Penggabungan Rumus If Dan Vlookup

Rumus teks dalam ms. Vlookup pembahasan kali ini materi yang akan dibahas rumus co id adalah mengenai rumus fungsi contoh dan cara menggunakannya vlookup pada excel yuk belajar vlookup sekarang. Contoh soal excel kali ini phc akan sharing tentang sebuah soal remidi excel dengan hanya menggunakan rumus if dan vlookup saja.(Rumus if gabungan (IF-AND/IF-OR) - Diantara fungsi logika excel, Fungsi IF merupakan salah satu fungsi microsoft excel yang sering kita gunakan. Dalam kasus-kasus rumus excel tertentu, fungsi IF perlu kita gabungkan bersama fungsi lain misalnya dengan fungsi OR dan fungsi AND.Hal ini kita dibutuhkan untuk memenuhi sebuah kondisi atau kriteria tertentu.Rumus Vlookup berfungsi mencari suatu referensi dari sebuah table yang tersusun / terindex baik secara numerik atau secara alphabet. Untuk penerapan / penggunaan rumus Vlookup, anda dapat mempelajari artikel yang ada di berbagi73 tentang VLOOKUP : a. Cara Menggunakan Vlookup b. Cara Menggabungkan fungsi IF dengan AND c. Cara Mengganti Table ArrayDan bila diperhatikan jika anda memasukan nama Dedi maka hasil yang didapat adalah "Cek Nama". Dan jika anda telah memahami penggunaan rumus vlookup, maka anda juga dapat mempelajari bagaimana cara Mengganti Table Array dengan Define Name pada excel yang merupakan bagian dari rumus vlookup. atau sering disebut sebagai tabel array.Kolaborasi atau penggabungan beberapa rumus pada Ms. Excel untuk mencari dan menghasilkan data tertentu.Belajar Rumus Pembacaan Tabel VLOOKUPTutorial Rumus V...

Rumus IF Gabungan Fungsi (IF AND-IF OR) Excel | Kelas Excel

Dalam tutorial Part I berikut ini saya menggunakan Formula SUMIF dan VLOOKUP sebagai bahan ajar karena kebanyakan dari teman yang bertanya tentang bagaimana cara mengoperasikan Formula tersebut. Sebelum melangkah lebih jauh perlu diketahui terlebih dahulu apa kegunaan dari fungsi SUMIF dan VLOOKUP beserta rumus dasarnya.Pada kolom No (Kolom A) yang berisi nomor urut siswa, kita ganti isinya dengan dengan suatu data index yang dapat mengidentifikasi (membedakan) rombel dan anggota rombelnya. Ini sebagai patokan fungsi VLOOKUP dalam mengambil data, dengan cara pilih cell A7 ketikan rumus "=AQ8&"-"&COUNTIF(AQ$8:AQ8;AQ8)" tanpa tanda petik, lalu tekan Enter.Belajar cara menggabungkan dua rumus VLOOKUP dan IF pada Ms. ExcelPenggabungan Fungsi IF dan Vlookup Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang proses penggabungan 2 fungsi yang terdapat pada Microsof Excel dengan menggunakan fungsi IF dan VLOOKUP, dimana kedua fungsi tersebut dipakai dalam menentukan kondisi yang berbeda dari data yang tersedia.

Rumus IF Gabungan Fungsi (IF AND-IF OR) Excel | Kelas Excel

Menggabungkan Fungsi SUMIF dan VLOOKUP

Dengan demikian Fungsi IF dipakai untuk mencari nilai variabelnya dan Fungsi VLOOKUP dipakai untuk mencari data-data yang terdapat pada area referensi di tabel. Kali ini saya akan membahas: Gabungan Fungsi IF dengan Fungsi VLOOKUP. Saat kita membuat suatu lembar kerja, bisa jadi kita dihadapkan suatu permasalahan dimana data pada kolom-kolom tabel yang harus di isi memerlukan penggabunganCara Menggunakan Rumus Excel IF Gabungan - Salah satu fungsi logika yang sering penulis dan sobat gunakan saat bekerja dengan excel adalah rumus excel if. Jika sobat penasaran dengan fungsi yang lain dari excel, kamu bisa membacanya di sini. Kembali ke pembahasan rumus excel if. Penggunaan logika if sering tidak stand alone menggunakan rumus itu […]Banyak kemudahan yang diberikan program microsoft excel agar pekerjaan lebih cepat dengan hasil lebih akurat. Inilah cara mengolah data dengan gabungan rumus Excel IF dan VLOOKUP.Kemudiahan yang diberikan MS Office dalam mengolah data, mulai dari memformat, mengedit, bahkan melakukan penghitungan atau mengoperasikan fungsi dan rumus untuk keperluan data kita.cara mengkombinasi Rumus If Dan vlookup Pada Microsoft excel 2007 Setelah kita memahami penggunaan beberapa fungsi dalam Ms.Excel yang sudah kita bahas dalam postingan sebelumnya, ada baiknya kita sering berlatih sehingga kita memahami benar kegunaan fungsi-fungsi tersebut.Pembahasan Blog 'Belajar Excel' kali ini akan semakin seru dengan pemaparan tentang Formula Array pada penggabungan dua fungsi excel, Fungsi SUM dengan Fungsi IF.Pada Microsoft Excel, Fungsi SUM dan Fungsi IF dapat digabungkan melalui pembentukan Formula Array.Berbeda dengan Fungsi SUMIF, oleh karena penggabungan Fungsi SUM dengan Fungsi IF dapat melakukan penjumlahan dengan lebih dari satu

