah pelari berikutnya.

Sebaliknya buat Olimpiade kabur berantai sendiri awal kali diselenggarakan pada tahun 1992 di Stockholm, Swedia. Dalam pertandingan olimpiade ini, jarak yang diresmikan merupakan 4 x 100 m yang maksudnya tiap badan regu memperoleh jatah lari sepanjang 100 m. Olimpiade ini cuma diiringi oleh kalangan laki- laki saja dengan metode lari yang sampai hingga dikala ini senantiasa serupa.

Olimpiade lari estafet pertama kali dilaksanakan ialah pada tahun 1992 persisnya di Stockholm.

Dalam pertandingan olimpiade itu mengenakan jenis 4 x 100 m serta 4 x 100 m yang hanya diiringi oleh kalangan laki– laki aja dengan metode lari yang sama seperti disaat ini.

Peraturan Lari Estafet

Dalam kompetisi lari estafet, pastinya terdapat sebagian ketentuan yang wajib dipatuhi oleh tiap seluruh partisipan.

Butuh kalian ketahui! Kalau lari estafet spesial untuk pelari 4 x 100 m, cara dalam pergantian stik dicoba dengan jarak 20 m serta luas 1, 2 m.

Terdapat pula sebagian untuk mulai yang digunakan oleh pelari awal ialah mulai jongkok serta untuk pelari kedua, ketiga serta keempat mengenakan permulaan berdiri.

Lalu, gimana ketentuan ataupun peraturan lari estafet itu? Nih, terdapat sebagian ketentuan ataupun peraturan lari estafet:

Para pelari diperbolehkan untuk mengambil stik estafet yang jatuh pada dikala pergantian untuk lari yang berjarak 4 x 400 m. Tetapi, perihal ini memiliki resiko, yang mana bakal membuat regu tumbang dalam kejuaraan.

Para pelari diperbolehkan untuk mengambil stik estafet yang jatuh dikala pergantian buat lari yang berjarak 4 x 400 m. Tetapi, perihal ini memiliki resiko, yang mana regu itu bakal langsung di diskualifikasi.

Peralatan dan Kelengkapan Lari Estafet

Stik Lari Estafet

Dalam lari estafet tongkat yang umum digunakan ialah stik spesial ataupun bukan asal stik.

Tetapi, stik itu memiliki panjang 30 centimeter serta berdiameter 4 centimeter( spesial pelari berumur). Sebaliknya, untuk anak– anak memiliki garis tengah 2 centimeter serta berat 50 gr.

Lapangan Lari Estafet

Untuk arena berolahraga atletik sanggup terdapat di dalam ruangan ataupun mampu pula di luar ruangan. Tempatnya dapat berupa jalan( track) ataupun berbentuk lapangan( field).

Nah, untuk ukuran lapangan atletik ialah:

Panjang jalan outdoor 400 meter dengan jumlah rute 6 hingga 10 buah.

Panjang jalan indoor 200 meter berupa bundar telur dengan jumlah rute 4 hingga 8 buah.

Zona pergantian pada Lari Estafet bisa terdapat dijarak 10 m dari depan garis mulai ataupun bisa terdapat di 10 m dari balik garis permulaan.

Official pada Perlombaan Internasional

Penengah. Peringatan ke olahragawan partisipan yang dapat ditunjukkan dengan menghasilkan kartu kuning serta pengusiran ataupun pemberhentian dari kejuaraan dengan kartu merah.

Hakim. Para hakim wajib menaruh diri pada sisi yang sesuai dari jalan, minimun 5 m dari garis serta sealiran dengan garis finis jadi sanggup memandang garis dengan nyata serta wajib memastikan antrean partisipan terhadap waktu.

Pengawas jalan. Memiliki kewajiban untuk memantau partisipan dari dekat serta dalam perihal terjalin sesuatu kekeliruan ataupun pelanggaran peraturan oleh seseorang partisipan, pengawas jalan harus berikan pertanda ataupun informasi pada penengah dengan mengangkut bendera merah sebagai tanda.

Pencatat Waktu. Para pencatat durasi wajib bersandar sealiran dengan garis finis serta pencatatan dicoba dengan dorongan stopwatch ataupun penghitung durasi.

Evaluasi. Dalam sesuatu pelombaan hasilnya didetetapkan dengan sesuatu evaluasi yang wajib disetujui oleh seluruh pihak saat sebelum perlombaan diawali.

