Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa - Seiring perkembangan zaman, seni pun mengalami banyak perubahan. Dalam hal ini, sebenarnya seni tidak ada batasannya. Karena seni adalah wujud ekspresi seseorang yang menyia-nyiakan imajinasinya yang mengandung cerita, keindahan, dan curahan hati yang menjadikan sebuah karya seni.Pengertian tekstur dalam unsur seni rupa adalah suatu keadaan sifat pada permukaan bidang. Bisa bersifat tebal, tipis, kasar, halus, besar, kecil, licin, kusam dan lainnya. Kesan sebuah karya seni itu bertekstur semu dapat dinyatakan melalui idera mata, sedangkan tekstur nyata dapat dirasakan dengan mata dan tangan melalui rabaan.Maksud penekanan dalam seni rupa adalah menentukan point of interest dalam sebuah karya. Prinsip ini bisa dihasilkan dengan menonjolkan 1 objek dibanding dengan objek lainnya. Misalnya dengan membuat kesan latar belakang yang sedikit buram dibanding objek utama. 4. Kontras. Dua unsur yang punya karakteristik sangat berbeda bisa disebut kontras.Komunikasi, seni rupa berperan dalam mempermudah penyebaran dan penerimaan informasi dengan memberikan sentuhan kreatifitas melalui karya sastra. Keagamaan, seni rupa berperan dalam mempermudah identifikasi kekhasan suatu agama. Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian seni rupa, unsur dan macam-macam seni rupa yang perlu diketahui.Dalam unsur ini, seni rupa modern selalu membutuhkan unsur pembaruan. Unsur ini memiliki persan yang penting dan sangat mempengaruhi hasil karya seniman, untuk bisa selalu tampil mengikuti perkembangan jaman. Namun meskipun selalu ada inovasi baru di karya seni rupa modern, dan akan tetap menciptakan ciri khas tertentu.

Pembahasan Unsur-Unsur Seni Rupa Lengkap 2019 { Damainesia }

Seni Rupa: Pengertian - Unsur dan Jenis. Di kehidupan sehari-hari, sering kita lihat keindahan-keindahan yang terpampang dari lagu, lukisan, pahatan patung, dll. Keindahan-keindahan yang sering kita temukan ini disebut sebagai seni. Seni terdiri dari berbagai macam, salah satunya seni rupa.Ternyata keindahan karya seni rupa tersebut dikarenakan oleh prinsip-prinsip seni rupa yang mendukung segala bentuk karya seni rupa. Prinsip ini bisa dijadikan sebagai pedoman dalam membuat suatu karya seni, prinsip seni rupa meliputi: kesatuan ( unity ), keseimbangan ( balance ), irama ( rythme ), komposisi, proporsi (kesebandingan), pusat perhatian ( center of interes ), keselarasan (harmoni), gradasi, penekanan (kontras).Pengertian seni rupa menurut Susanne yaitu sebuah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Unsur-Unsur Seni Rupa. Berdasarkan penjelasan diatas, pasti kamu sudah mengerti apa yang dimaksud dengan seni rupa. Perlu kamu ketahui, bahwa seni rupa memiliki beberapa unsur di dalamnya.Selain keselarasan, dalam seni rupa juga terdapat ketidakselarasan. Hal ini disebut sebagai kontras, yaitu kesan yang diperoleh karena adanya dua unsur yang saling berlawanan. Kontras dapat diterapkan pada perbedaan warna, bentuk, atau ukuran.