Rumus Taraf Intensitas Bunyi Rumus Memanggil Data Di Excel Rumus Celsius Ke Kelvin Rumus Excel Menghitung Persentase Kenaikan Rumus Segitiga Sebangun Rumus Distribusi Normal Rumus Tekanan Osmotik Bagaimana Rumusan Dasar Negara Dalam Naskah Piagam Jakarta Rumus Kimia Soda Kue Rumus Past Perfect Rumus Kuartil Data Kelompok

Trik Excel: Fungsi VLOOKUP dipadukan dengan COUNTIF dan IFNA

Spread the love

Dalam postingan kali ini saya akan membagikan sebuah trik Excel yaitu menggunakan fungsi VLOOKUP yang dipadukan dengan fungsi COUNTIF dan IFNA untuk mengambil suatu kelompok data dalam sebuah database excel. sebagai contoh kasus dalam trik ini, saya menggunakan data siswa hasil export dapodik yang memiliki data dengan jumlah kolom lebih dari 40 kolom dan baris datanya sebanyak sejumlah siswa pada sekolah tersebut. Disini kita akan memisahkan (mengambil) data siswa berdasarkan Rombelnya sehingga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti pembuatan absensi, daftar nilai siswa dan lain-lain.

Sebelum masuk pada pokok pembahasan kita, disini saya menjelaskan dulu apa itu fungsi VLOOKUP, COUNTIF, dan IFNA.

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mengambil data tertentu pada suatu baris database dengan acuan kolom pertama dari dari database tersebut. Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung banyaknya data berdasarkan kriteria tertentu. Fungsi IFNA digunakan untuk menggantikan error #N/A ketika data yang diinginkan tidak ditemukan.

Sekarang kita masuk pada bagian trik excel yaitu dengan membuka satu file excel hasil export dari data siswa pada aplikasi dapodik seperti tampak pada gambar berikut ini, yang terdiri dari 46 kolom dengan jumlah baris data 514.

Sekarang kita akan menambil data siswa diatas berdasarkan rombel tertentu dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Lanngkah I: Modifikasi database Agar kita dapat dengan mudah menentukan nomor kolom pada database, sisipkan sebuah baris baru dibawah baris ke-4 dengan cara klik kanan pada sala satu cell pada baris ke-4 pilih insert lalu pilih Entire row lalu klik OK. pada baris yang baru ditambahkan tadi isi data dengan nomor 1 s/d seterusnya hingga kolom terakhir. Pada kolom No (Kolom A) yang berisi nomor urut siswa, kita ganti isinya dengan dengan suatu data index yang dapat mengidentifikasi (membedakan) rombel dan anggota rombelnya. Ini sebagai patokan fungsi VLOOKUP dalam mengambil data, dengan cara pilih cell A7 ketikan rumus “=AQ8&”-“&COUNTIF(AQ:AQ8;AQ8)” tanpa tanda petik, lalu tekan Enter. Kopi rumus diatas ke cell dibawahnya hingga baris terakhir. Penjelasan rumus: AQ8 (merupakan cell pertama data rombel); & (untuk menggabungkan dengan fungsi/karakter lain); “-” (untuk memisakhkan indeks rombel dengan anggota rombelnya); fungsi COUNTIF (untuk mengindeks anggota rombel denggan nomor urut); AQ:AQ8 (data bagi fungsi COUNTIF untuk mengindeks, tanda $ digunakan agar ketika rumus dikopikan ke baris berikutnya maka cell acuan tidak berubah); AQ8 terakhir (kriteria yang digunakan fungsi COUNTIF). setelah selesai maka databasenya akan tampak seperti gambar berikut: Langkah II Membuat Sheet Data Rombel Tambahkan sebuah sheet baru kediaan rubah namanya sesuai selera kamu misalkan di contoh ini saya namai ROMBEL. Isilah sheet tersebut dengan data dan tabel seperti gambar berikut: untuk kolom list data isinya sesuaikan dengan nama rombel yang anda gunakan (lihat kembali sheet daftar peserta didik) dan harus sama persis. Misalkan nama rombel yang kamu gunakan VIIA maka pada list data isi VIIA, VIIB, VIIC dan seterusnya hingga rombel terakhir.