Diskualifikasi. Kalau seseorang olahragawan didiskualifikasi dalam sesuatu kejuaraan, pesan penjelasan wajib terbuat pada hasil sah yang menjelaskan pelanggarannya kepada peraturan.

Baca Juga: Pengertian Bola Basket : Sejarah, Peraturan, Ukuran Lapang & Teknik Dasar Permainan

Teknik Dasar Lari Estafet

Metode Start Lari Estafet

Metode Start Lari Estafet ialah metode dini pada posisi yang awal pada saat start, dengan melaksanakan jongkok dikala start akan di mulai.

Jadi, wajib dicermati pada posisi tangan yang terletak di balik garis alhasil stik dapat dipegang serta tak memegang garis mulai.

Metode Membagikan Tongkat

Dalam membagikan stik ke pelari selanjutnya, nyatanya pula diperlukan sebagian metode dasar, semacam selanjutnya ini.

Dikala kalian membagikan stik, hingga stik wajib diserahkan dengan mengenakan tangan kanan. Sebaliknya, pelari yang menyambut stik wajib menerimanya dengan mengenakan tangan kiri.

Tak hanya itu, pada dikala stik diserahkan, hingga stik itu wajib diayunkan dari balik mengarah ke depan lewat bagian dasar.

Sebaliknya, tangan yang menyambut wajib udah sedia di balik untuk menyambut stik dengan tangan yang mengarah ke dasar.

Pada dikala itu, yakinkan ibu jemari dibuka lebat serta jemari yang lain dirapatkan serta tangan sang penerima wajib ada pas di dasar pinggang.

Nah, dari bagian ataslah sang pemberi bakal membagikan stik dengan mengenakan tangan kanan serta saat sebelum stik diserahkan pastikan stik udah diayunkan dahulu.

Metode Menyambut Tongkat

Metode menyambut gayung kabur berantai dipecah jadi 2 tipe, yang antara lain sebagai berikut ini:

Metode Visual

Metode visual ialah metode menyambut tongakt lari estafet dengan memandang ataupun berpaling ke balik serta untuk metode tipe lari estafet ini memiliki jarak antara 4 x 400 m.

Metode Non Visual

Metode non visual ialah suatu metode yang digunakan untuk menyambut stik lari estafet, tanpa memandang ataupun berpaling ke bagian belakang.

Nah, untuk metode lari estafet jarak pendek ini memiliki jarak dekat 4 x 100 m.

Strategi Penyusunan Lari Estafet

Terdapat sebagian strategi yang wajib kalian tahu saat sebelum melaksanakan lari estafet, antara lain ialah:

Strategi pada Pelari Pertama

Awal, memilih pelari yang bagus hingga dapat memiliki kemampuan dalam berlari pada dikala di belengkokan.

Kemudian, memilih pelari yang tercepat dalam regu biar dapat membagikan posisi untuk mengetuai pelari yang bagus.

Strategi pada Pelari Kedua

Pelari kedua memiliki tanggung jawab selaku penerima sekalian pemberi.

Pelari kedua wajib memiliki energi kuat yang bagus, sebab ia wajib berlari kilat menempuh jarak 120 meter hingga dengan 130 meter.

Pelari yang kurang mampu ditikungan dapat diseleksi sebagai pelari no 2.

Strategi pada Pelari Ketiga

Pelari ketiga wajib memiliki kemampuan kabur di belengkokan.

Pelari ketiga wajib memiliki energi kuat selaku pelari 200 meter.

Pelari ketiga pula wajib memiliki rasa tanggung jawab yang besar, jadi dapat berperan sebagai penerima serta pemberi stik.

Strategi pada Pelari Keempat

Pelari keempat memiliki energi yang besar, jadi dapat melaksanakan pelari ini untuk memastikan kemenangan ataupun kegagalan untuk tim serta regu

Pelari keempat wajib pelari tercepat pertama ataupun kedua dalam regu.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Lari Estafet

Terdapat sebagian perihal yang berarti yang wajib dicermati oleh seluruh yang menjajaki kompetisi lari estafet, ialah:

Dalam perihal pemberian stik, terdapat bagusnya dicoba dengan cara berpotongan. Untuk pelari awal serta ketiga terdapat bagusnya mengenakan tangan kanan pada dikala menggenggam tingkat. Sebaliknya, untuk pelari kedua serta keempat terdapat bagusnya pada dikala menggenggam ataupun menyambut stik dengan mengenakan tangan kiri. Dalam perihal penempatan pelari wajib dicocokkan dengan keunggulan masing– masing dari tiap pelari. Untuk pelari awal serta ketiga biasa akan dicari siapa yang sangat menang dalam perihal kabur belengkokan. Sebaliknya, untuk pelari kedua serta keempat dicari pelari yang memiliki energi kuat badan yang bagus. Jarak menanti untuk para pelari wajib diukur dengan cara pas pada dikala cara   bimbingan saat sebelum berkompetisi.  Perihal terakhir yang wajib dicermati merupakan dikala udah membagikan tingkatan, hingga yakinkan pelari lekas berangkat dari lintasannya masing– masing.

Diskualifikasi dalam Lari Estafet

Sebagian tindakan yang dicoba oleh pelari pula dapat pengaruhi dalam Fokus regu ataupun golongan dalam melakukan pertandingan yang salah serta dapat menimbulkan di diskualifikasi.

Nah, selanjutnya ini terdapat sebagian kekeliruan yang terdapat didalam perihal itu, antara lain ialah:

Tak betul mendahului kompetitor lain.

Menghindari kompetitor lain lewat.

Membagikan stik estafet pada tempat yang bukan zona pertukaran.

Salah mengawali lazimnya sekali ataupun 2 kali.

Dengan sengaja menghambat ataupun meghalang– halangi ataupun mengusik kompetitor lain.

nah adapun beberapa manfaat dalam melakukan olahraga estafet ini simak sebagai berikut ini :

Manfaat yang Didapatkan untuk Kesehatan

Semacam perihalnya tipe berolahraga lain, lari estafet juga bisa membagikan khasiat untuk kesehatan. Beberapa khasiatnya ialah:

Tingkatkan metabolisme badan sebab jantung hadapi kenaikan kegiatan sekalian membuat organ badan itu terus menjadi segar. Memperlancar gerakan darah sebab badan kerap beranjak alhasil perputaran darah juga jadi mudah. Tingkatkan daya tahan badan serta tenaga sebab seluruh bagian tubuh bergerak. Apabila dibiasakan, badan hendak jadi terus menjadi kokoh serta segar. Kurangi berat badan Membuat badan jadi lebih gesit serta akas semacam mayoritas olahragawan yang lain.

Walaupun kalian bukan tercantum olahragawan lari estafet, berolahraga lari pada rata- rata bakal membagikan khasiat yang serupa untuk badan asal dicoba dengan cara teratur. Oleh sebab itu, untuk memperoleh badan yang segar, kalian dianjurkan buat banyak untuk berolahraga tertatur tentunya.

Nah, seperti itu sebagian ulasan pendek hal lari estafet yang amat berarti. Mudah- mudahan dapat menolong serta pula dapat berguna untuk kalian semua.

CONTOH TUGAS PENJAS

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, CONTOH, TUGAS, PENJAS

1.jelaskan Pengertian Olahraga? 2.sebutkan Dan Jelaskan Jenis Jenis Olahraga Beserta Manfaatnya? - Brainly.co.id

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, 1.jelaskan, Pengertian, Olahraga?, 2.sebutkan, Jelaskan, Jenis, Olahraga, Beserta, Manfaatnya?, Brainly.co.id

CONTOH TUGAS PENJAS

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, CONTOH, TUGAS, PENJAS

Soal Penjaskes XI

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, Penjaskes

Atletik Semester 3

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, Atletik, Semester

CABANG OLAHRAGA ATLETIK

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, CABANG, OLAHRAGA, ATLETIK

Apa Itu Lari Estafet – Sedang

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, Estafet, Sedang

Macam-Macam Jarak Dalam Olahraga Lari Yang Perlu Diketahui - Ragam Bola.com

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, Macam-Macam, Jarak, Dalam, Olahraga, Perlu, Diketahui, Ragam, Bola.com

SUPRAMAXIMAL INTERVAL TRAINING | Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, SUPRAMAXIMAL, INTERVAL, TRAINING, Asosiasi, Pelatih, Kebugaran, Indonesia

Lari Estafet

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, Estafet

Makalah Tentang Lari Estafet - Brainly

Manfaat Lari Estafet : manfaat, estafet, Makalah, Tentang, Estafet, Brainly