Pembahasan Unsur-Unsur Seni Rupa Lengkap 2019 { Damainesia }

Seni Rupa - Pengertian, Unsur-Unsur, Prinsip | Selamatpagi.ID

Berdasarkan ilmu seni, pengertian warna adalah unsur dari seni rupa yang paling menonjol dalam sebuah karya seni. Dapat dikatakan bahwa dalam suatu karya seni awalnya dinilai dari segi warna. Warna memiliki kegunaan sebagai penunjuk gelap atau terang, karena terdapat bermacam jenis warna yang menjadikan efek gelap ataupun terang seperti hitamPENGERTIAN. seni rupa - Elemen dasar dari karya seni rupa adalah elemen yang digunakan untuk mewujudkan karya seni rupa. Elemen-elemen ini termasuk titik, garis, bentuk, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan cahaya gelap. Dalam kreasi artistik, aspek komposisi harus dihitung dengan benar untuk mendapatkan pengaturan yang mempertimbangkan prinsipPengertian seni rupa yang tradisional adalah seni rupa yang dibuat dengan mengikuti pola pola, aturan, atau " pakem " tertentu yang menjadi pedoman seni dan dibuat berulang ulang tanpa merubah bentuk aslinya. Adapun aturan aturan yang dimaksud berhubungan dengan bentuk, pola, corak, penggunaan warna, bahan, dan ukuran.Aspek aspek dalam berkarya seni rupa tradisional seperti pengertian seni rupa tradisional diatas masih bertahan hingga saat ini.Detail lebih jelas mengenai pengertian dan keunikan seni rupa 3 dimensi dapat dilihat pada artikel di bawah ini: Seni Rupa 3 Dimensi: Pengertian, Keunikannya, Jenis & Proses. Seni Rupa Berdasarkan Masa. Seni rupa terus berkembang atau berubah dari masa ke masa mengikuti berbagai kebaruan yang menyelubungi zaman yang dilewatinya.Apresiasi Seni Rupa - Pengertian, Tahapan, Aliran dan Aspek - Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Apresiasi Seni Rupa yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian, tahapan, aliran dan aspek, nah agar dapat lebih memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Tari Pakarena Pengertian Olahraga Renang Pengertian Poster Dan Iklan Pengertian Bulu Pengertian Gaya Renang Bebas Pengertian Tari Kelompok Nusantara Kunci Piano Lagu Ibu Kita Kartini Arti Qorona Dalam Bahasa Arab Sholawat Asyghil Dan Artinya Arti Syair Lagu Cublak Cublak Suweng Al Mujadalah Ayat 11 Artinya

Pengertian Seni Rupa, Unsur-unsur, Macam, Prinsip, Cabang dan Fungsi Seni Rupa

Loading...

Apabila berbicara mengenai topik seni, tentunya tidak akan ada habisnya. Ada saja topik-topik menarik yang bisa dibahas. Dan terkait dengan hal tersebut, pada kesempatan ini yang akan kami ulas adalah bab seni rupa.

Pengertian Seni Rupa

Perlu diketahui, seni rupa sendiri merupakan salah satu dari cabang seni yang menggunakan suatu media yang dapat dirasakan dan dilihat. Tentunya, seni rupa ini bisa dinikmati keindahannya melalui indera peraba dan penglihatan.

Unsur-unsur pada Seni Rupa

Unsur-unsur pada seni rupa, berupa:

Loading... 1. Titik

Unsur dasar seni rupa adalah titik. Dari unsur yang paling dasar ini dapat menghasilkan suatu wujud yang diambil dari gagasan atau ide-ide untuk mendapatkan bidang, bentuk, ataupun garis. Ketika Anda melihat ada sebuah lukisan yang menggunakan kombinasi titik dengan berbagai warna dan variasi ukuran, lukisan tersebut dikenal menggunakan teknik Pointilisme.

2. Garis

Garis diciptakan dari penggabungan unsur-unsur titik. Unsur garis berdasarkan jenis dibedakan menjadi garis putus-putus, spiral, berombak, diagonal, horizontal, vertikal, pendek, lengkung, panjang, lurus, dan lain-lain.

Unsur garis berdasarkan wujudnya ada dua. Pertama yaitu garis nyata. Garis ini dihasilkan dari goresan atau coretang lengkung. Kedua yaitu garis semu. Garis ini muncul karena terdapat keseimbangan pada ruang, warna, atau bidang.

Tak hanya itu saja, penggunaan garis-garis tertentu akan menimbulkan suatu kesan-kesan tertentu, loh! Contohnya, garis spiral memberikan kesan lentur, garis lengkung terkesan lentur dan lembut, garis patah-patah memberikan kesan kaku, garis lurus terkesan keras dan tegak, dan semacamnya.

Selain memiliki kesan tertentu, unsur garis dapat memberikan kesan watak hingga dapat dijadikan sebagai lambang dari suatu seni rupa yang dibikin. Contohnya:

Garis tegak melambangkan kestabilan dan keagungan Garis halus serta melengkung-lengkung yang berirama mengesankan kelembutan seorang wanita Garis miring melambangkan ketidakstabilan, pergerakan, dan kegoncangan. Garis, kuat, tegas, terpatah-patah melambangkan kekuasaan. 3. Bidang

Unsur bidang merupakan pengembangan dari unsur garis yang dapat membatasi suatu bentuk sehingga membentuk suatu bidang. Setiap bidang yang ada memiliki ukuran panjang dan lebar.

