Rumus Titrasi Asam Basa

TITRASI ASAM BASATitrasi merupakan suatu metoda untuk menentukan kadar suatu zat dengan menggunakan zat lain yang sudah diketahui konsentrasinya. Titrasi biasanya dibedakan berdasarkan jenis reaksi yang terlibat di dalam proses titrasi, sebagai contoh bila melibatan reaksi asam basa maka disebut sebagai titrasi asam basa, titrasi redox untuk titrasi yang melibatkan reaksi reduksi oksidasiTitrasi biasanya dibedakan berdasarkan jenis reaksi yang terlibat di dalam proses titrasi, sebagai contoh bila melibatkan reaksi asam basa maka disebut sebagai titrasi asam basa, titrasi redox untuk titrasi yang melibatkan reaksi reduksi oksidasi, titrasi kompleksometri untuk titrasi yang melibatan pembentukan reaksi kompleks dan lain sebagainya.Titrasi Asam Basa - Pengertian, Perubahan pH, Rumus, Contoh Soal By Azzahra Rahmah Posted on December 31, 2019 Rumus.co.id - Sebelumnya kita telah membahas tentang Gaya Sentripetal kali ini kita akan membahas materi kimia tentang Titrasi Asam Basa, kita […]Titrasi asam basa digunakan untuk menentukan konsentrasi suatu asam dengan menitrasinya dengan basa yang telah diketahui konsentrasinya, dan sebaliknya. Banyak sekali bahan-bahan yang sehari-hari kita temui melalui analisis titrasi. Demikian pembahasan tentang titrasi asam basa. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Baca juga Polimer.Modul, Rumus, & Soal Titrasi Asam Basa. Kalau kebetulan kamu ingin belajar lebih tentang Titrasi Asam Basa, kamu bisa menyimak pembahasannya yang ada di sini. Setelahnya, kamu bisa mengerjakan kuis berupa latihan soal untuk mengasah kemampuan belajarmu.

Laporan Titrasi Asam Basa | mteguhiman

Pada pembahasan kali ini akan mengulas materi mengenai kimia tentang Titrasi Asam Basa. Maka kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari pengertian, perubahan pH, rumus, beserta contoh soal dan pembahasan soalnya. Daftar Isi hide Pengertian Titrasi Pengertian Titrasi Asam Basa Rumus Titrasi Asam Basa Perubahan pH Titrasi Asam Basa 1.Titrasi merupakan suatu metoda untuk menentukan kadar suatu zat dengan menggunakan zat lain yang sudah dikethaui konsentrasinya. Titrasi biasanya dibedakan berdasarkan jenis reaksi yang terlibat di dalam proses titrasi, sebagai contoh bila melibatan reaksi asam basa maka disebut sebagai titrasi asam basa. Zat yang akan ditentukan kadarnya disebut sebagai "titrant" dan biasanya diletakan diTitrasi adalah prosedur menentukan kadar suatu larutan. Dalam titrasi, larutan yang volumenya terukur direaksikan secara bertahap dengan larutan lain yang telah diketahui kadarnya (larutan standar). Berdasarkan jenis reaksi yang terjadi, titrasi dibedakan menjadi titrasi asam basa, titrasi pengendapan, dan titrasi redoks. Sobat Pintar, kali ini kita akan berfokus pada titrasi asam basa, yang...Kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran kimia tingkat SMA/SMK/MA kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 2018 yaitu tentang titrasi asam basa, adapun yang akan kita bahas yaitu rangkuman pengertian titrasi, cara menentukan kadar asam cuka, fungsi, tujuan, jenis jenis titrasi, rumus, perubahan pH dan contoh soal beserta jawabannya tentang titrasi asam basa.