Baca juga: Membuat Nomor Urut Otomatis pada Excel

Langkah III: Membuat List Data Pada sheet ROMBEL, pilih cell C3 kemudian pada menu Data klik Data Validation Pada Kotak Allow, pilh List, maka akan muncul kotak Source dibawah kotak Data klik tombol disamping kanan kotak Source intuk memilih data list Sort cell G6 sampai G25 (Klik tahan pada cell G6 dan tarik kebawah sampai cell terakhir yang berisi list data kemudian lepaskan), dan tekan enter sehingga pada kotak Source sudah terlihat isi seperti gambar berikut. Klik OK, maka sekarang pada cell C3 sudah terdapat satu tombol dropdown bisa digunakan untuk memilih rombel yang datanya ingin ditampilkan.

Langkah IV: Mengambil Data Rombel Untuk memasukan data rombel yang dibutuhkan maka pada cell B6 ketikan rumus: “=IFNA(VLOOKUP($C &”-“&$A6;’Daftar Peserta Didik’!$A:$BF9;2;FALSE);””)“. tanpa tanda petik. Kopikan rumus diatas ke cell B7 dan seterusnya. Penjelasan Rumus: IFNA (untuk menghilangkan tulisan #N/A karena data tidak ditemukan); VLOOKUP (untuk mengambil data dari database); $C &”-“&$A6 (acuan yang digunakan fungsi VLOOKUP); Daftar Peserta Didik’!$A:$BF9 (tabel database yang diambil datanya); 2 (kolom ke-2 dari database); FALSE (apabila indeks tidak berurutan); “” (apabila data tidak ditemukan maka isi cell menjadi kosong) kopikan rumus diatas ke cell C6 lalu ganti 2 menjadi 3 (karena NIS ada pada kolom 3 database) untuk mengambil data NIS siswa sehingga rumusnya menjadi: “=IFNA(VLOOKUP($C &”-“&$A6;’Daftar Peserta Didik’!$A:$BF9;3;FALSE);””)“. Lalu kopi ke cell C7 dan seterusnya. lakukan langkah yang sama untuk cell kolom NISN (Kolom 5 pada database)  dan Jenis Kelamin (kolom 4 database). Jika sudah selesai maka ketika kamu mengganti rombel pada cell C3, anggota rombel dan datanya akan ikut berubah secara otomatis.

Sebagai Contoh saya juga menyertakan file excel diatas yang bisa didownload DISINI. demikain postingan saya, semoga bermanfaat.

Bagikan ini:Menyukai ini:Suka Memuat...

Penggabungan Beberapa Rumus Dasar Excel ~ Pejantan Tangguh

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Penggabungan, Beberapa, Rumus, Dasar, Excel, Pejantan, Tangguh

Cara Menggunakan Rumus Hlookupvlookup Dan If Di Excel Part 1 – Cute766

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Menggunakan, Rumus, Hlookupvlookup, Excel, Cute766

Contoh Soal Excel If Vlookup Hlookup | Kumpulan Soal Pelajaran 3

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Contoh, Excel, Vlookup, Hlookup, Kumpulan, Pelajaran

FORMULA Dalam Microsoft Excel: =4+6 =B6*C6 =SUM(A1,C1) COUNT(A1:A5), Vlookup Right

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, FORMULA, Dalam, Microsoft, Excel:, =B6*C6, =SUM(A1,C1), COUNT(A1:A5),, Vlookup, Right

Contoh Soal Excel If Vlookup Hlookup | Kumpulan Soal Pelajaran 3

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Contoh, Excel, Vlookup, Hlookup, Kumpulan, Pelajaran

Cara Menggunakan Rumus Hlookupvlookup Dan If Di Excel Part 1 – Cute766

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Menggunakan, Rumus, Hlookupvlookup, Excel, Cute766

Contoh Soal Excel If Vlookup Hlookup | Kumpulan Soal Pelajaran 3

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Contoh, Excel, Vlookup, Hlookup, Kumpulan, Pelajaran

Belajar Rumus Excel Vlookup, Ini Penjelasan Dan Contohnya

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Belajar, Rumus, Excel, Vlookup,, Penjelasan, Contohnya

Mengkolaborasikan Rumus VLOOKUP Dengan Fungsi If

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Mengkolaborasikan, Rumus, VLOOKUP, Dengan, Fungsi

Fungsi IF – Rumus Bertumpuk Dan Menghindari Kesalahan - Dukungan Office

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Fungsi, Rumus, Bertumpuk, Menghindari, Kesalahan, Dukungan, Office

Belajar Rumus Excel Lengkap 1.3 Apk | Androidappsapk.co

Penggabungan Rumus If Dan Vlookup : penggabungan, rumus, vlookup, Belajar, Rumus, Excel, Lengkap, Androidappsapk.co