4. Bentuk

Unsur bentuk terbentuk dari gabungan beberapa unsur bidang. Unsur bentuk sendiri terbagi dalam 2 macam, yaitu:

Bentuk geografis, merupakan bentuk yang memiliki ilmu ukur seperti bentuk silindris, seperti kerucut, bola, dan tabung, serta bentuk kubistis, seperti balok dan kubus. Bentuk nongeometris, merupakan bentuk yang tidak dapat diukur seperti bentuk tumbuhan, manusia, dan hewan. 5. Ruang

Unsur ruang ini memiliki dua sifat yang berbeda. Ruang akan bersifat semu pada seni rupa dua dimensi. Berbeda dengan seni rupa tiga dimensi, ruang bersifat lebih nyata.

Unsur ruang juga dibagi dalam dua golongan. Pertama, ruangan dalam bentuk nyata seperti ruangan patung, ruangan kamar, dan ruangan lainnya. Kedua, runagan dalam bentuk ilusi atau khayalan seperti ruangan yang berada dalam sebuah lukisan dan terlihat seolah nyata.

6. Warna

Unsur seni rupa yang satu ini dapat memberikan kesan yang berbeda pada setiap orang yang melihatnya. Unsur warna sendiri terbagi dalam beberapa macam, yaitu:

Warna primer, merupakan warna dasar yang tidak dicampur dari warna-warna lainnya. Contohnya yaitu warna biru, kuning, dan merah. Warna sekunder, merupakan dua warna primer dengan takaran tertentu. Warna tersier, merupakan dua atau lebih warna yang dicampur dari warna sekunder. Warna analogus, merupakan deretan warna yang hampir sama berdekatan atau berdampingan dalam satu lingkaran warna. Contohnya yaitu deretan warna merah tua ke merah muda. Warna komplementer, merupakan warna kontras dan dibentuk dalam satu lingkaran warna yang bersebrangan. Contohnya yaitu warna ungu dan kuning, hijau dan merah. 7. Tekstur

Tekstur merupakan suatu sifat dan keadaan dari permukaan benda atau bidang pada karya seni rupa. Unsur tekstur terbagi dalam dua kelompok. Pertama yaitu tekstur nyata. Nilai raba memiliki kesan yang sama antara rabaan dan penglihatan. Kedua yaitu tekstur semu. Nilai raba yang memiliki kesan tidak sama antara penglihatan dengan perabaan.

8. Gelap terang

Unsur yang terakhir merupakan unsur yang bergantung pada intensitas cahaya. Apabila ingin mendapatkan cahaya yang terang, diperlukan tingkat intensitas cahaya yang besar, begitupula sebaliknya.

Macam-macam Seni Rupa

Seni rupa sendiri terbagi dalam beberapa kelompok. Ingin tahu apa saja?

1. Seni rupa berdasarkan wujudnya

Seni rupa dua dimensi Seni rupa tiga dimensi

2. Seni rupa berdasarkan masanya

Seni rupa tradisional Seni rupa modern Seni rupa kontemporer

3. Seni rupa berdasarkan fungsinya

Seni rupa terapan Seni rupa murni

Prinsip Seni Rupa

Berikut ini beberapa prinsip dalam penyusunan kompoisi suatu bentuk karya seni rupa, meliputi:

Kesatuan (unity)Kesatuan merupakan prinsip utama, dimana unsur seni rupa saling menunjang satu sama lain membentuk komposisi yang bagus dan serasi. Kesatuan terbentuk tidak harus dari unsur-unsur yang seragam, namun juga pada unsur yang bervariasi. Keselarasan (harmony)Keselarasan tercipta karena adanya hubungan kedekatan unsur-unsur yang berbeda, baik bentu maupun warna. Penekanan (kontras)Penekan merupakan diperoleh karena adanya dua unsur yang berlawanan. Kesan monoton akan timbul apabila terdapat perbedaan yang mencolok pada warna, bentuk, dan ukuran. Irama (rythm)Irama adalah pengulangan satu atau beberapa unsur secara terus menerus. Pengulangan unsur yang memiliki bentuk dan peletakan yang sama akan terasa statis, sedangakan susunan yang diletakkan bervariasi akan mendapatkan irama yang harmonis. GradasiGradasi ialah penyusunan warna berdasarkan tingkatan perpaduan warna secara berangsur-angsur. ProporsiProporsi ialah membandingkan bagian satu dengan lainnya secara keseluruhan. KeserasianKeserasian merupakan prinsip untuk menyatukan unsur-unsur seni rupa dari berbagai bentuk yang berbeda. Tujuannya ialah menciptakan keserasian dan keharmonisan dari unsur-unsur yang berbeda. KomposisiKomposisi ialah menyusun unsur-unsur rupa dengan mengorganisasikannya menjadi susunan yang bagus, teratur, dan serasi. Keseimbangan (balance)Keseimbangan ialah kesan yang diperoleh dari suatu susunan sehingga ditemukan daya tarik yang sama pada tiap-tiap susunan. AksentuasiAksentuasi merupakan unsur yang paling menonjol ataupun berbeda dibandaingkan unsur unsur lain yang ada disekitanya.