Laporan Titrasi Asam Basa | mteguhiman

titrasi asam basa jurnal - Rumus.co.id

Praktikum I Tujuan Praktikum : Menentukan konsentrasi Asam klorida (HCl) dengan cara titrasi asam basa. Alat dan Bahan yang digunakan a. Alat Buret Statif Tabung Erlenmeyer (tabung reaksi berbentuk labu) Pipet Volume b. Bahan Larutan Asam klorida (HCl) (belum diketahui kemolarannya) Larutan Natrium Hidroksida 0,1 M Indikator Fenolftalein Langkah-langkah Praktikum Masukkan larutan NatriumOleh karena itu prinsip reaksi penetralan dari asam basa ini paling sering diterapkan dalam penentuan kadar suatu zat yang tidak diketahui melalui titrasi asam basa. Pada artikel ini akan dibahas tentang pengertian titrasi asam basa, cara kerja titrasi, jenis titrasi, rumus dan perhitungan titrasi, serta contoh soal dan jawabannya.Reaksi asam basa nantinya bisa dipakai untuk menentukan konsentrasi larutan asam atau larutan basa dan ada begitu banyak contoh larutan asam basa dalam kehidupan sehari hari.Penentuan ini dilakukan dengan cara meneteskan larutan basa yang sudah diketahui konsentrasinya ke sejumlah larutan asam yang belum diketahui konsentrasinya atau sebaliknya.Rumus.co.id - Sebelumnya kita telah membahas tentang Gaya Sentripetal kali ini kita akan membahas materi kimia tentang Titrasi Asam Basa, kita akan jabarkan secara detail dan lengkap dari pengertian, perubahan pH, rumus, beserta contoh soal dan pembahasannya.TITRASI ASAM BASA adalah satu dari beberapa contoh gambar atau foto wallpaper dari postingan Titrasi Asam Basa, Pengertian Lengkap Dengan Contohnya yang ada di situs Rumus Dasar, yakni website yang membahas mengenai Kumpulan Rumus Dasar Sekolah Sd, Smp, Sma Di halaman ini anda dapat melihat secara jelas Contoh Gambar Titrasi Asam Basa.

Rumus Taraf Intensitas Bunyi Rumus Memanggil Data Di Excel Rumus Celsius Ke Kelvin Rumus Excel Menghitung Persentase Kenaikan Penggabungan Rumus If Dan Vlookup Rumus Segitiga Sebangun Rumus Distribusi Normal Rumus Tekanan Osmotik Bagaimana Rumusan Dasar Negara Dalam Naskah Piagam Jakarta Rumus Kimia Soda Kue Rumus Past Perfect

Titrasi Asam Basa - Pengertian, Rumus, Perubahan pH, Contoh Soal

Pengertian Titrasi Asam Basa

Titrasi adalah prosedur menetapkan kadar suatu larutan dengan mereaksikan sejumlah larutan tersebut yang volumenya terukur dengan suatu larutan lain yang telah diketahui kadarnya (larutan standar) secara bertahap. Berdasarkan jenis reaksi yang terjadi, titrasi dibedakan menjadi titrasi asam basa, titrasi pengendapan, dan titrasi redoks. Dalam artikel ini, yang akan dibahas lebih lanjut hanya titrasi asam basa saja.

Pada label yang tertera pada botol cuka makan umumnya terdapat informasi kadar cuka tersebut. Misalkan, pada suatu botol cuka tertulis 25% asam cuka, bagaimana cara memastikan kebenaran dari kadar tersebut? Penentuan kadar asam cuka dapat dilakukan dengan prosedur eksperimen menggunakan metode titrasi.

Dalam menentukan kadar asam cuka, metode titrasi yang digunakan adalah titrasi asam basa. Titrasi asam basa adalah penentuan kadar suatu larutan basa dengan larutan asam yang diketahui kadarnya atau sebaliknya, kadar suatu larutan asam dengan larutan basa yang diketahui, dengan didasarkan pada reaksi netralisasi. Titrasi harus dilakukan hingga mencapai titik ekivalen, yaitu keadaan di mana asam dan basa tepat habis bereaksi secara stoikiometri. Titik ekivalen umumnya dapat ditandai dengan perubahan warna dari indikator. Keadaan di mana titrasi harus dihentikan tepat pada saat indikator menunjukkan perubahan warna disebut titik akhir titrasi. Jadi, untuk memperoleh hasil titrasi yang tepat, maka selisih antara titik akhir titrasi dengan titik ekivalen harus diusahakan seminimal mungkin. Hal ini dapat diupayakan dengan memilih indikator yang tepat pada saat titrasi, yakni indikator yang mengalami perubahan warna di sekitar titik ekivalen.

Perubahan pH pada Titrasi Asam Basa

Pada saat larutan basa ditetesi dengan larutan asam, pH larutan akan turun. Sebaliknya, jika larutan asam ditetesi dengan larutan basa, maka pH larutan akan naik. Jika pH larutan asam atau basa diplotkan sebagai fungsi dari volum larutan basa atau asam yang diteteskan, maka akan diperoleh suatu grafik yang disebut kurva titrasi. Kurva titrasi menunjukkan perubahan pH larutan selama proses titrasi asam dengan basa atau sebaliknya. Bentuk kurva titrasi memiliki karakteristik tertentu yang bergantung pada kekuatan dan konsentrasi asam dan basa yang bereaksi.

Titrasi asam kuat dengan basa kuat

Sebagai contoh, 40 mL larutan HCl 0,1 M ditetesi dengan larutan NaOH 0,1 M sedikit demi sedikit. Berikut kurva titrasi yang menggambarkan perubahan pH selama titrasi tersebut.

Kurva titrasi asam basa: HCl dengan NaOH. Sumber: Silberberg, Martin S. & Amateis, Patricia. 2015. Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change (7th edition). New York: McGraw-Hill Education

Dari kurva tersebut dapat disimpulkan:

Mula-mula pH larutan naik sedikit demi sedikit Perubahan pH drastis terjadi sekitar titik ekivalen pH titik ekivalen = 7 (netral) Indikator yang dapat digunakan: metil merah, bromtimol biru, atau fenolftalein. Namun, yang lebih sering digunakan adalah fenolftalein karena perubahan warna fenolftalein yang lebih mudah diamati. Titrasi asam lemah dengan basa kuat

Sebagai contoh, 40 mL larutan CH3COOH 0,1 M ditetesi dengan larutan NaOH 0,1 M sedikit demi sedikit. Berikut kurva titrasi berwarna biru yang menggambarkan perubahan pH selama titrasi tersebut dibandingkan dengan kurva titrasi HCl dengan NaOH yang berwarna merah.

Kurva titrasi CH3COOH dengan NaOH dan titrasi HCl dengan NaOH(Sumber: McMurry, John E., Fay, Robert C., & Robinson, Jill K. 2016. Chemistry (7th edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.)

Dari kurva tersebut dapat disimpulkan:

Titik ekivalen berada di atas pH 7, yaitu antara 8 – 9 Lonjakan perubahan pH pada sekitar titik ekivalen lebih kecil, hanya sekitar 3 satuan, yaitu dari pH ±7 hingga pH ±10 Indikator yang digunakan: fenolftalein. Metil merah tidak dapat digunakan karena perubahan warnanya terjadi jauh sebelum tercapai titik ekivalen. Titrasi basa lemah dengan asam kuat

Sebagai contoh, 40 mL larutan NH3 0,1 M ditetesi dengan larutan HCl 0,1 M sedikit demi sedikit. Berikut ditampilkan kurva titrasi yang menggambarkan perubahan pH selama titrasi tersebut

Kurva titrasi NH3 dengan HCl(Sumber: McMurry, John E., Fay, Robert C., & Robinson, Jill K. 2016. Chemistry (7th edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.)

Dari kurva tersebut dapat disimpulkan:

Titik ekivalen berada di bawah pH 7, yaitu antara 5 – 6 Lonjakan perubahan pH pada sekitar titik ekivalen hanya sedikit, sekitar 3 satuan, yaitu dari pH ±7 hingga pH ±4 Indikator yang digunakan: metil merah. Fenolftalein tidak dapat digunakan karena perubahan warnanya terjadi jauh sebelum tercapai titik ekivalen.