Cabang-cabang Seni Rupa

Seni rupa terbagi menjadi beberapa cabang, meliputi:

Seni Rupa MurniSeni rupa murni merupakan seni rupa yang diciptakan semata mata bukan untuk digunakan melainkan dinikmati nilai estetikanya. Karya seni ini diciptakan berdasar kreativitas dan ekspresi pribadi pembuatnya. Contoh: kaligrafi, patung, dan lainnya. Seni Rupa TerapanSeni rupa terapan ialah seni rupa yang tidak hanya dinikmati nilai keindahannya namun juga untuk digunakan dalam kehidupan sehari hari. Contoh: poster, senjata, keramik, dan lainnya. Seni DesainSeni desain dikenal juga dengan istilah seni perancangan atau tata letak. Seni desain merupakan proses awal perancangan karya karya seni rupa terapan. Seni KriyaSeni kriya merupakan cabang seni yang pengerjaannya mengandalkan keterampilan tangan. Contohnya: tenunan (kriya tekstil), piring (kriya keramik), ukiran (kriya kayu), dan lainnya.

Fungsi Seni Rupa

Seni rupa memiliki dua fungsi, yaitu:

1. Fungsi Individual

Fungsi seni rupa yang individual terbagi menajdi dua, yaitu:

Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik, seni rupa dijadikan pemenuhan fisik individu baik dipakai langsung maupun melengkapi aktivitasnya. Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional yang dinikmati antara seniman dan apresiator. 2. Fungsi Sosial

Fungsi seni runpa secara sosial ada empat, yaitu:

Pendidikan, seni rupa dijadikan sebagai sarana memperluas dan memperbagus pembelajaran Rekreasi, seni rupa berperan dalam penyegaran dan pembaharuan kondisi emosional masyarakat seperti pembuatan taman rekreasi. Komunikasi, seni rupa berperan dalam mempermudah penyebaran dan penerimaan informasi dengan memberikan sentuhan kreatifitas melalui karya sastra. Keagamaan, seni rupa berperan dalam mempermudah identifikasi kekhasan suatu agama.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian seni rupa, unsur dan macam-macam seni rupa yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Pengertian Komposisi Bentuk

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Pengertian, Komposisi, Bentuk

Formatif Modul2 Pengertian Seni Rupa

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Formatif, Modul2, Pengertian

Pengertian Seni Rupa Murni Dan Terapan

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Pengertian, Murni, Terapan

Materi 1 KB 1 Konsep Seni Rupa Pengertian, Unsur Dan Klasifikasi

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Materi, Konsep, Pengertian,, Unsur, Klasifikasi

Modul Seni Budaya Kelas XII.pdf

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Modul, Budaya, Kelas, XII.pdf

Artikel Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuk Dan Corak

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Artikel, Terapan, Berdasarkan, Bentuk, Corak

Kisi Kisi Usbn Smk Seni Budaya K2013

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Budaya, K2013

ALIRAN DADAISME

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, ALIRAN, DADAISME

DOC) Simbol Warna | Meisy Fadilah - Academia.edu

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Simbol, Warna, Meisy, Fadilah, Academia.edu

Jurnal Seni Rupa Warna, Volume 4, Jilid 1, Januari 2015

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Jurnal, Warna,, Volume, Jilid, Januari

Soal Seni Budaya Xii Pts Ganjil

Pengertian Kontras Dalam Seni Rupa : pengertian, kontras, dalam, Budaya, Ganjil