Perhitungan Konsentrasi Larutan Asam/Basa pada Titrasi Asam Basa

Langkah-langkah menghitung konsentrasi larutan asam/basa pada titrasi asam basa:

1. Menuliskan persamaan reaksi netralisasi yang terjadi, misal antara larutan asam A dengan larutan basa B

2. Menyatakan perbandingan jumlah mol asam A dan basa B yang bereaksi agar tepat habis bereaksi

3. Menghitung konsentrasi larutan asam/basa dari persamaan perbandingan tersebut

dengan,

= jumlah mol asam A dan basa B

a, b = koefisien reaksi asam A dan basa B

MA, MB = molaritas asam A dan basa B

VA, VB = volum larutan asam A dan basa B

Jika valensi dari asam A dan basa B yang bereaksi diketahui, konsentrasi larutan asam/basa juga dapat dicari dengan rumus:

Contoh Soal Titrasi Asam Basa

Contoh Soal 1

Berapa konsentrasi dari larutan asam asetat CH3COOH jika diketahui untuk titrasi 25 mL larutan CH3COOH tersebut diperlukan 15 mL larutan NaOH 0,05 M agar mencapai titik ekivalen?

Jawab:

Persamaan reaksi netralisasi CH3COOH dengan NaOH:

CH3COOH(aq) + NaOH(aq) → CH3COONa(aq) + H2O(l)

Dari persamaan reaksi, diperoleh: 1 mol CH3COOH

1 mol NaOH

Contoh Soal 2

Sebanyak 40 mL larutan asam sulfat 0,25 M dititrasi dengan suatu basa bervalensi satu, dan ternyata dibutuhkan 57 mL basa tersebut. Berapakah kemolaran basa yang digunakan tersebut?

Jawab:

Reaksi netralisasi terjadi antara asam sulfat H2SO4 (asam kuat bervalensi dua) dengan suatu basa bervalensi satu.

Referensi

Brown, Theodore L. et al. 2015. Chemistry: The Central Science (13th edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Johari, J.M.C. & Rachmawati, M. 2009. Kimia SMA dan MA untuk Kelas XI Jilid 2. Jakarta: Esis.

McMurry, John E., Fay, Robert C., & Robinson, Jill K. 2016. Chemistry (7th edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Petrucci, Ralph H. et al. 2017. General Chemistry: Principles and Modern Applications (11th edition). Toronto: Pearson Canada Inc.

Purba, Michael. 2006. Kimia 2B untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Retnowati, Priscilla. 2005. SeribuPena Kimia SMA Kelas XI Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Silberberg, Martin S. & Amateis, Patricia. 2015. Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change (7th edition). New York: McGraw-Hill Education.

Materi: Titrasi Asam BasaKontributor: Nirwan SusiantoAlumni Kimia FMIPA UI

Materi StudioBelajar.com lainnya:

Larutan Penyangga Stoikiometri Struktur Atom

Solusi Super Menyelesaikan Soal Tentang Titrasi Asam-Basa Buat Kelas 11

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Solusi, Super, Menyelesaikan, Tentang, Titrasi, Asam-Basa, Kelas

Soal Hitungan Titrasi Asam Basa 2

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Hitungan, Titrasi

Titrasi Asam Basa

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Titrasi

Titrasi Asam Basa

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Titrasi

Titrasi Asam Basa

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Titrasi

Indikator Asam Basa Dan Titrasi Asam Basa

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Indikator, Titrasi

Contoh Soal Dan Pembahasan Asam Dan Basa - Contoh Soal Terbaru

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Contoh, Pembahasan, Terbaru

Cara Membuat Kurva Titrasi Bagian-2 (Memplot Data Volume Dan PH Titrasi) - Urip Dot Info

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Membuat, Kurva, Titrasi, Bagian-2, (Memplot, Volume, Titrasi)

Perhitungan Titrasi Asam Lemah Dengan Basa Kuat

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Perhitungan, Titrasi, Lemah, Dengan

Gambar Rumus Kimia Asam Basa (Page 1) - Line.17QQ.com

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Gambar, Rumus, Kimia, (Page, Line.17QQ.com

Contoh Soal Dan Jawaban Tentang Asam Basa – IlmuSosial.id

Rumus Titrasi Asam Basa : rumus, titrasi, Contoh, Jawaban, Tentang, IlmuSosial.id